Savana Bekol merupakan salah satu destinasi wisata anti mainstream di Situbondo Jawa Timur dengan sejumlah pesona alamnya. Wisata alam Situbondo satu ini menyajikan pemandangan sebuah hamparan luas sabana yang jika diamati dengan seksama seperti di Afrika.

Banyak orang menyebut kalo Savana Bekol Situbondo ini adalah Africa Van Java karena memiliki panorama yang sekilas mirip. Panorama yang ada di Savana Bekol Baluran menyuguhkan keindahan dan bikin mata siapapun terkesima.

Berada di area wisata Baluran, tempat ini mudah anda jumpai tanpa harus bersusah payah mencapainya. Sebelum anda memutuskan untuk liburan disini, yuk simak dulu ulasan menarik perihal Savana Bekol Jawa Timur.

Daya Tarik Savana Bekol

daya tarik savana bekol
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106844330048452953771

Negara kita Indonesia memang dikenal sebagai salah satu daerah di Dunia yang menyimpan banyak sekali destinasi menakjubkan. Dan di Jawa Timur sendiri ada kota yang terkenal berkat banyaknya daya tarik wisata mempesona dengan jumlah cukup banyak.

Yaitu Situbondo, kota mengagumkan di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali tempat wisata hits untuk dijelajahi. Situbondo dikenal berkat pantainya yang jumlah cukup banyak, tidak hanya satu ataupun dua saja.

Namun tak cuma pantai yang membuat Situbondo di kunjungi oleh banyak pelancong dari berbagai daerah. Seperti halnya yang akan kita bahas kali ini, yakni Savana Bekol.

Wisata Savana Bekol Situbondo merupakan sebuah wisata berbasis alam dengan suguhan pemandangan menakjubkan. Disini anda bisa merasakan seperti sedang berada di Afrika lho, ga percaya?

Harga Tiket Masuk Savana Bekol

harga tiket masuk savana bekol
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100416192037988528253

Untuk bisa berlibur kesini, maka anda harus mencari Taman Nasional Baluran terlebih dahulu. Karena tempat ini berada di dalam area wisata Taman Nasional Baluran Situbondo yang menarik minat banyak wisatawan.

Anda tak perlu khawatir soal biaya, sebab indahnya padang savana disini bisa anda nikmati tanpa keluar banyak uang. Harga tiket masuk Savana Bekol sebesar Rp18.500 yang bisa anda bayarkan pada pintu masuk wisata Baluran.

Tarif tersebut berlaku untuk pengunjung domestik atau wisatawan lokal. Sedangkan untuk turis mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp160.000 per orangnya.

Ketentuan biaya tiket masuk tersebut bisa kapan saja mengalami perubahan, mengikuti aturan dari pengelola wisata setempat. Namun satu hal yang pasti, mengisi waktu libur anda disini tak akan membuat kantong jebol.

Sedangkan untuk jam operasional wisata Savana Bekol Baluran yakni pukul 07.30 hingga 16.00 wib. Perkirakan dengan baik waktu berlibur anda disini agar semunya terasa lebih maksimal.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat savana bekol
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101911339799723421751

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa lokasi Savana Bekol berada di kawasan wisata Taman Nasional Baluran. Yang dimana taman tersebut merupakan wisata Situbondo paling hits dan selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Alamat Savana Bekol terletak di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Keberadaan wisata alam berupa sabana ini bila dijangkau dari alun-alun Situbondo kurang lebih sejauh 71 km.

Waktu untuk perjalanan yang dibutuhkan sekitar 1 jam lebih 45 menit apabila lancar dan tidak macet. Akses jalannya tentu sudah sangat baik, dan mudah dilintasi beragam kendaraan.

Terpasang berbagai plang petunjuk yang akan mengarahkan anda langsung untuk lokasi. Akan tetapi jika anda bingung, bisa dengan menggunakan petunjuk akurat melalui maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Taman Nasional Baluran destnasi paling hits di Situbondo Jawa Timur.

Fasilitas

fasilitas savana bekol
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113690215229766367960

Dukungan sarana prasarana yang memadai menjadi salah satu hal yang membuat banyak wisatawan merasa nyaman saat disini. Berikut ini fasilitas Savana Bekol di Baluran yang meliputi :

  • Area parkir luas memadai
  • Pusat informasi
  • Tempat duduk wisata
  • Camping ground
  • Kios pedagang
  • Spot foto instagenic
  • Dan lain sebagainya

Nikmati serunya mengisi hari libur denga jelajah indahnya alam Savana Bekol seperti yang ada di Afrika. Karena panorama alamnya yang mirip, pada akhirnya destinasi wisata Situbondo satu ini dijuluki sebagai Africa Van Java.

Ketika musim kemarau datang, rumput yang mengering di area savananya membuat pemandangan semakin eksotis. Savana Bekol yang terletak di kawasan Taman Nasional Baluran juga merupakan rumah bagi beberapa satwa cantik.

Seperti burung merak hijau yang mudah anda jumpai kala menginjakan kaki disini. Lihat lebih dekat salah satu mahakarya Sang Pencipta yakni Burung Merak Hijau yang mempesona.

Kunjungi juga –> Pantai Tangsi daya tarik wisata bahari memikat.

Spot Terbaik di Savana Bekol

spot terbaik di Savana Bekol
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114484705316255358030

Destinasi wisata di Situbondo satu ini semakin mengagumkan berkat hadirnya gunung Baluran sebagai latar belakang. Saat hari cerah, maka gunung ini terlihat begitu jelas, gagah berdiri dan akan membuat siapapun merasa takjub.

Pemandangan sabana di Savana Bekol Baluran pada saat musim hujan juga ga kalah bagusnya lho. Hijaunya pepohonan dan rerumputan di areanya bikin kita jadi lebih adem.

Rasanya nyaman pun begitu mendominasi dan anda akan betah meski harus berlama-lama disini. Pohon yang teduh nan hijau tersebut seolah menjadi penyeimbang cuaca yang lumayan terik di Savana Bekol Jawa Timur.

Selama berada disini anda wajib yang namanya berfoto ria dalam rangka merekam setiap keseruan. Swafoto janga sampai dilewatkan, karena liburan akan kurang lengkap tanpa adanya aktivitas fotografi.

Dapatkan gambar yang estetik pada spot terbaik di Savana Bekol dengan ke eksotisan tiada batas. Melalui selfie, groufie (foto bersama-sama) dan merekam video dengan memanfaatkan background alam memikat yang menarik perhatian anda.

Review sebelumnya –> Waduk Bajulmati dengan suguhan panorama alam luar biasa dan tiada duanya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung savana bekol
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113690215229766367960

Dalam rencana untuk menghabiskan hari libur, siapa tau tips berkunjung berikut ini bisa menambah referensi anda. Atau paling tidak informasi seputar wisata alam Savana Bekol Taman Nasional Baluran bisa bertambah.

  • Atur dengan baik waktu anda saat ingin explore indahnya alam Savana Bekol di Situbondo Jawa Timur.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling diminati oleh para pengunjung untuk liburan disini.
  • Apabila anda khawatir terkena terik dan panasnya matahari maka jangan datang saat siang hari.
  • Wajib berkunjung kesini ketika hari cerah, tidak sedang mendung apalagi turun hujan lebat.
  • Anda bisa membawa payung, topi atau penutup kepala lainnya untuk kebutuhan selama berkeliling Savana Bekol.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan Taman Nasional Baluran yang dikelola dengan sangat baik.
  • Tidak merusak alam dan juga jangan ganggu kehidupan satwa-satwa yang ada di sekitar Savana Bekol.
  • Tetap waspada dan berhati-hati selama berwisata bersama orang-orang tercinta agar tercipta momen yang bahagia.
  • Pahami dan simak terlebih dahulu aturan beserta tata tertib pengunjung Savana Bekol demi kebaikan bersama.

Itulah tadi destinasi wisata alam Situbondo yang menyimpan segudang daya tarik pemandangan menarik untuk anda nikmati. Sekian ulasan singkat perihal Savana Bekol di Taman Nasional Baluran yang rekomended untuk tujuan anda bersenang-senang selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 2 =