Salah satu wisata populer di kawasan Pangandaran adalah Citumang Body Rafting. Pangandaran terkenal dengan sungainya yang sangat jernih sehingga cocok digunakan sebagai lokasi aktivitas menantang seperti body rafting.

Citumang sendiri adalah nama sungai yang ada di Pangandaran, Jawa Barat. Dan identik dengan nama anjing peliharaan di legenda Sangkuriang yakni si Tumang. Selain airnya yang jernih dan berwarna kebiru-biruan, di sekeliling sungai hutanya masih sangat asri.

Sehingga Anda tidak hanya bisa melakukan body rafting saja, tetapi juga bisa menikmati udara segar yang ada di daerah tersebut. Berikut beberapa informasi terkait Wisata Citumang meliputi harga tiket, jam buka, alamat, fasilitas, dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Citumang Body Rafting

harga tiket masuk citumang body rafting
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112348826810446663673

Anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu jika ingin memasuki kompleks wisata Citumang Body Rafting ini. Terdapat dua tiket yang berbeda untuk hari biasa dan hari libur atau akhir pekan.

Tiket masuk Citumang ini berlaku untuk wisatawan yang berusia 2-70 tahun. Untuk Anda yang ingin memesan atau reservasi body rafting maka bisa melakukannya secara langsung di tempat.

Selain itu, Anda juga bisa memesannya secara online melalui situs resmi dari penyedia paket wisata Sungai Citumang.

Untuk harga tiket wisatanya masih cukup terjangkau yaitu sekitar Rp20.000 per orang. Sedangkan jika ingin melakukan aktivitas body rafting maka Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp85.000 per orangnya.

Sedangkan harga Citumang Body Rafting Green Canyon dibanderol dengan harga Rp250.000 per orang dengan fasilitas lebih menarik lagi. Harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dengan kebijakan dari pengelola wisata dan kondisi.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi citumang body rafting
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100908731252868439228

Lokasi dari wisata sungai Citumang Pangandaran ini berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tepatnya di tengah hutan dengan akses jalan kecil yang terbatas.

Walaupun begitu, Anda bisa mengunjungi lokasi ini dengan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi atau melalui jasa tour yang Anda sewa. Dari pusat kota Ciamis Jawa Barat, jarak yang harus ditempuh kurang lebih adalah 81 km. Dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Sedangkan dari arah Pantai Pangandaran maka Anda harus menempuh jarak 15 km dengan waktu tempuhi kurang lebih 30 menit. Untuk rutenya, dari Pantai Pangandaran Anda bisa mengambil arah Parigi dan ikuti jalan utama hingga menuju objek wisata Batu Hiu.

Kemudian lurus hingga bertemu plang arah Citumang, Anda akan melewati pedesaan dan persawahan hingga akhirnya sampai di sana. Anda juga harus cukup bersabar karena akses jalan menuju Citumang cukup kecil dan hanya muat 1 mobil kecil serta motor.

Fasilitas

fasilitas citumang body rafting
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101866117293647503033

Wisata alam Citumang Body Rafting ini tidak hanya menyediakan wahana yang menantang saja, tetapi juga fasilitas untuk pengunjung. Berbagai fasilitas yang ditawarkan cukup memadai sehingga bisa digunakan pengunjung untuk berbagai keperluan mereka.

Beberapa fasilitas yang tersedia di wisata alam Citumang Body Rafting antara lain:

  • Lahan parkir yang luas untuk kendaraan wisatawan
  • Toilet atau kamar mandi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung atau area kuliner
  • Spot foto yang instagenic
  • Alat keamanan
  • Jasa pemandu wisata
  • Jasa dokumentasi
  • Spot wisata menarik lainnya

Jam Buka

jam buka citumang body rafting
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107860575911472779628

Jika ingin berkunjung ke Citumang Body Rafting Pangandaran, maka Anda harus tahu jam operasional dari tempat wisata tersebut. Tempat wisata ini buka setiap hari untuk siapa saja yang ingin merasakan sensasi menantang body rafting.

Namun, untuk jam bukanya mulai pukul 07.00 Citumang Body Rafting sudah mulai beroperasi dan ditutup pada 16.00 WIB. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi saat akhir pekan, tidak hanya wisatawan dari Pangandaran saja, tetapi juga dari luar daerah.

Daya Tarik Wisata Alam Citumang

daya tarik citumang body rafting
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113303491426691839255

Citumang Body Rafting memiliki beberapa keunggulan yang menjadikan daya Tarik tersendiri bagi wisatawan. Beberapa keunggulan dari wisata alam Citumang adalah sebagai berikut.

Aliran Sungai yang Jernih dan Bersih

Salah satu keunggulan dari Citumang adalah aliran sungainya yang terlihat sangat jernih dan bersih. Warna airnya adalah gradasi dari biru-kehijauan yang membuatnya menjadi lebih cantik layaknya kolam renang seperti di Krakatau Water Park.

Citumang juga mempunyai gua yang memiliki panjang 35 meter dengan kedalaman air 3-4 meter. Jika Anda ingin masuk ke dalam gua untuk berenang atau hanya melihat-lihat saja. Maka pihak dari pengelola akan mendampingi secara langsung demi keamanan pengunjung.

Pemandangan Alam yang Indah

Tak hanya sungainya yang cantik, Anda juga bisa melihat pemandangan di sekitarnya masih asri dan indah. Menariknya lagi, di sekeliling sungai terdapat tebing dengan pepohonan yang masih hijau.

Anda bisa mengabadikan momen saat melakukan body rafting dari atas agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Surganya Body Rafting

Bagi Anda yang suka hal-hal menantang, maka wajib mencoba body rafting di Citumang karena dijamin seru dan menantang. Trek yang akan Anda lalui nantinya berjarak sekitar 1,5 kilometer dibagi menjadi beberapa trek.

Adanya Kolam Terapi

Citumang Body Rafting juga menawarkan daya tarik lainnya yaitu kolam terapi ikan yang letaknya di dekat gua. Anda bisa memasukkan kaki ke dalam air tersebut untuk mendapatkan beberapa terapi dari gigitan ikan di dalamnya.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan citummang body rafting
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111902689273735276247

Body Rafting

Sesuai namanya, aktivitas utama yang bisa dilakukan di tempat ini adalah body rafting. Nantina, setiap peserta diberikan kelengkapan keselamatan standar seperti helm dan jaket pelampung agar aman sebelum melakukan aktivitas rafting.

Cliff Jumping

Tak hanya melakukan body rafting saja, Anda juga bisa melakukan cliff jumping atau melompat dari tebing di sekeliling sungai. Terdapat tebing dengan tinggi sekitar 3 meter hingga 7 meter, sehingga cocok untuk Anda yang suka menantang adrenalin.

Melakukan Terapi di Kolam Ikan

Sebelum melakukan body rafting perlu dilakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kram kaki. Nah, setelah pemanasan, maka pengunjung bisa menyempatkan diri untuk melakukan terapi di kolam ikan nilan yang tersedia.

Tips Berkunjung

tips berkunjung citumang body rafting
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107694236633942593391

Agar pengalaman liburan Anda di Citumang Pangandaran menjadi lebih berkesan dan menyenangkan, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Simak beberapa tips berkunjung ke Citumang berikut ini.

  • Siapkan baju ganti karena sudah pasti Anda akan basah ketika melakukan body rafting.
  • Pastikan kesehatan Anda kuat sebelum mengikuti aktivitas menantang ini.
  • Patuhi protokol kesehatan yang ada agar terhindar dari penularan virus.
  • Jaga kebersihan di berbagai sudut kawasan Citumang, agar tidak kotor dan tempat wisata tersebut menjadi semakin bagus.
  • Ada baiknya melakukan pemanasan agar tubuh menjadi lebih rileks ketika susur sungai.

Nah, demikian pembahasan mengenai tempat wisata Citumang Body Rafting yang berada di Pangandaran, Jawa Barat. Bagi Anda yang suka dengan aktivitas menantang, maka bisa mencoba untuk datang ke sini dan nikmati aktivitas body rafting-nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =