Salah satu cara menenangkan diri dari rutinitas yang padat adalah dengan berlibur dan mengunjungi tempat wisata alam seperti Pondok Halimun. Pondok yang bertempat di wisata Sukabumi, Jawa Barat ini bisa menjadi destinasi wisata alam Anda bersama keluarga.

Dengan berwisata di kawasan Pondok Halimun, maka Anda dapat merasakan sejuknya udara di sana yang berbeda dengan kota. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti membeli beberapa makanan atau bermain dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

Dulunya, Pondok Halimun ini merupakan kawasan hutan belantara yang belum memiliki fasilitas pendukung dalam jumlah banyak. Seiring perkembangan zaman, Pondok Halimun mengalami banyak perubahan, berikut pembahasan lengkap mengenai berbagai informasi di Pondok Halimun.

Harga Tiket Masuk Pondok Halimun Sukabumi

harga tiket masuk Pondok Halimun
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106388838593009639958

Saat Anda ingin memasuki area Pondok Halimun Sukabumi, maka Anda harus tahu dulu berapa harga tiket masuknya. Ada beberapa ketentuan dari tiket yang harus dibayar, meliputi:

  • Pejalan kaki hanya diwajibkan membayar Rp3.000 per orang.
  • Untuk pengguna mobil sedan atau jeep harus membayar Rp20.000 per unit.
  • Sepeda motor harus membayar tiket sebesar Rp8.000 per unit.
  • Minibus diwajibkan membayar tiket sebanyak Rp30.000 per unit
  • Bus wajib membayar Rp135.000 per unit.

Namun, harus diketahui bahwa harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, Anda harus mencari tahu update harga terbaru dari tiket masuk setiap kali akan ke sana.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pondok halimun
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112287945165417620904

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pondok Halimun, maka Anda harus tahu lokasinya terlebih dahulu. Pondok Halimun terletak di kaki Gunung Gede Pangrango atau lebih tepatnya berada di Jalan Selabintana, Desa Perbawati, Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk menuju lokasi tersebut Anda bisa menggunakan rute dari pusat kota Sukabumi yang berjarak sekitar 12 km dari Pondok Halimun. Anda akan melewati Kantor Polisi Resort Kota Sukabumi lalu lewat Gedung Juang 45 dan setelah bertemu persimpangan jalan belok kekiri.

Anda akan menemui gerbang Halimun, telusuri jalan setelahnya yang sepanjang jalannya dikelilingi dengan pepohonan serta hamparan kebun teh. Kesejukan sudah bisa Anda rasakan saat melewati jalan nya, bahkan Anda juga bisa berfoto selfie di sana.

Jalan yang akan Anda lalui setelah gerbang tidak terlalu lebar, sehingga mobil akan sedikit kesulitan saat berpapasan dengan mobil lain. Tetapi, mobil tetap bisa melewati jalanan tersebut dengan hati-hati.

Fasilitas

fasilitas pondok halimun
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112455528372869716456

Pihak pengelola wisata alam Pondok Halimun Sukabumi ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Berbagai fasilitas tersebut bisa digunakan untuk menunjang aktivitas dari pengunjung, berikut beberapa fasilitas yang disediakan:

  • Area parkir yang luas, sehingga mobil, bus, dan kendaraan lain bisa parkir dengan nyaman.
  • Terdapat mushola yang bisa digunakan untuk beribadah bagi pengunjung muslim.
    Toilet yang bersih dan nyaman saat digunakan.
  • Area camping ground untuk Anda yang ingin melakukan camping bersama teman.
    Gazebo sebagai tempat istirahat pengunjung.
  • Penginapan di Pondok Halimun Sukabumi untuk Anda yang berasal dari luar kota.
  • Serta warung-warung yang menyediakan makanan, minuman, dan juga oleh-oleh khas dari Sukabumi.

Daya Tarik

daya tarik pondok halimun
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109449176493473314156

Pondok Halimun memiliki banyak daya tarik yang bisa membuat pengunjung berdatangan. Selain karena wisata alamnya yang indah, berikut beberapa daya tarik dari Pondok Halimun.

Adanya Hamparan Kebun Teh

Salah satu daya tarik dari Pondok Halimun adalah hamparan kebun tehnya yang berjejer di perjalanan. Pengunjung akan tertarik untuk melihat keasrian dari kebun teh tersebut karena bisa digunakan untuk spot foto.

Daun-daun teh yang sangat banyak jumlahnya itu bisa digunakan sebagai olahan khas dengan rasa lezat. Sambil berkeliling, Anda juga bisa bertanya kepada petani mengenai segala informasi tentang daun teh.

Aliran Sungai yang Jernih

Terdapat aliran sungai yang melintasi Pondok Halimun yangmana airnya sangat jernih dan tidak tercemar sama sekali oleh sampah plastik. Sehingga Anda bisa bermain air di sini sepuasnya untuk merilekskan tubuh Anda.

Walaupun airnya tidak terlalu dalam, tetapi Anda juga bisa menyewa ban untuk bermain air. Hal ini dilakukan agar tidak tenggelam saat sedang bermain air, khususnya untuk anak-anak.

Pemandangan Gunung Salak

Daya tarik lain yang membuat pengunjung datang kemari adalah adanya pemandangan alam menawan, salah satunya adalah pemandangan gunung salak. Anda bisa datang ke Pondok Halimun Gunung Salak untuk bisa melihat pemandangan alam yang asri dan menyejukkan.

Penginapan yang Nyaman

Tidak hanya itu saja, jika Anda berasal dari luar kota maka Anda juga bisa menginap pada resort di Pondok Halimun. Selain resort, Anda juga bisa memilih untuk menginap di villa Pondok Halimun Sukabumi yang tentunya nyaman saat ditinggali.

Jam Buka

jam buka pondok halimun
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113691612490939623687

Tertarik untuk mendatangi lokasi dari Pondok Halimun untuk berwisata di sana? Jika iya, maka Anda bisa datang setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam non-stop.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan alam dari Pondok Halimun setiap saat tanpa takut tutup. Gunakan kesempatan Anda untuk liburan bersama keluarga dengan tenang di sini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pondok halimun
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117151802096246673691

Melakukan Camping

Banyak orang yang ingin datang ke Pondok Halimun untuk melakukan camping atau kemah. Anda bisa menggelar tenda dan menikmati pemandangan alam di Pondok Halimun ini.

Di sekitar daerah Pondok Halimun terdapat beberapa bumi perkemahan seperti Bumi Perkemahan Elang Jawa, Cipelang, dan Pondok Halimun Sukabumi. Area camping sangatlah luas dan berada di ketinggian 1000 mdpl sehingga udaranya sangatlah sejuk.

Bermain Air

Anda bisa bermain air pada aliran sungai yang mengalir melewati Pondok Halimun ini. Sungai itu merupakan sungai Cipelang yang memiliki air dangkal dan juga jernih.

Namun, saat anak bermain air di sana, Anda juga harus memperhatikan anak Anda. Pasalnya, di sini ada banyak sekali bebatuan dari kecil hingga besar. Anda juga bisa melakukan wisata River Tubing yang dibimbing oleh orang profesional.

Menyusuri Kebun Teh

Hamparan kebun teh yang luas dan bagian dari PTPN VII ini bisa Anda kunjungi di Pondok Halimun. Hawa yang sejuk bisa membuat Anda bersantai sembari berfoto dengan latar belakang kebun teh.

Piknik

Anda juga bisa melakukan piknik di Pondok Halimun, hanya untuk menikmati waktu bersama keluarga sambil melihat pemandangan alam yang indah. Anda bisa menyewa tikar dari pedagang di sana dengan harga hanya Rp10.000.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pondok halimun
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109981278152733233482

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin berkunjung ke Pondok Halimun adalah sebagai berikut.

Hindari datang di akhir pekan karena pengunjung yang datang akan banyak dan suasana akan menjadi ramai.

Jaga kesehatan Anda dengan menerapkan protokol kesehatan yang tepat seperti memakai masker, mencuci tangan, dan membawa obat-obatan sendiri.

Bawa baju berkesan hangat ataupun baju ganti yang bisa digunakan ketika suasana dingin dan setelah bermain air.

Siapkan kamera yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen liburan Anda.
Nah, itulah informasi lengkap mengenai Pondok Halimun yang ada di Sukabumi. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke sana bersama keluarga Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =