Sumatera Barat meupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki berjuta pesona keindahan. Banyak sekali tempat wisata di Sumatera Barat, mulai dari yang menyuguhkan pemandangan alam hingga tempat-tempat bersejarah.

Sumatera Barat menyuguhkan pesona alamnya melalui destinasi wisata yang menawan, seperti pantai, gunung, lembah, danau, hingga air terjun. Untuk Anda yang menyukai wisata sejarah, tempat-tempat seperti museum dan banker dapat dijadikan pilihan.

Karena banyaknya destinasi wisata di Bumi Minangkabau tersebut, Anda mungkin bingung akan berkunjung kemana. Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, berikut kami rangkum tempat wisata di Sumbar yang wajib dikunjungi.

1. Jam Gadang

jam gadang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114891714683754724916

Siapa yang tak kenal dengan menara jam fenomenal ini? Menara jam yang berlokasi di tengah-tengah Kota Bukittinggi ini menjadi salah satu pusat wisata banyak dikujungi wisatawan.

Selain menjadi ikon dari Kota Bukittinggi, Jam Gadang juga menjadi tempat wisata di Sumbar yang lagi hits loh. Di sekitar Jam Gadang telah dilakukan perluasan taman yang menjadi ruang interaksi atau tempat bersantai.

Menara jam yang menjadi titik nol kota Bukittinggi ini berjarak 72 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau. Untuk masuk ke destinasi wisata satu ini Anda tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Destinasi wisata satu ini juga buka setiap hari selama 24 jam. Jadi Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini setiap saat.

2. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai
Foto : https://www.instagram.com/defri_kurniawan16/

Air terjun Nyarai terlatak di Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Tempat wisata di Sumatera Barat Padang ini termasuk bagian dari Cagar Alam Nasional Bukit Barisan.

Keindahan air terjun setinggi 8 meter dengan panorama surgawi dapat memanjakan mata sekaligus menenangkan pikiran Anda. Untuk mencapai air terjun indah ini Anda harus menempuh perjalanan sejauh 20 kilometer dari Kota Padang.

Kemudian, Anda akan dipandu oleh pemandu wisata berjalan sejauh 5,1 kilometer melalui kawasan hutandan sungai menuju lokasi air terjun.

Perjalanan yang Anda butuhkan untuk sampai ke air terjun ini sekitar 2 sampai 3 jam. Jika ingin bermalam di area wisata, Anda dapat menyewa fasilitas camping dengan harga Rp40.000 per orang.

Kemudian untuk biaya trekking air terjun dipatok dengan harga Rp20.000 per orang. Harga-harga yang tertera tersebut dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi.

3. Pantai Air Manis

pantai air manis
Foto : https://www.instagram.com/yonggi.f/

Destiasi selanjutnya adalah Pantai Air Manis yang terkenal dengan daya tarik Batu Malin Kundang. Batu Malin Kundang merupakan relief berupa pecahan kapal yang menyerupai tokoh Legenda terkenal asal Bumi Minang.

Pantai yang terletak 10 kilometer dari pusat kota ini selain memiliki Batu Malin Kundang juga mempunyai pesona alam sebagai keunikannya. Pantai Air Manis berlokasi di belakang Gunung Padang tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Harga tiket masuk Pantai Air Manis hanya Rp10.000 untuk dewasa, Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk biaya parkir.

Jika Anda ingin pergi ke pantai ini, perlu diingat bahwa sewaktu-waktu harga yang tercantum diatas dapat beubah. Destinasi wisata pantai satu ini sibuka selama 24 jam setiap hari.

4. Danau Singkarak

danau singkarak
Foto : https://www.instagram.com/ghaardii/

Danau Singkarak merupakan danau seluas 1000 hektar yang masuk dalam dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Wisata Danau dengan pemandangan menakjubkan ini berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Padang.

Karena pesona alamnya yang menawan, Danau Singkarak menjadi tujuan wisata Sumatera Barat banyak dikunjungi. Di danau ini, terdapat banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan.

Selain menikmati keindahan alam Danau Singkarak, Anda juga bisa berenang, memancing, atau naik sampan mengelilingi danau. Untuk masuk ke Danau Singarak Anda hanya akan mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000 saja.

Namun, dengan berjalannya waktu ada kemungkinan harga tiket tersebut akan berubah. Untuk mengelilingi Danau Singkarak menggunakan sampan Anda akan dikenakan biaya tambahan berupa harga sewa kapal.

5. Gunung Singgalang

gunung singgalang
Foto : https://www.instagram.com/mfarhan_2901/

Bagi Anda yang menyukai kegiatan mendaki, destinasi wisata Alam di Sumatera Barat satu ini wajib untuk dikunjugi. Gunung dengan ketinggian kurang lebih 2877 mdpl ini termasuk dalam jenis gunung vulkanis yang sudah tidak aktif lagi.

Saat melakukan pendakian Anda akan disuguhkan suasana bak di Hutan Fangorn dalam film Lord of The Rings. Hal itu lah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Singgalang ini.

Gunung yang terletak di Kabupaten Agam ini memiliki tiga jalur pendakian, yaitu jalur Koto Baru, jalur Balingka, dan jalur Toboh. Jika membawa kendaraan, Anda dapat menitipkannya di area parkir yang tersedia.

Harga tiket untuk dapat mendaki Gunung Singgalang ialah Rp10.000 untuk registrasi pendaki dan Rp20.000 untuk parkir kendaraan. Harga registrasi dan penitipan kendaraan bisa saja berubah kapanpun.

6. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang
Foto : https://www.instagram.com/cipta.kris/

Tempat wisata di Sumatera Barat lainnya yaitu ada Kebun Teh Alahan Panjang. Sesuai dengan namanya, kebun teh ini berlokasi di Alahan Panjang, Solok, Sumatera Barat.

Destinasi wisata satu ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi para pecinta alam. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang menginginkan suasana sejuk khas pedesaan.

Selain tempat yang menyejukkan pikiran, mata Anda juga akan dimanjakan oleh panorama alam menakjubkan. Hamparan perkebunan teh yang hijau dengan bentuk permukaan unik membuat Anda merasa betah berlama-lama disini.

Dan yang lebih menarik dari obyek wisata ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk alias gratis.

7. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock
Foto : https://www.instagram.com/oliveoliviaa_/

Jika merasa bosan dengan wisata alam, Anda dapat mencoba mengunjungi destinasi wisata sejarah berikut ini. Obyek wisata sejarah tersebut ialah Benteng Fort de Kock yang berdiri di Kota Bukittinggi Sumatera Barat.

Obyek wisata Sumatera Barat ini merupakan peninggalan dari Bangsa Belanda yang terletak 1 kilometer dari pusat kota Bukittinggi. Bangunan benteng ini pertama kali dibangun pada tahun 1825 oleh Kapten Bouer.

Di benteng ini Anda dapat berswafoto di depan bangunan Fort de Kock karena tempatnya yang instragamable. Tidak hanya sekedar berswafoto ria, Anda juga akan disuguhkan keunikan desain bangunan Benteng Fort de Kock.

Destinasi wisata sejarah ini buka pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu saja. Benteng Fort de Kock dibuka mulai pukul 09.30 hingga 17.30 setempat.

Biaya tiket masuk ke kawasan Benteng Fort de Kock ini sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 saja. Namun, perlu Anda ingat bahwa harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

8. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113704211207914894643

Destinasi wisata di Sumatera Barat selanjutnya ialah Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Obyek wisata ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga sekaligus objek wisata budaya yang terletak di Kota Bukittinggi.

Setalah berwisata di Benteng Fort de Kock Anda dapat langsung menuju Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan menyebrangi Jembatan Limpapeh.

Saat pertama memasuki tempat wisata ini Anda akan disuguhkan keunikan Rumah Adat Baanjuang yang difungsikan sebagai museum. Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk belajar dan melihat hewan-hewan yang ada di objek wisata ini.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dapat dibilang menjadi tempat wisata anak di Sumbar terbaik. Tarif tiket masuk ke wisata ini yaitu Rp25.000 untuk dewasa, sedangkan anak-anak diberi harga Rp20.000 saja.

Tarif tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi. Destinasi wisata ini buka setiap hari, dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 petang.

9. Lembah Harau

Lembah Harau
Foto : https://www.instagram.com/niko.awank/

Objek wisata alam berikutnya yaitu Lembah Harau yang berlokasi di dekat kota Payakumbuh, Limapuluh Koto, Sumatera Barat. Lembah ini menyuguhkan pemandangan dua tebing yang mengapitnya.

Tebing-tebing tersebut memiliki ketinggian hingga mencapai 150 meter. Lembah Hurau memiliki pesona yang unik, yaitu dikelilingi batu berpasir dengan ketinggian 100-500 meter. Dengan gradasi warna orange menakjubkan.

Lembah Harau sendiri berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 500 hingga 850 mdpl. Lembah Wisata Harau sangat cocok untuk Anda yang menginginkan suasana sejuk dan tenang dengan menikmati pemandangan alam.

Selain itu, di Lembah Harau juga terdapat destinasi Kampung Eropa dengan pemandangan yang sangat bagus dan instragamable. Untuk masuk ke destinasi Kampung Eropa yang ada di Lembah Harau, Anda cukup membayar harga tiket sebesar Rp20.000 saja.

Sedangkan untuk tiket terusan dipatok dengan harga Rp40.000. Perlu Anda ketahui juga, bahwa harga tiket tersebut sewaktu-waktu dapat berubah.

10. Ngungun Saok

Ngungun Saok
Foto : https://www.instagram.com/cipta.kris/

Ngungun Saok adalah salah satu objek wisata tesembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Objek wisata ini berupa air terjun yang terletak di Lubuak Minturun, Padang, Sumatera Barat.

Karena tempatnya yang berada disebuah bukit, membuat rute menuju Ngungun Saok membutuhkan kesabaran lebih. Untuk sampai di lokasi wisata, Anda harus melewati jalanan tanah berbatu dan menaklukkan tebing 80 derajat.

Meskipun membutuhkan perjuangan yang ekstra, tetapi sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan indah serta suasana menyejukkan. Tak hanya itu, setibanya di air terjun Anda akan mendapatkan ketenangan pikiran dan batin karena suasananya yang sangat rileks.

Harga tiket masuk ke Ngungun Soak terbilang sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 saja. Namun, harga tersebut bisa saja berubah mengingat tempatnya yang tersembunyi sehingga membutuhkan pembangunan akses jalan.

11. Lobang Jepang

lobang jepang
Foto : https://www.instagram.com/aknesta/

Destiasi berikutnya yaitu wisata sejarah Lobang Jepang yang berlokasi di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Destinasi wisata ini merupakan sebuah bunker peninggalan zaman Jepang yang dibangung oleh orang-orang Indonesia melalui kerja paksa.

Bunker sepanjang 6 kilometer ini memiliki 20 terowongan di dalamnya. Terowongan-terowongan tersebut dulunya digunakan sebagai tempat tinggal tentara jepang, tempat menyimpan amunisi, hingga ruang penjara dan penyiksaan.

Destinasi yang berlokasi di kawasan kompleks wisata Ngarai Sianok ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 petang. Untuk tiket masuknya, tempat liburan di Sumatera Barat ini tergolong sangat terjangkau yakni Rp15.000 per orang.

Sedangkan, jika Anda ingin fasilitas pemandu wisata akan dikenakan biaya tembahan. Harga yang diseutkan diatas dapat sewaktu-waktu berubah.

12. Museum Bung Hatta

museum bung hatta
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108302969810389287139

Museum Bung Hatta bertempat di bekas lahan rumah keluarga Bung Hatta. Destinasi ini berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 37, Campago Ipuh, Kecamatan Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Destinasi wisata sejarah ini dibuka setiap hari mulai dari jam 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Di dalam museum ini Anda akan menemukan beberapa perabotan asli milik Bung Hatta dan keluaga.

Tak hanya itu, museum ini juga menyajikan informasi sejarah perjuangan yang dialami oleh Bung Hatta. Museum Bung Hatta hanya membutuhkan waktu tempuh 15 menit berjalan dari Jam Gadang.

Untuk dapat memasuki ke Museum Bung Hatta tidak perlu membayar tiket masuk melainkan hanya memberikan donasi biaya perawatan seikhlasnya saja.

13. Masjid Agung Al-Muhsinin

Masjid Agung Al-Muhsinin
Foto : https://www.instagram.com/almuhsininkotasolok/

Tak hanya memiliki wisata sejarah dan alam yang indah saja, Sumatera Barat juga memiliki destinasi wisata religi menakjubkan. Destinasi wisata tersebut adalah Masjid Agung Al-Muhsinin.

Masjid Agung Al-Muhsinin merupakan masjid terbesar yang berada di Kota Solok. Masjid ini berlokasi di Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Saat Anda berkunjung ke Kota Solok dan mencari tempat beribadah yang dapat sekaligus memanjakan mata, masjid ini wajib untuk dikunjungi. Masjid Agung Al-Muhsinin akan memanjakan mata Anda dengan arsitekturnya yang sangat menawan.

Masjid yang buka 24 jam ini tidak memungut biaya kepada siapa pun datang berkunjung, baik warga sekitar maupun wisatawan.

14. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok
Foto : https://www.instagram.com/ghaardii/

Selanjutnya ada destinasi wisata alam yang membentang 15 kilometer dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku. Wisata tersebut ialah Ngarai Sianok yang memiliki kedalaman lembah sekitar 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter.

Ngarai Sianok terbentuk dari aktivitas pergerakan lempeng bumi yang menghasilkan sebuah ngarai dengan keindahan mengagumkan.

Saat berada di kawasan Ngarai Sianok ini Anda akan merasakan ketenangan serta kedamaian dengan udara yang sejuk. Karena ketenangan tersebut, Ngarai Sianok juga dijuluki sebagai Lembah Pendiam.

Kawasan Wisata Ngarai Sianok buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai pukul 09.30 hingga pukul 17.30.

Untuk tiket masuk, Anda hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp15.000 buat orang dewasa. Namun, setelah sempat tutup karena pandemi, harga tiket tersebut bisa saja berubah.

15. Janjang Koto Gadang

Janjang Koto Gadang
Foto : https://www.instagram.com/iamirfanation/

Selanjutnya yaitu ada Janjang Koto Gadang merupakan wisata gratis di Sumatera Barat yang menyerupai Tembok Besar Cina. Tembok besar yang memiliki panjang sekitar 1.5 kilometer ini menghubungkan Kab. Agam, Nagari Koto Gadang, dan Kota Bukittinggi.

Destinasi wisata ini memiliki dua pintu masuk di setiap ujungnya. Jika dari Kota Bukittinggi, Anda dapat melalui pintu masuk yang letaknya tak jauh dari Goa Lobang Jepang.

Pada beberapa titik disediakan pos-pos yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan alam menawan dari Janjang Koto Gadang. Untuk masuk ke destinasi wisata satu ini Anda tidak dipungut biaya sepeser pun loh.

Selain itu, selama perjalan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari Ngarai Sianok.

16. Puncak Lawang

puncak lawang
Foto : https://www.instagram.com/adipatifozan/

Puncak Lawang adalah destinasi wisata alam berupa dataran tinggi yang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. Di Puncak Lawang ini Anda akan disuguhkan pemandangan menakjubkan Danau Maninjau dari ketinggian 1.210 mdpl.

Tidak hanya pemandangan berupa danau, Anda juga akan disuguhkan pesona alam lain yang tak kalah menakjubkan. Pesona alam tersebut berupa perkebunan, perbukitan hijau, dan bentangan pepohonan pinus yang menyejukkan pikiran.

Di kawasan Puncak Lawang ini termasuk salah satu tempat terbaik di Asia Tenggara untuk melakukan kejuaraan paralayang.

Untuk memasuki kawasan Puncak Lawang, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 untuk weekdays dan Rp25.000 untuk weekend. Harga tiket tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

17. Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh

Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102833286930450615930

Tidak hanya Papua saja yang memiliki wisata secantik Raja Ampat, tapi Sumatera Barat juga ada loh. Destinasi tersebut ialah Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh yang mendapat julukan Raja Ampat nya Sumatera.

Julukan tersebut tentunya diberikan oleh warga sekitar dan wisatawan karena pemandangan yang disuguhkan sangat menakjubkan. Tak hanya itu, kawasan wisata ini terdiri dari pulau-pulau kecil dengan keindahan yang eksotis.

Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh ini terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Utara. Di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan keindahan pantai-pantai, hutan bakau, air terjun, serta puncak-puncak dengan pemandangan mengagumkan.

Untuk biaya di Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh ini disediakan dalam bentuk paket. Untuk harga paling murah yaitu paket one day tour 16-30 orang dengan dikenakan biaya Rp175.000 per orang.

Dengan harga tersebut Anda dapat berkeliling pulau-pulau yang terdapat di kawasan wisata tersebut. Ada pula paket-paket lain yang ditawarkan dengan berbagai pilihan harga dan biaya tersebut bisa saja berubah.

18. Pantai Carocok

pantai carocok
Foto : https://www.instagram.com/dimasapryansyah/

Selajutnya ada wisata pantai di Sumbar yang memiliki panorama alam seindah Pantai Sanur, Bali. Destinasi wisata tersebut ialah Pantai Carocok yang berada di perbatasan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kota Padang.

Pantai Carocok banyak menarik minat wisatawan karena pemandangan dan fasilitas yang disediakan. Disini selain dapat menikmati panorama laut yang mengagumkan, Anda juga dapat berjalan-jalan di jembatan menuju ke Pulau Batu Kareta.

Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat menawan dan dapat memajakan mata Anda. Tidak hanya wisatawan domestic saja, pantai ini juga banyak dikujungi turis mancanegara.

Untuk dapat memasuki Pantai Carocok Anda hanya akan ditarik tarif tiket masuk sebesar Rp5.000 saja. Jika ingin menaiki wahana seperti banana boat dan lainnya, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Untuk harga tiket dan wahana dapat berubah sewaktu-waktu. Pantai Carocok buka setiap hari selama 24 jam.

19. Pantai Padang Taplau

pantai padang talu
Foto : https://www.instagram.com/bobbybengu29/

Pantai Padang Taplau merupakan destinasi wisata pantai yang terletak di pusat Kota Padang, Sumatera Barat. Wisata Pantai ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menghilangkan rasa penat dan suntuk.

Untuk pecinta sunset pantai ini sangat wajib dikunjungi karena menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat menawan. Menikmati senja bersama pasangan di pantai ini akan menambah nuansa romantis.

Tak hanya bersama pasangan, Anda juga dapat dating kesini bersama teman atau keluarga. Anda dapat menikmati sore di rumah makan atau kafe yang terdapat di pinggiran pantai.

Anda dapat mengunjungi pantai setiap saat karena destinasi wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Tiket masuk Pantai Padang Taplau ini juga sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 saja. Untuk berjaga-jaga apabila ada kenaikan harga, pastikan Anda membawa uang lebih.

20. Danau Talang

danau talang
Foto : https://www.instagram.com/frengky_afrimirza/

Wisata alam lainnya yang terdapat di Sumatera Barat adalah Danau Talang. Danau ini terletak di Nagari Kampung Batudalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Proinsi Sumatera Utara.

Destinasi Talang merupakan danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi Talang. Danau vulkanik ini memiliki alam yang sangat asri karena masih belum terlalu tersebtuh dengan pemukiman dan pembangunan.

Wisata Danau seluas 1,02 kilometer persegi ini berjarak sekitar 55 kilometer dari Kota Padang. Penduduk sekitar, memberikan julukan Danau Sunyi untuk Danau Talang karena ketenangan yang dimilikinya.

Saat berada di sekitar danau ini, Anda akan merasakan suasana tenang dan damai serta pemandangan menakjubkan yang menyejukkan pikiran. Danau Talang ini termasuk salah satu danau di Kabupaten Solok yang dijadikan tempat wisata dan terus dipromosikan.

Lalu untuk memasuki kawasan wisata Danau Talang Anda hanya akan dipungut biaya parkir kendaraan dan sumbangan sukarela saja.

21. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman
Foto : https://www.instagram.com/kasman_ilyas/

Selanjutnya ada wisata edukasi Museum Adityawarman yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Museum Adityawarman berlokasi di Jalan Diponegoro No. 10, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Museum ini buka mulai hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore. Destinasi yang diresmikan pada 16 Maret 1977 ini memilliki julukan Taman Mini ala Sumatera Barat.

Museum Adityawarman merupakan museum budaya yang menyimpan dan melestatikan benda-benda bersejarah. Benda-benda yang disimpan disini diantaranya cagar budaya minangkabau dan sekitarnya serta beberapa cagar budaya nasional.

Di museum ini, Anda akan melihat bangunan-bangunan bergaya Minang yang bernama Rumah Baganjong atau Baajuang. Harga tiket masuk ke museum Adityawarman tergolong sangat terjangkau.

Tiket masuk untuk orang dewasa hanya Rp5000 dan anak-anak Rp3000 saja. Sangat terjangkau bukan?

Namun, di kodisi pasca pandemi seperti saat ini membuat harga tiket tersebut bisa saja mengalami perubahan.

22. Rumah Gadang Sungai Beringin

Rumah Gadang Sungai Beringin
Foto : https://www.instagram.com/ghaardii/

Rumah Gadang Sungai Beringin merupakan destinasi wisata baru di Sumbar yang pertama kali dibuka pada 2 April 2022. Sebagai destinasi wisata baru, Rumah Gadang Sungai Beringin ini sangat menarik antusias wisatawan.

Dengan harga tiket yang hanya Rp5000 saja, tak heran tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Rumah Gadang ini dibuka mulai pukul 09.00 pagi hingga 16.00 sore.

Selain harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau, keunikan arsitektur dari rumah Gadang ini juga menarik perhatian. Disini Anda dapat melihat kemegahan dari Rumah Gadang Sungai Beringin yang menakjubkan.

Jika ingin berkunjung ke Rumah Gadang Sungai Beringin ini sebaiknya Anda pergi saat pagi hari atau saat baru dibuka. Sebab, setelah dhuhur tempat wisata ini sudah dipadati oleh para wisatawan.

Rumah Gadang Sungai Beringin ini berlokasi di Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Karena destinasi wisata ini masih tergolong baru, maka haga tiket diatas dapat berubah.

23. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Foto : https://www.instagram.com/khalifgraphy_/

Pantai Nirwana adalah destinasi wisata pantai lain di Sumatera Barat. Yang berlokasi di Jalan Raya Padang Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan. Di sepanjang pantai ini terdapat koral dan batu karang yang bertebaran sehingga menambah daya tarik.

Tak hanya itu, panorama laut dengan air biru serta hamparan pasir putihnya akan memanjakan mata Anda. Ditambah dengan hijaunya deretan pepohonan kelapa memberikan kesan menyejukkan pada pantai ini.

Dengan pesona alam surgawi itulah tak heran pantai ini diberi nama Pantai Nirwaana yang berarti surga. Pemandangan yang disuguhkan pantai ini kala sore hari juga tak kalah mengagumkan.

Anda dapat menyaksikan mentari yang perlahan tenggelam dengan sangat menawan. Pantai Nirwana buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp5000 saja Anda sudah dapat menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Harga tiket tersebut bisa saja berubah.

24. Pantai Carolina

Pantai Carolina
Foto : https://www.instagram.com/pantaicarolinapadang/

Pantai Carolina merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di daerah Bungus, berjarak 20 kilometer dari Kota Padang. Destinasi yang satu ini memiliki keunikan yaitu garis pantainya berbentuk seperti huruf W atau symbol hati.

Dulunya, tempat ini merupakan pantai pribadi yang sepi pengunjung. Oleh karena itu, pantai ini dapat disebut sebagai salah satu obyek wisata baru di Sumatera Barat yang sangat menawan.

Untuk dapat memasuki Pantai Carolina, Anda hanya akan dipungut biaya tiket masuk dan parkir masing-masing Rp10.000 saja. Dengan pemandangan indah dan suasana tenang yang disuguhkan, harga tersebut tergolong sangat terjangkau.

Namun, jika hendak kesana pastikan membawa uang lebih untuk berjaga-jaga apabila ada kenaikan harga tiket.

25. Lembah Anai

Lembah Anai
Foto : https://www.instagram.com/naufalyulyan/

Lembah Anai merupakan kawasan konersi cagar alam yang terletak di Nagarai Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Destinasi wisata Lembah Anai ini telah ditetapkan sejak pemerintahan colonial belanda.

Salah satu hal menjadi daya tarik dari destinasi wisata ini ialah flora dan fauna yang langka serta keindahan alamnya. Selain itu, saat perjalanan sekitar Lembah Anai Anda akan melihat air terjun indah tepat disebelah jalan.

Air terjun tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri dari Lembah Anai. Untuk masuk ke air terjun tersebut Anda harus mengeluarkan uang Rp5000 saja.

Karena beberapa faktor, harga tiket tersebut kemungkinan dapat berubah sewaktu-waktu. Agar liburan anda ke Lembah Anai lebih maksimal, kami sarankan untuk memperhatikan cuaca sebelum berkunjung.

Musim panas, sedang tidak hujan merupakan saat-saat terbaik menikmati indahnya alam Lembah Anai Tanah Datar.

26. Ngalau Indah

Ngalau Indah
Foto : https://www.instagram.com/hubertjonathan/

Kemudian ada Ngalau Indah yang berlokasi sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Payakumbuh atau sekitar 31 kilometer dari Kota Bukittinggi. Ngalau Indah merupakan destinasi wisata berupa goa yang menyuguhkan keindahan stalagtit dan stalagmit.

Goa Ngalau Indah terletak pada ketinggian sekitar 640 meter diatas permukaan laut. Di dalam Ngalau Indah ini memiliki beberapa mulut goa yang dapat digunakan sebagai akses masuk dan keluar.

Di dalam goa ini Anda juga dapat menemukan beberapa bagian dari Ngalau Indah yang memiliki bentuk unik. Salah satu diantara bagian tersebut ialah Batu Gong yang merupakan sebuah batu menyerupai lonceng.

Harga tiket masuk ke Ngalau Indah juga sangat terjangkau, yakni Rp7000 per orang. Namun, harga yang tertera di atas dapat sewaktu-waktu berubah.

27. Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang

Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118028126024406300985

Destinasi yang terakhir yaitu ada Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang. Air terjun ini terletak di dalam hutan wilayah Kenagarian Koto Hilalang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Rute yang dilalui untuk menuju air terjun ini terbilang tidak terlalu sulit. Anda hanya harus berjalan kaki dari pemukiman warga kurang lebih 1 jam saja.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun setinggi 10 meter ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menyegarkan. Kemudian, setelah sampai di Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang Anda akan langsung disambut kesejukan air dari pegunungan.

Karena tempatnya yang masih tersembunyi dan jarang diketahui oleh wisatawan, Anda tidak akan dipungut biaya saat kesini. Namun, seiring berjalannya waktu ada kemungkinan akan ada biaya tiket masuk atau pun biaya pemeliharaan untuk air terjun ini.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata di Sumatera Barat yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Sebelum pergi berlibur pastikan untuk selalu mengecek kendaraan serta kesehatan Anda agar liburan berjalan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 5 =