Embung Batara Sriten menjadi salah satu daya tarik mempesona yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Gunung Kidul tidak hanya ada pantai, namun masih banyak lagi wisata alam lainnya yang amat sangat mempesona.

Salah satunya adalah Embung Batara Sriten Jogja yang siap membuat para pengunjung terpikat dengan ragam keunikannya. Embung Batar Sriten Gunung Kidul ini berada di puncak sebuah perbukitan hijau yang asri dan udaranya pun cukup sejuk.

Menariknya lagi, Embung Batara Sriten Yogyakarta berbentuk elips yang cenderung tidak beraturan, nampak anti mainstream. Serta masih banyak lagi keunikan pada tempat wisata di Gunung Kidul satu ini, yang dapat di simak pada ulasan berikut.

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

harga tiket masuk embung batara sriten
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115331584779855804815

Bisa dibilang bahawa Embung Batara Sriten ini adalah destinasi wisata baru, sebab diresmikan baru beberapa tahun kebelakang. Hingga kini masih dalam tahap pengembangan yang dimana kedepannya akan ada berbagai daya tarik menarik di dalamnya.

Salah satu yang paling santer terdengar, yakni adanya perkebunan buah seperti manggis dan juga kelengkeng. Waduk buatan yang relatif kecil ini selain sebagai tempat wisata, memiliki fungsi utama sebagai penampungan air.

Yang dimana nanti pada saat musim kemarau, air Waduk Embung Batara Sriten dimanfaatkan masyarakat setempat untuk merawat perkebunan. Dan untuk bisa menyaksikan beragam pemandangan menawan disini, maka setiap pengunjung tak perlu keluar banyak uang.

Harga tiket masuk Embung Batara Sriten sejauh ini hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya, sangat ramah dikantong bukan? Jangan lupa, setiap pengunjung juga perlu membayar retribusi parkir kendaraan sesuai tarif yang di tetapkan.

Jam operasional wisata alam Embung Batara Sriten di Gunung Kidul adalah pukul 05.00 sampai dengan 18.00 WIB. Embung Jogja satu ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise beserta sunset yang pesonananya tiada tara.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat embung batara sriten
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104491578220990279372

Lokasi Embung Batara Sriten berada pada sebuah bukit dengan ketinggian wilayahnya mencapai 859 meter diatas permukaan laut. Alamat Embung Batara Sriten terletak di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari Alun-Alun Wonosari atau pusat kota Gunung Kidul, jarak yang harus ditempuh untuk bisa sampai kesini sekitar 21,7 km. Akses jalan utama yang musti anda lalui sudah cukup baik, dan tanpa kesulitan untuk semua jenis kendaraan.

Setibanya di lokasi, pengunjung perlu untuk berjalan kaki beberapa meter untuk menuju spot utamanya. Saat sudah berada disini, maka sejauh mata memandang, anda hanya akan menemukan panorama alam yang begitu menakjubkan.

Pastikan anda memakai kendaraan pribadi dan kesiapan fisik dalam kondisi fit agar semua berjalan lancar. Agar bisa tiba di Embung Batara Sriten Jogja lebih efisien, gunakan saja kendaraan pribadi.

Jika belum tau jalannya, anda dapat memakai petunjuk akurat pada maps dibawah ini yang membuat perjalanan tanpa hambatan.

Datang juga ke –> Air Terjun Sri Gethuk yang memikat.

Fasilitas

fasilitas embung batara sriten
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111606699286875876885

Setiap pengunjung dijamin akan merasa nyaman selama berwisata kesini. Selain karena suguhan panorama mempesona, Embung Gunung Kidul satu ini pun telah di dukung oleh sarana prasarana yang cukup memadai.

Dan dibawah ini beberapa fasilitas Embung Batara Sriten yang bisa anda manfaatkan, antara lain :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Gazebo
  • Warung wisata
  • Camping
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya mengisi waktu senggang dengan jalan-jalan dan juga liburan ke Embung Batara Sriten yang menawan. Lepas semua kepenatan dengan explore Embung Batara yang memiliki aneka landscape alam mengagumkan.

Untuk merasakan suasana yang lebih dekat, pengunjung dapat berkemah disini. Sembari menanti sunrise saat pagi hari dan sunset ketika sore menjelang malam.

Kunjungi juga –> Pantai Jungwok berbentuk melengkung berpadu dengan pasir putih.

Spot Terbaik di Embung Batara Sriten

spot terbaik di embung batara sriten
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109317891327912590154

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa Embung Batara Sriten menjadi salah satu destinasi ciamik untuk menikmati terbenamnya matahari. Wisatawan dapat menyaksikan dengan lengkap sebuah sunset tanpa terhalang oleh apapun.

Mulai dari perubahan warna merah jingga ke kuningan sampai langit menjadi gelap karena malam segera tiba. Pokoknya siapapun yang sengaja berlibur kesini dijamin tidak akan merasa kecewa, malah justru bahagia dengan suguhan istimewa tiada duanya.

Air telaga yang tenang, pemandangan indah berpadu dengan udara sejuk bakal membuat siapapun merasa betah dan enggan untuk pulang. Keindahan-keindahan tersebut bisa anda manfaatkan dengan menjadikannya latar belakang saat berswafoto pada spot terbaik di Embung Batara Sriten.

Abadikan semua keseruan yang tercipta selama berlibur disini bareng keluarga maupun orang-orang tercinta. Jangan lupa bawa kamera, atau paling tidak smartphone kesayangan anda untuk berselfie ria, foto bersama dan rekam video.

Review sebelumnya –> Goa Jomblang aktivitas caving seru menantang adrenalin.

Tips Berkunjung

tips berkunjung embung batara sriten
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104491578220990279372
  • Berwisata alam tentu saja akan lebih maksimal jika dilakukan pada saat hari cerah dengan cuaca yang mendukung.
  • Apabila awan nampak mendung, atau bahkan sedang hujan, sebaiknya tahan dulu rencana untuk rekreasi ke Embung Batara Sriten.
  • Anda bisa datang ketika sore atau pagi hari guna merasakan nuansa sejuk dan alaminya Embung Batara Sriten.
  • Wajib untuk berhati-hati dan waspada dalam setiap kegiatan selama liburan karena tentu demi kebaikan bersama.

Jadi itu tadi, Embung Batara Sriten di Jogja yang dapat anda jadikan tujuan healing selanjutnya saat hari libur tiba. Demikian sudah anda simak ulasan singkat Embung Batara Sriten yang rekomended dengan sajian alam menakjubkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + 2 =