Pura Uluwatu – Pergi ke Bali adalah sebuah kewajiban menikmati berbagai macam objek wisata yang coba ditawarkan. Ada beberapa pesona yang wajib untuk anda nikmati selain pantai, Bali juga mempunyai danau-danau yang esoktis, Gunung nan megah, dan tidak ketinggalan adalah Pura yang esoktis.

Tidak hanya Pura Besakih saja yang bisa anda kunjungi dan nikmati pesonanya. Melainkan, masih ada Pura Uluwatu yang keindahannya tidak kalah.

Pura ini menjadi salah satu kawasan yang selalu dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Pesona yang tidak akan bisa anda lupakan bila sampai di objek wisata ini adalah pemandangan lautnya yang benar-benar indah. Seakan tidak ada kata tepat yang bisa menggambarkannya. Selain itu, anda juga bisa menikmati pemandangan tebing-tebing nan mengesankan.

Tinggi di tebing ini kurang lebih 97 meter. keindahan lain yang bisa anda nikmati adalah hutan yang luas dan hijau bernama alas kekeran yang menjadi peyangga Pura Uluwatu. Menurut warga sekitar Pura ini sebagai peyangga 9 mata angin atau yang juga dikenal dengan Pura Sad Kayangan.

Dahulu, sebelum di kenal oleh wisatawan wisata Pura Uluwatu ini merupakan tempat pemujaan Empu Kuturan. Selanjutnya, dilanjutkan oleh Dang Hyang Nirartha. Pada akhirnya beliau pun moksha atau ngeluhur disini.

Sehingga, kawasan ini diberi nama Pura Luhur Uluwatu. Jika dalam bahasa sansekerta, nama ini bisa diartikan sebagai Puncak batu karang karena, letaknya berada di atas puncak batu karang.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk Pura Uluwatu
foto: https://www.instagram.com/novemlawalata/

Untuk bisa menikmati objek wisata ini, harga tiket masuk Pura Uluwatu akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah bagi anda wisatawan nusantara dewasa dan 10 ribu rupiah bagi anak-anak.

Sementara itu, Bagi wisatawan mancanegara akan dikenakan harga 30 ribu rupiah bagi dewasa dan 20 ribu rupiah bagi anak-anak.

Selain itu, anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah bagi anda yang membawa mobil. Sementara bagi anda yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah.

Datang juga ke –> Telaga Waja Bali.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat Pura Uluwatu
foto: https://www.instagram.com/m_de2n_purnama/

Alamat Pura Uluwatu terletak di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini. Anda bisa memulainya dari Bandara Ngurah Rai dengan jarak kurang lebih 22 km dan estimasi waktu 31 menit.

Rute menuju Pura Uluwatu bila anda memulainya dari Bandara Ngurah Rai adalah  masuk ke jalan By Pass Ngurah Rai kemudian, masuk ke jalan Raya Uluwatu hingga anda akan masuk ke jalan raya suluban. Di pecatu. Ikuti saja jalan yang ada maka anda akan tiba di objek wisata ini.

Bagi anda yang memulai perjalanan dari terminal mengwi bali. Maka, anda akan menempuh jarak sejauh 44 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 5 menit. jalan menuju Pura Uluwatu yang harus ditempuh adalah jalan raya Denpasar – Gilimanuk ke,  Jl. Raya Sempidi.

Selanjutnya, arahkan kendaraan anda menuju ke imam bonjol hingga ke jalan raya uluwatu yang berada di pecatu. Ikuti saja jalan ini dan anda akan tiba di titik lokasi ini.

Kunjungi juga –> Tanjung Benoa Bali.

Pertunjukan Tari Kecak

wisata Pura Uluwatu
foto: https://www.instagram.com/don_paladino/

Salah satu pesona dari Pura Luhur Uluwatu dalam pertunjukan Tari Kecak yang menjadi pertunjukan tari terbaik di Bali.

Tari Tradisional ini memang terlihat mengesankan dan menjadi ikon wisata Bali. Nah, pertunjukkan ini akan dimulai dari pukul 6 petang hingga 7 malam.

Untuk bisa menikmati pertunjukkan ini, anda harus membayar tiketnya seharga 100 ribu rupiah. Pertunjukkan tari kecak uluwatu ini menjadi pertunjukkan paling spektakuler di Pulau Dewata. Oleh karena itu, anda yang penasaran dengan pertunjukkannya harus datang kurang lebih pukul 2 siang.

Biasanya loket tari kecak ini akan buka pada pukul 4 sore. Tetapi, bila anda datang pada pukul 3 sore antrian akan sangat panjang.

Anda pun jadi tidak bisa memilih tempat paling pas untuk menikmati pertunjukan yang tidak akan pernah sepi setiap harinya.

Menariknya lagi pertunjukkan ini anda akan di dibuat berjajar membentuk setengah lingkaran. Pertunjukkan ini hanya akan libur pada saat hari raya nyepi.

Nah, bagi anda juga harus berhati-hati karena, tempat ini banyak sekali kera-kera nakal yang siap mengambil makanan kalian. Jadi, disarankan jangan membawa apa pun bila datang ke tempat ini.

Lihat juga –> pantai Jimabaran Bali.

Spot Sunset dan Surfing Paling Indah

wisata Pura Uluwatu
foto: https://www.instagram.com/ans_lutfin/

Lokasi wisata Pura Uluwatu memang terlihat sangat esoktis. Di tengah pertunjukkan tari kecak yang terlihat membahana dan menarik itu.

Anda akan menyaksikan pertunjukan lain yaitu matahari terbenam. Sungguh, senja akan memberikan pengalaman yang berbeda yang sulit sekali untuk terlupakan.

Sajian tarik kecak seakan membius kita masuk kedalam pesona yang sangat magis. Membuat fokus kita tidak berpindah sedikit pun ke tarian.

Jangan lupa anda harus siapkan kamera terbaik yang pernah anda punya. Karena, semua pemandangan ini sangat sayang bila harus terlewatkan begitu saja tanpa harus diabadikan melalui foto dan gambar.

Nah, selain tempat sunset yang sangat cantik. Anda juga bisa melihat beberapa wisatawan bermain surfing. Tidak jauh dari pura ada sebuah pantai bernama suluban yang bisa anda nikmati dengan ombak-ombak yang besar.

Sehingga, siapa pun akan tertantang untuk menaklukkannya. Terkadang di pantai Suluban ini akan diadakan kejuaraan Surfing tingkat internasional.

Review Sebelumnya –> Tampak Siring Bali.

Penginapan Sekitar Pura Uluwatu

wisata Pura Uluwatu
foto: https://www.instagram.com/theelementum/

Setelah puas menikmati berbagai macam pesona di Pura luhur uluwatu ini. waktunya untuk beristirahat dari lelahnya hari karena, esok hari masih ada tempat lain yang harus anda jelajahi.

Oleh karena itu, kita harus mencari penginapan yang mumpuni. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa anda jadikan pertimbangan.

1. Jacko House Uluwatu

Rekomendasi pertama yang bisa anda jadikan pertimbangan adalah Jacko House Uluwatu. Dimana, penginapan ini mempunyai berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, area parkir, dan wifi yang super kencang.

Penginapan ini terletak di Jalan Pantai suluban, Gg Arya 3 No 3, Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali 80364.

Jarak dari Pura Luhur Uluwatu kurang lebih 1,2 km atau membutuhkan waktu hanya 2 menit saja. Harga per malam per kamarnya mulai dari 250 ribu rupiah. Pelayanannya cukup ramah dan kondisi sangat bersih.

2. Cempaka Café homestay

Jarak penginapan ini menuju ke Pura Luhur uluwatu kurang lebih 4,2 km atau membutuhkan waktu 8 menit. Terletak di Jalan Labuat sait no. 9,  Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Harga per malam per kamarnya muali dari  300 ribuan.

Pelayanannya cukup ramah dengan restaurant yang menyediakan berbagai macam menu pilihan. Seperti, masakan bali dan masakan western yang cita rasanya tidak akan pernah anda lupakan sedikit pun. dari segi harga pun juga tidak akan menguras kantong anda.

Kunjungi juga –> daftar 25 objek wisata Bali yang paling rekomended.

Pura Luhur Uluwatu adalah keindahan yang paling sempurna untuk menikmati salah satu sisi Bali. Bagi anda yang belum pernah kesini wajib hukumnya untuk mengunjungi objek wisata ini. Apalagi, pertunjukan tari kecaknya yang benar-benar mengesankan. Jadi, jangan sampai anda melewatkan semua pesona yang ada disini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here