Tak kalah dengan kota Semarang yang memiliki brown canyon yang eksotis, ternyata jogjakarta juga memiliki tempat wisata yang merupakan bekas galian yang tak kalah cantik bernama bukit breksi.

Bukit Breksi merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Mulanya, bukit ini hanyalah sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 m. Namun akhir-akhir ini, para wisatawan yang hendak berkunjung ke Candi Ijo menyempatkan diri mampir ke tempat ini untuk sekedar berfoto.

Picture by tapakita.com
Picture by tapakita.com

Selain tampak eksotis, Tebing Breksi juga menawarkan pemandangan lanskap yang luar biasa. Dari atas tebing, wisatawan dapat melihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong yang dilatari oleh gagahnya Merapi. Tak hanya itu, tebing yang mirip dengan brown canyon yang ada di Semarang ini pun menawarkan panorama senja yang menggoda.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Sekilas tentang Tebing Breksi meruoakan sebuah tebing tinggi, dimana bekas penambangan batu breksi. Ketika dilakukan sebuah penelitian, ternyata Tebing Breksi tersebut merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul.

Dan tebing tersebut masuk sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi. Oleh sebab itu, pemerintah mulai mengelola tempat tambang batu breksi tersebut menjadi sebuah tempat wisata. Tebing Breksi yang nantinya akan di sulap menjadi sebuah Taman Tebing Breksi.

Picture by yukdolanjogja.com
Picture by yukdolanjogja.com

Seperti diketahui, taman tebing breksi merupakan sebuah tebing tinggi bekas penambangan batu. Namun ternyata, tebing-tebing ini masuk sebagai situs geologi. Dan sudah ditetapkan sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi.

Lokasi Tebing Breksi

lokasi Tebinhg Breksi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100989351043863751186
Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Kurang lebih 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan-Piyungan). Tebing Breksi sendiri masuk dalam cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo.
Keberadaan Tebing ini sangat mudah sekali ditemukan, sebab termasuk deretan wisata Jogja paling populer. Sehingga meski anda belum pernah datang kesini, sepertinya tak akan menemui kesulitan berarti saat ingin ke Tebing Breksi.

Rute Menuju Tebing Breksi

rute lokasi menuju tebing breksi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103704817886344256885
Dari Prambanan menuju ke wisata tebing berjarak sekitar 7 km. Letaknya sebelum Candi Ijo. Jika dari arah Jogja, ada jalur yang lebih cepat. Sampai di pertigaan Piyungan, anda bisa berbelok ke kanan.
Lurus saja sampai menyeberang ruas jalan Prambanan-Piyungan. Dari sini ikuti papan penunjuk arah ke Candi Ijo. Di sebelah kiri jalan, nanti aka nada spanduk bertuliskan wisata Tebing Breksi.
Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor, mobil atau bis pariwsata sekalipun. Hal tersebut terbukti dari banyaknya rombongan pengunjung menggunakan bis-bis yang datang untuk liburan ke Tebing Breksi Jogja.
Jika tak membawa kendaraan anda bisa juga memakai jasa transportasi umum seperti misalnya ojek online, angkutan dan lain-lain. Terpasang beberapa plang petunjuk untuk memudahkan laju kendaraan anda untuk segera sampai ke Tebing Breksi.
Kalau anda belum yakin atau mungkin masih merasa bingung, silakan untuk mengakses maps berikut ini.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk tebing breksi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108987866419715527091
Mengisi waktu libur dengan jalan-jalan dan explore Tebing Breksi Jogja maka tak akan membuat kantong anda jebol. Pasalnya wisata Jogja satu ini menerapkan biaya wisata yang tergolong ekonomis dan pastinya ramah dikantong.
Saat ini, harga tiket masuk Tebing Breksi hanya sebesar Rp10.000 saja per orangnya, murah sekali bukan? Dengan tiket tersebut tentunya para wisatawan bisa berlibur disini sampai puas.
Selain tiket masuk pengunjung juga bakal dikenakan biaya retribusi parkir apabila memabwa kendaraan pribadi. Tarif parkir Tebing Breksi adalah sebagai berikut :
  • Rp2.000 : parkir sepeda motor
  • Rp5.000 : parkir mobil
  • Rp15.000 : parkir mini bus / elf
  • Rp25.000 : parkir bus

Disini juga menawarkan bebeapa kegiatan seru untuk membuat momen berwisata anda di Tebing Breksi lebih berwarna. Seperti misalnya menjajal keseruan Jeep Wisata Tebing Breksi dengan biaya sebagai berikut :

  • Rp310.000 : short trip (durasi 1 jam)
  • Rp400.000 : medium trip (durasi 2 jam)
  • Rp550.000 : long trip (durasi 3 jam)

Biaya tersebut sudah termasuk dengan asuransi penumpang jeep wisata. Yang dimana untuk 1 mobil jeep, kapasitas maksimal 3 orang.

Satu lagi yang tak kalah menarik adalah adanya paket ‘Sunset Gala Dinnner’ untuk 10 orang dengan tarif 3.750K. Bagi anda yang membawa pasangan, juga tersedia paket ‘Couple Camp Gala Dinner’ dengan biaya sebesar Rp300.000 untuk 2 orang.

Dari ketentuan biaya-biaya pada wisata Tebing Breksi yang telah disebutkan diatas pastinya dapat berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas

fasilitas tebing breksi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107228514429726068327

Masuk dalam daftar wisata Sleman Jogja yang populer, Tebing Breksi telah di dukung dengan berbagai sarana penunjang. Fasilitas Tebing Breksi tergolong lengkap sekaligus memadai, yang diantaranya :

  • Tempat parkir luas
  • Pusat informasi wisata
  • Jasa pemandu wisata
  • Kamar mandi
  • Toilet umum
  • Food court
  • Wahana bermain seru
  • Area bersantai
  • Kios oleh-oleh
  • Penginapan
  • Spot foto instagenic

Memilih Tebing Breksi sebagai tujuan mengisi hari libur tak akan pernah salah. Destinasi ikonik satu ini bakal membuat pengalaman berwisata anda semakin berwarna.

Dengan salah satunya menjajal beragam hal-hal seru yang ditawarkan berupa aktivitas menarik di Tebing Breksi, seperti :

  • JEEP WISATA
  • VENUE EVENT
  • CAFFEE KOPI BREKSI
  • CAMPERFUN
  • CAMPING REGULER
  • STUDI BANDING

Spot Terbaik di Tebing Breksi

spot terbaik di tebing breksi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117670015672231159774

Tempat wisata Sleman satu ini memang terlihat sangat anti mainstream, dan ini terjadi alami lho tanpa buatan. Tebing Breksi adalah sebuah tebing batu putih bekas tempat penambang bebatuan kapur yang terbengkalai dan sudah tidak digunakan lagi.

Kawasan bekas tempat penambangan batuan alam ini pada akhirnya disulap menjadi sebuah tempat wisata instagrambale. Dibuka untuk umum sejak 2015, wisata Tebing Breksi tak pernah sepi dari kunjungan hingga saat ini.

Berkat sejumlah daya tarik alaminya, yang seolah menjadi magnet sehingga membawa banyak turis lokal maupun asing rekreasi disini. Daya tarik tersebut tentu saja berupa bangunan sisa-sisa penambang bebatuan kapur yang memiliki bentuk istimewa.

Yang bisa anda manfaatkan dengan baik untuk berfoto-foto ria dalam rangka mengabadikan momen indah liburan disini.

Tips Berkunjung

tips berkunjung tebing breksi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102589297186666950484
  • Perkirakan dengan baik waktu berkunjung anda dengan memperhatikan cuaca terkini agar lebih maksimal.
  • Tidak disarankan datang ke Tebing Breksi pada saat cuaca alam kurang mendukung, mengingat berada di alam terbuka.
  • Jika berkunjung di siang hari, tak ada salahnya mengunakan penutup kepala seperti topi atau payung karena disini cukup terik.
  • Patuhi tata tertib dan juga aturan yang berlaku untuk semua pengunjung di wisata Tebing Breksi Sleman Jogja.

Jadi itu tadi salah satu wisata Yogyakarta yang rekomended yakni Tebing Breksi dengan aneka suguhan view menariknya. Tebing Breksi Yogyakarta harus ada dalam daftar rencana jalan-jalan anda bersama yang tersayang selanjutnya.

2 COMMENTS

  1. Kalo kesini bawalah payung.. biar ga kepanasan..
    Atau dateng sore hari…
    Bawa masker juga
    Karena lokasinya agak berdebu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 15 =