Wisata kuliner Bandung tak kalah enaknya dengan wisata kuliner di kota lain. Terlebih kota Sangkuriang ini memiliki banyak kuliner khas selain mochi dan peuyeum.

Bagi kalian para pelancong yang doyan makan, bisa mencoba hunting kuliner di kota peuyeum ini.

Yuk simak 10 daftar kuliner Bandung di bawah ini.

Wisata Kuliner Bandung

1. Wisata Raja Rasa

Resto yang beralamat di Jalan Setra Ria ini menawarkan pilihan menu yang beragam. Terutama makanan khas sunda dan seafood. Tapi, ada satu keunikan dari resto ini, yakni menggunakan bumbu Bali untuk tiap masakannya.

kuliner bandung malam hari
Source : foodstime. wordpress. com

Kalian makan di Sunda, tapi bumbunya khas Bali? Heum, so exciting!

2. Wisata Bumbu Desa

Resto ini menawarkan menu tradisional khas Sunda yang bisa kalian nikmati dengan khidmat. Merebaknya menu Western, membuat menu tradisional sedikit tersisihkan.

So, bagi kalian pencinta makanan desa dan bingung mencarinya di mana, bisa berkunjung ke sini.

daftar kuliner bandung
Source : www. pegipegi. com

Untuk menu yang jadi incaran utama adalah ikan gurami bercobek dan sayur asem.

Tak lupa olahan daging ayan dan ikan yang turut diincar. Heum, jelas sekali jika tempat ini termasuk salah satu tempat makan enak di Bandung.

3. Wisata Nasi Kalong

Nasi kalong ini memiliki warna kehitaman sebagai pigmen utamanya. Berbanding terbalik dengan namanya, cita rasa nasi ini sangat pas dan khas di lidah.

kuliner kaki lima
Source : ksmtour. com

Menu ini, bisa kalian pesan jika perut darurat lapar menjelang tengah malam. Jangan takut gemuk. Nasinya saja nasi merah yang jelas kandungan karbohidratnya rendah.

Belum lagi buncis mentah sebagai pendampingnya. Ditambah ayam goreng sebagai lauknya.

Plus, kalian bisa sekaligus menikmati kuliner Bandung malam hari dengan tenang tanpa perlu berpikir berat badan.

Baca Juga >> 10 Oleh Oleh Khas Bandung Terbaru Yang Bisa Anda Beli

4. Wisata Miss Bee Providore

Salah satu wisata kuliner yang tak boleh ketinggalan adalah wisata ini. Terlebih bagi kalian yang suka wisata bersama keluarga, tempat ini cocok untuk kalian jadikan destinasi utama. Adanya taman dan arena bermain, membuat banyak keluarga memutuskan singgah di sini.

wisata kuliner malam hari
Source : www. klikhotel .com

Soal menu jangan dikhawatirkan. Ada menu unggulan seperti pasta dan pizza. Dan yang membuat kalian akan sering berkunjung ke sini adalah tekstur pizzanya yang khas. Padat tak seperti pizza lainnya membuat lidah kalian akan senantiasa nagih.

5. Wisata Roemah Nenek Resto Cafe

Interior klasik akan menjadi pemandangan pertama kalian saat bertandang di resto ini. Tapi tenang, walau klasik, ada nilai artistiknya loh. Untuk hunting foto juga oke.

jajanan murah bandung
Source : adeknakemal. blogspot .co .id

Kalian yang suka dengan menu luar, tak perlu risau jika makan di tempat ini. Segala menu khas Asia tersedia di sini. Bahkan harganya juga sangat terjangkau. Dimulai dari Rp 17.000 saja, kalian sudah bisa menyantap satu menu Roemah Nenek ini.

6. Wisata Warung Misbar

Ngemil di bioskop? Sudah biasa. Bagaimana kalau makan dan minum dengan suasana bioskop tapi bukan di bioskop? Jawabannya adalah Warung Misbar. Resto yang ada di kawasan jalan RE Martadinata ini menawarkan fasilitas demikian.

kuliner bandung terbaru
Source : iklantravel. com

Ketika kalian berada di luar, mungkin merasa tersasar. Terlebih interior resto dari luar tak tampak seperti rumah makan. Tapi, begitu kalian masuk, siap – siaplah tercengang.

Bukan bioskop yang disediakan, melainkan meja kursi layaknya rumah makan. Yup. Itulah uniknya Watung Misbar.

Dan lebih unik lagi, saat kalian makan tapi kalian disuguhkan sebuah film. Tak tanggung, film yang disajikan adalah film era lama yang sudah jadul sekali bagi kalian. Tapi sekali lagi, itulah uniknya rumah makan ini.

Baca Juga >> Restoran dan Tempat Makan di Bandung Terbaru

7. Wisata Kopi Ireng

Karneli Sadikin sudah tersohor berkat keahliannya merumuskan kopi yang nikmat dan pas di lidah pencinta kopi. Jika kalian berkunjung di sini, semua akan terasa pas.

Suasana Bandung yang cenderung dingin, ditambah secangkir kopi, pasti membuat kalian merasa nyaman dan enggan berpindah.

tempat makan enak di bandung
Source : bludstory.blogspot.co.id

Bangunan Kopi Ireng ini berbentuk joglo. Dengan begitu, kalian bisa menikmati pemandangan kota Bandung saat menyesap tiap seduh kopi.

Lebih indah lagi jika kalian melalukan wisata kuliner malam hari di sini. Seluruh lampu gemerlap di sudut kota akan menghiasi pemandangan kalian. Well, siapa yang menolak kenyamanan seperti itu?

8. Wisata Rumah Sosis

Siapa yang suka olahan daging siap santap itu? Pas sekali jika kalian berkunjung ke Rumah Sosis. Selain dimanjakan dengan berbagai pilihan sosis, kalian juga bisa memilih hendak dihidangkan sosis dengan cara apa. Bisa barbeque, beef ataupun crispy.

kuliner bandung malam hari
Source : anekatempatwisata. com

Sekitar 70 olahan sosis siap kalian pesan di sini. Selain itu, kalian juga bisa menikmati es krim yang dibuat khusus oleh Rumah Sosis untuk para pengunjungnya.

Kalian teringat keluarga di rumah? Calm. Kalian juga bisa membawakan mereka oleh – oleh dari sini. Ada sosis beku yang bisa kalian bawa pulang. Ada juga udang, mi organik dan bakso yang bisa kalian hadiahkan bagi keluarga. Semua dibanderol dengan harga mulai Rp 50.000.

Tak hanya menyantap sosis, kalian juga bisa berekreasi di sini. Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba. Tempat ini juga termasuk wisata kuliner Bandung terbaru yang menyediakan edukasi bagi para pelanggannya.

9. Wisata Es Duren Pak Aip

Wisata ini sangat cocok bagi kalian yang cinta pada buah berkulit tajam itu. Ditambah, durian yang disajikan bukan sembarang durian. Pak Aip sendiri memulai usaha sejak 1987. Dengan predikat legend yang disandang, tak perlu disangkal jika menu beliau memang sudah bersarang di hati masyarakat.

daftar kuliner bandung
Source : www. pariwisatabandung .info

Untuk sebuah porsi es duren, Pak Aip menambahkan es serut dan susu atau cokelat. Duren menjadi faktor utama ya. So, untuk seporsi es duren, kalian akan mendapat beberapa butir durian yang utuh plus dagingnya lembut. Tak hanya itu, kalian juga bisa memilih variasi lain, seperti es krim, gula merah atau strawberry.

Dengan teriknya sinarmatahari saat siang tentu es duren Pak Aip sangat cocok untuk anda datangi sebagai kuliner bandung siang hari.

Soal harga? Jangan bersusah. Seporsi es duren dibanderol harga mulai dari Rp 15.000 saja kok. Mentok di angka Rp 18.000 sesuai dengan varian pesanan kalian. Tertarik? Langsung saja cus ke Jalan Tubagus Ismail dan Ahmad Yani di Bandung ya.

10. Wisata Batagor Hanjuang

Berkunjung ke Bandung tak lengkap jika tak menyantap batagornya. Terlebih jajanan ini termasuk jajanan murah Bandung yang tersebar di penjuru Jawa.

jajanan murah bandung
Source : food. idntimes. com

Di antara banyaknya kuliner kaki lima di Bandung, Batagor Hanjuang adalah primadonanya. Kata pelanggan setianya, ikan tenggirinya terasa sekali di lidah. Tak hanya itu, bumbu yang ditambahkan juga pas perpaduannya. Terlebih batagor ini minim minyak.

Kalian bisa menemukan gerobak batagor ini di belakang Istana Plaza. Tempatnya asyik, cocok untuk duduk bersama teman seperjuangan.

Baca Juga:

  1. Wisata Kuliner Solo
  2. Wisata Kuliner di Cirebon

Maps Wisata Kuliner Bandung

Jika anda ingin berwisata kuliner di Bandung dan masih bingung dengan lokasi-lokasinya anda dapat melihatnya di Maps berikut :

Sepuluh wisata kuliner di Bandung tersebut, ada baiknya kalian coba dan datangi satu per satu. Mungkin untuk selera akan terjadi banyak perbedaan. Tapi, tidak ada salahnya bukan memanjakan lidah? Toh murah meriah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here