Liburan adalah salah satu kebutuhan penting yang harus Anda penuhi dengan datang ke objek wisata menarik. Pilihan tempat wisata di Samarinda bisa menjadi alternatif menghabisakan waktu libur bersama keluarga atau diri sendiri dengan sensasi tidak terlupakan. Samarinda adalah ibukota Kalimantan Timur yang menyimpan keindahan alam berupa pegunungan, air terjun, danau, dan lainnya.

Untuk mendapatkan referensi, berikut adalah kumpulan rekomendasi destinasi wisata untuk Anda. Perasaan penat setelah beraktivitas yang padat tentunya akan datang di waktu-waktu tertentu. Dan ketika Anda merasa sangat lelah dan butuh waktu untuk mengembalikan semangat dan energi. Pada momen itu, Anda bisa sejenak beristirahat dengan mengunjungi tempat wisata yang dapat menghilangkan stress.

Nah, jika anda sedang di Samarinda, bisa datang ke sini untuk mengunjungi tempat wisata keren yang ada di wilayah ini. Berikut daftar wisata di Samarinda yang mempesona dan rekomendasinya sebagai berikut:

1. Air Terjun Tanah Merah

tempat wisata di samarinda
Foto : https://www.instagram.com/ananda_moeis/

Wisata Samarinda yang bisa Anda kunjungi pertama adalah yang mempunyai tema alam. Air Terjun Tanah Merah merupakan destinasi yang terletak di Samarinda Utara tepatnya Jalan Muara Badak.

Selama perjalanan menuju air terjun, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa cantiknya dan pastinya asri. Air terjun yang satu ini tidak sama dengan yang lainnya sebab terlihat seperti sungai biasa saja.

Meskipun hanya terlihat seperti sungai, air terjunnya tentu tetap ada dan bisa Anda saksikan air yang muncul dari bebatuan. Karena sungainya sangat luas, Anda bisa menaiki kapal dan berkeliling sekitar sungai Air Terjun Tanah Merah ini.

Lokasinya yang ada di daerah perhutanan memberikan sensasi sejuk dan segar sehingga membuat para pengunjung bisa menghirup udara lebih sehat. Oleh karena itu, tidak jarang menjumpai banyak wisatawan yang berasal dari kota.

Air Terjun Tanah Merah juga menjadi favorit warga lokal. Maka dari itu, ketika momen liburan telah datang, destinasi wisata alam tersebut akan selalu ramai pengunjung. Mungkin hanya untuk sekedar berfoto, mandi di pinggiran sungai, atau keliling naik kapal.

Pilihan wisata di samarinda berupa Air Terjun Tanah Merah juga sangat murah, sebab Anda hanya membayar tiket sebesar Rp. 5.000 saja. Tempatnya yang indah dan mulai terawat juga cocok menjadi lokasi rekreasi bersama keluarga tercinta.

2. Jembatan Mahakam

wisata samarinda
Foto : https://www.instagram.com/dhannyks/

Objek wisata di Samarinda yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Jembatan Mahakam. Ketika mendengar nama Samarinda, Kalimantan Timur pasti langsung teringat ikon yang satu ini sebab menyimpan keindahan pemandangan sungai Mahakam.

Jembatan Mahakam sendiri menghubungkan antara Mahakam Utara dan Mahakam Selatan yang mempunyai panjang 400 meter. Lokasi dari jembatan ini ada di Jalan Jembatan Mahaka, Sungai Keledang, Kec. Samarinda Seberang.

Tempatnya yang masih di dalam kota, membuat semua pengunjung dapat dengan mudah menemukannya. Dari atas jembatan ini, banyak wisatawan yang menikmati pemandangan sungai Mahakam dengan mengambil gambar hingga berselfie ria.

Objek wisata di Samarinda ini menjadi sebuah kewajiban yang mana liburan belum lengkap jika belum berkunjung ke Jembatan Mahakam ini. Hingga sekarang, jembatan tersebut masih aktif sebagai jalur lalu lintas masyarakat sekitar dalam melakukan kegiatan sehari-hari mereka.

Jembatan yang sudah berumur tua yang diresmikan tahun 1987 oleh Presiden Soeharto ini masih tampak kokoh dan indah. Maka dari itu, Jembatan Mahakam belum pernah mendapatkan perbaikan hingga saat ini.

Untuk dapat berkunjung ke Jembatan ikonik kota Samarinda ini, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, karena lokasinya merupakan tempat lalu lalang kendaraan, maka Anda harus selalu berhati-hati.

Ada sejumlah aktivitas yang dapat Anda lakukan untu menikmati keindahan Sungai Mahakam ini seperti tour menggunakan kapal wisata. Dengan begitu, wisatawan bisa langsung mendekat di area sungai yang luas dengan suguhan pemandangan di sisi kanan dan kiri.

3. Pulau Beras Basah Samarinda

wisata samarinda terdekat
Foto : https://www.instagram.com/pulausegajah_wisatabontang/

Pilihan tempat hits di Samarinda yang selalu ramai didatangi pengunjung saat liburan atau hari biasa adalah Pulau Beras Basah. Ini merupakan objek wisata di Samarinda yang berada di Selat Makassar yang dapat dituju dengan perjalanan 3 jam dari kota.

Pula Beras Basah menghadirkan pemandangan laut yang eksotis dengan sensasi angin sepoi-sepoi yang menyegarkan. Di Pulau ini, Anda juga akan menjumpai banyak sekali pohon kelapa yang daunnya berwarna hijau sedang menari tertiup angin.

Keunikan dari Pulau Beras Basah ini adalah adanya jembatan kayu yang menuju ke lautan dengan cat warna-warni. Spot inilah yang menjadi favorit para wisatawan untuk menikmati keindahan lautan bebas dengan mengambil gambar atau selfie.

Hamparan laut biru sangat memanjakan mata setiap wisatawan. Di tempat wisata alam Samarinda ini, Anda juga dapat menikmati keindahan pasir putih yang terhampar dari tengah hingga pinggir pantai.

Jika Anda merasa tidak puas dengan penampakan alam laut dan sekitar Pulau Beras Basah. Maka bisa melihat pemandangan bawah laut yang tidak kalah menakjubkan. Air yang sangat jernih bisa memberikan sensasi kagum dan kebahagiaan.

Pulau Beras Basah mempunyai pengelolaan yang bagus dan baik sehingga lokasinya terjamin tetap lestari dan bersih. Dengan begitu, ini bisa menjadi tempat wisata keluarga di Samarinda yang terbaik.

Aktivitas olaharaga yang paling digemari di Pulau Beras Basah ini adalah snorkeling untuk melihat keindahan biota laut. Panorama indah ini juga semakin sempurna dengan keadaan ombak yang tenang dan air yang sangat jernih.

4. Jessica Water Park

wisata samarinda kalimantan timur
Foto : https://www.instagram.com/jessica.waterpark/

Jessica Water Park bisa dibilang sebagai tempat wisata baru di samarinda yang berhasil mencuri perhatian wisatawan. Taman bermain air ini berada di Loa Jalan Ilir yang menyediakan ragam pilihan wahana seru.

Di Jessica Water Park, terdapat tiga pilihan jenis kolam renang dengan desain yang sangat menarik. Dengan begitu, ini dapat menjadi tempat wisata anak di Samarinda yang menyenangkan sekaligus aman sehingga orang tua tidak perlu khawatir.

Menikmati waktu libur sekolah atau lainnya memang paling seru mengajak anak-anak bermain air. Tidak hanya berenang saja, para pengunjung Jessica Water Park juga dapat menikmati waterboom, waterslide, dan wahana menyenangkan lainnya.

Jessica waterpark menjadi pilihan terbaik untuk berlibur bersama keluarga. Karena wahana yang menarik dan pastinya area taman bermain ini dikelola dengan baik. Pengelolaan yang baik menjadikan tempat bersih, nyaman, dan aman.

Untuk dapat bermain air di Jessica Water Park ini, pengunjung harus membayar tiket dengan harga mulai dari Rp. 40.000. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati berbagai wahana juga fasilitas yang disediakan.

Tujuan wisata keluarga yang menjadi favorit ini buka setiap hari Selasa hingga Jumat pukul 10.00 hingga 17.30 WITA. Sedangkan, pada hari Sabtu dan Minggu, Jessica Water Park buka mulai jam 08.00 sampai 17.30 WITA.

5. Kebun Raya Unmul

wisata alam samarinda
Foto : https://www.instagram.com/atiek1211/

Tempat wisata di Samarinda Kalimantan Timur yang terkenal adalah Kebun Raya Unmul. Ini terletak di Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara yang menjadi objek rekreasi untuk melepas penat dengan melihat koleksi binatang.

Kebun Raya Unmul menyimpan sejumlah koleksi binatang, seperti orangutan, elang putih, buaya kancil, dan masih banyak lainnya. Di tempat ini juga terdapat sebuah museum yang digunakan sebagai penyimpanan macam-macam kayu dari berbagai daerah di Kalimantan.

Susana Kebun Raya Unmul sangat asri dan sejuk dengan adanya pepohonan yang banyak. Selain itu, areanya yang luas cocok untuk anak-anak karena si kecil bebas berlari-lari, namun tetap harus dalam pengawasan.

Puas mengelilingi kebun dan melihat koleksi satwa yang ada, Anda bisa melepaskan penat dengan bersantai di gazebo. Akan semakin lengkap jika Anda juga tidak ketinggalan menikmati makanan yang ada di rumah makan sekitar lokasi kebun raya.

Jika Anda datang saat musim liburan, maka akan sangat beruntung sebab biasanya terdapat sejumlah permainan menarik. Permainan tersebut antara lain, bianglala, komedi putar, gokart, motor ATV, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang sangat menarik dari tempat wisata alam di Samarinda ini adalah adanya spot untuk pijat refleksi. Dengan begitu, sembari menikmati keindahan sekitar bisa dapat jalan-jalan yang menyehatkan tubuh.

Kebun Raya Samarinda menjadi tempat wisata di Samarinda yang terbaru yang menjadi proyek unik. Karena mempunyai tema pendidikan tentang alam dan lingkungan. Dengan demikian, lokasinya sering menjadi tempat penelitian, kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pontianak yang kekinian dengan sajian destinasi elok dan memukau.

6. Patung Pesut

tempat wisata baru di samarinda
Foto : https://www.instagram.com/mitha_sirindon/

Patung Pesut adalah wisata Samarinda terdekat dari pusat kota yang menjadi landmark dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Tempat ini berupa monumen yang dibangun untuk mengenang ketika ikan pesut masih banyak ditemukan di Sungai Mahakam.

Monumen Patung Pesut menjadi tempat yang penting karena jumlahnya yang kian berkurang sebab adanya pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, monumen ini dibangun sebagai bentuk kenangan dan harapan.

Lokasi monumen Patung Pesut yang berada di tengah kota mempunyai ragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Di sini terdapat taman dan lahan parkir yang dapat digunakan untuk bersantai atau beristirahat sejenak dari rutinitas yang melelahkan.

Taman di monumen Patung Pesut juga cocok untuk menjadi tempat rekreasi bersama sahabat atau keluarga. Tidak ketinggalan, terdapat banyak penjual makanan kaki lima yang berjejer rapi di pinggir jalan siap memberikan sajian kuliner yang lezat.

Suasana di taman yang menyimpan monumen bersejarah ini sangat sejuk karena banyak pohon-pohon besar rindang. Pengunjung biasanya akan lebih ramai ketika sore menjelang karena terasa semakin sejuk dengan pemandangan mempesona.

Patung Pesut yang berlokasi di pusat kota ini menjadi favorit keluarga untuk menghabiskan waktu dengan menikmati suasana keramaian kota. Selain itu, pengunjung tidak dikenai biaya masuk sama sekali.

Sebagai tempat yang bersejarah, monumen Patung Pesut ini harus selalu dijaga keindahan dan kebersihannya. Dengan demikian, pengunjung yang datang dapat terus menikmati kegagahan patung dan suasana di sekitarnya.

7. Jungle Water World Samarinda

wisata di samarinda
Foto : https://www.instagram.com/antongawi/

Jungle Water World Samarinda adalah taman bermain air yang terletak di tengah hutan yang menawarkan sensasi liburan super seru. Berlokasi di Jalan Bontang, Tanah Merah, Samarinda Utara, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan asri dan wahana yang beragam.

Wisata di Samarinda ini berada di Gunung Lai, kawasan Sei Siring dengan jarak tempuh 30 menit dari pusat kota. Meskipun tempatnya berada di hutan, akses jalan sudah sangat bagus dan mulus.

Tempat rekreasi bersama keluarga ini mempunyai suasana hutan tropis dengan wahana yang beragam. Terdapat kolam sejuk dengan pepohonan rimbun yang cocok Anda bersantai yang pasti jarang menemui suasana seperti ini di kota besar.

Terdapat kolam arus yang akan memberikan sensasi seru dan penuh ketenangan dengan panjang kolam hingga 412 meter. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan olahraga air di Jungle Water World seperti mendayung kano dan menaiki sepeda air.

Sejumlah fasilitas disediakan untuk membuat pengunjung puas bermain air, seperti kolam renang untuk berbagai usia, wahana outbound, dan lainnya. Suasana alam yang asri dan sejuk dijamin membuat wisatawan betah berlama-lama.

Fasilitas toilet dan kamar mandi juga tersedia dengan perawatan yang baik sehingga pengunjung merasa nyaman. Wahana kolam arus terpanjang di Indonesia ini wajib masuk ke dalam daftar destinasi liburan Anda selanjutnya.

Di sini juga terdapat danau buatan yang bisa Anda jadikan tempat berenang yang seru. Jadi, selain menghabiskan waktu liburan, maka dapat memperoleh bonus berupa tubuh yang menjadi semakin sehat.

8. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat hits di Samarinda
Foto : https://utiket.com/id-id/

Pada rekomendasi wisata samarinda selanjutnya adalah Taman Rekreasi Lembah Hijau yang mempunyai paduan wisata alam dan wahana seru. Lokasinya dekat dengan destinasi lainnya yakni Kebun Raya Unmul Samarinda.

Apabila Anda datang mengunjungi Kebun Raya Unmul, maka akan menyaksikan aneka ragam jenis tanaman. Sedangkan di Taman Rekreasi Lembah Hijau ini terdapat replika dari jenis tanaman-tanaman. Suasana yang sejuk dan asri akan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Seperti namanya, ini merupakan tempat rekreasi yang bisa menjadi destinasi liburan bersama keluarga. Dengan begitu, tidak perlu khawatir jika Anda membawa anak-anak karena tersedia area camping yang luas untuk berkemah.

Pengunjung tidak perlu membawa peralatan untuk kemah sendiri dari rumah, karena di taman ini sudah menyediakannya. Tempatnya yang sangat alami, membuatnya jadi tujuan liburan sehingga sangat ramai ketika weekend atau hari libur besar.

Berkemah selalu identik dengan aktivitas alamnya, maka di sini juga tersedia wahana outbound. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati waktu dengan bermain air di waterboom dan masih banyak aktivitas seru lainnya.

Area taman yang luas dan asri juga dilengkapi dengan pendopo atau gazebo sehingga pengunjung bisa beristirahat di sana. Selain itu, juga terdapat kafetaria di sebelahnya yang menjual berbagai makanan dan minuman enak.

9. Air Terjun Pinang Seribu

tempat wisata di samarinda seberang
Foto : https://www.instagram.com/fikrism_/

Tempat wisata di Samarinda yang masih bernuansa alam dan menyegarkan adalah Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun yang ada di daerah Kalimantan Timur ini berbeda dengan yang ada di Jawa. Karena ketinggiannya hanya 4 meter hingga 5 meter dengan kemiringan 45 derajat.

Meskipun air yang terjun dari bebatuan tidak tinggi, Air Terjun Pinang Seribu tetap mempunyai daya tarik tersendiri karena hal tersebut. Keindahan alam sekitarnya juga akan memanjakan mata setiap wisatawan yang datang.

Di tempat wisata yang satu ini juga terdapat tebing yang mempunyai celah besar dengan diameter 2 meter. Celah inilah kemudian yang dapat pengunjung gunakan untuk berenang, bermain air, atau sekadar berendam menikmati dinginnya air.

Lokasinya yang berada di daerah perhutanan memungkinkan para pengunjung untuk dapat menyaksikan ragam jenis satwa liar. Selama perjalanan menuju Air Terjun Pinang Seribu, tidak jarang ada binatang yang menampakkan diri di Hutan Kalimantan tersebut.

Suara gemercik air yang turun menjadi daya tarik lainnya yang menimbulkan efek menenangkan dan menyegarkan. Oleh sebab itu, air terjun merupakan salah satu destinasi wisata yang bagus. Untuk melepaskan penat dan mencari ketenangan supaya pikiran kembali segar.

Anda dapat datang ke tempat ini dengan akses yang mudah dan menikmati keindahan alam sekitar. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat bermain wahana sepeda air di danau buatan. Yang memang sengaja dibangun untuk melengkapi fasilitas di Air Terjun Pinang Seribu.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Palangkaraya yang eksotis dan wajib untuk anda explore keindahannya.

10. Kampung Tenun Samarinda

objek wisata di samarinda
Foto : https://www.instagram.com/intanadella_/

Kampung Tenun Samarinda adalah wisata samarinda kalimantan timur yang sangat unik yang menjadi lokasi pelestarian produk khas daerah ini. Daerah tersebut berdiri sejak dulu dan diperkenalkan pertama kalinya oleh masyarakat Suku Bugis.

Lokasi Kampung Tenun Samarinda berada di tepian Sungai Mahakam tepatnya di Jalan Panglima Bendahara. Wisatawan bisa menjangkau Kampung Tenun ini dengan kendaraan pribadinya. Sedangkan kendaraan besar, seperti bus hanya boleh sampai di depan gapura saja.

Pada tempat wisata di samarinda seberang ini, Anda akan melihat motif batik tenun yang khas, salah satunya adalah Belang Hatta. Nama tersebut diambil ketika ada kunjungan dari Bung Hatta. Saat ke Kampung Tenun ini dengan ciri khas gain berpola garis merah hitam.

Tidak hanya ada motif Belang Hatta saja, di Kampung Tenun juga ada ragam motif seperti, Burica, Garanso, dan Ayam Pelopo. Di sini, pengunjung akan melihat cara pembuatannya serta mengenal material benang yang berasal dari China dengan kualitas bagus.

Benang yang diimpor dari China ini kemudian akan dibuat menjadi berbagai produk antara lain, sarung, baju, kopiah, dan lainnya. Setelah jadi, maka selanjutnya produk-produk tersebut akan dipasarkan hingga ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, sampai Thailand.

Wisatawan juga dapat membeli langsung kain tenun yang diproduksi di Kampung Tenun Samarinda ini sebagai oleh-oleh. Harga yang ditawarkan sangat sebanding dengan kerja keras ibu-ibu penenun yang ada di sana sehingga turut serta membantu memberdayakan.

11. Air Terjun Berambai Samarinda

tempat wisata keluarga di samarinda
Foto : https://www.instagram.com/campingadventuresamarinda/

Air Terjun Berambai adalah salah satu objek wisata alam yang terkenal dan menjadi pilihan masyarakat lokal menghabiskan waktu liburan. Letaknya ada di Sempaja Ujung, Batu Besaung, Samarinda, Kalimantan Timur.

Akses menuju Air Terjun Berambai ini sudah mudah dan bagus dengan suguhan pemandangan alam yang asri dan menyejukkan. Ketika telah sampai di lokasi, maka wisatawan akan disambut dengan suara gemercik air serta air yang jatuh terlihat sangat eksotis.

Ketinggian Air Terjun Berambai adalah sekitar 4 meter hingga 5 meter dengan bentuk bertingkat-tingkat. Sehingga menciptakan panorama yang unik dan indah. Tidak jauh dari lokasi mata air, terdapat camping ground yang digunakan wisatawan untuk berkemah.

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Berambai di Samarinda ini, Anda harus membayar tiket dengan harga Rp. 15.000. Saat weekend atau hari libur lainnya, akan banyak sekali wisatawan yang datang bahkan untuk berkemah.

Wisatawan dapat menikmati pesona keindahan Air Terjun Berambai Samarinda dengan mandi atau berenang di area sungainya. Air yang dingin menusuk akan memberikan sensasi penuh kesegaran sehingga memberikan ketenangan pada tubuh.

Jika Anda tidak kuat dengan menahan dinginnya Air Terjun Berambai, maka dapat memilih untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto. Spot dengan pemandangan alam yang hijau dan asri akan menghasilkan gambar keren untuk dipost di media sosial.

Air mengalir di sungai dari tempat wisata ini sangatlah bening dengan kombinasi bebatuan berwarna cokelat dan terkena lumut. Dengan begitu, Anda harus berhati-hati ketika memijak karena bisa terpeleset karena licin.

12. Tepian Mahakam

tempat wisata di samarinda kalimantan
Foto : https://www.instagram.com/andiperdhana/

Tepian Mahakam bisa menjadi tempat wisata yang paling menyenangkan dan menenangkan terlebih ketika sore hari menjelang. Semilir angin yang menerpa dengan pesona pemandangan kota Samarinda akan membuat hari Anda terasa lebih bermakna.

Di sepanjang tepian Sungai Mahakam ini biasanya banyak sekali para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman lezat. Untuk menemani momen bersantai Anda. Maka tidak heran, taman ini jadi lokasi paling asyik untuk ngabuburit saat bulan puasa.

Para pengunjung bisa menikmati luasnya Sunga Mahakam yang terbentang berpadu dengan hamparan langit yang seolah menyatu di ujung sana. Suasana sekitar juga sangat asri dan sejuk sehingga menjadikan momen terasa lebih nyaman untuk berbincang-bincang.

Adanya penjual makanan yang berderet rapi di pinggiran Sungai Mahakam ini bisa menjadi pilihan untuk merasakan kuliner Samarinda. Anda akan menjumpai banyak sekali para muda-mudi yang nongkrong dan menikmati kuliner sembari bercanda dengan teman atau kekasih.

Terdapat sejumlah kuliner yang populer yang dapat Anda jadikan pilihan ketika mampir di Tepian Mahakam. Seperti, Tahu Tek, Mie Ayam, Jagung bakar, soto, bakso, dan beragam minuman segar dan hangat. Cocok sekali menikmatinya sambil menyaksikan matahari terbenam.

Demi kenyamanan ketika menyantap kuliner di Tepian Mahakam ini, maka sudah tersedia lesehan-lesehan lengkap dengan meja. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu kebingungan mencari tempat untuk duduk.

Selain pemandangan hamparan luas Sungai Mahakam, Anda juga dapat menyaksikan banyak kapal yang sedang hilir mudik. Pemandangan ini tentu akan memberikan sensasi menenangkan hati dan jiwa.

13. Stadion Utama Palaran

obyek wisata di samarinda
Foto : https://www.instagram.com/herdimulya_/

Pilihan tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika datang ke Kota Samarinda adalah Stadion Utama Palaran. Ini merupakan sebuah tempat yang menjadi peninggalan dari digelarnya PON (Pekan Olahraga Nasional) pertama di Kalimantan.

Stadion Utama Palaran mempunyai bangunan yang besar dan megah yang terdiri dari kompleks Madya Sempaja. Suasana di sekitar stadion cukup asri dengan adanya beberapa pohon besar yang ada.

Stadion yang menjadi kebanggaan warga Samarinda ini dulunya dibangun dengan budget yang sangat besar. Namun, di tengah mewabahnya virus korona di indonesia, kini kondisinya semakin buruk dan penuh kerusakan di berbagai area.

Dulunya, banyak warga atau pengunjung yang melakukan sejumlah aktivitas olahraga seperti berlari di area luar stadion. Ketika ada pertandingan sepak bola, maka tempat ini akan sangat ramai oleh para penonton.

Bangunan stadion yang megah ini mempunyai luas 88 hektar dengan lokasi yang sangat strategis, sekitar 30 menit dari Kota Samarinda. Untuk masuk ke stadion, terdapat dua jalur yakni kiri dan kanan sehingga penonton tidak akan berdesakan.

Meskipun kini kondisinya terbengkalai, namun beberapa saat yang lalu ketika bulan puasa, sejumlah pegawai melakukan perawatan di Stadion Utama Palaran. Ini bertujuan agar tidak semakin banyak bagian yang rusak sehingga tetap terjaga dan bisa digunakan lagi nantinya.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Banjarmasin terbaru dengan pesona alam memukau dan juga menawan.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Samarinda yang dapat Anda jadikan referensi untuk menghabiskan waktu liburan. Dengan berbagai pilihan jenis destinasi alam yang bisa memberikan ketenangan pikiran.

Samarinda yang merupakan ibukota Kalimantan Timur menyimpan surga tersembunyi yang sangat menarik untuk dilirik. Anda bisa segera menyiapkan liburan ke Samarinda dan menentukan destinasi sesuai keinginan. Selamat berlibur!

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here