Tempat menarik di Amsterdam memang sangat banyak. Maklum saja, ibukota negara kincir angin itu seakan tidak mau kalah dengan ibu kota lainnya di negara eropa. Pintu gerbang utama menuju Belanda menjadi modal utama bagi Amsterdam memberikan sajian yang istimewa.

Panorama utama dari kota ini adalah bangunan bersejarah yang seakan tidak pernah pudar dilekang oleh waktu. Bentuk dan arsitekturnya benar-benar menjadi spot instagramable. Tidak heran, jika banyak wisatawan mancanegara Indonesia, bermimpi datang ke tempat ini.

Pelajari tentang penginapan yang ada di sini pun cukup banyak. Kamu bisa memilih kamar dengan harga yang paling murah. Layanan bersih dan ramah. Hanya saja, kamu harus berhati-hati dengan teman sekamar kamu jika kamu memilih penginapan domotori.

Destinasi Menarik di Amsterdam

Kota ini dijuluki Venesia di sebelah utara. Dengan kanal-kanalnya yang menyelimuti setiap sisinya. Menurut sejarahnya, Amsterdam memiliki pelabuhan yang menjadi terpenting di seluruh dunia.

Pada abad ke 19 dan 20 kota menjadi pusat keuangan dan permata dunia. Selain itu, pada abad ke 17. Kanal-kanal yang menghiasi kawasan ini ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Satu yang harus kamu mengerti, hidup di sini harus digunakan dengan berbagai alat transportasi yang sudah disediakan. Mulai dari Bus hingga Trem. Karena, menggunakan mobil akan sangat mahal. Biaya parkirnya sendiri, jika ingin membeli bisa mencapai 1 juta lho.

Terkait, sekilas tentang kota Amsterdam. Langsung saja, kita berpergian. Mencari tempat-tempat menarik yang ada di sini. Jangan sampai terlewat salah satunya ya.

1. Saya Amsterdam

Tempat Menarik di Amsterdam yang terkini
foto: https://www.instagram.com/jacksons10000/

Apa yang menarik di Amsterdam? Pertanyaan yang pasti ada di benak setiap orang, pada saat kunjungan Amsterdam untuk kunjungan pertama.

Nah, Tulisan Saya Am Amsterdam bisa menjadi solusi pertama, sebuah situs menarik di kota ini. Tulisan ini, menjadi ikonik yang tidak boleh kamu minta.

Ada banyak wisatawan yang bilang belum ke Belanda bila belum ada foto di sini. Sayangnya, tulisan ini menunda lagi katanya akan dihilangkan lho.

Karena, dianggap mengundang banyak kerumunan orang yang diundang. Diharapkan, bagi kamu yang belum foto yang diambil, diundang untuk segera datang dan diambil gambar di sini.

Menurut data yang ada, dari tulisan ini saja, setiap hari hanya menghasilkan 6 ribu foto selfie dengan berbagai macam orang dan gerakan yang berbeda.

Kabar senang, tulisan yang dicopot hanya ada di depan saja di rijksmuseum. beberapa kawasan lain seperti bandara schiphol dan kanal.amsterdam.

2. Pasar Bunga Terapung

foto: https://www.instagram.com/leita_boucicaut/

Tempat wisata yang menarik di Amsterdam selanjutnya adalah Bloemenmarkt, yang merupakan pasar terapung bunga di dunia dan menjadi satu-satunya. Kawasan ini telah berdiri sejak tahun 1862 dan telah ditetapkan menjadi situs warisan dunia dari UNESCO.

Hal yang menarik ini adalah keberadaan bunga-bunga ini yang ada di kios-kios. Disini pula kamu juga bisa melihat berbagai macam bunga-bunga yang lengkap di seluruh dunia.

Ada juga Bunga Tulip yang menjadi ciri khas dari negeri Belanda. Tersedia dalam berbagai macam warna yang sudah siap tanam lho. Ada juga benih-benih yang bisa dijual dengan harga yang cukup murah. Benih yang kamu beli ini, juga di ekspor ke berbagai negara lho.

Kamu juga bisa lho, coba-coba untuk dibeli dan dijadikan oleh-oleh. Mereka akan memberikan pelajaran tentang cara menanam yang baik agar, bunga ini bisa hidup di Indonesia.

Tidak hanya bunga dari dalam pot saja yang bisa kamu beli. Namun, ada juga dalam bentuk buket yang benar-benar mengesankan. Tidak hanya bibirnya saja, kamu juga bisa membeli berbagai macam perlengkapan untuk keperluan.

Nah, bagi kamu yang datang saat musim natal. Maka, ada banyak pepohonan natal dengan berbagai dekorasi-dekorasi yang menarik dan lucu. Untuk biaya masuknya gratis lho, jadi kamu bisa datang dan pergi.

Menuju ke tempat ini pun sangat mudah, kamu bisa naik jalur trem melalui Dam Square, kemudian turun di Muntplein Stop atau juga koningsplein stop.

3. Museum Square

Tempat Menarik di Amsterdam yang paling cantik
foto: https://www.instagram.com/choloves_/

Tempat menarik Amsterdam Belanda selanjutnya, adalah Museum Square atau lebih senang kami mengundang sebagai museumplein atau juga alun-alun museum yang berjajar, bangunan-bangunan klasik nan menawan. Dikonstruksi pada tahun 1999, yang digunakan untuk berbagai acara seperti perayaan atau juga festival.

Menariknya, kawasan ini di bawahnya pun dibangun beberapa ruangan seperti di supermarket, ada juga kolam renang. Jika Anda datang saat musim dingin, maka kolam ini akan berubah menjadi seluncuran.

Selain menjadi alun-alun museum. Kamu juga bisa melihat ruang konser yang bisa kamu nikmati dengan berbagai macam konser. Juga konser orkestra. Bahkan, tempat ini menjadi ruang konser terbaik di dunia lho.

Tempat terbaik untuk bulan september hingga juni. Dimana saat jam makan siang jam 12.30, kamu akan mendapatkan makan siang gratis lho. Jadi, jangan sampai kamu meminta kamu.

Kunjungi juga: 24 Tempat Menarik di Australia Yang Terkini

4. Vondelpark Holland

foto: https://www.instagram.com/steffellisx/

Tempat yang menarik di Amsterdam Belanda selanjutnya adalah Vondelpark Holland yang menjadi tempat paling indah dan romantis di Belanda. Menjadi salah satu taman kota terbesar di  Amsterdam lho. Pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1865. menjadi kawasan beristirahat terfavorit di Amsterdam.

Menariknya disini adalah luas kawasannya yang hijau dengan total luasnya mencapai 116 hektar. Cukup besar bukan dengan kondisi yang sangat terawat lho.

Betapa, hebatnya negeri ini dalam merawat kawasan wisatanya agar tetap,asri dan nyaman dikunjungi. Rasanya seperti tinggal di kawasan pedesaan yang sangat sejuk.

Ada pepohonan yang menjulang tinggi, hamparan bunga-bunga yang cukup mengesankan. Jalanan yang halus dengan rerumputan yang bergoyang.

Tidak hanya disajikan bagi orang dewasa saja, melainkan juga diprioritaskan untuk anak-anak pula. Terbukti dengan adanya kolam yang besar, teater terbuka, dan kurang lebih ada enam area tempat bermain untuk anak-anak.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu nikmati disini, mulai dari menyewa sepeda, berkeliling ke seluruh kawasan hingga, menyewa skateboard sekalipun.

Selain itu, ada banyak patung-patung yang penting bisa juga kamu kunjungi. Biasanya, banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai salah satu spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan.

Bagi kamu yang masih bingun mau menginap dimana selama di Amsterdam. Kamu bisa, menginap di hotel yang ada di dalamnya. Sudah bisa kamu bayangkan bukan bagaimana, nikmatnya menginap disini.

Dimana, saat mata terbangun, kami langsung disuguhkan dengan pemandangan yang sangat mengesankan. Bahkan, bisa juga langsung berolahraga lho. Tertarik untuk mencoba mengunjunginya dan menginap di dalamnya?

Nah, diantara beberapa patung yang ada disini, ada satu yang paling terkenal yaitu, The Fish yang diciptakan oleh pablo picasso. Ada juga Mama Baranka yang didapat oleh Nelson Carilho.

5. Museum Rijks

Tempat Menarik di Amsterdam untuk keluarga
foto: https://www.instagram.com/songing.ai/

Bukan menjadi rahasia umum memang, bila Belanda didominasi dengan kawasan museum yang mengesankan. Salah satunya adalah The Rijksmuseum yang menjadi paling populer di negeri kincir angin ini.

Kawasan ini didirikan pada tahun 1809. Disini, mempunyai banyak sekali koleksi-koleksi barang tua dan antik yang mengesankan. Hanya disinilah kamu bisa menemukan semua itu dan termasuk yang paling banyak di negara ini.

Coba saja bayangkan ada kurang lebih tujuh juta karya seni yang bisa kamu lihat. Maklum saja, luas kawasan gedung ini memang sangat luas dengan 250 kamar. Dimana, ada total 5000 karya seni berupa lukisan yang bisa kamu lihat.

Oleh karena itu, siapkan benar-benar tenaga kamu agar bisa menjelajahinya. Selian hasil karya seni, tempat ini mempunyai perpustakaan dengan jumlah bukunya mencapai 3500 dan juga manuskrip. Terdapat juga berbagai macam.koleksi seni lain yang membuat kamu tercengang.

Mulai dari kerajinan tradisional, patung pada masa abad pertengahan, hingga kesenian modern pun ada. Ada hal yang menarik yang bisa kamu temui disini, yaitu koleksi dari Indonesia. Ada keris yang diberikan oleh Sultan Madura pada tahun 1835.

Harga yang harus kamu bayar untuk masuk ke kawasan ini adalah 17,5 Euro. Bila dikonversi ke dalam rupiah kurang lebih 300 ribuan. Bagi kamu yang masih dibawah 18 tahun tidak dipungut biaya lho

6. Leidse Square

foto: https://www.instagram.com/glimpse_of_a_life/

Nama lain dari kawasan ini adalah leidseplein. Konon katanya tempat ini menjadi salah satu yang harus kamu kunjungi sewaktu berada di Amsterdam. Bahkan, penduduk sekitar pun ikut datang dan berkunjung ke kawasan ini yang menjadikannya tidak akan pernah sepi oleh pengunjung.

Dalam catatan sejarah yang tertulis. Sebelum menjadi objek wisata yang mengesankan. Kamu bisa melihat tempat ini hanyalah area parkir biasa yang tidak layak untuk dikunjungi.

Area parkir ini, biasa untuk para petani yang ingin  membajak sawahnya. Biasanya, sebelum masuk ke dalam kota mereka akan meninggalkan berbagai gerobak sehingga, sangat terkenal menjadi tempat parkir.

Setelah sekian tahun lamanya, semakin banyaknya wisatawan yang datang dan pergi ke sini. leidse square ini pun berubah menjadi sebuah kawasan yang sangat ramai dan menyenangkan. Ada banyak hal yang sudah berbeda dan dikembangkan disini.

Banyak berdiri berbagai macam toko dan juga restoran yang menyajikan berbagai macam.menu makanan yang nikmatnya menggoda. Bila cuaca sangat cerah, keramaiannya akan berlanjut hingga malam.hari lho.

Bahkan, bila kamu beruntung, kamu bisa melihat musisi jalanan khas kota-kota besar yang akan memainkan nada dan lagunya. Dirasa-rasa tidak mau kalah dengan malioboro ya.

Disini, juga ada beberapa bangunan yang bisa kamu manfaatkan untuk sekedar beristirahat saja.

Datang juga ke –> Tempat Menarik di Krabi Yang Terkini

7. Dam Square

Tempat Menarik di Amsterdam untuk kanak kanak
foto: https://www.instagram.com/yunargentine/

Objek wisata selanjutnya adalah Dam Square. Kawasan ini menjadi yang paling padat dikunjungi oleh wisatawan baik sekitar Belanda. Maupun mancanegara. Alasan utama kamu harus mengunjungi kawasan ini karena, disini menghubungkan beberapa istana kerajaan.

Bangunannya masih berdiri kokoh menjulang. Diantaranya ada istana koninklijk yang dibangun pada abad ke 17. Kawasan ini menjadi bekas rumah keluarga kerajaan. Sampai saat ini masih tetap digunakan untuk acara-acara keluarga.

Tidak hanya istana kerajaan saja. Kamu juga bisa melihat bangunan megah berupa gereja baru, ada juga museum lilin madame tussauds, serta monumen nasional yang cukup mengesankan.

Di sini kamu juga bisa menemukan berbagai macam restoran, atau pedagang kaki lima yang menjual cemilan-cemilan enak dengan harga yang tidak terlalu mahal. Jangan lewatkan pula berbagai macam festival yang sering diadakan di tempat ini. Bahkan, Dam Square ini menjadi pusatnya lho

Setiap malam, kamu juga bisa melihat bagaimana para artis jalanan yang sering melakukan pertunjukan yang mengesankan. Kamu bisa pilih, musisi mana yang menampilkan penampilan nan mengesankan.

8. De Waag

foto: https://www.instagram.com/semviersen/

Kembali lagi ke sebuah bangunan yang megah dan mengesankan. Waag di bangun pada abad ke 15. Berfungsi sebagai museum, guild hall, teater anatomi, dan juga stasiun pemadam kebakaran. Pada masa awal dibangun Waag memang difungsikan sebagai gerbang kota.

Menurut sejarahnya, terlepas dari gerbang kota. Bangunan ini pun menjadi rumah timbang. Jadi, hampir semua barang yang ada wajib di timbang disini.

9. Rumah Anne Frank

tempat percutian di amsterdam
foto: https://www.instagram.com/servais_gerard/

Dari sekian banyak museum, Rumah Anne Frank menjadi sajian yang cukup menegangkan. Kawasan ini adalah rumah Anne yang digunakan sebagai tempat persembunyian pada saat perang dunia ke 2 terjadi.

Keluarga Anne sendiri merupakan orang yahudi yang memilih frankfurt sebagai tempat persembunyiannya. Kemudian, beliau menulis tentang apa yang dialaminya selama perang di persembunyian. Semua kisah yang tertuang dalam sebuah buku tersebut laris manis di pasaran bahkan tingkat Internasional.

Kesedihan dari Anne adalah setelah dua bulan Anne sendiri meninggal dunia. Sementara, beberapa tahun berselang, bukunya baru dijual ke pasaran. Tidak banyak yang dirubah oleh dari rumahnya ini.

Tetapi, di sebelah museum kamu bisa melihat tugu pengingat yang sengaja di bangun untuk mengingatkan tentang kejadian tragis tersebut. Untuk bisa menikmatinya kamu harus membayar 10,5 Euro untuk dewasa.

Bagi, remaja akan ditarik 5,5 Euro. Sementara, bagi anak-anak harus akan dikenakan 0,5 Euro. Tertarik ingin masuk ke dalamnya, melihat betapa tragisnya Anne pada masa perang dunia ke 2?

Lihat juga –> Tempat Menarik di Jepun Yang Terkini

10. Kincir Angin De Gooyer

foto: https://www.instagram.com/aiseeun/

Sebutan negeri kincir angin memang tidak masalah bila disematkan kepada Belanda. lantaran, ada 8 kincir angin kuno yang sampai saat ini masih berdiri megah. Salah satunya adalah De Gooyer.

Dilihat dari sisi sejarahnya, bangunan ini di bangun pada tahun 1725. Kemudian, 90 tahun kemudian, De Gooyer Windmill dipindahkan ke tempat yang sekarang. Dahulu, kincir angin ini  pun difungsikan sebagai tepung dan jagung dan terakhir digunakan pada abad ke 20.

Ikon kota dan negara ini berbeda dengan ikon lainnya seperti menara eiffel yang kamu bisa masuk. Disini, kamu hanya bisa melihatnya dari luar saja. Mengambil gambarnya dan jadikan background yang mengesankan.

Banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan ini. Tidak hanya untuk melihat kincir angin yang fenomenal. Tetapi, melihat proses pembuatan bir paling terkenal di Belanda. Karena, tidak jauh dari tempat ini ada sebuah perusahaan bir yang berdiri. Bisa juga mengikuti tur yang disediakan selama 30 menit. Harga tiket yang harus dibayarkan 4,5 Euro.

Bagi jamu yang ingin mengunjungi objek wisata ini. Kamu bisa memulainya dari Centraal station, naik bus nomor 22 kemudian, turun di Oostenburgergrachtstop. Bisa juga naik trem atau menggunakan transportasi lain berupa perahu dan sepeda.

11. Menikmati Stroop Waffles

tempat pelancongan di amsterdam
foto: https://www.instagram.com/amsterdamfancyfood/

Ada yang kurang rasanya bila ke negeri kincir angin tidak menikmati sajian khas. Salah satunya adalah Stroopwafels yang menjadi kuliner khas negeri ini. Ada dua lapisan wafel yang berbentuk bundar.

Menggunakan karamel dan rasanya cukup kenyal. Biasanya, makanan ini akan disajikan dengan secangkir kopi hangat. Paling cocok digunakan sebagai menu sarapan pagi yang sangat nikmat.

Dari sejarahnya, menu makanan ini berasal dari Gouda pada abad ke 18 dan juga 19. Nah, bagi kamu yang ingin menikmatinya, kamu, bisa berkunjung langsung ke toko kue yang tersebar di Amsterdam.

Ada juga kreasi stroopwafels dengan menggunakan es krim atau juga berbagai macam rasa sesuai dengan kreasi penjual. Jangan sampai lupa membelinya ya. Karena cocok pula digunakan sebagai camilan sehat.

12. Museum Van Gogh

foto: https://www.instagram.com/bsalgador/

Kalau dilihat dari luar, kamu bisa melihat bangunan yang sangat menarik dan mengesankan. Dengan kaca dan belahannya yang tampak mewah dan elegan. Museum Van Gogh ini memang menjadi serbuan lain wisatawan untuk berlibur selama di Amsterdam.

Kawasan ini dibuka pada tahun 1972. Mempunyai banyak karya seni berupa lukisan yang memang mengesankan. Rumah bagi artefak Van Gogh yang paling besar di seluruh dunia.

Kebanyakan, karya seni yang kamu lihat bisa merupakan sumbangan dari keluarganya. Ada kurang lebih 500 lukisan yang bisa kamu lihat. Setiap karyanya memang menunjukkan tangan kelas dunia. Ada juga kurang lebih 700 surat yang pernah ditulis dari teman dan keluarga

Disini, kamu bisa melihat dua periode yang memang sengaja dibedakan. Mulai tahun 1880 hingga 1887 kemudian di periode kedua mulai dari 1887 sampai 1890. Diantara semua karya yang bisa kamu nikmati disini, ada yang paling terkenal adalah yaitu, sebuah lukisan vas beserta bunga matahari.

Kamu bisa membawa kamera dan mengambil beberapa gambar yang bisa dikatakan instagramable. Jadi, jangan lewatkan setiap sudutnya ya.

13. Begijnhof

foto: https://www.instagram.com/my_silent__life/

Kawasan ini memang dikenal memiliki panorama kota tua yang begitu kental. Walaupun, tidak ada catatan sejarah yang tertulis secara pasti. Beginjnhof dibangub pada abad ke 14. Dibangun khusus untuk rumah persaudaraan wanita beragama katolik.

Bangunan rumah yang bisa kamu lihat ini merupakan tempat tinggal milik para perempuan tersebut. Dalam kawasan ini ada The Houten Huis atau sebuah rumah kayu yang bisa kamu nikmati.

Dibangun pada tahun 1528. Menariknya, rumah kayu ini menjadi dua yang tersisa di antara semua rumah kayu yang ada. Sejak dahulu bangunan di kawasan memang terbuat dari kayu yang kemudian dialihkan menggunakan batu bata. Agar tidak kebakaran.

Terkesan dengan kawasan ini, kamu wajib berkunjung ya.  Apalagi, dengan bangunan rumahnya yang benar-benar membuatmu terperanga. Dan enggan untuk pergi atau beranjak sedikit pun dari sini.

Baca juga –> Tempat Menarik di Hongkong Yang Terkini

14. Kanal Amsterdam

tempat wisata di amsterdam waktu malam
foto: https://www.instagram.com/kryptonitesandy/

Objek wisata yang wajib kamu kunjungi selanjutnya di Belanda adalah Kanal Amsterdam. Maklum saja, negeri ini sebenarnya hampir sama seperti Jakarta atau Semarang. Dimana, daratannya lebih rendah dibandingkan dengan air lautnya.

Oleh karena itu, sarana transportasi air menjadi yang paling utama. Sudah dibangun sejak abad ke 17. Nah, dari kanal-kanal inilah Belanda bisa mencapai masa keemasannya dengan menggunakan alat transportasi ini.

Sehingga, ada kurang lebih 17 tempat di Amsterdam yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Diantara semua kanal tersebut, keizersgracht adalah yang paling sering dikunjungi. Kamu bisa berkeliling dengan menggunakan perahu. Saat malam hari tempat ini akan tampak romantis dengan lampu-lampunya yang cukup mengesankan.

Ada juga prinsengracht yang menjadi terpanjang di Amsterdam. Kamu bisa melihat pemandangan berupa rumah-rumah yang konon dibangun pada masa keemasan Belanda. Oleh karena itu, sebutannya adalah prinseng atau yang disebut dengan Pangeran Orange.

Terakhir yang harus kamu kunjungi adalah Zwanenburg Hal yang menjadi paling indah di Belanda. Rasakan pengalaman naik perahu diatas air di tengah kota yang begitu mengesankan mata. Jangan lupa untuk bawa kamera jahat kamu yang paling bagus, agar setiap momennya bisa kamu abadikan di tempat ini.

15. Scheepvaartmuseum

foto: https://www.instagram.com/manuelx46x/

Diantara semua museum yang ada di Belanda. Scheepvaartmuseum menjadi yang paling banyak dikunjungi. Dan menempati urutan ke 11,  konon kurang lebih 350 ribuan. Nah, di tempat ini sendiri di gunakan sebagai sebuah museum kelautan.

Banyak sekali artefak yang berhubungan dengan pengiriman dan juga pelayaran. Ada banyak sekali peta dunia, senjata, dan juga lukisan-lukisan yang menggambarkan bagaimana kelautan Belanda dari masa ke masa.

Kalau Dilihat dari sejarahnya, kawasan ini sendiri adalah bekas gudang senjata laut. Dari arsitekturnya pun dirancang oleh seorang Arsitek Belanda yang sempat dibangun pada tahun 1656 yang kemudian dipindahkan sejak. Mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2007 hingga 2011. Kemudian dibuka kembali pada 2 oktober 2011.

Di depan kawasan ini kamu bisa melihat sebuah replika Amsterdam. Dengan sebuah kapal besar yang pernah melakukan pelayaran. Dari Belanda hingga Hindia Timur. Replika ini dibangun pada tahun 1985 – 1990.

Begitu mengesankannya tempat ini membuat kamu tidak boleh untuk melewatkannya sedikit pun. Jangan lupa pula bawa kamera jahatmu, karena kawasan instagramablenya sayang untuk dilewatkan begitu saja.

16. Museum Het Rembrandthuis

destinasi wisata di amsterdam
foto: https://www.instagram.com/museumhetrembrandthuis/

Perjalanan terkhir di Amsterdam bisa kamu akhiri di museum het rambrandthuis. Dimana, tempat ini bisa kamu jadikan perjalanan yang akan melengkapi penjelajahanmu selama di Amsterdam.

Museum ini adalah sebuah rumah yang dibangun pada tahun 1606 dan ditinggali oleh seorang pelukis ternama. Pada tahun 1906, ada sebuah yayasan yang membeli rumah tersebut dan digunakan sebagai sebuah museum.

Kemudian pada tanggal 1911, kawasan ini pun mulai dibuka untuk umum. Ada banyak benda-benda yang digunakan oleh Rembrandt dalam melukis yang bisa kamu lihat disini.

Bagi kamu yang ingin menikmati Kawasan ini. Kamu bisa menuju ke Dam Square terlebih dahulu. Jalanlah kurang lebih 15 menit saja. Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum menggunakan bus atau juga trem.

Review Sebelumnya –> Tempat Menarik di Kundasang Ranau Yang Terkini

Tidak hanya menarik saja, amsterdam juga menjadi kota paling cantik nan romantis yang ada di eropa. Jadi, kamu harus mengunjungi tempat ini. Apalagi, menuju ke kota ini juga tidak terlalu mahal dengan banyaknya promo yang diadakan oleh beberapa maskapai.

Tempat menarik di Amsterdam memang cukup banyak dan begitu mengesankan. Satu hal yang harus selalu kamu bawa adalah kamera tempur yang akan mengabadikan setiap perjalananmu. Melewatkan satu saja, tempat tersebut teramat disayangkan. Jadi, persiapkan dirimu untuk sebuah perjalanan yang menyenangkan di Belanda.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here