Tempat wisata di medan merupakan tempat favorit yang dijadikan oleh seluruh wisatawan untuk menikmati hari libur mereka. Berlibur merupakan aktivitas yang bisa melepas penat dan bosan Ketika hari sibuk dan akan menjadi yang menyenangkan. Liburan yang paling sering dilakukan biasanya bersama teman maupun dengan keluarga. Karena tujuan berlibur adalah mendekatkan diri dengan orang tersayang dan akan sangat dinantikan pastinya.

Kota medan memiliki sejuta tempat wisata yang belum diketahui oleh banyak orang dan harus kamu kenal untuk menjaga kelestariannya. Perlu diketahui medan merupakan kota dari provinsi sumatera utara yang memiliki bandar udara internasional kuala namu dan Pelabuhan belawan. Untuk bisa sampai ke medan, banyak transportasi yang menyiapkan sarananya.

Dan tak jarang pula wisatawan asing berdatangan untuk mengunjungi wisata di kota medan. Berikut daftar tempat wisata di medan yang harus dikunjungi dan harus masuk ke daftar liburan berikutnya:

1. Danau Linting

tempat wisata di medan
Foto : https://www.instagram.com/taufikta01/

Tempat wisata di medan terbaru danau linting merupakan tempat wisata yang menyuguhkan tengah alam di kota medan, sumatera utara. Objek wisata ini membutuhkan tiket masuk cukup murah hanya sekitar 10 ribu saja setiap orangnya.

Danau linting memberikan keindahan alam yang memiliki kesegaran dengan panorama air yang jernih dan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Pemandangannya yang ada di danau ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto karena termasuk kedalam tempat yang instagramable.

Kesan yang instagenik ini juga dapat dilihat dari keunikan warna air danau yang terkadang berubah menjadi biru, hijau, atau tosca. Dan sesuai dengan retakan vulkanik dan nampak sangat menarik. Air yang ada di danau ini akan terasa seperti air hangat yang akan menguap panasnya.

Danau ini berada di desa sibunga-bunga hilir, kecamatan hulu wajib di kunjungi untuk yang ingin melepas penat. Sangat menarik sekali untuk kamu yang hobi dengan fotografi.

2. Kuil Shri Mariamman

wisata medan kota
Foto : https://www.instagram.com/graymeggy/

Kuil ini biasanya dijuluki the little india dan menjadi kuil tertua yang berada di medan, sumatera utara. Tempat ini dibangun pada tahun 1884 masehi dengan adanya bukti kehadiran warga keturunan india yang berdomisili di medan.

Biasanya kuil ini pada perayaan deepavali dan thaipusam akan dijadikan sebagai tempat utama atau pusatnya. Sehingga akan dijadikan wisatawan untuk kepentingan rohani ataupun liburan untuk agama hindu.

Kuil yang awalnya digunakan untuk memuja dewi mariamman ini mampu digunakan sebagai penyembuhan macam-macam penyakit. Dan juga bisa digunakan untuk meminta hujan saat kemarau tiba.

Kuil shri mariamman merupakan khas asli india yang memiliki arsitektur menarik, seperti adanya 2 patung dewa siwa di bagian gerbang. Lalu adanya patung dewi shri mariamman di kedua sisi pintu kuil.

3. The Le Hu Garden Medan

Tempat wisata di Medan yang Gratis
Foto : https://www.instagram.com/jernih_dicita/

Tempat Wisata terbaru di medan lainnya yang berada di kota medan adalah the le hu garden yang berupa taman kekinian. Taman ini bisa digunakan sebagai untuk menikmati keindahan alam dan bisa dijadikan sebagai tempat yang paling kekinian untuk jaman sekarang.

Garden the le hu ini bisa digunakan sebagai sarana tempat berfoto yang eksotis dengan latar yang indah dan menakjubkan. The le hu garden terletak di jalan pendidikan, deli tua, kabupaten deli Serdang, sumatera utara.

Tempat wisata ini memberikan konsep yang memberikan dan terasa seperti berada di bali dengan tempat instagrammable. Terdapat fasilitas lainnya yaitu camping ground, flying fox, dan café yang bisa digunakan sebagai tempat santai.

4. Danau Toba

wisata medan sumatera utara
Foto : https://www.instagram.com/wisataindomedsos/

Danau toba merupakan khas asli medan, sumatera utara yang harus anda kunjungi dan tak lengkap jika tidak dikunjungi. Namanya yang tidak asing ini, dijadikan sebagai danau terbesar yang berada di asia tenggara.

Memiliki Panjang 100 km dengan lebar sekitar 30 km dan tempat ini termasuk danau vulkanik paling besar di asia tenggara. Danau ini merupakan danau yang cukup luas dan seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri.

Wisata yang terletak di kecamatan sianjur mula mula, kabupaten samosir, sumatera utara ini tidak membutuhkan tiket masuk yang mahal. Penginapan yang ada di dekat danau toba juga bisa anda coba dengan menyesuaikan keadaan budget yang di miliki.

5. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele
Foto :https://www.instagram.com/awanikhwan/

Ketika liburan tiba dan anda akan berkunjung ke medan, sumatera utara, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata kali ini. Menara pandang tele yang menyuguhkan keindahan wisata alam danau toba dari ketinggian yang bisa digunakan sebagai kumpul bersama orang tersayang.

Wisata ini tidak kalah ramainya daripada wisata danau toba, karena akan sama sama menyaksikan danau toba. Yang membedakan hanya dari jarak dekat dan bisa menyentuh air langsung atau dari ketinggian bisa melihat begitu luasnya danau toba.

Harga tiket masuk mulai dari 2 ribu saja dan bisa digunakan untuk menyaksikan keindahan sunset atau matahari terbenam di medan. Lokasi Menara pandang tele ini di turpuk limbong, kabupaten samosir, sumatera utara.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Manokwari yang eksotis dan juga memukau wajib untuk anda telusuri pesona dan keindahannya.

6. Gedung London Sumatera

wisata di medan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/amadine_tourtravel/

Gedung London khas sumatera utara tepatnya di jalan jenderal ahmad yani nomor 2, kesawan, kecamatan medan barat, sumatera utara. Bangunan ini memiliki kenang-kenangan dengan sejarah yang sangat bernilai tinggi karena termasuk peninggalan.

Peninggalan yang di klaim sebagai Gedung pertama yang berada di medan ini sudah dilengkapi dengan lift. Bangunan ini mempunyai ciri khas lainnya yang mendominasi warna putih dan sangat menjulang tinggi.

Wisata hits Medan ini dibangun pada tahun 1960 silam dan menjadi pilihan yang tepat jika anda ingin berwisata sejarah. Untuk tiket masuk tidak akan begitu mahal dijamin anda bisa menjaga kebersihan saat berkunjung maupun mendatangi tempat ini

7. Kampung Ladang Medan

wisata di kota medan
Foto : https://www.instagram.com/joefotografi/

Tempat wisata di medan yang lagi hits ini berlokasi di jalan tuntungan, namorih, kecamatan pancur batu, kabupaten deli Serdang. Kampung ladang khas medan ini merupakan tempat berkumpulnya bersama keluarga dan menyatu dengan alam.

Bisa dijadikan sebagai tempat outbound juga dengan pemandangan yang cantik dan juga romantis. Ada juga kolam dan beberapa pondok yang bisa menghiasi batu seperti candi ratu boko.

Nantinya wisatawan yang berkunjung ke kampung ladang medan akan melihat banyak sekali tanaman bunga yang sangat segar. Terdapat pula ayunan yang digunakan sebagai spot foto yang isntagenik dan tempat prewedding.

8. Graha Maria Annai Velangkanni

wisata di medan sumatera utara
Foto : https://www.instagram.com/sakkilik/

Tempat Wisata di medan graha maria annai velangkanni ini merupakan tempat beribadah yang dibangun oleh pastor james bharataputra.

Bangunan yang tampak megah ini terlihat seperti kuil tempat ibadah umat hindu. Padahal kenyataannya bangunan ini merupakan tempat beribadah umat katolik.

Dengan keberadaannya yang menarik mata wisatawan, pantas saja bisa dijadikan sebagai tempat berkunjung atau hanya sekedar membidik foto saja. Kemegahan pada bangunan graha maria annai velangkanni ini merupakan gaya arsitektur yang memadukan mogul dan Indonesia.

9. Merdeka Walk Medan

Tempat wisata di Medan yang lagi Hits
Foto : https://www.instagram.com/sandi.ajoo/

Tempat wisata di medan yang terkenal kali ini biasanya digunakan bersantai, pada malam hari terdapat lampu khas kota medan. Merdeka walk medan ini menyajikan berbagai makanan khas medan dengan yang menyajikan menu western dan makanan asia.

Wisatawan bisa berfoto di center piece yang merupakan tempat popular untuk kalangan muda di medan, sumatera utara. Tempat ini juga ditumbuhi dengan pepohonan yang digunakan untuk menggelar aksi untuk pertunjukkan.

Tempatnya berada di jalan balaikota, kesawan, kecamatan medan barat, sumatera utara. Ada juga hiburan lainnya yaitu band, rap, dan breakers untuk aksi lainnya.

10. Air Terjun Dua Warna

tempat wisata di medan yang terkenal
Foto : https://www.instagram.com/travelmatesiantar/

Tempat wisata di medan yaitu Air terjun berlokasi di bandar baru, kecamatan sibolangit, kabupaten deli Serdang. Tempat ini belum begitu fenomenal dan terkenal serta termasuk dalam wisata hidden gems dan masih tersembunyi.

Kawasan pegunungan ini memiliki ketinggian sekitar 1475 mdpl dan memiliki pemandangan yang asri serta keindahan air terjun yang menawan. Pasalnya air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter dan mempunyai dua aliran yang tampak indah sekali.

Air terjun dua warna ini memiliki keunikan bahwa air nya memiliki suhu hangat dan dingin. Untuk suhu hangat cenderung nuansa berwarna putih, sedangkan untuk suhu dingin akan cenderung memiliki nuansa warna biru.

11. Sipinsur

Sipinsur
Foto : https://www.instagram.com/erlando_pasaribu/

Sipinsur merupakan Objek wisata di medan yang biasanya lebih dikenal dengan geosite sipinsur. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan berupa hutan bukit dan bahkan luasnya danau toba.

Keberadaan geosite sipinsur ini merupakan tempat yang sangat sejuk dan damai dengan pemandangan hutan pinus yang sangat apik dan luas. Pemandangan yang cantik ini bisa kamu jadikan sebagai tempat atau latar belakang kamu untuk foto secara instagenik.

Sipinsur terletak di parung, kecamatan paringin, kabupaten humbang hasundutan, medan sumatera utara. Dengan adanya wisata yang indah ini, banyak sekali spot foto terbaik yang bisa dijadikan hasil jepretan terbaik.

12. Taman Mora Indah

tempat wisata di medan
Foto : https://idwarta.com/

Taman mora indah ini merupakan Obyek wisata di medan dengan pesona yang memanjakan wisatawan untuk bermain air yang menyenangkan. Wisatawan juga bisa menggunakan arena flying fox dan terdapat seluncuran pendek maupun tinggi 20 meter yang berada di kolam renang.

Ada juga tempat makan yang dapat meningkatkan nafsu makan anda meningkat, jadi jika anda berkunjung kesini jangan takut untuk kelaparan. Lokasinya ada di jalan sisingamangaraja, bangun mulia, kecamatan medan amplas, medan, sumatera utara.

Taman mora indah mampu dijadikan sebagai tempat berkumpul keluarga bahkan teman tersayang anda untuk melepas penat. Sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan liburan akhir pekan anda agar lebih menarik dan fresh.

Ayo tunggu apalagi, segera ajak buah hati tercinta anda untuk keseruan mengesankan dan tak akan terlupakan. Bermain, menyelam hingga mencicipi wahana keren akan menciptakan sensasi liburan yang tak akan terlupakan.

13. Wisata Sawah Pematang Johar

wisata alam medan
Foto : https://www.instagram.com/kampoeng_wisata_sawah_official/

Wisatawan yang ingin melihat pemandangan alam khas pedesaan tentunya bisa berkunjung ke wisata sawah pematang johar ini. Tempat wisata ini terletak di deli Serdang yang sudah terhitung lama sejak desember 2019.

Sejak saat itu pengunjung datang secara ramai-ramai, bukan hanya dari lokal saja tetapi ada wisatawan dari luar negeri. Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner yang disuguhkan, jadi anda tidak perlu takut kelaparan sambal menikmati pemandangan hamparan sawah hijau.

Adanya jalur setapak bisa menikmati pemandangan sawah dan dibentuk hiasan gapura yang penuh warna dan membuat kesan ketertarikan. Terdapat juga payung gantung yang dijadikan sebuah jembatan warna-warni untuk sebagai spot foto yang instagenik.

Alam yang asri, hijau dan memukau ditambah dengan udaranya yang sejuk khas pedesaan akan membuat anda betah berlama-lama disini. Menikmati pesona keindahan ciptaan yang Maha Kuasa ini akan membuat anda rileks, tenang dan nyaman.

14. Istana Maimun

tempat wisata di medan sumatera
Foto : https://www.instagram.com/dhonie.asmawi/

Istana maimun merupakan Tempat wisata alam di medan bersejarah dengan memiliki bangunan dan arsitektur yang sangat unik. Bahkan adanya paduan gaya melayu, islam, timur tengah, dan india juga melengkapa gaya arsitektur bangunan ini.

Konon istana ini menjadi lambing kerajaa yang masi berada di puncak kejayaan di deli sumatera utara. Istana ini juga menyandang predikat sebagai istana terindah yang ada di negara Indonesia.

Ada tiga bagian utama yang merupakan bagian dari lahan istana maimun ini dan sangat luas. Wisatawan juga bisa mengunjunginya yang berlokasi di jalan sultan ma’moen al rasyid nomor 66 kecamatan medan maimun, medan.

15. Tjong A Fie Mansion

tempat wisata keluarga di medan
Foto : https://www.instagram.com/vlansnapthat/

Salah satu landmark Tempat wisata di medan sekaligus menjadi simbol masyarakat etnis tionghoa adalah tjong a fie mansion. Tempat ini merupakan sebuah rumah yang dibangun oleh saudagar china bernama tjong a fie.

Usia rumah tjong a fie ini lebih dari 100 tahun, namun masih sangat kokoh, karena selalu dirawat begitu baik. Tempat ini memiliki luas 6 ribu meter persegi dan tampak megah sekali lantaran rumah hunian.

Alasan dibangunnya rumah ini juga tjong a fie merasa dikagumi walaupun dalam segi bangunannnya. Bangunan ini tampak memikat hati karena desainnya yang khas cina kuno dan dicampur dengan melayu serta eropa.

Dengan keunikannya bangunan ini dijadikan museum dan diresmikan tahun 2009 lalu. Sejak diresmikan itu, museum tjong a fie mansion ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Lombok dengan berbagai macam destinasi ramah keluarga dan kekinian untuk anda jadikan tujuan liburan selanjutnya.

16. Kesawan Square

Kesawan Square
Foto : https://www.instagram.com/_bojevnik/

Tempat wisata di medan yang gratis ini terletak di jalan ahmad yani, kesawan, kecamatan medan barat, kota medan, sumatera utara. Salah satu landmark medan yang terkenal ini dikenal sebagai pecinan atau pusat aktivitas dagang orang medan.

Tempat ini merupakan, tempat wisata yang digunakan wisatawan untuk mencicipi berbagai kuliner dengan tempat nongkrong favorit anak muda. Merasakan keindahan suasana kota medan menikmati bangunan kuno London sumatera dan didirikan pada abad ke-19. Dengan menggunakan lift pertama yang ada di kota medan.

17. Wonders Water World

wisata terbaru di medan
Foto : https://www.instagram.com/hendravitara/

Wonders water world merupakan tempat Wisata di medan sumatera utara air yang bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik untuk mencobanya. Adanya lima seluncuran dengan tipe yang berbeda ini menjadi salah satu tempat ini menjadi selalu ramai untuk dikunjungi.

Tiket masuk yang ditawarkan hanya 100 ribu saja dan anda bisa berada disana selama mungkin hingga 18.30. Taman air ini juga memiliki waterboom berskala internasional karena banyak dan sangat unik.

Wisatawan bisa datang dan berkunjung untuk menikmati liburan bersama keluarga atau teman tersayang. Wonders water world terletak di padang golf polonia, suka damai, kecamatan medan polonia, medan, sumatera utara.

18. Funland Mickey Holiday

Funland Mickey Holiday
Foto : https://www.instagram.com/denusatravel/

Funland ini merupakan tempat bermain anak kecil bahkan orang dewasa sekalipun dan termasuk Tempat wisata keluarga di medan. Tempat bermain ini bisa dikunjungi Ketika liburan akhir pekan tiba, agar si kecil tidak bosan dengan aktivitas sehari-harinya.

Tempat wisata ini berada di sekitar kota medan dengan hiburan dan beberapa permainan yang sangat memanjakan pengunjung. Permainan seperti paintball, rafting hingga adanya outbound juga bisa digunakan sebagai tempat bersenang-senang.

Objek wisata kali ini juga bisa dinikmati bersama teman maupun keluarga tercinta. Funland mickey holiday ini terletak di jalan jamin ginting berastagi kabupaten karo, sumatera utara.

19. Simalem Resort

Simalem Resort
Foto : https://www.instagram.com/bidadariok/

Simalem resort merupakan tempat Wisata di medan terbaru yang sangat direkomendasikan untuk melihat beberapa area romantis. Ada salah satu tempat unik di dalamnya yaitu taman labirin yang sangat tersusun rapi dari pohon hijau.

Tempat yang sangat unik ini melingkar dan menyerupai ruas jalan berada di jalan raya merek km 9 sidikalang, karo, medan. Tempat ini bisa dijadikan sebagai wisatawan untuk menyusuri jalan secara perlahan.

Bentuknya yang unik juga terbentuk tugu air mancur seperti fountain of wealth dan sangat bisa digunakan tempat foto. Banyak juga spot foto lainnya dan termasuk spot foto instagenik yang ada disana.

20. Danau Siombak

Danau Siombak
Foto : https://www.instagram.com/zynuzar2/

Danau Siombak memiliki luas 40 hektar ini termasuk dalam danau buatan yang terbangun diantara sungai deli serta sungai terjun. Banyak sekali wisatawan yang tidak menyangka karena danau buatan ini, airnya sangat jernih dan memiliki warna biru kehijauan.

Adanya pantulan warna yang sangat menawan, membuat danau ini disebabkan karena ganggang dan lumut untuk tumbuh di dalamnya. Selain itu,wisatawan juga bisa melakukan aktivitas lainnya contohnya seperti memancing dan berenang.

Harga tiket masuk yang di tawarkan hanya 2 ribu rupiah saja, sudah bisa menikmati kepuasan danau di ombak sampain puas. Lokasi danau siombak ini berada di paya pasir, kecamatan medan marelan, medan, sumatera utara.

21. Kampung Keling

objek wisata di medan
Foto : https://www.instagram.com/arissyahap/

Kampung keling Wisata medan sumatera utara berada di jalan teuku cik ditiro, kecamatan madras hulu, medan, sumatera utara. Lokasi ini merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di kota medan sebagai kota multi etnis.

Kota yang salah satunya jenis etnis india ini memiliki keunikan lainnya berupa bangunan yang bersejarah. Dan memiliki kuliner khas india yang menggugah selera dan bisa dinikmati. Kampung keling juga disebut dengan kampung madras dan mendapat julukan the little india.

Untuk yang ingin berkunjung ke tempat wisata kampung keeling ini siapkan kamera yang bisa membidik foto. Banyak sekali spot foto yang menarik dan bisa digunakan sebagai spot foto menarik disini.

22. Kebun Binatang Medan

obyek wisata di medan
Foto : https://www.ngenetyuk.com/

Kebun binatang merupakan Tempat wisata anak di medan yang berada di jalan bunga rampai nomor 4, deli Serdang, sumatera utara. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk keluarga untuk mengenal berbagai macam hewan.

Luas kebun binatang ini mencapai 30 hektar dan selalu menjadi solusi untuk mencari tempat bermain bagi anak-anak. Selain itu tempat ini menawarkan tempat bermain yang indah dan sangat mengedukatif.

Untuk yang akan berkunjung kesini, bisa membeli makanan untuk hewan yang ada di dalam kebun binatang medan. Jangan lupa tidak boleh menyakiti hewan dan selalu menjaga kebersihan.

Bermain sambil belajar menjadi sebuah keharusan untuk mendapatkan sensasi liburan yang menyenangkan.

23. Rahmat Gallery

tempat wisata anak di medan
Foto : https://www.instagram.com/bg.ipul.nst/

Wisatawan yang berkunjung ke rahmat gallery bisa diajak untuk rehat sejenak dan menikmati apa yang akan disuguhkan gallery ini nantinya. Museum ini merupakan Tempat wisata di medan sumatera utara dan menyimpan banyak sekali koleksi jenis satwa yang sudah diawetkan.

Meski memajang aneka satwa yang ditelan ini, binatang ini tidak sengaja dibunuh dan bahkan tiba-tiba mati mendadak. Museum ini merupakan museum wild museum karena memiliki pula berbagai macam hewan liar sekitar 1000 spesies yang diawetkan.

Wisatawan juga bisa datang ke tempat ini untuk melihat banyaknya koleksi binatang dari mulai zaman dahulu dan yang sudah punah. Selain informatif, tempat ini merupakan tempat yang menyenangkan dan akan cocok didatangi bersama anak-anak.

24. Taman Buaya Asam Kumbang

wisata di medan
Foto : https://www.instagram.com/devioctaviani87/

Taman Wisata medan kota ini memiliki penangkaran buaya yang dapat dikunjungi karena sudah teruji keamanannya. Tempat yang cukup terkenal ini berlokasi di jalan bunga raya nomor 2, asam kumbang, kecamatan medan Selayang, medan, sumatera utara.

Tempat yang memiliki luas lahan sekitar 2 hektar ini menjadi penangkaran buaya terbesar di asia tenggara. Liburan di lokasi ini juga bisa terdengar memacu adrenalin dan rasanya juga akan sangat menyenangkan jika mencobanya.

Ada sekitar 2500 ekor buaya dari mulai kecil hingga yang sudah besar sekali ada di tempatkan kolam atau rawa bauta. Yang menarik lainnya adalah adanya buaya yang berusia 78 tahun.

Daaptkan sensasi liburan anti mainstream dengan mengunjungi wisata hits medan satu ini bersama keluarga dan kerabat. Wisata rekomended Taman Buaya Asam Kumbang ini jangan sampai anda lewatkan demi keseruan di akhir pekan.

25. Museum Sumatera Utara

tempat wisata di medan
Foto : https://www.tribunnewswiki.com/

Museum ini merupakan tempat pilihan Wisata alam medan yang digunakan untuk memahami kekayaan dan tradisi asal medan, sumatera utara. Ada banyak jenis benda yang termasuk peninggalan sejarah dan juga kebudayaan dari sumatera utara yang ada di museum ini.

Di dalam museum ini terdapat dua lantai dan beberapa ruangan yang bisa dijelaskan secara satu persatu. Adanya ruangan pameran tetap, tempore dan adanya ruang audio visual. Lokasi yang berada di jalan jhoni 51 kota medan, sumatera utara.

Ada sekitar 6799 koleksi tempat ini menyimpan dan maka dar itu dijadikan museum. Ada pula arca peninggalan hindu buddha yang diorama kehidupan prasejarah dan juga peninggalan nilai sejarah lainnya.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Aceh terbaru yang menyajikan spot hits kekinian dengan pesona alam yang mempesona.

Berikut merupakan 25 rekomendasi Tempat wisata di medan sumatera utara yang harus banget masuk daftar list liburan kamu berikutnya. Tempat wisata yang belum begitu terkenal ini harus kamu kenalkan ke dunia bahwa, Medan punya tempat yang sangat indah. Pemandangan yang tidak ada duanya itu, tidak akan kalah dengan tempat wisata yang berada di luar negeri.

Jadi kamu tidak perlu keluar negeri jika kamu ingin berlibur dan melepaskan penat setelah seharian mengerjakan pekerjaan. Cukup di medan, sumatera utara kamu bisa mendapatkan pemandangan yang masih bersih dan sangat asri. Untuk kamu yang akan berkunjung, jangan lupa untuk selalu menjaga ucapan, perbuatan, dan juga kebersihan selalu nomor satu.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here