Belum lengkap rasanya jika menjelajahi Pulau Kalimantan tanpa mengunjungi tempat wisata di Banjarmasin. Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan terkenal dengan julukannya sebagai kota seribu sungai karena dikelilingi oleh aliran Sungai Martapura Dan Sungai Barito. Di Banjarmasin ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan asyik untuk dikunjungi.

Mulai dari air terjun, cagar budaya, situs bersejarah, keindahan pantai, dan spot wisata lainnya yang sangat instagramable. Maka tak heran bila banyak wisatawan berkunjung ke sini di setiap tahunnya untuk menikmati momen liburan bersama keluarga. Ada banyak objek wisata terbaru di Banjarmasin dan tersembunyi yang menyuguhkan sensasi menakjubkan nan luar biasa. Nah bila Anda sedang merencanakan berlibur ke Kota Banjarmasin.

Berikut daftar tempat wisata di Banjarmasin terbaru cocok Anda kunjungi bersama keluarga untuk menikmati momen bahagia:

1. Menara Pandang Banjarmasin

tempat wisata di banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/seciorina/

Menara Pandang Banjarmasin merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan Selatan yang selalu ramai pengunjung. Banyak wisatawan baik warga lokal ataupun wisatawan luar daerah berkunjung kesini. Menara ini letaknya dekat dengan pasar terapung Sungai Martapura dan merupakan salah satu tempat instagramable di Banjarmasin.

Menara Pandang sering digunakan sebagai tempat berbagai acara besar dan sangat ramai terutama saat hari minggu. Ada banyak pedagang makanan ringan dan minuman di sekitar menara ini dengan harga yang relatif murah. Berkisar antara ribuan rupiah hingga puluhan ribu rupiah, jadi Anda tak perlu khawatir kelaparan.

Di sana Anda dapat menyaksikan indahnya Kota Banjarmasin, hantaran Sungai Martapura, Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Dan juga pemandangan lainnya yang sangat elok nan memanjakan mata.

Walaupun tempat ini merupakan area terbuka, namun lantai atas menara ini juga aman dijadikan tempat bersantai. Karena dikelilingi pagar yang tinggi. Hal ini sangat menguntungkan pula bagi Anda yang membawa anak kecil.

Menara ini juga merupakan tempat wisata malam di Banjarmasin. Karena bila singgah di malam hari, Anda akan disuguhkan kerlap kerlip lampu yang terbentang luas menyinari kota ini. Udaranya yang begitu sejuk, tak heran bila banyak anak muda datang kesini di waktu malam.

Di lantai empat menara ini, Anda juga bisa menyaksikan karya seni di Galeri Baiman yang telah diresmikan sejak tahun 2019. Di sana Anda bisa melihat berbagai karya foto dan lukisan yang menggambarkan ciri khas daerah Kalimantan. Seperti bekantan, penari banjar, dan sebagainya karya para seniman terkenal Indonesia.

Karena letaknya berada di pusat kota sehingga akses jalan menuju menara ini sangat mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Menara Pandang selalu dibuka setiap hari mulai pukul 10.00-21.00 WITA. Dengan tarif masuk gratis, Anda cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000.

2. Pasar Terapung Siring Banjarmasin

Tempat hunting di Banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/saefullah_14/

Pasar Terapung Siring Banjarmasin merupakan salah satu tempat wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Yang letaknya cukup dekat dengan Sungai Martapura, di pinggiran jalan Piere Tendean yang resmi berdiri sejak tahun 2013.

Selain digunakan sebagai obyek wisata, pasar terapung ini juga berguna sebagai transaksi jual beli di atas perahu klotok. Yang di mana perhau tersebut mengapung di atas sungai.

Di sana Anda akan menjumpai sekelompok pedagang kecil yang menjual berbagai buah-buahan segar, sayuran, rempah-rempah dapur. Juga aneka bunga, hingga makanan khas Banjarmasin, seperti soto banjar, cacapan asam, dan sebagainya di atas perahu klotoknya.

Berbagai souvenir untuk oleh-oleh juga tersedia di pasar ini, misalnya kain tenun sasirangan dan batu permata khas Banjarmasin. Untuk membelinya Anda tak perlu repot naik perahu, karena para pedagang akan menepi ke daratan untuk berinteraksi dengan pembeli.

Mayoritas pengunjungnya memang ibu-ibu, namun jangan salah sangka karena ada banyak pula kaum muda mudi datang ke sini. Walau hanya sekedar jalan-jalan dan berswafoto ria sambil menikmati indahnya panorama alam Sungai Martapura di pagi hari.

Di pasar ini juga tersedia alat transportasi sungai berupa dermaga kelotok bila Anda ingin berwisata menyusuri sungai di Banjarmasin tersebut. Letaknya yang berada di tengah Kota Banjarmasin membuat pasar ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan lebih ramai dibandingkan Pasar Lokba Intan dan Pasar Terapung Kuin.

Ada banyak warga setempat, wisatawan domestik, hingga wisatawan mancanegara berkunjung kesini untuk menikmati waktu liburan atau akhir pekan. Pasar ini hanya beroperasi setiap hari minggu, pukul 07.00 – 10.00 WITA.

3. Bekantan Park

wisata banjarmasin terbaru
Foto : https://www.instagram.com/hana_farida_thamrin/

Bekantan Park adalah salah satu objek wisata di Banjarmasin tepatnya terletak di Jl. Guntung Manggis Banjarbaru yang sangat wajib dikunjungi pula. Pintu masuk wisata ini dihiasi oleh sebuah patung bekantang berukuran besar yang sangat bagus untuk berswafoto.

Bagi Anda para pecinta hewan dan ingin melihat Bekantan secara langsung maka wajib mengunjungi Bekantan Park ini. Di dalamnya Anda akan merasakan sensasi pengalaman yang berbeda.

Akses jalan menuju lokasi ini sangat mudah, Anda bisa kesana menggunakan sepeda bermotor, mobil, bus, atau kendaraan umum lainnya.

Area ini merupakan tempat wisata outbond bagi anak-anak untuk mengenal berbagai binatang primata dan binatang reptilia. Salah satu hewan primata khas Banjarmasin yang ada disini yaitu Bekantan. Yang merupakan salah satu jenis monyet dengan hidung panjang dan rambut berwarna merah kecoklatan.

Selain itu, terdapat pula hewan reptil seperti biawak, kura-kura, dan beruang yang aman diajak berinteraksi. Terdapat pula beragam outbond yang bisa dimainkan anak seperti flying fox, jembatan tali yang terbentang di sepanjang garis kolam. Dan lain sebagainya sehingga wisata ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Tak hanya itu, disini terdapat pula banyak spot foto untuk mengabadikan momen liburan. Misalnya, tak hanya patung bekantan saja, di sana Anda juga bisa berfoto dengan patung alien lengkap dengan pesawat UFO-nya.

Bagi Anda yang berencana mengajak rekan atau keluarga bersenang-senang menikmati suasana alam disin. Bekantan Park selalu dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WITA.

Namun untuk hari weekend biasanya tarifnya lebih mahal Rp5 ribu daripada hari biasa yakni Rp20.000 per orang.

4. Pasar Terapung Lok Baintan

tempat wisata malam di banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/junarorimpandeyofficial/

Obyek wisata di Banjarmasin berikutnya yang dapat Anda kunjungi yaitu Pasar Terapung Lok Baintan. Di sini Anda bisa berwisata sambil berbelanja menikmati indahnya kemeriahan menjelang fajar.

Di pasar terapung tradisional ini Anda dapat menjumpai banyak penjual dan pembeli. Uniknya mereka berinteraksi menggunakan sebuah perahu yang unik terbuat dari bambu.

Mayoritas pedagangnya adalah perempuan yang memakai topi caping lebar daun rumbia. Uniknya di pasar ini masih berlaku pula sistem tukar menukar barang atau barter.

Untuk memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli, biasanya tiap pedagang menyediakan tongkat yang dipasang kawat penghubung. Bertujuan agar memudahkan perahu mendekati pembeli.

Pasar ini sangat ramai pengunjung terutama di pagi hari sekitar pukul 07.00 WITA. Umumnya, barang yang dijual penduduk setempat merupakan hasil pertanian dan perkebunannya sendiri.

Barang yang diperdagangkan pun bermacam-macam, seperti sayur, buah-buahan, hingga aneka masakan dan kue khas Banjarmasin. Tak lengkap rasanya, bila Anda tidak menikmati menu andalan tempat ini. Yaitu soto banjar dan patin baubar, serta bagi Anda yang sekedar ingin minum kopi atau membeli oleh-oleh.

Bagi Anda yang ingin berinteraksi dengan pedagang dari jarak dekat, Anda juga bisa menyewa perahu jukung yang ada. Terdapat pula Jembatan Gantung Lok Baintan yang terletak di dekat dermaga.

Cocok dijadikan spot tempat hunting di Banjarmasin untuk mengabadikan suasana alami Pasar Terapung Lok Baintan.

Untuk tiba di Pasar Terapung dari pusat kota, Anda dapat menempuhnya menggunakan perahu klotok menyusuri Sungai Martapura. Dengan biaya tarif yang sedikit mahal sekitar Rp. 250.000

Dengan waktu tempu sekitar 30 menit. Namun, bila ingin sedikit berhemat, Anda bisa menempuhnya menggunakan jalur darat sekitar 1 jam perjalanan.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Kupang menyuguhkan panorama keindahan alam yang tiada duanya.

5. Museum Wasaka

Wisata banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/ichaartayia/

Selain objek wisata alam Anda juga bisa mengunjungi wisata sejarah di Banjarmasin. Salah satunya yaitu Museum Wasaka yang terletak di tepi Sungai Martapura. Dekat Jembatan Banua Anyar dan memiliki bangunan yang unik dan khas berwarna hijau seperti rumah panggung.

Suasana sekitarnya yang sejuk dan jauh dari kebisingan kota. Sangat cocok Anda datangi guna melihat berbagai peninggalan sejarah masyarakat Kalimantan Selatan. Yang kala itu berjuang mati matian melawan penjajahan orang Belanda.

Di sana Anda dapat melihat berbagai koleksi senjata tradisional dan modern bersejarah yang digunakan oleh rakyat Banjar melawan penjajah.

Di museum ini terdapat total sekitar 400 koleksi benda bersejarah selama periode perang kemerdekaan. Misalnya senapan angin yang terbuat dari kayu, baju barajah bertuliskan mantra magis melawan musuh. Serta senjata tajam seperti tombak dan mandau.

Agar bisa sampai di museum ini, Anda harus menyeberang sungai menggunakan perahu klotok atau menggunakan kendaraan pribadi. Namun biasanya para pengunjung lebih menyukai datang berombongan menggunakan perahu klotok.

Bagian depan Museum Wasaka menampilkan foto para gubernur Kalimantan Selatan mulai periode kemerdekaan hingga sekarang.

Di bagian tengah, tepatnya di sebuah lorong panjang ditampilkan sebuah teks proklamasi NKRI. Serta berbagai peralatan bersenjata, baju barajah, hingga peralatan memasak.

Dan beberapa alat elektronik masa lampau seperti radio, mesin ketik, dan kamera yang digunakan menyiarkan kemerdekaan Indonesia.

Sedangkan di bagian belakang museum ini, terdapat sebuah tiruan pembuatan pistol dan senjata tajam milik para pejuang militer. Bagi Anda yang suka tempat wisata gratis, maka museum wisata di Banjarmasin ini wajib dikunjungi. Karena Museum Wasaka hanya membebankan biaya parkir sebesar Rp3.000.

6. Kebun Raya Banua

wisata di banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/madan_leww/

Tempat wisata alam Banjarmasin berikutnya yang wajib Anda kunjungi yaitu Kebun Raya Banua. Kebun ini sangat populer karena memiliki tampilan yang kekinian dan banyak terdapat spot foto yang instagenik.

Selain untuk bersenang-senang bersama keluarga, anda juga bisa belajar untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru. Di tempat wisata ini, Anda akan menemukan ribuan tanaman langka yang bahkan belum pernah Anda jumpai.

Kebun Raya Banua termasuk tempat wisata di Banjarmasin terbaru yang resmi berdiri sejak tahun 2016. Dan telah dinobatkan sebagai wahana konservasi alam terbesar dan terluas di Pulau Kalimantan. Selain sebagai wahana konservasi, kebun raya ini juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Kebun raya seluas 100 hektar ini, sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan penataannya pun terus dikembangkan. Misalnya saat ini telah direncanakan oleh pihak kementrian akan dibangun area konservatium. Di sana terdapat taman labirin dan taman bermain yang berukuran relatif besar cocok digunakan sebagai tempat melepas penat.

Ada berbagai tanaman di dalamnya, mulai dari tanaman bunga, buah-buahan, kayu, dan obat-obatan dengan ukuran yang bervariasi. Misalnya, di sini terdapat berbagai pohon lokal khas Pulau Borneo yaitu pohon kayu besi dan kayu ulin. Tak hanya itu, terdapat pula tanaman langka lain seperti pohon buah kelangkala, kasturi, dan binjai.

Perjalanan menuju lokasi ini pun juga mudah di akses karena dekat dengan kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Untuk dapat menikmati keindahan Kebun Raya Banua, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 per orang Anda sudah dapat menikmati berbagai tanaman langka di kebun raya ini.

7. Waterboom Pesona Modern Banjarmasin

tempat wisata anak di banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/waterboompesonamodern/

Sekarang beralih ke wisata air yang terdapat di Banjarmasin yaitu Waterboom Pesona Modern yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Waterboom ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Banjarmasin yang paling terkenal dengan fasilitas lengkap.

Ketika hendak memasuki area ini, semua barang bawaan Anda akan diperiksa untuk menghindari terdapat barang-barang terlarang di dalamnya. Di waterboom ini terdapat lima jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Pertama terdapat kolam renang yang dikhususkan bagi balita dengan tinggi hanya sekitar selutut. Ada juga kolam anak yang tingginya sekitar 30 cm lengkap dengan wahana perosotan landai dengan lebarnya sekitar 2 meter. Ketiga, terdapat kolam arus berukuran lebar 3 meter yang dapat membawa pengunjung mengarungi kolam.

Salah satu kelebihan waterboom ini yaitu adanya kolam tsunami yang mampu membawa pengunjung merasakan sensasi terhanyut gelombang tsunami. Tak perlu khawatir karena bagi Anda yang tak bisa berenang dapat menyewa ban di sekitar kolam renang.

Terakhir, ada wahana air ekstrim flying fox yang sangat memacu adrenalin. Karena Anda akan diajak meluncur dari ketinggian udara hingga belasan meter.

Di area ini juga tersedia fasilitas cafe, coffe shop, mushola, hingga gazebo yang luas untuk bersantai. Fasilitas toilet dan kamar bilas juga tersedia dan selalu terjaga kebersihannya.

Meskipun menawarkan berbagai wahana permainan yang seru dan menarik, namun tiket masuk yang harus Anda bayarkan tergolong murah. Untuk hari biasa tarifnya sekitar Rp50.000 per orang, namun di hari weekend Sabtu dan Minggu tarifnya sedikit naik sekitar Rp70.000.

8. Waterboom Banua Anyar

wisata di banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/waterboom_banua_anyar_bjm/

Tempat wisata wahana air selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan yaitu Waterboom Banua Anyar. Yang terletak di pusat kota dan sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Meski memiliki area yang tak begitu luas, namun fasilitas yang tersedia sudah sangat memadai dan bagus. Cocok dijadikan destinasi wisata bersama teman atau keluarga.

Di Waterboom Banua Anyar tersedia fasilitas berupa area parkir yang luas, toilet, kamar mandi, hingga loker untuk menyimpan barang.

Di water park ini tersedia 4 buah kolam renang dengan ukuran yang bervariasi. Pertama, terdapat kolam race slide yang terdiri dari dua buah perosotan tinggi sejajar dan letaknya berdekatan. Untuk meluncur di atasnya Anda hanya cukup tidur terlentang.

Kedua, ada kolam water slide sebagai wahana peluncuran air dengan lintasan berbentuk spiral yang cukup tinggi dan panjang. Bagi Anda yang menyukai tantangan ekstrim wahana ini wajib dicoba.

Terdapat pula kolam water playground yang cukup besar cocok digunakan sebagai tempat bermain anak. Pada wahana ini, anak dapat bermain prosotan yang berbentuk pipa, lurus, dan spiral, serta terdapat pula atraksi ember tumpah. Sehingga tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata anak di Banjarmasin.

Terakhir, terdapat kolam arus lazy river dan cocok digunakan untuk bersantai. Di kolam arus ini, para pengunjung bisa berkeliling kolam renang menggunakan ban sambil menikmati pemandangan hijau di sekitar water park.

Bila Anda tertarik datang ke sini, harga tiketnya pun juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp20.000 per orang. Anda sudah bisa bermain air dan merasakan keseruan waterboom ini. Waterboom ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WITA.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Pontianak dengan sajian destinasi kekinian terbaru yang instagramable.

9. Aquatica Waterpark & Playground

wisata di banjarmasin kalimantan selatan
Foto : https://www.instagram.com/rizky_mr003/

Selain Waterboom Pesona Modern dan Waterboom Benua Anyar, destinasi wisata kolam renang di Banjarmasin. Yang bisa dijadikan pilihan yaitu Aquatica Waterpark dan Playground yang sangat mengasyikkan.

Lokasi waterpark wisata Banjarmasin terbaru ini juga dekat dengan Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor. Yang hanya membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit. Untuk Anda yang berasal dari luar pulau dan datang rombongan, sebaiknya menyewa mobil rental untuk memudahkan perjalanan Anda.

Water Park yang terletak di Jalan Trikora, Guntung Manggis, Banjarbaru ini memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Tak hanya bisa sekedar bermain air, di sini terdapat pula area khusus untuk berlatih renang bagi yang belum bisa. Kamar mandi dan tempat bilas di sini juga lumayan luas dan airnya pun juga bersih.

Di Aquatica Waterpark dan Playground terdapat berbagai wahana perosotan dan kolam renang dengan berbagai ukuran dan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Misalnya, kolam renang khusus balita dan anak-anak, dewasa, dan kolam untuk latihan renang.

Terdapat pula area outbond dan beberapa pendopo yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai menikmati camilan atau makanan. Bila Anda tak membawa bekal, juga tak perlu takut kelaparan. Karena di water park ini tersedia pula kantin berbagai menu dengan harga yang cukup terjangkau.

Wisata Banjarmasin Aquatica Waterpark dan Playground selalu buka tiap hari mulai pagi pukul 09.00 hingga sore pukul 17.30 WITA. Biaya masuk wahana air ini juga tergolong murah, untuk bayi tidak akan dipungut biaya. Untuk hari weekday tarifnya sekitar Rp30.000 per orang sedangkan di hari weekend sekitar Rp35.000 per orang.

10. Taman Kamboja

obyek wisata di banjarmasin
Foto : https://banjarmasin.tribunnews.com/

Objek wisata Taman Kamboja merupakan salah satu destinasi wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Yang terletak di Jalan H.Anang Adenansi, dekat Kota Banjarmasin. Taman ini selalu ramai pengunjung baik pasangan pemuda-pemudi ataupun para orang tua yang mengajak anaknya refreshing dan bermain.

Dulunya, taman seluas sekitar 4.2 hektar ini dinamakan Jalan Loji karena kawasan ini banyak ditanami pohon kamboja. Dan digunakan sebagai tempat pemakaman umum Nasrani dan Tionghoa.

Barulah, dipertengahan tahun 2000-an, kawasan ini ditata dan diperindah oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan diberi nama Taman Kamboja.

Tempat wisata alam di Banjarmasin ini suasananya sangat sejuk dan banyak tempat duduk di sekitar taman. Yang digunakan duduk bersantai di sore atau malam hari menikmati indahnya air mancur menari yang berwarna-warni. Warnanya bermacam-macam seperti, merah, hijau, kuning, ungu, dan biru.

Namun, sayangnya atraksi air mancur menari ini hanya bisa dinikmati setiap malam rabu dan malam minggu saja. Di pintu masuk area ini terdapat sejumlah tata tertib yang harus dipatuhi pengunjung. Seperti dilarang buang sampah sembarangan dan merusak fasilitas umum.

Di taman ini Anda juga bisa menikmati zona olahraga outdoor, kolam, dan tempat untuk bermain anak. Tak lengkap rasanya bila tak berfoto di depan tulisan “I Love Banjarmasin” berukuran besar terletak di dekat kolam air mancur.

Di sekeliling taman terdapat banyak pepohonan hijau yang rindang cocok untuk berteduh di siang hari yang panas. Ruas jalannya pun juga nampak bersih dari sampah.

Kawasan ini terus mengalami renovasi perbaikan. Dan dalam waktu dekat rencananya juga akan dibangun area baca dengan desain unik mirip kontainer.

11. Masjid Sultan Suriansyah

tempat wisata keluarga di banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/kaekaha/

Masjid Sultan Suriansyah merupakan salah satu wisata di Banjarmasin yang sangat populer dan telah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Suriansyah. Raja Kerajaan Banjar. Masjid ini lebih dikenal sebagai Masjid Kuin karena letaknya berada di tepi Sungai Kuin.

Masjid dengan desain unik bernuansa tradisional ini beratap tumpang. Dan bangunannya pun sangat kokoh meski sudah lama berdiri karena dibangun menggunakan kayu ulin besi.

Ukirannya menggambarkan motif khas Banjar seperti manggis, nenas, dan bunga, serta mihrab masjidnya memiliki atap sendiri terpisah dengan bangunan utama.

Uniknya, tiap arsitektur masjid ini memiliki makna tersembunyi di dalamnya yang jarang diketahui orang. Diantaranya, bagian bawah bangunan ini berupa tempat shalat yang bermakna syariat ilmu Islam.

Kemudian di tingkat kedua yang merupakan badan masjid beratap landai dan berbentuk persegi. Hal tersebut memiliki makna ataupun arti bahwa kita harus selalu menjalankan syariat Islam.

Sedangkan di tingkat atas, bentuknya mirip seperti tingkat pertama dan kedua namun berukuran lebih kecil. Hal tersebut memiliki makna bahwa kita harus selalu menolong orang lain sebagai wujud hakikat Islam. Di mimbar masjid ini dihiasi pula kaligrafi bertuliskan kalimat syahadat.

Peninggalan yang bentuknya masih utuh yaitu tangga berundak berjumlah sembilan yang terletak di bawah mimbar dengan ukiran motif bunga. Selain dapat menikmati suasana masjid religi peninggalan bersejarah, di sana Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar Sungai Kuin.

Akses jalan menuju lokasi ini juga sangat mudah karena terletak di dalam Kota Banjarmasin. Anda bisa melewati Jalan Pangeran yang merupakan pintu masuk menuju daerah Kuin.

Banyak wisatawan berkunjung ke sini, terutama para peziarah. Nah, apabila Anda berminat datang kesini, masjid ini selalu buka setiap hari dan gratis tiket masuk.

12. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Tempat instagramable di Banjarmasin
Foto : https://www.instagram.com/banjarmasinbanget/

Masjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan salah satu destinasi religi wisata Banjarmasin kota. Yang terletak di Jalan Sudirman, Antasan besar, Banjarmasin Tengah.

Masjid ini dibangun sejak tahun 1981 yang mampu menampung para jama’ah hingga 15.000 orang. Sehingga masjid ini dinobatkan sebagai masjid terbesar di Kalimantan Selatan.

Masjid yang megah nan eksotik ini bentuknya mirip bangunan Taj Mahal, di India karena. Di depan bangunan utama terdapat sebuah kolam berukuran cukup besar dan memanjang. Di dalamnya juga ada sebuah bangunan kecil yang merupakan kantor pusat MUI Kalimantan Selatan.

Sekitar masjid dikelilingi oleh lima buah menara yang menjulang tinggi. Pada bangunan utamanya terdapat sebuah ruang untuk beribadah, di sana Anda dapat melakukan ibadah sholat dan berdo’a untuk menenangkan pikiran.

Sedangkan di bagian dalam terdapat ruangan berlantai dua dengan luas sekitar 2000 m2. Di atas bangunan utama terdapat sebuah kubah berwarna keemasan yang terbuat dari aluminium dengan susunan kerangka baja. Juga terdapat pula hiasan kaligrafi yang bertuliskan potongan ayat Al-Qur’an dan Asmaul Husna.

Walaupun bangunan masjid ini nampak tua namun masih kokoh berdiri. Keseluruhan masjid ini mayoritas berlapiskan marmer dan keramik dengan relief khas Kalimantan di setiap pintu dan railingnya. Masjid ini sangat kental dengan penyiaran agama Islam, di sana juga sering diadakan acara-acara keagamaan.

Perlu Anda ketahui, bahwa penamaan masjid ini memberi makna yang mendalam bagi umat Islam. Karena namanya diambil dari nama sebuah kitab yang ditulis langsung oleh Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary. Salah satu ulama besar di Kerajaan Banjar. Dengan berbagai keindahan interiornya, masjid ini tentu memberikan pengalaman yang baru.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Palangkaraya yang hits dan wajib untuk anda explore keindahannya.

Itu tadi berbagai rekomendasi tempat wisata Banjarmasin yang terbaru dan sedang hits untuk dikunjungi. Selain tarifnya yang sangat terjangkau, obyek wisata di atas juga sangat terkenal hingga mancanegara. Anda dapat memilih beberapa tempat tersebut sebagai destinasi tujuan wisata.

Kalau dalam waktu dekat Anda berencana pergi ke Banjarmasin, jangan lupa untuk singgah di tempat-tempat wisata di atas ya. Agar liburan Anda lebih aman dan menyenangkan, pastikan pula untuk selalu memakai masker. Untuk mencegah penularan virus dan siapkan pula kamera terbaik untuk berfoto. Yuk segera rencanakan liburan! Semoga bermanfaat.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here