Tempat wisata di Lebak merupakan kota yang wajib kamu kunjungi dan terletak di provinsi Banten. Dengan keindahannya yang sangat menawan, ternyata lebak memiliki sejarah yang merupakan provinsi dari banten. Ibukota lebak adalah rangkasbitung dengan kabupaten yang berbatasan dengan serang dan Tangerang utara.

Sejarah Wisata lebak ini tidak terlepas dari kesultanan banten yang memiliki 28 kecamatan dan 5 kelurahan. Selain dengan keindahan alamnya, ternyata lebak memiliki budayanya yang sangat unik. Dan tak jarang pula wisatawan asal luar negeri datang kesini.

Selain pantai yang terletak dari lebak, banten ini, terkenal pula sungai dan air terjunnya yang menawan dan eksotis. Berikut daftar tempat wisata di lebak yang harus anda kunjungi saat waktu liburan tiba:

1. Pantai Cihara

tempat wisata di lebak
Foto : https://www.instagram.com/rizkaakbarfauzi/

Pantai Cihara merupakan Tempat wisata anak di lebak, berada di lebak banten atau dikenal dengan nama pantai cibobos. Wisata ini merupakan wilayah yang berada dalam tahap pengelolaan.  Karena memiliki luas sekitar 3 hektar dan bergabung dengan wilayah hutan lindung.

Suasana pantai ini akan sangat asri karena pepohonan yang rindang serta lingkungan yang bersih. Karakteristik pantai ini memiliki ombak yang besar dan memiliki banyak karang yang mengharuskan kita lebih hati-hati.

Meskipun berkarang, tetapi pantai ini memiliki pasir yang sangat menggoda dengan warnanya yang berwarna putih bersih. Pantai ini selalu memberikan dan menawarkan pesona yang menghempaskan ombak dan memiliki suara berbenturan dengan karang.

Nuansa romantik yang ada di pantai ini juga bisa anda nikmati jika berkunjung pada malam hari. Suasana malam pantai ini dipenuhi dengan lampu kelap kelip yang mampu yang menarik minat wisatawan.

Pantai Cihara merupakan wisata terbaru di lebak yang memiliki keunikan tersendiri mengenai ombak yang besar. Cocok sekali digunakan untuk berselancar bagi anda pegiat olahraga air yang ekstrim ini.

Setiap karang ada dalam gugusan pantai ini juga termasuk kedalam keunikan dalam pantai ini.

2. Air Panas Cipanas

wisata lebak banten
Foto : https://www.kompas.com/

Curug cipanas lebak banten ini memiliki pesona keindahan yang tidak ada lawannya. Karena selain keindahan, penduduk lokal yang ramah membuat wisatawan tampak senang.

Kota lebak juga akan terkenal dengan wisata ini dan memiliki keindahan yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di lebak terbaru, air panas cipanas ini merupakan salah satu wisata alam yang sangat di minati. Dan desa ini juga melakukan terobosan terbaru agar meningkatkan kualitas objek wisata.

Dari hasil mufakat bersama, lokasi ini dibenahi dan terjadilah adanya lokasi wisata alam. Yang kini selalu mendapatkan anggaran dana atau alokasi dana desa dari pemerintah setempat.

Wisata air panas ini memiliki pemandangan yang sangat luar biasa dan sangat berbeda dengan wisata lainnya. Berada di pegunungan juga mungkin curug ini memiliki daya Tarik sendiri.

Selain itu curug air panas ini mempunyai lima tingkatan yang sering digunakan untuk berkemah. Atau sering juga menjadi tempat mengobati berbagai penyakit kulit.

Maka dari itu ayo segera atur waktu anda untuk segera datang ke daya tarik wisata berupa kolam air panas ini. Nikmati kesegaran setelah berendam dan juga rasakan manfaat yang akan anda rasakan pada tubuh setelahnya.

3. Karang Bokor

wisata lebak
Foto : https://www.instagram.com/beerendy/

Pantai karang bokor merupakan Objek wisata di lebak pantai yang memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya. Penduduk lokal memiliki sopan santun dan ramah tamah yang membuat wisatawan akan lebih tertarik untuk mengunjungi.

Wisata karang bokor yang terletak di desa sawarna, kecamatan bayah, kabupaten kota lebak sangat patut untuk dikunjungi. Wisata ini merupakan memiliki gelombang laut yang besar sehingga akan menimbulkan suara ombak yang sangat menggelegar.

4. Pantai Talanca

wisata di lebak
Foto : https://www.instagram.com/saefullah_14/

Pantai tulanca ini dikenal Tempat wisata di lebak banten dengan sebutan pantai emas, memiliki hamparan pasir yang membentang putih bersih. Sepanjang pantai memiliki pohon pandan yang rimbun dan rindang serta membuat kagum bagi siapa saja yang melihatnya.

Fasilitas yang disajikan berupa cottage atau hotel yang mengelilingi pantai ini akan sangat laris untuk wisatawan luar maupun lokal. Hamparan bunga dan sokongan alam dengan danau yang menawan ini dilengkapi juga dengan pantai yang memiliki speed boat untuk menikmatinya.

Sejak adanya Kawasan wisata tahun 1981, pantai talanca tidak pernah sepi oleh pengunjung terlebih dari wisatawan luar negeri. Berjejer pasir yang bisa dinikmati dengan hangatnya Mentari di setiap akhir pekan ini merupakan target para wisatawan.

Era 90 an musisi legendaris yaitu iwan fals pernah datang ke o=lokasi pantai ini yang merupakan masih ada sebuah perusahaan. Jalan sepanjang pantai ini memiliki lebar empat meter.

Dengan hasil pembangunan yang dikhususkan untuk mengelola pantai untuk Tempat wisata keluarga di lebak.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Tangerang dengan pilihan destinasi kekinian yang menyuguhkan spot istimewa dan mempesona.

5. Curug Cihear

objek wisata di lebak
Foto : https://www.instagram.com/wisata_curug_cihear/

Tempat wisata alam di lebak adalah curug cihear yang berlokasi di lebak gedong banten merupakan tempat yang harus anda kunjungi. Lokasi wisata ini memiliki pesona keindahan yang tidak ada duanya.

Dan juga memiliki penduduk lokal yang begitu ramah dengan kehadiran wisatawan luar negeri maupun lokal.

Kota lebak ini sangat terkenal dengan pantai, selain pantai salah satunya adalah curug cihear ini yang sangat menarik untuk dikunjungi. Letak wisata ini memang berada di pedalaman sehingga akses yang ditempuh butuh perjuangan Panjang.

Tetapi lelah dalam perjalanan ini akan terlupakan jika sudah mencapai lokasi, melihat keindahan curug cihear yang menawan. Curug ini juga berada di dalam Kawasan gunung halimun salak yang tidak jauh dari curug ini.

Curug yang memiliki ketinggian 28 meter dengan lebar kurang dari 6 meter ini indah dinikmati dengan mata telanjang. Biasanya juga, curug ini digunakan untuk bermain wahana arum jeram.

Berenang hingga menyelam akan menjadi aktivitas menarik yang bisa anda explore disini.

6. Pantai Goa Langir

obyek wisata di lebak
Foto : https://www.instagram.com/adammunawar99/

Pantai goa langir yang berada di kabupaten kota lebak ini berada di wilayah sawarna bayah. Tempat Wisata di lebak yang memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Penduduk yang berada di sekitar tempat wisata pantai goa langir ini memiliki sikap yang ramah dan sangat sopan. Sehingga akan senang wisatawan untuk berkunjung kesini.

Kota lebak juga sangat terkenal dengan pantai dan curug yang sangat menawan karena termasuk kedalam wisata yang dilindungi.

Goa langir di bayah ini memiliki tebing karang yang sangat sering digunakan untuk panjat tebing yang lumayan cukup tinggi. Goa langir juga memiliki bebatuan yang gamping dan menjulang tinggi.

Berada di depan mata dengan warna yang hitam atau jingga kecoklatan seperti motif marmer.

Wisata di bayah kabupaten kota lebak ini penuh dengan sumber mata air yang seperti pembuluh darah dalam tubuh. Ikan, udang, wallet, dan kelelawar juga sangat banyak mendiami tempat ini dengan ceruk-ceruknya yang dalam.

Destinasi di lebak ini juga kaya akan kisah legenda, penuh dengan dongeng takhayul yang kadang menyelamatkan wilayah ini. Warga lokal selalu mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga ucapan jika berada di tempat ini.

Agar semuanya baik-baik saja dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

7. Kampung Baduy

tempat wisata di lebak
Foto : https://www.instagram.com/yongkithio/

Wisata kampung baduy berada di leuwidamar lebak banten dan merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi untuk belajar berbudaya. Budaya suku baduy ini merupakan suku yang hidup dengan keadaan terisolir dan hanya memanfaatkan dunia luar saja.

Hidup dengan sederhana dan menyatu bersama alam membuat suku baduy tenang dengan keindahan alam yang dimiliki. Mungkin karena itu, masyarakat sangat tertarik ingin mengunjungi wisata kampung baduy.  Yang masih sangat fresh dan belum termakan oleh modernisasi budaya.

Suku baduy memiliki 2 macam yaitu baduy luar dan baduy dalam dan yang membedakan adalah penampilan keseharian saja. Penampilan suku baduy luar memakai pakaian hitam dan kepala menggunakan ikatan berwarna biru. Sedangkan baduy dalam menggunakan baju dan ikat kepala yang berwarna serba putih.

Dengan adanya perbedaan dua macam itu, suku baduy dalam lebih memegang teguh adat istiadat dari nenek moyang awal dahulu. Sedangkan baduy luar lebih sudah termakan oleh pengaruh budaya dari luar yang sedikit modernisasi.

Persamaan baduy luar dan baduy dalam adalah mereka pantang untuk menggunakan alas kaki dan menggunakan teknologi ataupun. Termasuk dengan transportasi yang modern sekalipun.

Kampung baduy ini merupakan kampung yang terdapat adat istiadat kuat. Dan juga pantangan yang harus dipatuhi selama anda berkunjung ke wisata kampung baduy.

8. Pantai Tanjung Layar

tempat wisata di lebak banten
Foto : https://www.instagram.com/dadik1204/

Wisata di lebak banten pantai tanjung layar ini berada di sawarna lebak banten, kecamatan bayah, kabupaten lebak, banten, Indonesia. Wisata ini memiliki pengunjung yang ramai setiap hari termasuk hari biasa dan hari akhir pekan atau liburan.

Tempat wisata pantai tanjung layar ini memiliki keindahan yang memberikan eksotisme dan berbeda sensasi dengan aktivitas sehari-hari. Wisata ini juga memiliki pesona keindahan yang sangat menarik dan akan menarik pengunjung untuk dikunjungi.

Sangat disayangkan jika anda tidak mengunjunginya, karena keindahan alam mana lagi yang bisa anda dapatkan seperti pantai tanjung layar ini. Wisata yang sangat cocok untuk mengisi waktu kegiatan liburan ini dan membuat anda tidak akan menyesal jika mengunjungi pantai ini.

Daya tarik wisata bahari ini cocok untuk anda jadikan tempat menghabiskan waktu liburan agar tubuh kembali semangat.

9. Pantai Karang Malang

wisata pantai di lebak banten
Foto : https://www.instagram.com/achmad_noer_cholis/

Pantai karang malang merupakan Wisata bahari di lebak banten yang berlokasi di muara lebak banten dengan keindahan alam mempesona. Keindahan alam yang ditambah dengan penduduk lokal yang sangat ramah dan sangat menjaga sopan santun ini membuat pengunjung betah berlama-lama.

Termasuk pantai yang sangat terkenal di kabupaten lebak destinasi ini harus di masukkan kedalam daftar liburan anda. Sangat didukung dengan warga sekitar karena mengetahui keindahan alam yang berada di pantai karang malang tersebut.

Masih alami dan kebersihannya sangat terjaga sehingga mampu membuat ketertarikan sendiri bagi yang akan berkunjung. Pantai ini ditumbuhi dengan tanaman ketela atau ketela kisik yang tumbuh di pasir dengan jenis ketela lainnya.

Karang malang pernah di akui oleh warga Kendal yang datang. Tempat yang sangat indah ini harus didatangi karena keunikan dari tumbuhan ketela kisik tersebut. Hanya saja pantai karang malang memiliki akses jalan yang cukup sulit untuk ditempuh dan cukup jauh saja dari kota.

Tunggu apalagi, segera atur waktu anda untuk menjelajahi pesona Pantai Karang Malang bersama keluarga, sahabat hingga orang tersayang.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Cilegon dengan beragam pilihan wahana menarik dengan spot menarik dan unik.

10. Curug Munding

wisata alam lebak
Foto : https://www.instagram.com/rezakenzo/

Berada di banjarsari kabupaten kota lebak banten yang memiliki nama wisata curug munding yang menyuguhkan keindahan memukau. Curug ini sangat menarik perhatian warga sekitar untuk bisa berkunjung ke tempat wisata ini baik dari lokal maupun luar negeri.

Wisata curug munding merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang berada di kabupaten lebak. Kisah yang unik dari curug ini juga belum banyak diketahui oleh para pengunjung luas. Sehingga wisata ini masuk kedalam tempat wisata yang masih tersembunyi.

Curug munding merupakan Wisata alam di lebak banten yang menarik karena air terjun ini memiliki tempat yang alami dan asri. Sehingga akan terasa segar sekali jika anda melompat dari atas air terjun untuk menikmati bawah kolam air terjun ini.

Munding sendiri mempunyai arti kerbau, yang artinya dahulu kala ada kerbau yang ikutan melompat dari atas air terjun tersebut. Maka dari itu air terjun ini memiliki sejarah yang unik sekali dan mengundang banyak pengunjung untuk mendatanginya.

Keberadaanya yang jauh dari kota ini memiliki keadaan pemandangan yang sangat indah dan masih sangat asri untuk menikmati udaranya. Hal ini tentu akan membutuhkan keseriusan dalam mengelolanya.

Tempat ini menjadi destinasi wisata yang asri, alami, dan jangan sampai ada sampah yang berserakan di tempat ini.

11. Pantai Ciantir

tempat wisata di lebak banten
Foto : https://www.instagram.com/nusantara.kaya/

Pantai ciantir merupakan salah satu objek wisata yang berada di sawarna lebak banten dan merupakan pantai yang selalu ramai dikunjungi. Destinasi ini juga sangat terkenal dengan kondisi lingkungan dan penduduk lokal yang ramah serta baik hati.

Penduduk lokal sangat mendukung dengan adanya tempat ini bisa dijadikan tempat wisata dan akan menarik wisatawan. Warga setempat mengaku, wisatawan yang berkunjung bukan hanya berasal dari lokal saja tetapi hingga mancanegara sampai berdatangan.

Wisata pantai ciantir merupakan pantai yang memiliki pasir putih bersih dengan bibir pantai yang sangat Panjang. Keindahan yang ada di Tempat wisata di lebak banten ini sangatlah eksotis.

Ditambah bahwa peselancar bisa memainkan selancar di pantai ini dan disebut sebagai surganya para pegiat selancar.

Penginapan sekitar pantai ciantir juga termasuk banyak karena akan terlihat sekitar sepanjang jalan menuju ke pantai ini. Biaya yang digunakan untuk memasuki pantai ini cukup murah saja yaitu 5 ribu rupiah dengan hitungan per orangnya.

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih bersih ini seolah Bersatu dengan karang yang menjual satu sama lain. Karang yang menjulang ini berada disisi lain yang menjadikannya sangat menarik akan keindahan pantai ini.

Pantai ini juga termasuk kedalam pantai yang menghadap Samudra hindia dan mempunyai pula ciri khas yang berada di pantai selatan. Salah satu ciri khas pantai selatan adalah memiliki pantai yang ombaknya menggulung cukup besar dan arus nya yang sangat kuat.

Maka dari itu Pantai ini sangat cocok sekali untuk wisatawan yang hobi bermain selancar.

12. Pantai Pasir Putih Sawarna

tempat wisata alam di lebak
Foto : https://www.instagram.com/smaslahtulk02/

Pantai wisata pasir putih sawarna ini merupakan Obyek wisata di lebak yang memiliki gulungan ombak yang sedikit kecil. Yang berada di daerah bibir pantai, sehingga cocok untuk yang ingin menikmati air di pinggir pantai.

Pantai ini juga biasanya digunakan untuk pantai menghibur karena terdapat jala net yang biasanya digunakan untuk bermain voli di pantai. Pantai yang memiliki pasir putih ini membentang luas sangat segar untuk dipandang oleh mata telanjang dengan keadaan sehat. Nama putih ini diambil dari pasir yang identik dengan warna putih.

Dan juga selalu bersih karena selalu terawat dan terjaga oleh warga sekitar.

Warga sekitar pun sangat mendukung akan tempat pantai pasir putih ini dijadikan sebagai objek wisata yang sangat disukai oleh pengunjung. Pengunjung tak hanya berasal dari lokal tapi dari luar negeri pun banyak berdatangan karena tempat ini sudah terkenal luas.

Dengan hamparan pasir hingga mencapai 5 kilometer ini sangat bisa dirasakan jika bersentuhan langsung dengan pasir. Pasir yang memiliki tekstur lembut dan halus ini akan begitu dingin dan menyejukkan jika disentuh.

Tetapi pasir seolah berubah jika semakin mendekat ke bibir pantai, karena akan sedikit keras dan warna berubah menjadi kehitaman. Banyak pula wisatawan yang menggunakan pasir ini untuk bermain lempar pasir atau mengubur diri.

Bermain pasir bersama teman maupun keluarga akan seru karena teksturnya yang dimiliki wisata ini sangat disukai oleh pengunjung.

13. Pantai Bagedur

wisata terbaru di lebak
Foto : https://www.instagram.com/mulyadianggara_fgh/

Wisata lebak banten pantai ini memiliki keindahan yang sangat alami karena belum terlalu terkenal dan belum banyak dijamah oleh manusia. Pantai bagedur terletak di malingping lebak banten dan terbagi menjadi di bagian selatan banten.

Pantai ini memiliki ciri khas pantai selatan karena memiliki ombak serta arus yang besarserta sangat kuat. Disarankan untuk tidak terlalu menjauh dari bibir pantai saat bermain air di pantai bagedur, terlebih jika memiliki anak kecil.

Bagedur merupakan pantai yang memiliki keindahan yang tidak ada duanya, selain kealamiannya tempat wisata ini sangat terjaga dengan kebersihannya. Penduduk lokal sangat menjaga dan menjunjung tempat ini agar terus bisa dinikmati oleh banyak wisatawan yang akan berkunjung.

Warga sekitar yang ramah ini mungkin salah satu daya Tarik wisatawan untuk berkunjung lagi ke tempat ini hingga puluhan kali. Pantai yang memiliki ombak besar ini merupakan pantai yang sangat cocok untuk kamu yang menggunakan permainan selancar.

Tempat Wisata alam lebak diatas merupakan tempat wisata yang sudah terkenal dan masih banyak lagi tempat wisata yang masih tersembunyi. Dimasa pandemic ini tetap memperhatikan protocol kesehatan jika ingin berlibur atau menghabiskan akhir pekan anda dengan baik. Kunjungi tempat wisata yang sekiranya sepi dan tidak ramai untuk dikunjungi.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Serang yang terbaru dan instagramable sayang untuk anda lewatkan.

Berikut merupakan 13 rekomendasi Tempat wisata di Lebak Banten yang harus masuk ke dalam daftar liburan anda di akhir pekan. Untuk yang akan berkunjung, silahkan untuk memperhatikan kebersihan, ucapan dan juga perbuatan selama di tempat. Kealamian ini akan menjadi tempat yang luar biasa jika selalu terjaga dengan kehadiran semua yang datang ketempat ini.

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here