Tips liburan di Karimun Jawa dari kami bisa anda jadikan bahan pertimbangan. Kawasan wisata di Jawa Tengah ini memang menjadi primadona baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Keindahannya dunia bawah lautnya memang tidak bisa dibohongi, siapa pun pasti akan tertarik mengunjunginya.

Sebelum anda datang, perhatikan waktu terbaik mengunjungi pulau yang mendapatkan sebutan sebagai The Caribbean Of Java. Sebagai kawasan kepulauan, transportasi utama yang bisa anda tempuh adalah kapal dengan kendala ombak tinggi yang akan menghambat perjalanan anda.

Bila tidak ingin jadwal berantakan, saran dari kami sesuaikan waktu kunjungan dengan kondisi air laut. Anda bisa memanfaatkan situs dari BMKG, mengetahui kondisi cuaca pada tanggal keberangkatan. Hal ini juga akan menguntungkan anda, karena matahari terbenam, milky way dan visibility air laut ikut terpengaruh.

Menentukan waktu yang tepat juga menghemat biaya perjalanan. Bila anda menggunakan jasa tour guide, anda tidak akan mendapatkan garansi perjalanan. Jika, ditengah jalan cuaca memburuk, sehingga semua jadwal diubah. Tetapi, saat bepergian dengan cara backpacker, anggaran anda akan bengkak.

Transportasi Pilihan

foto: https://www.instagram.com/eni_karimunjawa/

Ada banyak cara menuju ke Karimun Jawa, bisa dari Semarang atau Jepara. Bila kalian berangkat dari Jakarta atau Surabaya. Transportasi terbaik adalah naik kereta api dan turun di stasiun Semarang. Alasan utamanya adalah menghemat energi, karena anda harus melanjutkan perjalanan kembali.

Setelah tiba di Semarang, ada dua pilihan transportasi yang bisa dipilih. Menggunakan pesawat yang jalan setiap Rabu, Jumat, dan Minggu. Untuk harganya mulai dari Rp600.000,-. Atau bisa naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Mas, keberangkatannya setiap kamis dan sabtu menggunakan Kapal Kartini.

Pilihan lainnya adalah berangkat ke Jepara melalui pelabuhan pantai Kartini. Dari sini, ada dua jadwal penyeberangan dengan menggunakan Ferry. Sayangnya, hanya ada 1 kali penyeberangan setiap harinya. Jadi, usahakan jangan sampai terlambat.

Perhatikan pula soal pembelian tiket. Kalau anda menggunakan jasa tour, otomatis tiket di tangan. Sementara, untuk backpacker anda harus beli tiket langsung. Oleh karena itu, perhatikan waktu keberangkatan kapal. Agar anda datang ke pelabuhan tidak terlalu pagi, menghindari waktu terbuang percuma.

Memilih Penginapan

foto: https://www.instagram.com/thebodhitreehostel/

Tips berlibur ke Karimun Jawa yang paling penting untuk anda perhatikan adalah soal penginapan. Perlu diingat, tempat ini menjadi kawasan terfavorit untuk melepas penat. Sehingga, saat liburan sekolah atau akhir pekan, pasti akan penuh oleh wisatawan.

Bila anda memilih untuk menginap di hotel, pastikan penginapan anda tidak penuh. Kami lebih menyarankan untuk membeli via online. Kemudian, sesuaikan dengan anggaran dan anda. Untuk rentang harga beragam, mulai dari Rp100.000,- sampai Rp1.000.000,- pun ada disini.

Dari segi fasilitas juga berbeda. Cari tempat menginap yang dekat dengan tujuan anda. jangan terlalu jauh karena, liburan anda akan habis dalam perjalanan. Setiap pulau punya rentang waktu 30 menit sampai 120 menit. Bisa lebih bila ombak tidak bersahabat.

Kalau anda ingin backpacker ke sini, jangan lupa sediakan tenda dan segala peralatan lengkapnya. Tidak ada salahnya anda cari informasi dahulu apakah pulau yang ingin anda kunjungi aman untuk mendirikan tenda atau tidak. Karena, sebagian kawasan masih berupa hutan. Sehingga, kawanan hewan liar pasti banyak menyerbu.

Jangan lupa bawa kantong sampah. Sebagai tempat sampah untuk semua sampah anda. Bawa ke Dermaga utama dan buang pada tempatnya. Jagalah kebersihan alam Karimun Jawa, karena kalau bukan kita lalu siapa lagi?

Perhatikan Kondisi Peralatan Elektronik

foto: https://www.instagram.com/boombapart/

Tips berwisata ke Karimun Jawa selanjutnya adalah perhatikan perangkat elektronik yang anda bawa. Seperti, handphone, kamera, atau gopro. Hal ini sangat penting untuk kebutuhan foto dan video. Karena, tempat ini masih susah mendapatkan listrik. Dalam sehari maksimal hanya 12 jam saja.

Terkadang ada yang hanya 6 jam, itu pun mulai dari pukul 6 petang sampai 12 malam. Jadi, anda harus pandai mengatur baterai dalam perangkat elektronik. Agar momen langka bisa diabadikan. Saran dari kami, bawa baterai cadangan dan juga power bank.

Untuk saat ini sinyal seluler di tempat ini sudah didukung 4G. Tetapi, hanya beberapa provider saja. Bila, kartu ponsel ada tidak ada sinyal. Lebih baik paket data dimatikan. Paket data akan menguras daya lebih cepat, daripada pemakaian seperti foto dan video.

Berbaur Dengan Penduduk Setempat

foto: https://www.instagram.com/ikutjalan2yuk/

Beberapa pulau di sini memang ada yang berpenghuni. Seperti, di Pulau utama, tidak ada salahnya berbaur dengan mereka. Penduduk disini sangat ramah dan bersahaja. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik seputar tempat wisata yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang banyak.

Atau informasi mengenai waktu terbaik mengunjungi sebuah kawasan. Bisa juga anda mendapatkan guide gratis serta mendapatkan pengalaman yang tidak dirasakan oleh orang lain. Perlu diketahui, bahwa tempat ini dihuni oleh 5 suku sekaligus. Ada Jawa, Bugis, Bajo, Mandar, dan Madura.

Anda bisa mempelajari kehidupan kebudayaan di antara ke 5 suku tersebut. Tidak heran bila mereka mulai mengembangkan wisata baru sebagai cerminan keanekaragaman di Indonesia.Poin positif dari berbaur dengan warga adalah menghemat ongkos.

Setidaknya, untuk satu kali makan. karena, warga disini sangat baik. Biasanya mereka akan memasak makanan khas dan spesial yang tidak pernah dijual di Alun-Alun, atau bahkan yang disuguhkan oleh jasa tour. Datanglah saat ada acara tahunan, rasakan kemeriahan masyarakat sekitar yang membuat anda enggan untuk pulang.

Satu hal yang paling menyenangkan adalah mengikuti kegiatan nelayan menangkap ikan. Begitu banyak dan melimpah berbagai jenis hewan laut yang bisa ditangkap. Biasanya, beberapa ada yang digunakan untuk masak sendiri, sebagian lagi dijual. Rasakan keseruan saat memancing dengan para nelayan disini, sederhana namun memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Pelajari Kehidupan Hewan Bawah Laut

snorkeling karimunjawa
foto: https://www.instagram.com/imammaheasa/

Keindahan dunia bawah laut Karimun Jawa memang tiada banding. Tetapi, anda perlu mempelajari sisi kehidupan lain dari ikan-ikan yang ada didalamnya. Mereka pun punya sengatan atau zat yang akan membahayakan anda. Seperti ikan pari atau juga terumbu karang.

Atau juga cumi-cumi dan masih banyak lagi biota laut yang bisa mengeluarkan zat berbahaya dalam tubuh mereka. Gunakan alas kaki, beberapa pulau terdapat karang tajam yang dapat menimbulkan luka. Efek buruknya, anda bisa infeksi dan liburan yang indah berubah menjadi suram.

Pemilihan Jasa Tour

paket wisata karimunjawa
foto: https://www.instagram.com/girangsihanda/

Tips berlibur di Karimun Jawa terakhir adalah pemilihan jasa tour bila anda ingin menggunakannya. Jangan hanya tergiur dengan harga yang ditawarkan, terkadang setiap agen punya pelayanan yang kurang memuaskan. Bukan soal perusahaannya, melainkan guide yang bertugas mendampingi anda.

Sebelum memesan, lihat dulu bagaimana perjalanan mereka selama ini. Hal tersebut bisa anda lihat dari situs website mereka. Coba lihat pengaturan jadwal yang disediakan. Tidak ada salahnya anda memulai dengan berbagai macam pertanyaan soal liburan.

Dari jawaban mereka inilah, anda bisa menentukan apakah menggunakannya atau memilih yang lain. Kami sarankan jangan melihat dari harga sebagai tolak ukur utama, lihatlah dari opsi pelayanan terhadap pelanggan, dan keluhan bila terjadi, karena kenyamanan tidak akan bisa dibeli dengan harga berapapun.

Untuk itu rekomendasi dari kami adalah menggunakan paket karimun jawa trip dari thekarimun.com. Karena mempunyai pelayanan terbaik yang bisa membuat liburan anda sangat berkesan.

Tips liburan di Karimunjawa diatas bisa anda jadikan referensi. Baik menggunakan agen atau backpacker sebenarnya sama saja. Semua kembali ke diri anda bagaimana menikmati liburan. Jangan lupa membuang sampah pada tempatnya, agar Pulau ini tetap bersih dan layak untuk dikunjungi setiap saat.

Vlog Ke 5 Wisata Dieng Paling Rekomended

Bagikan Yuk !
Previous article11 Tempat Wisata di Karimun Jawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here