Liburan sambil shopping di kota? Bosan. Liburan ke taman? Duh, bosan juga. Terus gimana, dong?

Ya udah, nggak usah tanggung-tanggung. Coba tantang dirimu buat menjelajah tempat-tempat paling menantang di kawasan terluar Indonesia. Wih!

Jangan kalah dong sama Presiden Jokowi. Kalau kamu ngaku petualang sejati, kamu pastinya juga berani untuk mengunjungi destinasi paling greget di titik-titik terluar wilayah Indonesia. Tapi ingat, sebelum berangkat, kamu harus menyiapkan mental, nyali, dan fisik yang prima. Jangan sampai rencana petualanganmu jadi gagal karena persiapan yang kamu lakukan kurang memadai.

Sebagai referensi, kamu bisa mempertimbangkan beberapa titik di ujung wilayah Indonesia ini. Ayo kita mulai dari:

1. Miangas, Kepulauan Talaud

Miangas artinya ‘menangis’. Mengapa harus ‘menangis’? Konon kabarnya, dulu pulau di ujung utara Indonesia ini pernah diserbu oleh perompak laut Sulu-Mindanao. Namun, kini kamu nggak akan sempat menangis kalau berkunjung ke Miangas. Pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara ini punya pemandangan menakjubkan dengan garis pantai yang luar biasa.

wisata-alam-pulau-talaud
image : Redaksi Manado

Butuh nyali lebih buat kamu yang ingin berangkat ke Miangas. Salah satu cara untuk menuju Miangas adalah dengan cari tiket pesawat ke Manado, kemudian transit di Bandara Sam Ratulangi Manado. Dari Bandara Sam Ratulangi, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Melonguane, Talaud. Sampai di Bandara Melonguane, kamu teruskan perjalanan udara menuju Miangas dan mendarat di Bandara Miangas.

2. Pulau Ndana, Kabupaten Rote Ndao

Kalau kamu mengira batas paling selatan Indonesia adalah Pulau Rote, dugaanmu berarti kurang tepat. Di sebelah Selatan Pulau Rote masih ada lagi pulau terluar yang bernama Pulau Ndana. Pulau yang ditandai sebagai tapal batas Indonesia bagian selatan ini bisa menjadi salah satu destinasi tak terlupakan buat para petualang sejati seperti kamu.

wisata-pulau-ndana
image : Phinemo

Namun, jangan harap kamu akan menemukan penduduk di Pulau Ndana. Pulau kosong tanpa penghuni ini cukup misterius dan benar-benar menantang buat dikunjungi. Di sini, kamu juga bisa menemukan danau dengan air berwarna merah yang sangat unik. Tertarik ke sana? Pastikan persiapanmu matang sebelum berangkat, ya.

3. Pulau Rondo, Sabang

Di mana titik terluar paling barat Indonesia? Jawabannya adalah Pulau Rondo. Mungkin cuma kamu yang benar-benar bugar dan gemar berolahraga saja yang akan sanggup mencapai pulau terluar ini. Konon kabarnya, belum ada seribu orang yang berhasil mencapai Pulau Rondo. Hanya orang-orang terpilih dengan izin khusus sajalah yang diperkenankan untuk mengunjungi Pulau Rondo. Ada para prajurit TNI yang berjaga di sana dan para abdi negara ini akan menemanimu menjelajah Pulau Rondo yang masih sangat liar. Duh, merinding jadinya.

wisata-pulau-rondo-sabang
image : Tribunnews

Untuk bisa berkunjung ke Pulau Rondo, ada trik tersendiri yang bisa dipakai. Pertama, kamu bisa cari tiket pesawat ke Aceh dengan tujuan pendaratan ke Kualanamu, Medan. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Maimun Saleh, Kota Sabang. Dari Sabang, kamu melanjutkan perjalanan ke Pulau Rondo dengan jalur laut.

Tunggu, sedang memuat. . .

4. Sota, Kabupaten Merauke, Papua

Kalau ditanya batas paling timur Indonesia, tentu kamu akan dengan lantang menjawab: Merauke! Namun, tahukah kamu di mana tepatnya tapal batas Timur Indonesia di Pulau Papua ini? Nama wilayahnya adalah Distrik Sota. Distrik ini adalah perbatasan antara Republik Indonesia dengan Negara Papua New Guinea.

wisata-sota-merauke
image : My Notes

Berbeda dengan wilayah perbatasan Indonesia umumnya yang liar, ada Taman Sota yang akan menyambut kamu di kawasan terluar Indonesia Timur ini. Kalau berkunjung ke Sota, bisa dipastikan rasa nasionalisme kamu bakal melejit tinggi karena di sini banyak tulisan yang mengingatkan kita untuk selalu mencintai Tanah Air.

Artikel Sebelumnya : Wisata Situ Patenggang, Harga Tiket Masuk, Penginapan dan Sejarah

Nah, itu dia 4 wilayah terluar di Indonesia yang bisa jadi destinasi petualanganmu. Tapi ingat, karena belum semua destinasi terluar punya akomodasi transportasi dan penginapan yang memadai, kamu harus mencari informasi mendetail sebelum berkunjung ke sana. Cari tiket pesawat dan cari hotel ke bandara terdekat dengan destinasi pilihanmu.

Semoga beruntung!