Liburan sambil shopping di kota? Bosan. Liburan ke taman? Duh, bosan juga. Terus gimana, dong? Ya udah, nggak usah tanggung-tanggung. Coba tantang dirimu buat menjelajah tempat-tempat paling menantang di kawasan terluar Indonesia. Wih!

Jangan kalah dong sama Presiden Jokowi. Kalau kamu ngaku petualang sejati, kamu pastinya juga berani untuk mengunjungi destinasi paling greget di titik-titik terluar wilayah Indonesia. Tapi ingat, sebelum berangkat, kamu harus menyiapkan mental, nyali, dan fisik yang prima. Jangan sampai rencana petualanganmu jadi gagal karena persiapan yang kamu lakukan kurang memadai.

Sebagai referensi, kamu bisa mempertimbangkan beberapa titik di ujung wilayah Indonesia ini. Ayo kita mulai dari:

1. Miangas, Kepulauan Talaud

wisata-alam-pulau-talaud
image : Redaksi Manado

Miangas artinya ‘menangis’. Mengapa harus ‘menangis’? Konon kabarnya, dulu pulau di ujung utara Indonesia ini pernah diserbu oleh perompak laut Sulu-Mindanao. Namun, kini kamu nggak akan sempat menangis kalau berkunjung ke Miangas.

Pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara ini punya pemandangan menakjubkan. Dengan garis pantai yang luar biasa dan keindahannya bakal memanjakan mata.

Butuh nyali lebih buat kamu yang ingin berangkat ke Miangas. Salah satu cara untuk menuju Miangas adalah dengan cari tiket pesawat ke Manado, kemudian transit di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Dari Bandara Sam Ratulangi, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Melonguane, Talaud. Sampai di Bandara Melonguane, kamu teruskan perjalanan udara menuju Miangas dan mendarat di Bandara Miangas.

2. Pulau Ndana, Kabupaten Rote Ndao

wisata-pulau-ndana
image : Phinemo

Kalau kamu mengira batas paling selatan Indonesia adalah Pulau Rote, dugaanmu berarti kurang tepat. Di sebelah Selatan Pulau Rote masih ada lagi pulau terluar yang bernama Pulau Ndana.

Pulau yang ditandai sebagai tapal batas Indonesia bagian selatan ini bisa menjadi salah satu destinasi tak terlupakan. Buat para petualang sejati seperti anda yang suka jelajah alam Indonesia.

Namun, jangan harap kamu akan menemukan penduduk di Pulau Ndana. Pulau kosong tanpa penghuni ini cukup misterius dan benar-benar menantang buat dikunjungi.

Di sini, kamu juga bisa menemukan danau dengan air berwarna merah yang sangat unik. Tertarik ke sana? Pastikan persiapanmu matang sebelum berangkat, ya.

3. Pulau Rondo, Sabang

wisata-pulau-rondo-sabang
image : Tribunnews

Di mana titik terluar paling barat Indonesia? Jawabannya adalah Pulau Rondo. Mungkin cuma kamu yang benar-benar bugar dan gemar berolahraga saja yang akan sanggup mencapai pulau terluar ini.

Konon kabarnya, belum ada seribu orang yang berhasil mencapai Pulau Rondo. Hanya orang-orang terpilih dengan izin khusus sajalah yang diperkenankan untuk mengunjungi Pulau Rondo.

Ada para prajurit TNI yang berjaga di sana dan para abdi negara. Mereka ini akan menemanimu menjelajah Pulau Rondo yang masih sangat liar. Duh, merinding jadinya

Untuk bisa berkunjung ke Pulau Rondo, ada trik tersendiri yang bisa dipakai. Pertama, kamu bisa cari tiket pesawat ke Aceh dengan tujuan pendaratan ke Kualanamu, Medan. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Maimun Saleh, Kota Sabang. Dari Sabang, kamu melanjutkan perjalanan ke Pulau Rondo dengan jalur laut.

4. Sota, Kabupaten Merauke, Papua

wisata-sota-merauke
image : My Notes

Kalau ditanya batas paling timur Indonesia, tentu kamu akan dengan lantang menjawab: Merauke! Namun, tahukah kamu di mana tepatnya tapal batas Timur Indonesia di Pulau Papua ini? Nama wilayahnya adalah Distrik Sota. Distrik ini adalah perbatasan antara Republik Indonesia dengan Negara Papua New Guinea.

Berbeda dengan wilayah perbatasan Indonesia umumnya yang liar, ada Taman Sota. Yang akan menyambut kamu di kawasan terluar Indonesia Timur ini.

Kalau berkunjung ke Sota, bisa dipastikan rasa nasionalisme kamu bakal melejit tinggi. Karena di sini banyak tulisan yang mengingatkan kita untuk selalu mencintai Tanah Air.

Tempat bisa jadi salah satu pilihan anda untuk menikmati indahanya Indonesia bagian timur yang mempesona. Alam yang masih terjaga menjadi daya tarik tersendiri sehingga bakal membuat banyak pasang mata terkesima.

Artikel Sebelumnya : Wisata Situ Patenggang, Harga Tiket Masuk, Penginapan dan Sejarah

5. Pantai Iboih

pantai iboiih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108109388982067106118

Destinasi menarik yang kita bahas selanjutnya berada di ujung Barat Indonesia nih. Namanya Pantai Iboih yang menyuguhkan sejumlah daya tarik wisata bahari yang mengagumkan.

Air laut Pantai Iboih Sabang begitu jernih, dengan warna hijau kebiruan yang teramat sangat mempesona. Selain itu ombak pantai ini cenderung tenang dengan suara gemuruh yang seolah menjadi backsound utamanya.

Suasana pantai Sabang satu ini begitu menenangkan, cocok untuk yang ingin relaksasi diri. Manjakan diri anda dengan sajian-sajian menarik di wisata Pantai Iboih yang masih sangat alami.

Disini anda dapat melakukan beragam aktivitas seru, seperti snorkeling, diving, berenang, dan menikmati pantai dengan menaiki perahu mesin. Keindahan bawah laut Iboih Beach begitu menawan, jadi wajib tuk anda selami lebih dalam.

Apakah anda berniat datang kesini, maka ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Ketika tulisan ini dimuat, Pantai Iboih di Sabang menerapkan beberapa aturan penting, seperti :

  • Dilarang datang ke Pantai Iboih pada saat hari Kamis dan Jum’at
  • Bagi pengunjung wanita dilarang keras untuk menggunakan

Aturan-aturan tersebut tentu saja dibuat bukan tanpa alasan, ada maksud dan tujuan di dalamnya. Maka dari itu, kita sebagai pengunjung ada baiknya turut mengindahkan ketentuan tersebut.

Agar momen bahagia anda di Iboih Beach Sabang lebih maksimal, maka cobalah bermalam disini. Ada cukup banyak penginapan yang ditawarkan dan bisa disesuaikan dengan keinginan anda.

Wisata eksotis yang juga dikenal dengan Teupin Layeu ini berada di Kota Sabang.

6. Pantai Sumur Tiga

pantai sumur tiga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113757001830626054491

Tak kalah indah dengan beberapa pantai di Sabang lainnya, yang satu ini tak boleh anda lewatkan. Pantai Sumur Tiga, pesona alam tak perlu diragukan lagi karena masih sangat terjaga.

Hampir sama dengan pantai Sabang lainnya juga, Sumur Tiga memiliki pasir putih. Pasir putih Pantai Sumur Tiga begitu halus dan juga lembut, cocok untuk bermain.

Garis tepi pantai eksotis ini begitu panjang, sehingga kita bakal dimanjakan oleh keindahannya. Sumur Tiga Beach jadi salah satu destinasi yang sangat rekomended tuk dijadikan tujuan liburan.

Disini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit atau biasa disebut sunrise. Sunrise Pantai Sumur Tiga akan menghipnotis banyak pasang mata wisatawan yang berlibur disini.

Pantai ini persis menghadap ketimur, jadi tak heran apabila landscape matahari terbit menjadi sajian utamanya. Datang ketika menjelang pagi agar anda dapat melihat dengan lebih leluasa pesona sunrise Sumur Tiga Beach.

Lalu dimana lokasi pantai Sumur Tiga, catat alamatnya ya. Lokasi Pantai Sumur Tiga persisnya berada di Desa Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Yang lebih menarik lagi, untuk bisa menghabiskan waktu libur disini, anda tak perlu keluar uang sepeserpun. Saat tulisan ini tayang, harga tiket masuk Pantai Sumur Tiga gratis dan belum diberlakukan secara resmi.

Maka dari itu tunggu apalagi, ketika berwisata ke Sabang, wajib banget datang ke Sumur Tiga Beach bersama orang-orang tercinta.

7. Pantai Anoi Itam

pantai anoi itam
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100592617501760604312

Kalau yang ini, sangatlah eksotis tuk anda telusuri beragam daya tariknya. Sesuai dengan namanya, pantai Sabang menawan ini berpasir hitam, tak seperti pantai-pantai di Pulau Weh kebanyakan.

Pantai Anoi Item terlihat begitu menakjubkan sebab memiliki pasir yang berwarna hitam serta berpadu dengan birunya air laut. Hitamnya pasir pada Anoi Item Beach bukan tanpa alasan.

Menurut beberapa kisah menceritakan bahwa pada masa lampu terjadi letusan gunung berapi di Pulau Weh. Dari fenomena tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa pasir di Pantai Anoi Item Sabang berwarna kehitaman.

Tahukah anda jika pasir hitam di Pantai Anoi Item dipercaya memiliki banyak manfaat didalamnya. Berbagai macam penyakit kulit konon dapat disembuhkan menggunakan pasir hitam pada pantai di Sabang satu ini.

Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut, wisata Anoi Item bisa jadi pilihan anda untuk rekreasi bersama orang tercinta. Panorama yang dihadirkan begitu memikat dan sayang sekali apabila dilewatkan.

Destinasi berbasis wisata bahari ini juga menyimpan bangunan bersejarah lho. Di dalam pantainya dapat anda jumpai sebuah benteng peninggalan yang diberi nama Jepang Anoi Itam.

Explore pantai dan juga benteng bersejarah di Anoi Item akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Catat alamatnya supaya anda bisa segera datang ke destinasi indah ini.

Lokasi Pantai Anoi Itam berada di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

8. Air Terjun Pria Laot

air terjun pria laot
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114675439819044592399

Tidak hanya pantai yang membuat kota Sabang kerap didatangi para pelancong ketika liburan dan jalan-jalan. Seperti wisata air terjun yang akan kita ulas ini misalnya, menyimpan sejumlah keunikan luar biasa.

Air Terjun Pria Laot bisa jadi alternatif anda yang ingin jelajah alam ketika punya waktu luang. Derasanya air terjun tentu menjadi pemandangan utama yang dapat anda nikmati secara lebih leluasa.

Wisata alam Sabang satu punya air terjun yang indah setinggi kurang lebih 15 meter dengan pesonanya. Gemuruh suaranya menjadi backsound utama yang akan mengiringi semua aktivitas berlibur disini.

Didukung dengan kondisi alam yang masing sangat asri, terlihat dari beberapa pepohoan rimbun pada sekelilingnya. Hal tersebut membuat suasana Air Terjun Pria Laot Sabang begitu menenangkan, cocok sebagai tujuan healing.

Tenangkan diri anda yang tengah dilanda kepenatan dengan berkunjung ke wisata air terjun Sabang memikat satu ini. Datang ke Air Terjun Pria Sabang ini pada saat hari benar-benar cerah.

Agar mendapat view alam yang benar-benar elok dan mampu membuat takjub banyak pasang mata. Apalagi tak diperlukan banyak biaya untuk berlibur disini, tiket masuk Air Terjun Pria Laot sangat terjangkau.

Berikut lokasi Air Terjun Pria Laot yang berada di Desa Batee Shoek, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Saat ini jam operasional wisata Pria Laot Waterfall adalah pukul 08.00 – 17.00 WIB.

9. Tugu Nol Kilometer

tugu nol kilometer
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107288325584872301752

Selain wisata alam, ternyata monumen juga jadi incaran banyak pelancong yang datang ke Kota Sabang. Monumen tersebut lebih dikenal dengan Tugu Nol Kilometer Sabang yang sangat ikonik.

Abadikan momen kunjungan anda ke Kota Sabang dengan berfoto-foto ria disini. Memanfaatkan bangunan tugu yang menarik ini sebagai latar belakang foto dan video anda.

Tugu Nol Kilometer masuk dalam deretan tempat wisata Sabang yang wajib anda explore. Untuk sampai di spot utamanya, anda musti melewati area hutan terlebih dahulu.

Nantinya selama dalam perjalanan, anda akan bertemu dengan beberapa monyet-monyet yang memang jadi penghuni hutan tersebut. Setibanya di Tugu, anda akan langsung terpesona dengan panorama alam disekitarnya.

Jika diamati dari ketinggian, keberadaan tugu ini seolah berada di puncak sebuah tebing yang berhadapan dengan lautan. Jadi, disini anda juga bisa menyaksikan hamparan luas lautan mengagumkan.

Anda bisa kapan saja berkunjung ke Wisata Tugu Sabang populer satu ini. Namun, waktu terbaiknya adalah pada saat sore hari untuk dapat menikmati view sunset atau matahari tenggelam.

Pemandangan yang tersaji amat sangat cantik, dan tak boleh anda lewatkan. Siapapun pasti akan nyaman berlibur disini, selain karena daya tariknya, dari segi fasilitaspun sudah memadai.

Lokasi Tugu Nol Kilometer berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

10. Danau Aneuk Laot

danau aneuk laot
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116260000256220009235

Tempat wisata di ujung Indonesia selanjutnya adalah Danau Aneuk Laot yang menawarkan keindahan tiara tara. Sebelum disebut-sebut sebagai tempat wisata, danau ini sudah terlebih dahulu menjadi sumber mata air bagi penduduk sekitarnya.

Namun karena banyak orang yang datang kesini, hingga pada akhirnya Danau Aneuk Laot dinobatkan sebagai destinasi wisata Sabang. Keindahan yang ada pada Danau Sabang ini terbukti ampuh mampu menghipnotis banyak pasang mata berkat pesonanya.

Banyak orang yang datang ke Danau Aneuk Laot untuk sekedar bersantai, merileksasikan diri ditengah kepenatan. Bentang alam hijau mengelilingi area danaunya sehingga terlihat sangat asri.

Di kawasan danau ini juga udaranya sangat sejuk dan jauh dari polusi. Jadi plihan yang tepat untuk menikmati alam secara lebih leluasa bersama orang-orang tercinta.

Danau seluas 30 hektare ini harus ada dalam daftar rencana liburan anda di kota Sabang pada saat akhir pekan. Selain karena view eksotisnya, wisata Danau Aneuk Laot dapat anda jelajahi tanpa mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Sebab harga tiket masuk, biaya jajan disana dan lainnya masih sangat terjangkau serta ramah dikantong. Seperti wisata alam pada umumnya, sebaiknya anda datang ke danau ini pada saat hari cerah agar viewnya lebih menakjubkan.

Tidak disarankan berlibur ke Danau Aneuk Laot pada saat cuaca tidak bersahabat. Lokasi Danau Aneuk Laot terletak di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

11. Pantai Kasih

pantai kasih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114254469697626337132

Jika di amati dengan lebih seksama, mungkin pantai ini tak seluas pantai-pantai Sabang kebanyakan. Namun keindahan yang disuguhkan, tidak kalah dengan pantai Sabang lainnya.

Pantai Kasih masuk dalam daftar wisata bahari Sabang yang bisa jadi tujuan berwisata anda bersama orang-orang tercinta selanjutnya. Memiliki pasir putih yang lembut dan cocok untuk bermain ketika explore bersama teman maupun keluarga.

Yang menjadikan Pantai Kasih Sabang ini istimewa adalah pemandangan yang dihadirkan benar-benar mengagumkan. Bebatuan mendominasi area pantainya, serta banyak pohon-pohon kelapa di sepanjang semenanjungnya.

Udara di Kasih Beach begitu semilir juga sepoi-sepoi yang akan membuat siapapun merasa nyaman selama liburan. Di Pantai ini juga belum terlalu ramai, jadi bagi anda yang ingin bersantai wajib datang kesini.

Nikmati pesona wisata Pantai Kasih yang akan membuat banyak orang terkesima. Pasir putih yang berpadu dengan air luat hijau gradasi biru begitu memukau.

Segera datang kesini ketika anda tengah merencanakan perjalanan liburan ke Kota Sabang. Catat alamat serta lokasi Pantai Kasih yang beada di Jl. Sultan Hasanuddin No.10, Kuta Ateueh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Sama dengan beberapa wisata Sabang yang sudah kita bahas sebelumnya, tak memerlukan banyak biaya tuk liburan disini. Hingga tulisan ini tayang, tiket masuk Pantai Kasih belum diberlakukan secara resmi, bahkan dalam beberapa kesempatan tak dipungut biaya sepeserpun.

12. Pulau Rubiah

pulau rubiah
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103035318919725724360

Sabang dikenal sebagai salah satu Kota di Indonesia yang menyimpan sejumlah daya tarik wisata melimpah. Wisata bahari mendominasi deretan destinasi-destinasi menarik di Kota Sabang sebagai tujuan berwisata.

Tak terkecuali dengan yang akan kita bahas kali ini, yakni Pulau Robiah. Dari sekian banyak wisata bahari di Sabang, Rubiah Island jangan sampai dilewatkan.

Pesona yang ditawarkan oleh Pulau Rubiah tidak main-main, yakni keindahan bawah lautnya. Air laut yang jernih dan bersih, membuat siapapun bisa menyelaminya dengan mudah.

Terumbu karang yang cantik menghiasi area bawah laut Pantai Rubiah. Selain itu banyak juga berbagai macam ikan hias yang menambah kecantikan view bawah laut.

Disini menyediakan penyewaan alat selam bagi yang ingin explore pesona bawah laut. Kegiatan semacam itu akan membuat momen berlibur di Pulau Rubiah Sabang semakin mengesankan.

Anda musti memperkirakan cuaca pada hari dimana berwisata bahagia bersama orang tercinta disini. Tentunya bertujuan agar jelajah Pantai Rubiah yang menawan dapat berjalan sesuai rencana.

Lokasi Pantai Rubiah berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Menghabisakan waktu senggang di Rubiah Island Sabang tak butuh banyak biaya.

Saat tulisan ini dimuat, tiket masuk penyebrangan Pulau Rubiah hanya Rp20.000 per orangnya. Sedangkan sewa alat untuk snorkeling di Rubiah Beach tarifnya hanya sekitar Rp40.000.

13. Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102925006764914309010

Membahas wisata bahari di Kota Sabang memang tak akan ada habisnya. Seperti Pantai Ujong Kareung ini misalnya, yang masuk dalam rentetan wisata bahari Sabang mengagumkan.

Menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan mampu membuat banyak pasang mata takjub akan keindahannya. Ujong Kareung Beach semakin memikat berkat bebatuan karang yang berada di sekitaran pantainya.

Sebenarnya pantai indah ini kurang direkomendasikan untuk snorkeling ataupun diving. Meski begitu, hal menarik yang dapat anda temukan disini adalah latar belakang swafoto estetik.

Biru dan jernihnya air laut bila dijadikan latar belakang foto atau video anda bakal lebih mengesankan. Abadikan setiap keseruan ketika liburan di Pantai Ujong Kareung agar sulit terlupakan.

Pantai tidak berpasir ini jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit. Anda bisa datang pada saat menjelang pagi hari, dimana landscape sunrise begitu menakjubkan.

Menariknya lagi anda tak perlu membayar tiket masuk Pantai Ujong Kareung karena hingga hari ini belun diberlakukan. Alias masih gratis sehingga pantai Sabang ini termasuk destinasi low budget untuk liburan.

Lokasi Pantai Ujong Kareung ini berada di Desa Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

14. Sirui Hidrotermal

Sirui Hidrotermal
Foto : ANTARA/Muhammad Adimaja

Sirui Hidrothermal adalah kawasan gunung api bawah laut, yang bisa anda telusuri keseruannya saat berlibur di Sabang. Destinasi menarik berikut ini bisa jadi pilihan anda ketika ingin merasakan hal-hal seru yang belum pernah dicoba.

Bisa dibilang, kalau anda tak menemukan tempat wisata anti mainstream di wilayah lain khususnya Indonesia. Sabang memiliki wisata Sirui Hidrothermal, yang dimana aktivitas menyelami lautan adalah suguhan utamanya.

Cobalah untuk melakukan kegiatan menyelam Sirui Hidrothermal Sabang saat hari libur telah tiba. Anda dapat menyaksikan gelembung-gelembung udara yang keluar dari dasar laut.

Dan juga bertemu dengan ikan-ikan cantik yang membuat area bawah lautnya semakin mempesona. Jika dibayangkan pasti akan sangat seru ya, jadi tunggu apalagi, segeralah datang kesini.

Wisata Unik di Kota Sabang ini cocok dilakukan pada saat cuaca alam mendukung. Hari cerah dan tdak hujan, untuk mendapatkan keseruan yang lebih maksimal.

Gunung berapi di bawah laut Kota Sabang ini menarik banyak minat wisatawan, baik turis dalam negeri maupun mancenagara. Lokasi destinasi berada di wilayah Pria Laot Kota Sabang.

15. Danau Sentani

danau sentani
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102371612550268962682

Kali ini kita bergerak menuju Indonesia bagian timur yang sama-sama menyimpan daya tarik alam menakjubkan. Salah satunya adalah Danau Sentani, yang memiliki luas sekitar 104 km² dan berada di Papua Indonesia.

Lokasi Danau Sentani Papua ini berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang mempesona. Keindahan Danau Sentani terbukit menarik perhatian banyak pengunjung dari berabagi wilayah, baik dalam maupun luar negeri.

Danau seluas 9.360 hektar dengan kedalaman 70 meter di bawah permukaan laut ini cocok untuk anda mengisi waktu libur. Sejauh mata memandang, hanya tersaji hamparan luar air danau yang bakal membuat siapa saja takjub.

Suasana yang dihadirkan akan membuat siapapun merasa tenang dan juga rileks. Jadi, apabila anda sedang dirundung kepenatan, cobalah datang ke Danau Sentani Jayapura.

Berada di ketinggian 75 meter diatas permukaan laut, udara danau papua fenomenal ini sangat sejuk. Menjadi salah satu wisata Jayapura yang rekomended tuk ciptakan pengalaman berkesan.

Apalagi sudah dilengkapi oleh perahu-perahu wisata yang dapat anda coba keseruannya saat berada disini.

16. Air Terjun Bihewa

air terjun bihewa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110378865540545252904

Masih berada di wilayah Indonesia Timur, yang satu ini juga tak kalah menarik dengan suguhan view alam menakjubkan. Air Terjun Bihewa, bakal membuat hari libur anda kali ini terasa istimewa.

Keunikan dari air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak dikunjungi. Memiliki setidaknya tujuh tingkatan pada air terjunnya, dan tidak semua mampu digapai dengan mudah.

Tingkatan kedua menjadi yang paling mudah dan bisa explore oleh semua wisatawan. Baru ditingkat kedua saja, anda sudah bisa melihat pemandangan asri yang syarat akan hijaunya pepohonan.

Kondisi alam Air Terjun Bihewa Nabire memang masih begitu terjaga, tak heran kalau pesonanya seolah tak pernah habis. Lokasi Air Terjun Bihewa berada di Urumusu, Kecamatan Uwapa, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua.

Keberadaannya bila dijangkau dari pusat Kota Nabire yang dalam hal ini kantor bupati jaraknya sekitar 35 km. Akses jalan kesini sudah lumayan baik, meski bila anda kesulitan dapat mengakses maps petunjuk di google maps.

Jam operasional wisata Air Terjun Bihewa yakni pukul 06.00 sampai dengan 17.30 wib. Selalu buka untuk umum setiap harinya dari Jumat hingga hari Kamis.

Nah, itu dia 16 wilayah terluar di Indonesia yang bisa jadi destinasi petualanganmu. Tapi ingat, karena belum semua destinasi terluar punya akomodasi transportasi dan penginapan yang memadai. Kamu harus mencari informasi mendetail sebelum berkunjung ke sana. Cari tiket pesawat dan cari hotel ke bandara terdekat dengan destinasi pilihanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =