Makanan khas Kota Solo ada banyak dan hampir semuanya sangat nikmat. Walaupun, cenderung dominan dengan rasa gurih dan manis. Namun, setiap gigitannya mempunyai cita rasa yang membuat lidah kamu bergoyang.

Bahkan, sisi menarik dari kuliner di solo adalah sejarah yang terkandung di dalamnya.Beberapa menu yang ada terinspirasi dari masakan eropa zaman dahulu yang mencoba dipadukan dengan lidah orang Solo sendiri.

Bagaimana, sudah semakin penasaran bukan dengan berbagai menu makanan Kota Solo yang bisa kamu cicipi. Mari kita lanjutkan penjelajahannya di bawah ini.

1. Balung Kethek

makanan khas solo terbaru
foto: https://www.instagram.com/tiwuel29/

Makanan pertama yang bisa kamu nikmati adalah Balung Kethek. Makanan ringan khas Solo ini memang mempunyai nama yang cukup unik.

Tidak hanya itu saja, cita rasanya juga sangat unik lho. Menurut sejarahnya, nama balung ini sendiri bisa diartikan sebagai tulang yang bila digigit sangat keras. Sehingga, saat kita makan, wajah kita akan berubah seperti kera.

Oleh karena itu, disebut dengan nama Balung Kethek. Sayangnya, saat ini makanan ini hampir punah. Pembuatannya dibuat dari bahan rebusan ketela yang mempunyai rasa cukup manis. Tetapi, saat ini sudah banyak berkembang dan mempunyai banyak rasa yang bisa kamu pilih sendiri.

2. Wedang Uwuh

minuman khas solo
foto: https://www.instagram.com/anafauzayusuf/

Jangan berpikir negatif dulu ya, karena wedang uwuh ini adalah minuman sampah yang berasal dari rempah-rempah. Tidak dibuat bubuk atau disaring. tetapi, dibiarkan begitu saja, sehingga bila diseduh akan seperti sampah atau dalam bahasa jawa adalah uwuh.

Isi dari wedang uwuh sendiri terdiri dari jahe yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah. Kayu Secang, Daun dan Buah pala yang mampu mengatasi penyakit insomnia. Cengkeh, Daun dan Kayu manis, Kapulaga, akar dan daun sereh yang mempunyai banyak khasiat.

Wedang ini paling nikmat disajikan saat udara dingin. Dimana rasa rempah dan jahenya membuat badan kamu terasa hangat dan segar kembali. Harga wedang uwuh tidaklah mahal hanya 5 ribu saja. Cara penyajiannya juga tidak sulit, cukup diseduh di air panas saja.

3. Sate Kere

sate kere
foto: https://www.instagram.com/jogjabikinlaper/

Sajian selanjutnya adalah Sate Kere yang rasanya tidak akan membuat kamu lupa. Makanan Khas Solo Jawa Tengah ini pun bisa kamu temui di berbagai tempat. Tetapi, jangan salah tafsir ya. karena, Sate Kere sendiri bukanlah daging sapi atau juga ayam. Melainkan, dengan tempe gembus.

Tempe ini digunakan sebagai penggambaran orang kere atau miskin. Karena, ayam dan daging sapi terlalu mahal. Sehingga, diberi nama sate kere.

Paling terkenal di Kota Solo adalah buatan bu Tugiyem yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dengan bumbu-bumbu meresap hingga ke dalam.

4. Rengginang

makanan ringan khas solo
foto: https://www.instagram.com/rengginangketanbuneni/

Mungkin, makanan ini sudah pernah kamu temui apalagi, saat lebaran. Ada banyak makanan rengginang yang disediakan.

Makanan ini adalah kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang diberi bumbu, Pembuatannya pun dijemur hingga kering terlebih dahulu. Kemudian, digoreng, saat ini ada beberapa pilihan rasa seperti, asin, gurih dan juga manis.

5. Serbat Jahe

minuman tardisional khas solo
foto: https://www.instagram.com/anekajaya_bandungrejo/

Serbat jahe menjadi minuman tradisional yang saat ini banyak dicari. Apalagi, semakin berkembangnya kasus virus corona.

Minuman ini diracik dengan menggunakan umbi jahe dan gula merah. Mampu menyembuhkan kamu dari rasa mual dan cocok bagi kamu yang sedang masuk angin.

Baca juga –> 16 Makanan Khas Purworejo

6. Klengkam

makanan khas solo surakarta
foto: https://www.instagram.com/tyasihsr/

Bagi kamu yang sering buat nasi kuning. Klengkam menjadi salah satu menu yang wajib kamu buat. Bahannya adalah kentang yang diiris tipis kemudian digoreng terlebih dahulu.

Cita rasanya adalah pedas manis. Kering kentang ini biasanya dijadikan oleh-oleh karena, tidak hanya jadi lauk, tetapi bisa juga dijadikan camilan.

7. Sup Matahari

makanan enak khas solo
foto: https://www.instagram.com/mrachefo/

Dinamakan sebagai Sup Matahari karena, penyajiannya hampir mirip dengan bunga matahari. Bahan yang digunakan adalah jamur tiram, telur dadar, jagung, ayam, merica, bawang bombay, gula, bawang merah dan garam.

Biasanya, menu satu ini disajikan pada saat acara pernikahan. Sup Matahari melambangkan sebuah harapan bagi pasangan yang menikah. Agar rumah tangga yang mereka bangun selalu bahagia lahir dan batin. Serta bersinar seperti matahari.

8. Soto Segar

makanan khas solo yang murah
foto: https://www.instagram.com/ummu_shanum/

Kuliner khas selanjutnya adalah soto segar. Diantara semua menu tersebut. Gading menjadi yang paling dikenal. Menariknya, tempat tersebut menjadi salah satu langganan makan bila kembali ke Solo.

Sebenarnya, isi dari menu ini cukup sederhana. Hanya ada tauge, daging sapi/ayam, dan potongan seledri ditambah dengan kuah bening yang segar.

Tetapi, menu pendampingnya yang menjadi pilihan pengunjung. Ada yang menghadirkan paru, babat, perkedel, tempe, tahu, dan masih banyak lagi. Menu Soto ini selalu ada setiap saat. Dari pagi hingga malam hari.

9. Sosis Solo

makanan enak khas solo
foto: https://www.instagram.com/jajanan.nadhifa/

Makanan khas Solo yang terkenal selanjutnya adalah Sosis. Jajanan pasar yang mempunyai cita rasa gurih ini memang sebenarnya mudah untuk di masak.

Tambahkan beberapa bumbu mulai dari lada, ketumbar, garam, serta kaldu ayam.

10. Gudeg Ceker Solo

makanan tardisional khas solo
foto: https://www.instagram.com/mimolette_1106/

Gudeg memang terkenal sebagai menu khas Yogyakarta. Tetapi, kota ini pun mempunyai sajian yang sama. Makanan khas Solo malam hari ini memang cukup unik dimana buka hanya di jam 1 pagi, biasanya jam 5.30 pagi semuanya ludes terjual.

Paling terkenal adalah Gudeg Bu Kasno yang sudah ada sejak tahun 1932. Kemudian mulai diwariskan ke anaknya sejak tahun 1970. Jangan heran, walaupun buka tak biasa. Namun, saat kamu kesini banyak yang antri lho.

Coba juga –> 11 Makanan Khas Kebumen

11. Carang Gesing

makanan enak khas solo
foto: https://www.instagram.com/doroteatirta/

Menu selanjutnya adalah carang gesing. Dimana, kuliner ini bisa kamu temui di berbagai pasar tradisional di Kota Solo.

Bahan yang digunakan adalah pisang, santan, telur, serta daun pisang. Cita rasanya manis gurih, paling cocok dinikmati saat pagi hari dengan secangkir teh hangat.

12. Solo Prabu

Inilah oleh-oleh kekinian yang bisa kamu nikmati saat di Solo. Ada lima rasa yang bisa kamu pilih seperti, Bima Greentea, Arjuna Blueberry, Yudhistira O’cheese, Nakula Chocolate, serta Sadewo Taro. Bentuknya bulat dan sangat lembut.

13. Abon Mesran Solo

abon khas solo
foto: https://www.instagram.com/liaa_san/

Bukan solo namanya kalau tidak mempunyai berbagai macam oleh-oleh. Salah satunya adalah Abon Mesran Solo. Dengan cita rasanya yang gurih. Tempat ini, menjadi yang terkenal dengan berbagai harga yang begitu rumah.

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu nikmati mulai dari Ayam dan Sapi. Mempunyai cita rasa dan ciri khas yang beraroma rempah-rempah. Ada juga rasa original dan juga pedas manis. Harganya pun cukup murah dengan harga 60 ribu.

14. Serabi Solo

makanan khas solo jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/solonyaman/

Kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan saat di solo adalah Serabi. Bahan utamanya menggunakan santan dan tepung beras. Di gulung dengan daun pisang. Sehingga, memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

Ada berbagai macam varian yang bisa kamu nikmati mulai dari original, coklat, pisang, keju. Paling terkenal adalah serabi notosuman yang bisa kuat sehari penuh, dan dua hari bila masuk ke kulkas. Harga satu boxnya mencapai 20 ribu rupiah isi 6.

15. Brambang asem

makanan khas solo
foto: https://www.instagram.com/kuliner_asiksolo/

Bagi kamu yang menyukai sayuran, Brambang asem menjadi salah satu sajian yang tidak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa menikmatinya menggunakan tempe gembus. Ditambah bumbu pecel yang nikmat. Lebih enak lagi bila bumbu ini memiliki cita rasa pedas.

Kamu bisa membelinya dengan harga 5 ribu rupiah saja. Coba saja pergi ke Pasar Gede. Ada banyak penjual menu satu ini. Bahan utama yang digunakan adalah ubi jalar ditambah dengan bumbu seperti terasi, gula jawa, dan cabai.

Kunjungi juga –> Daftar Tempat Wisata Di Solo dan Sekitarnya Wajib Dikunjungi

16. Es Gempol Pleret

minuman khas solo
foto: https://www.instagram.com/genikayu/

Tidak bisa dipungkiri bahwa, cuaca panas kota Solo membuat kamu ingin sesuatu yang segar. Salah satunya adalah Es Gempol Pleret yang dijual di Pasar Gede.

Olahannya begitu beragam, ada tepung beras putih, di tambah dengan kuah santan yang di beri gula jawa. Harganya pun cukup murah hanya 7 ribu rupiah saja.

17. Timlo

timlo
foto: https://www.instagram.com/ferasidharta/

Makanan khas Solo yang murah selanjutnya dan menjadi salah satu yang legendaris adalah Timlo. Isinya ada suwiran daging ayam, telur pindang, ati ampel serta beberapa irisan sosis solo.

Konon katanya tempat ini sudah ada sejak tahun 1958 lho. Cita rasa gurih akan kuahnya menjadi juara dan selalu dirindukan semua orang.

18. Nasi Liwet

nasi liwet solo
foto: https://www.instagram.com/amazingindonesiafood/

Kuliner khas lainnya adalah nasi liwet. Pasti kamu sudah tidak asing dengan menu satu ini. Dimana, menggunakan nasi gurih yang lezatnya nggak karuan. Kamu bisa menikmatinya pada malam hari atau juga pagi hari.

Di solo yang paling terkenal adalah Nasi Liwet Bu Wongso lemu yang sudah ada sejak 70 tahun yang lalu. Cita rasa gurihnya nasi dipadukan dengan suwiran ayam, telur rebus, dan sayur daun pepaya yang nikmat.

19. Selat Solo

selat solo
foto: https://www.instagram.com/dapoersikoko/

Menu selanjutnya adalah Selat Solo. Dimana makanan ini menurut sejarahnya diracik oleh chef keraton yang menduplikasi steaknya orang eropa. Bisa dikatakan makanan satu ini disebut steaknya orang jawa.

Ada dua varian yang bisa kamu nikmati. Pertama dengan kuah segar berwarna hitam. Atau kuah coklat yang sudah di tambah dengan kuning telur. Kemudian, putih telurnya dijadikan sajikan dalam.sebuah piring bersama dengan sayuran lainnya.

20. Sate Buntel

makanan khas solo yang enak
foto: https://www.instagram.com/separuhakulemak/

Menu makanan ini merupakan olahan daging kambing yang mempunyai cita rasa tinggi. Menariknya, hampir semua menu di Kota Solo mempunyai sajian ini.

Buntelnya sendiri menggunakan lemak kambing yang kemudian di bakar. Di tambah dengan bumbu kecap dan merica.

Baca juga –> Makanan Khas Semarang

21. Pecel Ndeso Solo

pecel ndeso
foto: https://www.instagram.com/new_ekas/

Berbeda dengan makanan pecel lainnya. Menu satu ini mempunyai bumbu dan kuah yang berwarna hitam bukan coklat. Bahannya pun berbeda, bukanlah kacang melainkan wijen hitam yang rasanya enak.

Keunikan lainnya adalah menggunakan nasi merah, bukan menggunakan piring melainkan daun pisang. Tambahan lainnya adalah jantung pisang, kacang tolo, dan parutan kelapa. Harganya kurang lebih 8 ribu rupiah.

22. Ampyang

ampyang solo
foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Ampyang menjadi salah satu menu oleh-oleh yang tidak boleh kamu nikmati. Bahan dasarnya adalah kacang. Ditambah dengan bumbu gula jawa dan jahe yang nikmat.

Cita rasanya memang sedikit pedas tetapi, tetap nikmat untuk dinikmati. Dan bisa kamu jadikan sebagai salah satu oleh-oleh.

23. Rambak Petis

makanan ringan khas solo
foto: https://www.instagram.com/ridhosolo/

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah Rambak Petis. Dimana makanan ini mempunyai cita rasa yang sangat unik. Rambak yang digunakan berasal dari kulit kerbau atau juga kulit sapi.

Petisnya sendiri menggunakan kaldu sapi yang sudah direbus lama. Nah, pembuatan rambaknya sendiri cukup unik. Sebelum digoreng, kulitnya akan di balur dengan bumbu. Jadi, saat kamu makan tanpa menggunakan petis rasanya sudah luar biasa.

24. Tengkleng

makanan tradisonal khas solo
foto: https://www.instagram.com/lumbungpangansolo/

Dari segi namanya mungkin, kamu sudah merasa aneh. Namanya adalah tengkleng, seperti gule dengan kuah santan yang tidak terlalu pekat. Hanya saja, tidak menggunakan daging, tetapi menggunakan tulang belulangnya.

25. Wedangan Solo

wedangan solo
image: https://www.instagram.com/eatventuresolo/

Wedangan menjadi solusi bagi kamu yang malam-malam merasa lapar. Karena, tempat ini merupakan warung makan tradisional yang berisikan nasi kucing dan aneka gorengan. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam minuman hangat.

Ada teh manis, jahe, kopi, serta pilihan es yang tidak kalah menyegarkan. Ada banyak wedangan di kota solo mulai dengan konsep sederhana atau konsep cafe. Dengan semua sajiannya di bakar terlebih dahulu.

Baca juga –> Makanan Khas Klaten

26. Bakso Titoti

bakso titoti
foto: https://www.instagram.com/henjiwong/

Bakso Titoti menjadi salah satu menu andalan yang bisa kamu nikmati.

Isinya pun cukup lengkap dengan adanya mie kuning, mie putih, kuah kaldu, pangsit, dan juga tetelan.

27. Tahu Kupat

tahu kupat solo
foto: https://www.instagram.com/jogjafoodhunter/

Makanan tradisional lainnya yang bisa kamu cicipi selama di Solo adalah Tahu Kupat. Kuliner ini menggunakan bahan utama tahu dan juga kupat. Di siram dengan kacang dan bumbu yang nikmat. Sebagai pelengkapnya, ada mie dan juga bakwan.

Ada banyak tempat yang bisa kamu pilih. Ciri khas penjual tahu kupat adalah gerobak yang berwarna merah. Harga yang bisa kamu beli mulai dari 10 ribu rupiah. Bila ditambah dengan telur menjadi 12 ribu rupiah.

Tahu yang digunakan adalah tahu putih yang dipotong kotak-kotak kecil. Digoreng tanpa menggunakan bumbu. Sehingga, dibiarkan hambar begitu saja. Tahu ini digoreng kering berpadu dengan kuah pedas manisnya menjadi sangat nikmat.

28. Pecel

makanan khas solo
foto: https://www.instagram.com/dhikanov/

Kalau kamu tadi sudah mengetahui versi ndeso dengan wijen. Saat ini kamu juga bisa menikmati versi aslinya dengan bumbu kacang yang nikmat.

Sayur yang digunakan tetap sama yaitu daun singkong, kacang panjang, taoge serta mentimun.

Menu makanan ini bisa kamu temukan di berbagai sudut kota solo. Perbedaannya, dengan madiun. Menu satu ini tidak menggunakan rempeyek melainkan biasanya di ganti dengan kerupuk.

29. Brem Solo

oleh oleh khas solo
foto: https://www.instagram.com/waosansurakarta/

Tidak hanya punya Madiun saja, tetapi Solo juga punya Brem dengan cita rasa yang tidak kalah nikmatnya.

Bentuknya putih dan manis. Harganya pun tidak terlalu mahal, kamu bisa membelinya di berbagai macam toko oleh-oleh.

30. Kue Lapis Mandarin

makanan khas solo
foto: https://www.instagram.com/tgsbakery/

Kue lapis mandarin menjadi sajian oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan. Di solo ada satu tempat yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Tempat tersebut adalah Orion.

Tempat ini hanya ada satu di kota solo. Kamu bisa memilih kue mana yang akan kamu beli. Mulai dari yang kecil atau juga yang besar. Perbedaan kue lapis mandarin orion dengan yang lain adalah teksturnya.

Sangat lembut dan manis, selain itu ada varian rasa seperti kismis atau juga original. Harga yang ditawarkan mulai dari 100 ribu rupiah.

Toko yang sudah ada sejak tahun 1932 ini konon mampu bertahan hingga satu minggu lho. Jadi, sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan bila pergi dari Solo. Menariknya lagi, tidak menggunakan bahan pengawet sedikit pun lho.

Review Sebelumnya –> Makanan Khas Pemalang

Makanan khas Solo memang banyak dan mempunyai berbagai macam rasa. Kenikmatannya tidak akan pernah kamu lupa. Harganya pun juga tidak terlalu mahal mulai dari 10 ribu rupiah saja. Jadi, menu makanan mana yang akan kamu nikmati pertama kali saat berkunjung ke Solo.

Vlog Ke Lokawisata Baturraden Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here