Rumah Atsiri Indonesia adalah Kompleks edu rekreasi dengan fasilitas MICE yang berlokasi di Plumbon, tawangmangu.

Merupakan hasil restorasi dari bekas pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria tahun 1963 yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata.

Banyak sekali aktivitas menarik yang di tawarkan di RUMAH ATSIRI antara lain tour Aromatic Garden melihat koleksi puluhan jenis tanaman atsiri. Jelajah musium essential oil, menikmati sajian restoran dengan cita rasa khas atsiri dan aneka workshop yang akan menghidupkan jiwa scientist kita.

Dengan luas 23.660 meter persegi, Rumah Atsiri Indonesia merujuk pada konsep wisata edukasi alam.

Yang mengambil esensi lokasi terdahulu yakni sebagai Pabrik Parfum, dimana saat ini di kembangkan menjadi lokasi wisata yang mengeksplorasi esensial oil.

Essential oil ini ini dihasilkan dari koleksi tumbuh-tumbuhan yang diberdayakan di taman Rumah Atsiri Indonesia.

Rumah Atsiri Indonesia terdiri dari Aromatic Garden, Museum Rumah Atsiri, Kids Lab, Restaurant, Merchandise Shop, Rumah Atsiri Essence dan Dilengkapi Fasilitas Mice.

Lokasi Rumah Atsiri Indonesia sangat mudah di jangkau hanya dengan mengetik Rumah Atsiri Indonesia di aplikasi Google Map anda.

Di Aromatic Garden/ Taman Koleksi Rumah Atsiri Indonesia, pengunjung bisa menikmati pemandangan taman bunga yang indah dan berwarna-warni serta dapat melihat lebih dari 80 jenis tanaman penghasil minyak atsiri dari Indonesia dan mancanegara yang masing-masing tanamannya memiliki cerita,aroma dan karakteristiknya masing-masing.

Di Aromatic Garden Rumah Atsiri Indonesia pengunjung dapat mencium atau mencicipi beberapa tanaman dengan izin pemandu taman, pemandu taman akan membantu pengunjung untuk memilih ranting,daun, atau kelopak bunga mana yang bisa di petik. Di Aromatic Garden pengunjung juga dapat melihat Rumah Kaca yang sangat cantik dan sayang jika di lewatkan.

Jika ke Rumah Atsiri Indonesia jangan lupa singgah ke RUMAH ATSIRI MUSEUM, museum yang baru saja di buka untuk umum ini menawarkan cerita sejarah minyak atsiri yang dapat di runut hingga 2.000 SM.

lokasi-rumah-atsiri

Di RUMAH ATSIRI MUSEUM pengunjung dapat melihat cerita perjalanan minyak atsiri sejak pertama kali di temukan dan penyebarannya keseluruh dunia, terutama Indonesia.

Rumah Atsiri Indonesia juga memiliki berbagai macam kelas yang dapat pengunjung ikuti. Workshop Rumah Atsiri Indonesia meliputi eksperimen dan aktivitas untuk anak dan dewasa, memiliki kelas yang beragam mulai dari membuat bath bomb dan lilin aromatic hingga membuat minyak aroma sendiri.

Sebelum bertolak pulang dari Rumah Atsiri Indonesia luangkan waktu untuk mengunjungi Rumah Atsiri Merchandise, disini tersedia berbagai souvenir khas Rumah Atsiri Indonesia untuk mengenang kunjungan anda atau untuk memberikan hadiah bagi orang terdekat anda.

Adapula beragam pilihan minyak atsiri dan produk turunannya seperti Essential Oil dan Aromatic Oil dapat anda temukan di Rumah Atsiri Essence.

Pengunjung cukup membeli voucher senilai 50.000, dimana voucher tersebut dapat pengunjung gunakan untuk masuk kedalam Aromatic Garden dan Museum Rumah Atsiri.

Harga tiket masuk Rumah Atisiri Indonesia terebut, ketika tulisan ini dimuat. Dan seperti tempat rekreasi kebanyakan, nominal tiket masuk bisa berubah kapan saja.

“Rumah Atsiri Indonesia akan menjadi salah satu dari banyaknya lokasi wisata di Tawangmangu, namun memiliki konsep yang berbeda dari yang lainnya.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi rumah atsiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116968836537139178074

Lokasi Rumah Atsiri Indoensia berada di kawasan yang cukup strategis dan terbilang mudah untuk menjangkaunya. Meski anda sebelumnya tidak pernah datang kesini, dijamin akan tak akan kesulitan selama dalam perjalanan.

Alamat Rumah Atsiri Indonesia terletak di Jl. Watusambang, Kelurahan Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan wisata edukasi Karanganyar hits ini tak terlalu dekat dari pusat kota Karanganyar.

Jika anda menempuh perjalanan dari Alun-Alun Karanganyar maka jarak yang harus dilalui kurang lebih sejauh 23,4 km. Dan membutuhkan waktu perjalanan selama 34 menit melalui jalur darat.

Letak dari Rumah Atsiri juga cukup dekat dari kawasan komplek Astana Giribangun. Yang dimana jaraknya hanya 3,9 km dengan waktu perjalanan selama kurang lebih 9 menit.

Jadi bagi anda yang mungkin tengah berziarah ke Astana Giribangun, luangkan waktu sejenak untuk eksplorasi Rumah Atsiri. Selain karena tidak jauh, lokasinya pun bisa anda akses melalui petunjuk akurat maps dibawah ini.

Jam Buka

jam buka rumah atsiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111754464196684386172

Rencanakan liburan anda ke Rumah Atsiri pada saat musim liburan telah tiba bersama orang-orang terdekat. Anda bisa mengajak sahabat, teman, pasangan dan juga buah hati tercinta.

Namun sebelum datang kesini, ada baiknya anda mengetahui jam operasional wisata yang berlaku. Untuk jam buka Rumah Atsiri sendiri adalah pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Mengingat banyaknya hal-hal menarik di Rumah Atsiri yang bisa dijajal, maka datanglah kesini lebih awal. Tidak disarankan datang pada saat mendekati jam tutupnya.

Dan bagi anda yang ingin suasana lebih santai, tidak ramai pengunjung, anda bisa berlibur disini diluar hari libur. Karena dalam beberapa kesempatan, pada saat musim liburan area Rumah Atsiri tergolong padat akan wisatawan.

Fasilitas

fasilitas rumah atisiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113914505715985307864

Soal fasilitas, tentu tak perlu diragukan lagi, sebab disini pengunjung bakal dibuat nyaman. Berkat dukungan sarana prasarana yanng cukup memadai guna menunjang berbagai aktivitas.

Berikut fasilitas Rumah Atsiri Indonesia yang meliputi :

  • Laboratorium
  • Tempat parkir
  • Pemandu wisata
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Area bersantai
  • Toko souvenir
  • Restoran
  • Spot foto menarik

Apabila anda ingin mencari sesuatu yang berbeda dalam rangka pergi ke tempat wisata, Rumah Atsiri bisa menjadi solusinya. Jika pada umumnya, liburan identik dengan pantai ataupun gunung, maka cobalah explore Rumah Atsiri.

Disin anda akan diajak untuk melihat proses pembuatan atau membuat sendiri minyak astiri. Sekaligus ada sebuah museum yang menyimpan berbagai benda antik dan dapat anda telusuri setiap sudutnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung rumah atsiri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104166681771056449138

Beberapa tips berkunjung dibawah bisa sebagai tambahan referensi dan juga informas anda kala akan menjelajahi beragam keseruan di Rumah Atsiri.

  • Perkirakan dengan baik waktu berkunjung anda, agar semuanya dapat berjalan sesuai keinginan
  • Direkomendasikan datang ke Rumah Atsiri pada saat musim cerah, agar bisa mendapatkan view yang lebih menarik.
  • Momen liburan di Rumah Atsiri Indonesia akan lebih berwarna jika dilakukan beramai-ramai dan tidak seorang diri.
  • Supaya berlangsung dengan menyenangkan, anda harus mengikuti tata tertib yang diarahkan oleh pemandu wisata.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan alam yang indah dan asri di area Rumah Atsiri Indonesia.
  • Jangan lupa untuk mengabadikan semua momen seru kali ini dengan berswafoto pada spot-spot terbaik Rumah Atsiri.
  • Dilarang keras mengambil apalagi merusak benda-benda yang tidak diperuntukkan untuk dimiliki di Rumah Atsiri.

Jadi itu Rumah Atsiri yang merupakan wisata Karanganyar berbasis edukasi dengan beragam hal-hal menarik didalamnya. Segera masuk Rumah Atsiri Karanganyar ke dalam rencana perjalanan liburan anda bersama orang-orang tercinta.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × three =