Desa wisata saat ini telah digencarkan oleh pemerintah dengan dukungan masyarakat sekitar. Masing-masing desa wisata memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri, begitupula untuk Pelita Desa Ciseeng yang berada di Bogor.

Pelita Desa sebelumnya hanya desa biasa, lalu kini berubah menjadi sebuah tempat wisata edukasi yang ramah anak-anak. Desa wisata ini dapat dikatakan sebagai salah satu rekomendasi destinasi edukasi terbaik di Kota Bogor.

Sebagai tujuan wisata edukasi anak-anak, Anda dapat mengunjungi destinasi ini untuk menghabiskan masa liburan bersama buah hati kesayangan Anda. Di bawah ini merupakan penjelasan lebih rinci mengenai tiket masuk Pelita Desa serta informasi lain yang terkait:

Harga Tiket Masuk Pelita Desa

harga tiket masuk pelita desa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110436557585310855485

Daya tarik Pelita Desa didominasi oleh permainan-permainan outbond yang menarik, menantang sekaligus edukatif.

Tiket masuk wahana Griya Ciseeng menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari oleh calon pengunjung. Harga tiket masuk outbound Ciseeng dapat dikatakan masih cukup terjangkau dengan fasilitas-fasilitas yang menyertai.

Harga tiket masuknya dibanderol sebesar Rp10.000. Di dalam lokasi ini terdapat area Edu 1, Edu 2, Edu 3 dan Edu 4.

Harga tiket standar Edu 1 dan standar Edu 2 dibanderol dengan harga Rp125.000. Sedangkan untuk harga tiket paket menginap standar sebesar Rp250.000.

Harga tiket paket Edu 3 Minipark tersedia dalam beragam paket mulai dari silver, gold, diamond, dan paket menginap. Harga masing-masing tiketnya mulai dari Rp70.000, Rp100.000, Rp125.000 dan Rp200.000.

Selanjutnya, harga tiket paket outbond Edu 4 Telaga Rusa sebesar Rp110.000. Harga tiket paket menginap Rp150.000 dan harga tiket khusus penginapan sebesar Rp50.000.

Tidak hanya itu saja, ternyata juga ada tiket Agrowisata Yapipi Farm Ciomas dengan harga tiket paket 1,2 dan 3. Nominalnya sebesar Rp100.000, Rp200.000 dan Rp1.800.000.

Sebagai informasi, harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan aturan dari Pelita Desa. Untuk mengetahui informasi lanjut terkait desa wisata ini, Anda dapat menghubungi telepon di nomor 0218543456 ataupun nomor WhatsApp 08569005959.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute pelita desa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116780706627708078007

Desa wisata Pelita ini telah ada sejak tahun 2002 dan mulai banyak fasilitas yang tersedia di tahun 2019. Pelita Desa menjadi bagian dari Yayasan Pelita Ilmu.

Keasrian, rindangnya pepohonan dan segarnya udara dapat Anda nikmati di desa ini. Polusi, asap maupun suara bising kendaraan yang mengganggu tidak akan Anda rasakan.

Pelita Desa beralamatkan di Jalan H. Miing RT 001 RW 003, Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Wisata ini dekat dengan objek wisata Lembah Tepus. Anda dapat menggunakan rute dari Jalan Sholer Iskandar atau Atang Sanjaya.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, mobil ataupun bus sewa untuk rombongan. Rute lain yang dapat Anda tempuh bisa tergantung dari sopir kendaraan Anda.

Fasilitas

fasilitas pelita desa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103609128424565854364

Berbagai fasilitas wisata Pelita Desa Bogor yang telah cukup memadai, membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama berada di lokasi wisata. Berbagai fasilitas yang tersedia di Pelita Desa diantaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Musholla
  • Toilet, kamar mandi dan ruang ganti
  • Fasilitas paket outbond berupa welcome drink, snack, makan siang, soft drink, dokumentasi dan souvenir.
  • Wahana outbond bagi anak-anak
  • Wahana outbond bagi remaja atau dewasa
  • Outbond edukatif
  • Spot foto instagrammable

Datang juga ke –> Outbound Gunung Mas yang perlu anda coba keseruannya.

Jam Buka

jam buka pelita desa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116780706627708078007

Desa wisata ini memiliki waktu buka setiap hari mulai hari Senin hingga Minggu serta di hari-hari libur.

Jam buka atau operasional di mulai pukul 08.00 WIB dan tutup di sore hari pukul 17.00 WIB. Sebelum pergi ke wisata, pastikan Anda mengetahui jam buka dan tutup wisata agar Anda puas menikmati wahana wisata.

Kunjungi juga –> Jonggol Garden wisata alam memikat.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pelita desa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117777647159781095379

Berikut di bawah ini aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan di Pelita Desa yaitu:

Kegiatan outbond untuk anak-anak

Desa wisata ini terbagi menjadi beberapa zona. Zona yang diberi nama Area Edu 1 diperuntukkan khusus untuk area outbond anak-anak, tepatnya untuk anak usia TK dan SD.

Area Edu 1 memiliki luas total sekitar 3 hektar. Di dalam kegiatan outbond ini selalu melibatkan warga sekitar.

Warga sekitar atau lokal memiliki peran beragam seperti pemandu, pelatih serta pihak yang bertanggung jawab dalam pemenuhan konsumsi peserta outbound.

Bagi pengunjung yang berminat untuk mengikuti outbond, dapat memilih paket outbound di sana. Sebelum outbond, peserta juga diberikan kebebasan untuk memilih jenis permainan.

Paket Edu 1 ini termasuk tiket masuk, snack, makan siang, outbond dan souvenir. Daftar permainan yang telah disediakan diantaranya Polisi versus Maling, Hampir Cina, Pipa Bocor, Kambing Guling dan banyak lainnya.

Kegiatan outbond untuk remaja

Tidak jauh dari Area Edu 1, terdapat Area Edu 2 yang berlokasi di tepi Sungai Cisadane. Area Edu 2 dikhususkan untuk anak yang lebih besar seperti usia remaja SMA dengan permainan yang tentu lebih menantang.

Kegiatan di Area Edu 2 memerlukan aktivitas fisik yang lumayan banyak dan penuh aksi. Para pengunjung hendaknya harus menyiapkan baju ganti dan peralatan mandi karena pasti akan kotor saat bermain outbond.

Aktivitas outbond yang ada di area ini berupa Happy Rafting, Tarik Pipa, Berang-berang serta tarik tambang. Paket Edu 2 mencakup tiket masuk, welcome drink, snack, makan siang, outbond dan souvenir.

Kegiatan outbond Telaga Rusa

Telaga Rusa berada di atas lahan dengan luas 7,8 hektar. Wahana telaga ini dapat dimanfaatkan untuk tempat belajar berkebun dengan letak yang tidak jauh dari Area Edu 3.

Telaga Rusa juga dinamakan Area Edu 4. Tidak hanya anak-anak saja yang dapat belajar berkebun, tetapi dewasa juga dapat mengikuti.

Paket outbound maupun paket menginap untuk pengunjung yang ingin bermalam di objek wisata bisa Anda dapatkan disini.

Wisata edukasi di wahana Taman Edukasi Minipark Ciseeng

Wahana Taman Edukasi Minipark Ciseeng berada di Area Edu 3 yang jaraknya 7 km dari Area Edu 1. Area ini dipergunakan khusus untuk kegiatan outbond serta edukasi perikanan.

Pengelola wisata akan memberikan ilmu terkait pengelolaan perikanan dengan teknologi modern. Tempat ini juga dikenal dengan nama lain Bazaar Syariah karena terdapat banyak pondok kuliner dengan menu yang beraneka ragam.

Edukasi pertanian meliputi mencabut bibit, menanam, memanen, menampi, menumbuk padi dan membajak sawah. Pelita Desa Nursery sebagai pengelola akan memandu kegiatan edukasi para pengunjung.

Review sebelumnya –> Citra Indah Waterpark taman wisata air seru.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pelita desa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106172090982525229002

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan mulai dari berangkat hingga sampai di lokasi wisata:

  • Membawa pakaian ganti.
  • Membawa produk perawatan tubuh kulit seperti sunblock, peralatan mandi dan lainnya.
  • Tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga alam sekitar.
  • Mematuhi segala peraturan yang berlaku agar dapat menikmati wisata dengan baik tanpa kendala.

Tertarik untuk melakukan outbond dan mencoba wahana menarik di Pelita Desa? Mulai dari sekarang, rencanakanlah kegiatan liburan Anda.

Ajak orang-orang tersayang untuk menikmati kesegaran dan keindahan alam Bogor di Pelita Desa. Hilangkan penat sejenak dari bising dan penatnya kehidupan kota. Nah, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Pelita Desa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 11 =