Tempat wisata di Pangandaran yang terkenal dengan julukan Hawaii Van Jabar yang lambat laun mulai dikenal ke seluruh penjuru Nusantara bahkan mancanegara. Sebutan Hawai ini memang tidak berlebihan. Anda bisa menikmati berbagai macam pantai membentang dengan keunikannya masing-masing.

Sejarah mencatat, kawasan ini dulunya hanya sebuah desa kecil yang dihuni oleh nelayan Suku Sunda. Mereka memilih kawasan ini karena gelombang air laut yang tenang. Hal ini memudahkan mereka mencari ikan.

Nama Pangandaran sendiri berasal dari Pangan dan daran. Pangan artinya makanan, daran adalah pendatang. Sehingga, bila digabungkan menjadi sumber pangan untuk pendatang. Lalu, apa saja keindahan Hawai Van Jabar sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini?

1. Pantai Batu Karas

wisata bekasi
foto: https://www.instagram.com/hilman_winanjar17/

Wisata di Pangandaran ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis. Tepatnya berada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Ombaknya cukup kuat dan tinggi, tetapi tidak menyurutkan keindahan yang disajikan.

Karena tingginya ombak di Pantai Batu Karas. Tempat ini bisa digunakan untuk olahraga Surfing. Cocok bagi para pemula hingga kelas menengah. Anda juga bisa belajar berselancar dari ahlinya di tempat ini. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa sewa peralatan selancar dengan harga mulai dari 50 ribuan saja.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah hadirnya permainan air seperti jet ski, Banana Boat, serta snorkeling. Para pengunjung pun diperbolehkan untuk berenang. Tetapi, saat ombak tinggi maka akan ada larangan keras demi menjaga keselamatan bersama.

Bagi anda yang ingin membeli ikan segar. Tidak jauh dari kawasan pantai ada tempat pelelangan ikan.Atau anda ingin memancing sendiri? Anda bisa menyewa perahu nelayan dan mereka akan menunjukkan spot memancing terbaik. Bagi anda yang ingin menikmati pantai ini lebih lama. Tidak jauh dari sini sudah tersedia, berbagai macam penginapan.

Mulai dari harga 200 ribu sampai jutaan rupiah. Pesona terakhir yang tidak boleh anda lewatkan adalah melihat sinar senja yang romantis bersama kekasih hati. Perpaduan antara langit, air laut, dan kapal nelayan yang hendak pulang, menjadi suguhan yang sulit untuk dilupakan.

2. Curug Taringgul

wisata di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/mediapangandaran/

Wisata Pangandaran ini adalah sebuah sungai yang dikelilingi oleh lembah di sekitarnya anda bisa melihat relief bebatuan dengan berbagai bentuk. Terletak di Jalan Cibanten, Blok Ciawitali, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang. Disini, anda bisa menikmati permainan body rafting.

Sudah disediakan berbagai macam perlengkapan seperti helm, life jacket, sandal, dan decker sebagai pengaman. Jangan lupa bawa kamera bawah air ya. Karena, sepanjang arus banyak spot-spot menarik yang bisa anda temui. Untuk menyusuri sungai diperlukan waktu 1 jam sampai 5 jam.

Tergantung dari arus sungai dan karakter wisatawan. Bila suka selfie, butuh waktu sangat lama. Keunikan dari Curug Taringgul adalah hadirnya air terjun. Air ini berasal dari sawah warga yang turun langsung ke sungai. Bagi anda yang suka memacu adrenalin.

Tidak ada salahnya, naik ke atas tebing curug, kemudian melompat dari atas sini. Selain itu, ada stalaktit dan stalakmit tebing yang begitu menawan. Untuk harganya sendiri cukup murah hanya 150 ribu per orang dengan jarak 3 kilometer.
Fasilitas yang akan anda dapatkan adalah Makanan ringan dan air mineral, pemandu, retribusi, peralatan keamanan, asuransi selama wisata dan makan setelah pertarungan selesai.

3. Pantai Batu Hiu

objek wisata di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/_abie11/

Objek wisata Pangandaran ini sering disebut dengan Tanah Lotnya Jawa Barat. Letak kawasan ini berbatasan langsung dengan Ciamis. Karena, letaknya lebih dekat dengan Pangandaran. Banyak wisatawan yang mengira bila pantai ini masuk wilayah Kota Hawai Van Jabar ini.

Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp5.000,- saja. Keunikan dari Pantai ini adalah adanya pemandangan Karang yang mirip dengan Hiu. Waktu terbaik mengunjungi objek wisata ini adalah saat musim kemarau. Dimana, anda bisa melihat pemandangan langit yang mengesankan.

Pantai Batu Hiu juga digunakan sebagai tempat penangkaran penyu hijau. Jaraknya kurang lebih 15 kilometer. Anda bisa melihatnya gratis. Momen terbaik adalah saat bayi-bayi penyu ini dilarungkan kembali ke laut. Banyak wisatawan diperbolehkan untuk melepaskannya.

4. Situ Cisamping

obyek wisata di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/berandapangandaran/

Objek wisata di Pangandaran ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Daya tarik utama dari Situ Cisamping adalah airnya yang sangat jernih. Suasananya sejuk dengan kehadiran pepohonan yang tumbuh subur. Konon danau ini tidak pernah kering walau kemarau panjang terjadi.

Seperti yang pernah terjadi pada tahun 1950. Dimana, kurang lebih 9 bulan tidak ada hujan sama sekali. Menariknya debit air di situ ini tetap. tidak terlihat berkurang. Hingga akhirnya warga sekitar memanfaatkannya untuk irigasi, dan memenuhi kebutuhan air mereka.

Menurut legenda, cerita danau ini berawal dari Dalem Sembah Agung yang sedang mencari bayinya. Lalu, beliau menemukan samping atau kain dari anaknya. Oleh karena itu, Situ ini diberi nama Cisamping. Menurut cerita para warga, disini juga dijadikan sebagai tempat mandi bidadari kayangan.

Fasilitas yang bisa anda nikmati disini adalah permainan air seperti bebek air yang bisa disewa. Warung makan yang sudah menyediakan tempat yang nyaman dan menu khas Pangandaran yang enak dan menggugah selera. Serta ada kolam renang buatan yang lokasinya tidak jauh dari kawasan ini.

5. Pantai Pananjung

tempat wisata di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/arip_radartv/

Tempat wisata di Pangandaran Jawa Barat tidak hanya mempunyai status sebagai wisata alam saja melainkan juga cagar alam yang mempunyai keindahan luar biasa. Jadi, anda harus berhati-hati dan jangan sampai bertindak yang merugikan diri.

Anda bisa melihat berbagai macam flora dan fauna. Seperti kera-kera yang bergelantungan. Ingat, jangan memberikan mereka makan. Karena, bisa merusak sifat alami mereka. Ada juga trenggiling, Bison, Lutung. Serta beberapa burung yang menarik untuk dilihat.

Di kawasan Taman Marga satwanya anda bisa melihat sebuah hutan sekunder yang usianya sudah mencapai 67 tahun. Di dalamnya anda bisa melihat tanaman seperti Popohan kondang, dan Merong. Salah satu wahana terbaik untuk menikmati pantai ini adalah Snorkeling dan Diving.

Selain terumbu karangnya yang indah dan mempesona mata. Anda juga bisa melihat bintang laut, kuda laut yang berenang bersama. Ada juga teripang dan juga tiram yang menarik. Ombak di pantai ini juga menjadi salah satu yang ganas. Hal ini begitu disukai oleh para peselancar.

Bagi anda yang ingin surfing, disini juga sudah menyediakan berbagai macam peralatan surfing lho. Ada juga beberapa goa yang jadi benteng pertahanan Jepang pada masa perang dunia ke 2. Tidak jauh dari kawasan pantai, ada tempat pelelangan ikan dari nelayan yang baru pulang melaut. Anda bisa beli dengan harga murah dan kualitas fresh.

Datang juga ke –> 17 Tempat Wisata di Serang Terbaru

6. Goa Sutra Reregan

tempat wisata alam di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/rubbyeso/

Tempat wisata di Pangandaran terbaru ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi. Mempunyai sebuah fenomena unik yang disebut dengan julukan Gorden Bergoyang. Merupakan pegunungan karst yang menjadi pintu bagi beberapa goa.

Dari area parkir menuju ke Goa bisa berjalan kaki hanya 10 menit saja. Mempunyai lebar 8,44 meter dan tinggi 21,88 meter. Untuk pintu Barat, bila anda masuk melalui timur. Memiliki lebar, 12,66 M dan tinggi 7,23 M. Dengan kedalaman mencapai 56,58 meter.

Letak kawasan ini sendiri dikelilingi oleh kebun warga Saat menjelajah ke dalam Goa, anda harus berhati-hati. Karena, lantainya licin, ada banyak tetesan air dari Goa. Ada Stalaktit dan Stalakmit. Disini pun juga menyimpan berbagai bukti mengenai zaman prasejarah mulai dari siput, kulit kerang dan masih banyak lagi.

7. Pantai Lembah Putri

tempat wisata pantai di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/one_transport_travel_bandung/

Tempat wisata di Pangandaran ini terletak di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang. Pemandangan di tempat ini pun menyajikan pesona yang mengesankan. Anda bisa melihat indahnya Samudera Hindia, Puncak bukit, dan hamparan sawah yang mengesankan.

Panorama lain yang bisa anda temukan adalah hadirnya pepohonan yang lebat dan burung seperti Cangkurileung, Dudut, Perkutut, serta Puyuh. Ada lagi tanaman hias dan buah-buahan yang bisa anda lihat dan dijadikan sebagai spot foto menarik.

Saking Instagramablenya tempat ini dijadikan sebagai kawasan prewedding. Salah satu pemandangan yang harus anda nikmati dan tidak boleh terlewatkan adalah Matahari terbit dan terbenam. Keindahannya melebihi dari apa yang anda bayangkan. Untuk harga tiket masuknya sendiri 5 ribu rupiah saja.

8. Cukang Taneuh

tempat wisata di pangandaran terbaru
foto: https://www.instagram.com/helfi.oc/

Objek wisata ini menjadi andalan Pariwisata Pangandaran. Keunggulannya adalah areanya yang benar-benar menawan dan mengesankan. Menjadi wisata unggulan Desa Kertajaya, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Airnya sangat jernih dengan suasana pepohonan hijau yang benar-benar mengesankan.

Aktivitas yang bisa anda nikmati adalah body rafting dengan panjang trek kurang lebih 5 km untuk yang pendek. Bagi yang ingin lebih menantang bisa mencoba trek panjangnya sejauh 10 km. Harganya 200 ribu dan 225 ribu. Dengan waktu tempuhnya 1,5 jam hingga 6 jam lamanya.

Saat penjelajahan anda akan ditemani oleh pemandu profesional yang ramah dan menyenangkan. Serunya permainan ini adalah, anda harus berenang, atau kadang jalan kaki, melewati berbagai macam rintangan dan bebatuan. Fasilitas yang diberikan kepada anda adalah Pelampung, helm, life jacket, dan sepatu karet. Bagi anda yang ingin menikmati liburan seru bersama keluarga. Tempat ini bisa anda jadikan tujuan.

Pesona lain yang disajikan disini hampir mirip dengan green canyon dengan pesona tebing-tebing menjulang tinggi dan tampak sempurna. Untuk menambah keseruan dalam perjalanan ini, anda bisa menikmati sebuah gua dengan stalaktit dan stalakmitnya yang mempesona.

Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah musim pancaroba. Dimana airnya akan sangat jernih dan pesonanya bagaikan di surga. Tetapi, bila anda mengunjunginya saat musim penghujan, udara cenderung keruh dan berwarna kecoklatan. Kurang biak untuk foto-foto

9. Pantai Karang Nini

wisata alam pangandaran
foto: https://www.instagram.com/lisadewif/

Tempat wisata di Pangandaran ini terletak di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tidak hanya elok soal pemandangannya saja, kawasan ini juga terkenal dengan cerita legendanya yang dipantau hati. Tentang seorang kakek dan nenek yang saling jatuh cinta.

Sang Kakek bekerja sebagai nelayan, suatu hari beliau belum juga pulang. Nenek khawatir khawatir beliau pergi ke pantai dan memanggil nama kakek Tetapi, tidak pernah muncul. Hingga akhirnya, muncul sebuah batu karang yang merupakan perwujudan kakek yang meninggal.

Nenek berdoa agar selalu berada disamping kakek, akhir ia juga berubah menjadi batu dan saling bertentangan.dari sini, Anda juga bisa melihat pulau nusa kambangan yang kadang menjadi pemandangan epik saat senja datang. Perpaduan antara pohon jati dan pantai menjadi daya tarik utama kawasan ini.

Disini, anda juga bisa melihat jalur kereta api yang rencananya akan direaktivasi. jalur ini dahulu dibangun oleh Belanda. Dengan adanya sarana transportasi, menuju ke berbagai kawasan di Pangandaran akan sangat mudah. Panorama lainnya adalah hadirnya akuarium alam dimana, saat air laut sedang pasang, airnya tidak bisa keluar dan membentuk sebuah kolam.

Di dalamnya Anda bisa melihat ikan kecil, ikan hias, dan karang karang yang tampak cantik. Tidak jauh dari tempat ini, anda bisa menginap di beberapa penginapan yang tidak jauh dari pantai. Harganya mulai dari 300 Ribuan saja. Dengan fasilitas yang siap memanjakan anda.

10. Arung Jeram Citumang

Tidak hanya indah dengan pantai dan pesona matahari terbenam saja. Tempat wisata di Pangandaran juga punya menu adrenalin yang membuat Anda ketagihan untuk memesan. Body Rafting di Sungai Citumang yang perlahan naik daun ini sayang untuk dilewatkan.

Keindahan alam sekitar sungai yang bisa Anda lihat. Kurang lebih 2 jam perjalanan dan akan terpesona dengan pemandangannya. Untuk harga tiketnya, tergantung pada jasa tour yang anda ikuti. Tetapi, rata-rata mereka mematok tarif 80 ribu rupiah. Sudah lengkap dengan peralatan rafting seperti life jacket, pelampung, sepatu karet, helm, dan kacamata serta makan siang setelah selesai penjelajahan.

Sebagai persiapan, biasanya Anda disuruh untuk memasukkan kaki ke dalam kolam selama 10 menit. Kemudian, selama 10 menit. Hal ini diperlukan karena body rafting adalah olahraga yang menggunakan semua anggota badan.

Selama tur ada banyak kegiatan yang akan dilakukan. Salah satunya adalah meloncat dari atas tebing. Rasanya, mengesankan sekali dan buat kalian ingin kembali dan lagi. Ada juga air terjun dan jembatan gantung yang harus ditaklukan untuk bisa mencapai garis finish.

Review Sebelumnya –> 19 Tempat Wisata di Pandeglang

11. Pantai Karang Tirta

wisata terbaru di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/wulandariavila/

Tempat wisata di Pangandaran ini terletak di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih. Jalan menuju ke lokasi sudah cukup bagus. Pemandangan hijau pun tak luput dari pandangan. Terkadang anda juga bisa melihat tambak kandang milik warga. Keunggulan lain dari tempat ini adalah hadirnya berbagai warung makan yang hadir dengan macam aneka makanan.

Pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi juga terlihat cukup banyak. Anda juga bisa menikmati kesegarannya yang akan langsung diambil dari pohonnya langsung, Pesona lain yang disuguhkan adalah Panorama laguna yang biasa digunakan untuk memancing. Bagi anda hobi memancing, anda bisa bawa peralatan sendiri dan nikmati berbagai jenis ikan dengan ukuran terbesarnya bisa mencapai 7 kilogram atau lebih.

Di pantai sekitar juga sudah tersedia berbagai penginapan yang bisa anda coba tempati. Untuk harganya mulai dari 200 Ribuan saja. lengkap dengan fasilitas yang menyenangkan dan suasana yang nyaman.

12. Sunset Pangandaran

Dari namanya saja, anda pasti sudah tahu apa yang menjadi keunggulan dari kawasan ini. Panorama sunset yang luar biasa, dan sulit untuk dilupakan. Tidak heran bila saat sore hari, tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baik dari Pangandaran maupun, dari luar.

Pesona lain yang bisa Anda nikmati adalah Menjelajah hutan yang telah ditetapkan sebagai cagar alam. Ada rusa dan kera ekor panjang yang akan menyambut anda. Di tempat ini, Anda juga disuguhkan dengan arena kolam renang yang bisa dimanfaatkan untuk anak-anak bermain.

Pangandaran sunset sendiri adalah sebuah pantai yang ombaknya cukup besar. Banyak wisatawan yang tidak pernah mengunjungi tempat ini karena matahari terbenamnya lebih cantik dan indah dibandingkan dengan pantai di Pangandaran lainnya.

Pesona terakhir yang bisa dinikmati adalah hidangan kulinernya yang benar-benar menawan dan menakjubkan. Dari segi rasa dan tempatnya yang anda bisa pilih sendiri. Mulai dari kaki lima hingga bintang lima sekali pun. Suasananya sungguh berbeda dengan suara ombak yang tak pernah berhenti.

13. Pantai Legok Jawa

tempat wisata di pangandaran jawa barat
foto: https://www.instagram.com/agungab17/

Berada di ujung selatan jawa barat membuat Pangandaran dikaruniai pesona pantai yang cukup banyak dan menawan. Salah satunya adalah Legok jawa. Ciri khas kawasan ini adalah anginnya yang kencang, ombaknya cukup tinggi dan mengesankan.

Banyak tebing menjulang dan bibir pantai yang cukup panjang. Membuat kawasan ini bisa dijadikan sebagai spot foto terbaik di Pangandaran. Anda juga bisa mengunjungi bukit karang. Disana, ada banyak ikan kecil yang lembut di sela-sela karangnya.

Jika ingin melihat keindahan pantai yang sebenarnya, anda bisa pergi ke menara suar dan lihat. Panorama pantai dari atas sini. Spot terbaik yang disuguhkan oleh Legok Jawa adalah tenggelamnya matahari. Kadang, Anda bisa melihat siluet kapal-kapal nelayan yang bisa bersandar. Atau bukit karang yang bisa dijadikan background.

Tempat wisata di Pangandaran ini terletak di Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak. Bagi anda yang ingin menginap, tempat ini menyediakan area yang luas untuk berkemah. Soal makan, jangan khawatir, sudah banyak warung yang siap menyediakan berbagai olahan hidangan laut yang membuat lidah anda bergoyang.

14. Situs Batu Kalde

wisata sejarah di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/harispangandaran/

Tidak hanya soal pantainya saja. Tempat wisata di Pangandaran yang mempunyai pesona sejarah yang bisa anda temukan di Situs Batu Kalde. Konon menjadi tempat peristirahatan raja Galuh yaitu Prabu linggawesi. Situs ini berupa arca sapi yang mempunyai tinggi kurang lebih 5 meter.

Tidak jauh dari sini, anda bisa menemukan situs makam kuno yang kurang lebih ada 5. Menurut pembuatan masyarakat situs ini merupakan penghormatan kepada salah satu penduduk kerajaan Pananjung yang bernama Arya Sapi Gumarang. Beliau sukses meningkatkan produksi pertanian.

15. Pantai Batu Karas

Tempat wisata di Pangandaran terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Pantai Batu Karas. Terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang. Salah satu ciri khas dari kawasan ini adalah ombaknya yang sangat besar. Hal ini sangat bagi bagi mereka yang menggunakan olahraga surfing.

Menariknya lagi, Anda bisa belajar dan juga menyewa peralatan berselancar disini. Ombak di Pantai Batu Karas cocok untuk anda yang sedang belajar bermain selancar dan untuk kelas menengah. Kegiatan lain yang bisa Anda nikmati adalah memancing. Banyak masyarakat sekitar saat hari datang memancing.

Jangan lupakan pemandangan matahari terbenam yang akan menutup hari anda dengan sempurna. Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati disini adalah hadirnya, beberapa toko cinderamata khas laut. Harganya mulai dari 5 ribu rupiah saja. Anda juga bisa menawarnya lho.

Penginapan soal, tidak perlu ragu. Tidak jauh dari Pantai Batu Karas sudah banyak penginapan mulai dari homestay, guest house, sampai resort. Harganya pun beragam mulai dari 200 ribu rupiah. fasilitasnya pun cukup lengkap, sesuai dengan harga yang akan anda bayar.

Review Sebelumnya –> 20 Tempat Wisata di Jakarta

Tempat wisata di Pangandaran memang memiliki pemandangan yang memukau. Mulai dari pantai, curug, dan beberapa situs yang menarik untuk dijelajahi. Makanan khasnya juga tidak kalah nikmatnya untuk disantap. Tidak salah mendapatkan julukan sebagai Hawai Van Jabar. Tidak salahnya pula dijadikan sebagai tempat liburan anda bersama dengan keluarga.

Vlog Ke 5 Wisata Dieng Paling Rekomended

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here