Alun-Alun Kota Batu juga disebut sebagai town square kota seribu bunga. Kawasan wisata alun-alun ini memiliki taman kota, mall, pusat oleh-oleh dan festival umum yang bisa dijadikan hiburan kala berkunjung.

Tempat rekreasi ini sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menghabiskan hari liburnya dan menikmati nuansa nuansa kota Batu. Banyak sekali yang mengunjungi wisata alun-alun kota Batu karena keindahannya dan letaknya cukup strategis.

Penasaran seperti apa keindahan dari alun-alun Batu Malang ini? Dan aktivitas menarik apa saja yang bisa wisatawan lakukan jika datang ke alun-alun Batu Malang ini?

Harga Tiket Masuk Alun-alun Kota Batu

harga tiket masuk alun alun kota batu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101362396980929491050

Lingkungan Alun-alun Kota Batu sangat nyaman dikunjungi oleh siapapun. Kota Batu, Malang secara strategis untuk menyediakan segala sesuatu bagi penduduk atau wisawatan dengan akses yang nyaman.

Dalam hal rekreasi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan di Alun-Alun Kota Batu. Nah, menariknya, alun-alun kota Batu Malang ini bisa Anda akses gratis!

Ya, untuk bisa masuk ke Alun-alun Kota Batu, siapapun tidak akan dikenakan tarif karena memang wisatanya terbuka bagi pengunjung umum.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat Alun Alun Kota Batu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101362396980929491050

Lokasi alun-alun Kota Batu ada di Jl. Gajahmada, Desa Sisir, Kecamatan Batu Lokasinya sangat strategis, karena berada di pusat kota Batu.

Ya, tepatnya wisata alun-alun Kota Batu ini ada di samping ‘Tugu Apel’ atau Monumen Apel. Alun-alun Kota Batu merupakan pusat kegiatan ekonomi, rekreasi dan wisata kuliner di malam hari yang layak Anda kunjungi.

Wisata dekat Alun-Alun Kota Batu juga banyak mulai dari Batu Love Garden, Batu Night Spectacular sampai Museum Angkut.

Fasilitas

Menjadi wisata umum yang terbuka untuk siapapun, alun-alun Kota Batu ini menyediakan fasilitas cukup terbatas, berbeda dengan destinasi lainnya.

Sebagai taman kota, fasilitas yang alun-alun Kota Batu sediakan hanya meliputi :

  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Tempat duduk
  • Wahana permainan anak
  • Taman
  • Spot foto
  • Street food
  • Kalau Anda ingin bermalam, ada juga penginapan dekat alun-alun Kota Batu yang tersedia. Mulai dari hotel sampai villa, semua bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau budget yang dimiliki.

Datang juga ke –> Pantai Sendang Biru dipenuhi oleh view yang memikat.

Jam Buka

jam buka alun alun kota batu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101362396980929491050

Nah, karena konsep dari alun-alun Batu Malang ini adalah wisata malam, maka destinasi ini bukanya malam hari.

Namun, sebenarnya destinasi satu ini buka selama 24 jam! Anda bisa datang kapanpun kalau senggang karena tidak ada batasan jam operasional.

Hanya saja, kalau mau menikmati wahana permainan ataupun hunting kuliner, baiknya datang saat malam hari. Terlebih wisata alun-alun Batu Malang juga lebih ramai saat malam hari.

Kunjungi juga –> Batu Night Spectacular yang mempesona.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan alun alun kota batu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110243996444789877582

Sebagai taman kota di Batu, ada banyak aktivitas mengasyikkan yang bisa Anda coba, apa sajakah itu?

Nikmati Waktu Bermain di Taman

Taman kota Batu atau alun-alun merupakan daya tarik terbesar bagi penduduk lokal dan pengunjung di luar daerah tersebut. Alun-alun Batu menjadi rumah bagi anak-anak karena ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati.

Tentu saja adanya beragam wahana permainan di Batu bisa membuat kunjungan taman menjadi lebih menyenangkan bagi si kecil. Ada juga area bermain anak-anak khusus yang tersebar di seluruh taman dengan ayunan dan air mancur untuk menghibur anak-anak.

Bersepeda atau Jogging

Baik untuk menjernihkan pikiran, menghirup udara segar, atau sekadar melatih otot-otot di pagi hari, Anda bisa mencobanya di sini.

Alun-alun Batu setiap paginya sering menjadi area yang banyak dikunjungi untuk olahraga. Kawasan alun-alun Batu ini memiliki banyak jalan setapak dengan nuansa teduh dan jalur lari yang dapat Anda manfaatkan.

Hal lain yang menyenangkan untuk dilakukan di Alun-alun Batu adalah pergi ke jalur bersepeda. Jadi, keluarkan sepeda dan mulailah mengayuh untuk nikmati udara segar di sekitar Alun-alun Batu.

Hunting Kuliner

Kalau sudah di Batu sih rasanya jangan sampai melewatkan wisata kuliner di alun-alun kotanya. Di sini, hampir semua hidangan yang dijual terbilang cukup lengkap.

Anda bisa menemukan kuliner street-food, restoran hingga café. Nah, untuk menu yang dihidangkan sendiri banyak, mulai bakar-bakaran seperti sosis, bakso, seafood, soto, mie ayam, jahe, wedang susu dll.

Adapun salah satu makanan wajib untuk Anda buru kalau sudah di alun-alun Batu adalah Ketan Pos Legenda. Setiap harinya, kedai Ketan Pos Legenda ini selalu ramai karena rasanya yang legendaris dan enak.

Makanan yang Bisa Diburu di Batu

Kalau Anda sedang di alun-alun Batu, hampir semua bisa ditemukan di sini. Mulai mall, toko oleh-oleh, sampai warung dan streetfood.

Nah, ada beberapa makanan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh kalau Anda sedang di Batu, apa sajakah itu?

Cincao

Cincao adalah bahan makanan yang biasa digunakan untuk membuat es, kolak, dll. Produsen cincao terletak di desa Tlekung, kecamatan Junrejo dan Anda bisa temukan cincao di sepanjang alun-alun Batu.

Pada musim hujan, produsen mampu memproduksi 60 kaleng sehari. Pada musim kemarau mampu menghasilkan 200 kaleng dengan 20 liter untuk 1 kaleng.

Cuka Apel Wukir Sari

Dikenal sebagai kota Apel, Batu menggunakan apel untuk membuat cuka. Ibu-ibu di Desa Temas, Kabupaten Batu, mencoba membuat cuka dengan bahan utama apel.

Cuka segar berar Dodol Apel

Dodol Apel adalah makanan khas kota Batu. Kue ini dibuat di desa Bumiaji, kabupaten Bumiaji. Ciri khas Dodol Apel adalah terbuat dari buah apel asli. Produsen telah mampu memproduksi 600 – 700 box dalam waktu 15 hari. Kue tersebut telah didistribusikan ke banyak toko di Batu dan juga ke kota-kota lain, seperti Malang dan Kalimantan Timur.

Jika Anda berkunjung ke Batu, Anda bisa membeli Dodol Apel ini untuk oleh-oleh bagi keluarga Anda.

Keripik Apel

Makanan khas Batu lainnya yang bisa dibawa pulang ketika hunting kuliner di alun-alun adalah keripik apel. Jajanan ini sudah banyak diketahui oleh para wisatawan yang pernah berkunjung ke kota Batu.

Camilan yang sangat enak dan cocok untuk oleh-oleh. Selain Apel sebagai bahan utama, kota Batu juga menghadirkan keripik lain yang terbuat dari kentang, nangka, pisang, singkong, tempe, dll. Keripik tersebut merupakan produk utama Batu.

Review sebelumnya –> Waduk Selorejo dengan ke eksotisan alamnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung alun alun kota batu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102186217023909073097

Ingin mengunjungi alun-alun Batu kalau sedang berada di Malang? Simak tips berkunjung supaya wisata Anda di Batu semakin menyenangkan.

  • Alun-alun batu malam hari jauh lebih ramai dan asyik, jadi datanglah saat malam hari daripada ketika pagi atau siang.
  • Siapkan uang atau anggaran untuk hunting kuliner.
  • Awasi si kecil jika membawa anak untuk bermain di sini.
  • Siapkan kamera terbaik jika ingin abadikan momen jalan-jalan di alun-alun Batu.

Sedang berencana untuk pergi ke Malang? Kalau ya, rencanakan juga untuk pergi ke alun-alun kota Batu yang indah ini dan ajak keluarga bersenang-senang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =