Mercusuar Bangkalan merupakan salah satu tempat ikonik dengan menyajikan pemandangan menawan dari ketinggian. Awalnya Mercusuar Bangkalan Jawa Timur ini berfungsi untuk membantu navigasi kapal-kapal yang akan masuk ke Selat Madura.

Yang kemudian berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dan kini Mercusuar Sembilangan tersebut masih beroperasi. Hanya saja tidak se massive dulu sebab jaman sekarang kebanyakan kapal sudah dilengkapi dengan yang namanya GPS.

Selain itu, keunikan lain dari mercusuar ini adalah kerap digunakan oleh para milenial untuk berburu foto menarik. Guna menciptakan foto instagenic pada tempat wisata di Bangkalan Jawa Timur ini dengan segudang daya tarik di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Mercusuar Bangkalan

harga tiket masuk merucusuar bangkalan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116220426018014472796

Bangunan mercusuar yang di dominasi oleh warna putih bersih ini menjulang setinggi kurang lebih 78 meter. Menjadi landmark favorit bagi wisatawan untuk menjadikannya spot foto yang sangat menarik.

Tahukah anda jika Mercusuar Sembilangan ini merupakan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada 1879. Tepatnya di bangun pada masa pemerintahan Z.M. Willem III.

Awalnya Mercusuar Bangkalan beroperasi untuk membantu kapal-kapal menghindari batuan karang dan juga gosong. Dulu Mercusuar di Bangkalan yang beroperasi di bawah Departemen Perhubungan ini memperbolehkan pengunjung untuk naik sampai ke puncaknya.

Namun karena banyak yang menyalahgunakan membuat mercusuar ini sekarang tidak boleh untuk dinaiki. Dan untuk bisa menyaksikan secara lebih dekat mercusuar yang memiliki lantai 16 ini anda tak perlu keluar biaya sama sekali.

Harga tiket masuk Mercusuar Bangkalan tidak diberlakukan, pengunjung cukup mengeluarkan uang untuk retribusi parkir kendaraan. Kawasan mercusuar dapat anda kunjungi sesuai dengan jam operasional yang ditetapkan, yakni pukul 8 pagi sampai 4 sore.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat mercusuar bangkalan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116314004762077619990

Lokasi Mercusuar Bangkalan ini cukup mudah untuk ditemukan meski keberadannya tidak terlalu strategis. Alamat Mercusuar Bangkalan terletak di Desa Sembilangan, Kecamatan Tanjung Piring, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

Keberadaan Mercusuar Sembilangan bisa anda jangkau dari pusat Kota Bangkalan dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Jika dari Alun-Alun Bangkalan kira-kira jaraknya sekitar 11 km dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 23 menit.

Akses jalan utama menuju wisata Bangkalan satu ini sudah cukup baik dan dapat dilintasi oleh semua kendaraan. Kendaraan roda dua seperti motor, hingga mobil sampai bis pariwsiata sekalipun dapat sampai disini dengan mudah tanpa adanya halangan.

Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar anda bisa tiba di Mersuar Sembilangan Bangkalan tanpa harus bersusah payah. Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan baik dan mampu melahap semua medan selama perjalanan.

Apabila anda belum tau letak persis dari mercusuar ini maka tak perlu ragu. Sebab dibawah ini ada petunjuk akurat pada sebuah maps guna memudahkan perjalanan anda ke Mercusuar Bangkalan.

Datang juga ke –> Pantai Siring Kemuning menawarkan pemandangan elok yang mengagumkan.

Fasilitas

fasilitas mercusuar bangkalan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118329163761497516933

Sebagai sajian utamanya tentu saja hanya ada sebuah bangunan mercusuar tinggi dengan banyak pesona alam di sekitarnya. Salah satunya adalah laut madara, dengan view mempesona yang tiada duanya.

Dari segi sarana prasana, masih terbilang apa adanya dan belum lengkap seperti kebanyakan tempat wisata lainnya. Namun itu semua pastinya tak akan mengurangi keseruan anda selama berlibur bareng orang tercinta disini.

Beberapa fasilitas Mercusuar Bangkalan yang dapat anda temukan antara lain area parkir, toilet, warung wisata. Disebelah kanan terdapat lahan parkir yang cukup luas dan mampu menampung banyak kendaraan.

Disamping itu tempatnya bersih, anginnya juga semilir dan bikin nyaman untuk bersantai atau jalan-jalan. Nikmati beragam pesona alam memikat yang Mercusuar Bangkalan tawarkan untuk mengisi waktu senggang anda.

Kunjungi juga –> Pantai Rongkang dengan bebatuan karang yang menjadi keunikan dari wisata bahari satu ini.

Spot Terbaik di Mercusuar Bangkalan

spot terbaik di Mercusuar Bangkalan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116220426018014472796

Menjadi salah bangunan peninggalan Belanda yang hingga kini masih terawat dan berfungsi dengan baik. Mercusuar Bangkalan Jawa Timur tentunya menyimpan sejuta kisah menarik yang menjadi daya tariknya.

Berbagai panorama menakjubkan dapat anda jumpai disini dalam rangka menghabiskan waktu liburan bersama yang tersayang. Melihat pemandangan laut Madura dan juga hutan bakau disekitar mercusuar yang memanjakan mata.

Disekeliling mercusuar ini banyak lahan rumput yang bisa untuk anda piknik bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Selama rekreasi di Mercusuar Bangkalan, satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah berfoto-foto ria.

Abadikan momen kunjungan anda pada spot terbaik di Mercusuar Bangkalan yang instagenic dan pastinya menarik. Melalui swaselfie, foto bersama dan merekam video pendek selama disini untuk ciptakan pengalaman tak terlupakan.

Review sebelumnya –> Goa Pote destinasi wisata berupa kolam renang yang dikelilingi oleh bukit kapur.

Tips Berkunjung

tips berkunjung mercusuar bangkalan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115977803330726699082

Anda dapat menyimak tips berkunjung di bawah ini ketika berencana untuk explore Mercusuar Sembilangan Bangkalan Jawa Timur.

  • Perkirakan dengan sebaik-baiknya waktu berkunjung anda ke Mercusuar Bangkalan agar mendapatkan momen lebih maksimal.
  • Pastikan anda datang pada saat hari cerah dan cuaca mendukung untuk beraktivitas di alam terbuka.
  • Apabila awan mendung dan segera turun hujan maka sebaiknya tunda dulu rencana berlibur anda ke Mercusuar Bangkalan.
  • Ada baiknya anda sedia bekal sendiri, untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum selama berlibur.
  • Ikut serta dalam menjaga kebersihan area wisata Mercusuar Bangkalan yang menawan.
  • Selalu mengutamakan keselamatan dengan terus berhati-hati agar semua aman, berjalan lancar dan sesuai harapan/

Jadi itu tadi, wisata alam Mercusuar Sembilangan dengan suguhan bangunan putih bersih setinggi 78 meter yang menjulang. Demikian ulasan singkat Mercusuar Bangkalan di Jawa Timur yang merupakan peninggalan kolonial Belanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × four =