Curug Banyunibo merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata berbasis alam yang dimiliki oleh Kabupaten Bantul Yogyakarta. Keberadaan Curug Banyunibo Bantul masih belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan, khususnya di luar Jogja.

Wisata di Bantul yang tersembunyi bisa menjadi opsi menarik untuk anda yang ingin berwisata dan mencari ketenangan. Suasana yang di tawarkan Curug Banyunibo Jogja begitu menangkan, jauh dari keramaian dan mampu mengusir kepenatan.

Saat hari libur tiba, dan anda kebetulan sedang berada di Bantul, maka cobalah explore wisata alam Curug Banyunibo. Rasakan kesegaran air dan asrinya alam sekitar yang ditawarkan untuk menciptakan pengalaman liburan lebih berkesan.

Harga Tiket Masuk Curug Banyunibo

harga tiket masuk curug banyunibo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111169624672493552575

Kota Bantul tidak hanya identik dengan wisata bahari berupa pantai yang jumlahnya cukup banyak. Namun masih ada juga destinasi-destinasi menariknya yang bisa anda jelajahi, salah satunya adalah curug.

Destinasi wisata berupa curug pasti identik dengan adanya air terjun yang mengalirkan airnya secara terus menerus. Sama halnya dengan Curug Banyunibo di Bantul ini, yang memiliki air terjun dengan ketinggian kurang lebih sekitar 10 meter.

Air yang terus mengalir pada Curug Banyunibo Yogyakarta berasal dari beberapa mata air disekitar desa setempat. Bahkan Ketika musim kemarau datang pun, beberapa mata air ini tidak akan surut apalagi kering.

Dan menariknya, untuk bisa menikmati beragam sajian menarik di wisata alam Curug Banyunibo, anda tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Sampai tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Curug Banyunibo belum ada, alias masih gratis, karena belum diresmikan.

Pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi parkir kendaraan sesuai tarif yang telah di tetapkan. Untuk jam wisata yang berlaku di air terjun Curug Banyunibo adalah pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107887532649605978482

Lokasi Curug Banyunibo terletak di tengah-tengah hutan dan jalan yang harus dilalui pun masih jauh dari kata layak. Meski begitu tetap masih bisa dilewati dan tidak terlalu sulit untuk mencapai spot air terjun dari pintu masuk.

Wisatawan yang berkunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan menuju Curug Banyunibo dengan jarak sekitar 100 meter. Wajib waspada dan selalu berhati-hati selama dalam perjalanan, agar semuanya aman dan berlangsung sesuai harapan.

Alamat Curug Banyunibo berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang dimana dari Alun-Alun Paseban Bantul, jaraknya kurang lebih sejauh 6,4 km saja.

Dengan membutuhkan waktu untuk perjalanan sekitar 13 menit menggunakan kendaraan darat. Bisa dibilang bahwa wisata alam ini cukup dekat dari pusat kota Bantul dengan akses jalan utamanya mudah di akses.

Anda bisa menggunakan maps dibawah ini agar perjalanan ke Curug Banyunibo Bantul lebih lancar tanpa hambatan. Petunjuk akuratnya akan mengarahkan melalui jalur terbaik sesuai dengan kendaraan yang anda gunakan.

Datang juga ke –> Pantai Pandansimo sebagai tujuan rekreasi yang menarik.

Fasilitas

fasilitas curug banyunibo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104802277759908583509

Sejatinya tempat wisata Bantul satu ini belum dikelola secara profesional, baik pemerintah setempat maupun swasta. Sehingga dari segi fasilitas Curug Banyunibo sendiri pun masih terbatas dan apadanya.

Meski begitu, hal tersebut tidak akan mengurasi keseruan anda dalam berwisata bahagia ke Curug Banyunibo Jogja yang istimewa. Saat ini sarana yang tersedia di Curug Banyunibo meliputi, area parkir, kamar mandi, gazebo dan warung-warung wisata.

Para pengunjung biasanya memesan minuman hangat atau es untuk menemani waktu bersantai selama di Curug Bantul ini. Atau bagi anda yang ingin merasakan kesegaran air terjunnya maka bisa berenang di kolam kubangannya.

Kolam tepat di bawah air terjun Banyunibo cukup dangkal sehinggan aman untuk berenang maupun menyelam. Airnya sangat jernih dan akan memberikan rasa segar guna membuang semua rasa lelah serta penat yang tengah melanda.

Kunjungi juga –> Taman Bunga Celosia yang cantiknya begitu luar biasa.

Spot Terbaik di Curug Banyunibo

spot terbaik di curug banyunibo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104405908859014652358

Aktivitas berfoto-foto ria jangan sampai anda lewatkan saat singgah di Curug Banyunibo dalam rangka mengisi waktu senggang. Selain karena suasana sejuk yang bikin betah, anda pun musti mengabadikan setipa momennya melalui berswafoto.

Menjadikan air terjun setinggi 10 meter sebagai latar belakang utama ketika selfie, foto bersama, ataupun merekam video. Selain itu, pengunjung pun bisa berfoto-foto dengan background batu karang untuk hasilkan gambar yang eksotis.

Alam serba hijau di sekeliling Curug Banyunibo juga tak boleh luput dari jepretan kamera anda. Rekam setiap keseruan yang tercipta pada spot terbaik di Curug Banyunibo agar semua halnya sulit untuk terlupa.

Review sebelumnya –> Pantai Baros sajian ekowisata hutan mangrove yang menarik.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug banyunibo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101120421035175413368

Dibawah ini bisa anda simak beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Curug Banyunibo sebagai tambahan informasi.

  • Berkunjung ke wisata alam sebaiknya dilakukan pada saat hari cerah, tidak mendung apalagi hujan.
  • Jika cuaca sedang tidak bersahabat, ada baiknya tunda dulu rencana berlibur anda ke Curug Banyunibo yang menawan.
  • Gunakan alas kaki yang mendukung untuk aktivitas di alam, guna meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan.
  • Anda bisa sedia bekal sendiri sebelum tiba disini, seperti air mineral dan beberapa makanan ringan.
  • Ikut serta dalam menjaga kebersihan alam, dengan harapan agar tetap hijau, lestari dan juga asri.

Jadi itu tadi wisata alam Air Terjun Banyunibo di Bantul yang bisa menjadi tujuan berlibur anda selanjutnya. Sekian ulasan singkat Curug Banyunibo yang kami rekomendasikan untuk anda para pecinta alam dimanapun berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 4 =