Pantai Tulungagung adalah salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi saat berada di Jawa Timur. Keindahan alam khas perairan akan memanjakan mata para pengunjung yang datang ke sini.

Tidak heran jika pantai ini menjadi incaran para traveler baik itu dalam maupun luar kota. Objek pantai di Tulungagung sangat beragam sehingga pengunjung bebas untuk memilihnya. Jika selama ini merasa penasaran dan hanya bisa melihat dari internet, maka sekarang saatnya untuk berkunjung langsung.

Melihat keindahan alami dari pesona alam satu ini memberikan pengalaman menyenangkan. Untuk kamu yang memfavoritkan pantai sebagai tempat wisata, boleh sekali mengunjungi sederet destinasi Tulungagung ini. Supaya lebih jelas dan kenal dengan pantai-pantainya, berikut adalah daftar pantai di Tulungagung

1. Pantai Popoh

pantai popoh
Foto : https://www.instagram.com/sammaraja/

Pantai pertama yang recommended untuk dikunjungi bernama Pantai Popoh. Wisata Pantai ini beralamat di Jalan Raya Pantai Prigi, Dusun Watulimo, Besuki, Tulungagung. Bahkan, keindahan Pantai Popoh sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Bagi Anda yang ingin masuk ke Pantai Popoh ini, dikenakan tarif Rp.3000 sampai Rp.10.000. Suguhan panorama alam yang akan ditemui begitu memikat sehingga membuat betah berlama-lama.

Di sini juga terdapat tebing-tebing eksotis untuk dipandang. Aktivitas lain selain menikmati pemandangan adalah berenang dan bermain air.

Saat melakukannya, disarankan untuk tetap berhati-hati dan waspada. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pemandangan sunset indah di sore hari.

Agar pengalaman wisata semakin menyenangkan, pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling pantai. Dengan begitu, pemandangan bisa semakin terlihat jelas dan banyak spot-spot foto menarik yang akan ditemui.

Untuk mengabadikan foto liburan pun sangat cocok di lokasi salah satu wisata pantai Tulungagung paling terkenal ini.

2. Pantai Sanggar

PANTAI SANGGAR
Foto : https://www.instagram.com/tulungagungsparkling/

Selanjutnya ada Pantai Sanggar yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Terletak di area pegunungan membuat pantai ini menyajikan pemandangan alam indah dan asri.

Lokasinya berada di Desa Jengglungharjo, Tanggung Tulungagung. Ternyata pantai ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari luar negeri atau biasa disebut turis mancanegara.

Menariknya tidak dikenakan biaya masuk ke pantai ini. Sebagai alternatif liburan yang murah dan gratis, Anda bisa mencobanya.

Pantai ini tergolong masih baru , namun sudah bisa menjadi favorit bagi anak muda maupun keluarga. Kondisi lingkungan sekitar pantai juga masih terawat bersih ban minim sampah.

Pasir pantai yang putih membuat pantai ini semakin indah. Suasana khas pantai semakin terlihat dengan adanya karang berukuran besar dan juga ombak membelah.

Di sini juga ada hewan seperti ikan hias dan bulu babi. Pemandangan matahari terbit dan tenggelam juga menjadi salah satu favorit para wisatawan yang datang berkunjung.

Apabila ingin menyaksikan momen matahari terbit atau biasa disebut sunrise maka bisa bermalam di area pantai. Di wisata pantai terbaru di Tulungagung ini juga terlah disediakan lokasi camping.

3. Pantai Sioro

pantai sioro
Foto : https://www.instagram.com/wu_whil/

Pantai yang cukup terkenal di Tulungagung ini menarik untuk dikunjungi untuk menghabiskan masa liburan. Bahkan rasanya tidak lengkap jika membahas destinasi wisata berupa perairan tanpa membahas Sioro.

Pantai ini menawarkan pemandangan alam begitu indah sehingga menarik minat wisatawan untuk datang. Suasana dan kondisi masih alami karena tersembunyi dan sepi dari pengunjung.

Oleh karenanya, tempat ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai keramaian tetapi ingin berwisata alam. Lokasi pantai Sioro ini berada di desa Ngrejo, Tanggunggunung Tulungagung.

Destinasi ini menjadi salah satu pantai pasir putih di Tulungagung.

4. Pantai Coro

pantai coro
Foto : https://www.instagram.com/aprafsa_/

Pantai Coro ini merupakan destinasi pantai yang berada di Tulungagung dan ramai dikunjungi para wisatawan ketika liburan. Adapun salah satu daya tarik pantai ini berupa terumbu karang yang berada di sekitar pinggiran pantai.

Warna pasir pantainya kecoklatan sehingga menampilkan kesan yang indah dan alami. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan selama berada di pantai ini.

Salah satunya adalah mengabadikan foto dengan berlatarkan pemandangan alam indah dan menarik. Perpaduan perairan dan langit yang biru akan menjadi satu kesatuan panorama indah untuk kenangan liburan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini bisa menggunakan bantuan Google Maps apabila masih belum mengetahui pasti lokasinya. Sementara untuk alamatnya sendiri berada di Reco Sawu, Besuki Tulungagung.

5. Pantai Brumbun

pantai brumbun
Foto : https://www.instagram.com/mamat_abadi/

Pantai Brumbun ini juga masuk dalam daftar tempat wisata menarik di Tulungagung. Sayang rasanya jika Anda tidak mengeksplornya.

Pasir pantai ini masih putih dan asri sehingga begitu memanjakan mata. Tidak sekedar pemandangan saja, di sini juga terdapat fasilitas lengkap sehingga pengunjung tidak perlu khawatir soal kenyamanan.

Bahkan bisa dikatakan lebih lengkap dibanding dengan pantai lain yang ada di Tulungagung. Alamat Pantai ini berada di desa Wonokoyo, Tanggunggunung, Tulungagung.

6. Pantai Lumbung

pantai lumbung
Foto : https://www.instagram.com/lojikka.hotel/

Destinasi wisata berupa pantai ini jika sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Tulungagung. Pantai ini cukup terkenal bahkan selalu ramai oleh kunjungan wisatawan.

Lokasi pantai ini berada di desa Pucanglaban Tulungagung. Sesampainya di pantai ini, Anda bisa melihat hamparan pasir pantai berwarna coklat dengan adanya tebing menjelang tinggi.

Perpaduan keduanya akan menampilkan suasana alam asri dan penuh keindahan sehingga membuat pikiran lebih fresh.

7. Pantai Dadap

pantai dadap
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111849502260292591895

Pantai satu ini terbilang masih baru dan belum banyak dikunjungi para wisatawan. Dengan begitu, Anda yang tidak terlalu menyukai suasana ramai dan padat wisatawan bisa memilih untuk datang ke sini.

Lokasi pantai Tulungagung terbaru ini berada di desa Gerbo, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Daya tarik yang dihadirkan oleh pantai ini ialah pasir dan pemandangan alam yang indah.

Komposisi keduanya mampu memikat banyak pasang mata para wisatawan untuk datang. Berkunjung sembari memberikan foto-foto selama berada di pantai darat ini akan menjadi kenangan manis saat liburan.

8. Pantai Gerangan

pantai gerangan
Foto : https://www.instagram.com/wu_whil/

Apabila Anda sedang mencari pantai dengan keindahan alam masih sangat asri, maka ini cocok untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini memiliki panorama yang indah dan alami.
Tempatnya masih jarang tersentuh karena sedikitnya wisatawan yang datang. Meski demikian, keindahannya tetap bisa diacungi jempol.

Pantai Gerangan ini memiliki pasir eksotis berwarna coklat. Air pantai juga masih sangat jernih sehingga mampu memanjakan setiap pasang mata yang memandang.

Lokasi wisata ini di desa Wonokoyo, Ngrejo, Tanggunggunung, Tulungagung. Apabila Anda ingin berkunjung, bisa bantuan Google Maps agar tidak keliru.

9. Pantai Patuk Gebang

Pantai Patuk Gebang
Foto : https://www.instagram.com/fotoinsekitar/

Bagi Anda yang menyukai sisi keunikan dari pantai, tempat ini cocok untuk dikunjungi. Pantai Patuk Gebang menghadirkan pesona tebing di tengah laut.

Oleh karenanya, pesona keindahan yang dihadirkan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan Pantai lain. Pantai ini memiliki pasir warna coklat yang eksotis.

Anda yang berkunjung bisa memilih untuk bermain pasir sembari menikmati pemandangan alam indah dan menawan. Pantai ini berada di desa Jengglungharjo, Tanggunggunung, Tulungagung.

Sejumlah aktivitas seru bisa dilakukan selama berada di destinasi wisata ini. Salah satunya ialah menggelar tikar ala-ala piknik di tepi pantai sembari menyantap makanan dan minuman.

Membawa serta keluarga tercinta maupun sahabat ke pantai ini bisa menjadi aktivitas yang menarik. Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi bisa hunting banyak objek di sini.

10. Pantai Godeg

pantai godeg
Foto : https://www.instagram.com/tadabbur_adventure/

Tidak kalah populer dengan wisata pantai lainnya, tempat ini juga recommended untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya pasir pantai yang putih.

Tidak hanya itu, terdapat spot unik yakni adanya pohon tunggal di tengah pantai. Lokasi pantai ini berada di desa Ngrejo, Blitar.

Pohon yang ada di pantai ini juga dijadikan ikon oleh masyarakat sekitar untuk menandai Pantai Godeg. Bagi Anda yang ingin berkunjung biasa menggunakan bantuan Google Maps untuk menemukan lokasinya atau bertanya pada masyarakat sekitar.

11. Pantai Molang

pantai molang
Foto : https://www.instagram.com/m.alvns/

Tahukah kamu bahwa pantai Molang ini berada di area perkebunan, Pegunungan Pucang Laban Tulungagung. Tempat ini terbilang masih jarang dikunjungi sehingga pesona alamnya masih asri.

Hal ini disebabkan oleh rute menuju lokasi yang cukup sulit dan curam. Oleh karenanya, jika berencana datang berkunjung disarankan untuk sangat berhati-hati dalam lalui medan di sepanjang perjalanan.

Pengunjung yang datang ke Pantai Molang tidak dikenakan biaya masuk. Pantai ini menyuguhkan air laut bening dan memberikan nuansa hijau kebiruan.

Lain lagi dengan pasir pantai yang putih serta tebing yang membuat komposisi keindahannya tampak memikat. Selama berwisata disarankan kepada Anda untuk tetap berhati-hati dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

12. Pantai Sine

pantai sine
Foto : https://www.instagram.com/agil_galery13/

Pantai Tulungagung satu ini berada di Dusun Sine 05/01, Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung. Tapi ini sudah cukup terkenal dan telah dikelola dengan baik.

Untuk bisa memasuki area wisata, Anda selaku pengunjung akan dibayarkan tarif sebesar Rp.10.000 per orang. Diluar biaya tersebut Anda juga akan dikenakan biaya parkir apabila membawa kendaraan.

Perlu diketahui juga bahwa fasilitas di pantai sini ini sudah lengkap sehingga mendukung kenyamanan Anda lagu pengunjung. Mulai dari keperluan pantai seperti kuliner, peralatan serta oleh-oleh ada di sini.

Menyaksikan pemandangan matahari terbit atau biasa disebut sunrise cocok di lokasi ini. Tampilannya begitu eksotis sehingga hits di kalangan anak muda.

Selain itu pantai juga menyuguhkan panorama indah hamparan tebing serta hutan lindung di sekelilingnya. Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk menemukan lokasi pantai ini.

13. Pantai Gemah

pantai gemah
Foto : https://www.instagram.com/tadabbur_adventure/

Pantai Gemah ini adalah satu dari sekian banyak pantai di Tulungagung yang recommended dikunjungi. Tempat ini berada di jalur Lintas Selatan, Soreng, Besuki, Tulungagung.

Untuk dapat masuk ke area wisata, ada akan dikenakan Rp.5.000 per orang. Tampilan yang disuguhkan oleh pantai ini begitu memesona dengan nuansa kemegahannya.

Panorama laut biru berpadu dengan jernihnya air serta langit cerah membentuk satu kesatuan yang nyaman dipandang. Pantai ini belum banyak terjamah oleh wisatawan karena terbilang masih baru.

Anda bisa menikmati pemandangan sunset maupun sunrise di pantai ini. Pihak pengelola juga sudah menyediakan ATV yang bisa di sewa untuk menjelajah di sekitar pantai.
Anda bisa memilih pantai di Tulungagung terdekat untuk dikunjungi.

14. Pantai Tebing Pancing Tulungagung

pantai tebing mancing
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111663030845126210589

Pantai satu ini juga recommended untuk didatangi oleh anda yang sedang mencari destinasi wisata di Tulungagung. Anda yang datang ke sini akan disuguhkan dengan tebing bebatuan eksotis menjulang.

Lokasi pantai ini ada di Dusun Wonokoyo, Ngrejo, Tulunggunung, Tulungagung, Jawa Timur. Sesuai namanya, tempat ini dikenal juga sebagai area memancing.

Banyak orang-orang yang hobi memancing datang ke sini untuk merasakan sensasi bersabar menunggu umpan. Jika dilihat dari segi lokasi, tempat ini cukup tersembunyi dibalik semak.

Biasanya, ada orang secara khusus datang ke sini untuk memancing. Oleh karenanya, Anda yang memiliki hobi sama bisa mencoba untuk melakukannya.

Apabila takut keliru menemukan alamatnya, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Metode lain, bisa dengan bertanya kepada warga sekitar.

15. Pantai Dlodo

pantai dlodo
Foto : https://www.instagram.com/duobackpacker/

Bagi Anda yang sedang mencari desrinasi bernuansa fotogenik, maka wisata pantai di Tulungagung ini recommended dikunjungi. Lokasinya berada di Panggungkalak, Pucanglaban, Tulungagung.

Tempat ini didesain sehingga menghadirkan nuansa cocok untuk berburu foto-foto ciamik. Bagi Anda yang gemar akan hal itu, tentu bisa mengambil banyak gambar untuk dijadikan kenang-kenangan.

Menikmati semilir angin pantai sembari menyaksikan pemandangan alam indah di sini juga menjadi kesan tersendiri yang sulit dilupakan. Anda bisa membuat kreasi ala-ala piknik dengan membawa karpet.

Nah, agar semakin nikmat, bisa membawa makanan sekaligus, agar momen menikmati pantainya semakin terasa. Bagi Anda yang ingin membawa serta keluarga juga menjadi ide bagus.

Pengalaman piknik di pantai ini akan menjadi salah satu kegiatan seru untuk dilakukan selama berada di Tulungagung. Apabila masih belum menguasai rute menuju wisata, Anda bisa menggunakan Google Maps.

16. Pantai Pacar

pantai pacar
Foto : https://www.instagram.com/syam_rijal22/

Pesona keindahan alam Pantai Pacar menjadikannya salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi. Pesona perairan berpadu dengan hijaunya tumbuhan di sekitar membuat pantai ini begitu istimewa.

Lokasi pantai di Tulungagung ini berada di Desa Pucanglaban. Agar bisa sampai, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi agar lebih bisa menyesuaikan.

Di tempat ini, Anda akan melihat pantai pasir kecoklatan yang tampak eksotik. Anda bisa duduk di tepi pantai dengan posisi lebih tinggi sembari menyaksikan kenampakan alam yang begitu memikat.

Gugusan ombak tampak saling berkejar-kejaran menuju bibir pantai. Ini adalah momen untuk merasakan suasana sekaligus memanjakan mata. Bagi yang hobi fotografi, tempat ini juga cocok dijadikan lokasi pengambilan gambar.

Apabila masih bingung mengenai lokasi objek wisata ini, bisa menggunakan bantuan Google Maps. Alternatif lain yang juga bisa digunakan adalah bertanya pada warga setempat.

17. Pantai Klatak

pantai klatak
Foto : https://www.instagram.com/salsanikma157/

Pantai Klatak Tulungagung berlokasi di Jalan Pantai Waru Doyong, Keboireng, Besuki, Tulungagung. Perlu diketahui bahwa tempat ini ramai oleh pengunjung, baik itu hari biasa maupun pada saat libur tiba.

Keindahan tempat ini memberikan nuansa berbeda dengan aktivitas keseharian. Oleh karenanya, Anda yang ingin menghilangkan penat bekerja sejanak, bisa mengujungi Pantai Klatak ini.

Menariknya lagi, berdasarkan informasi, diketahui bahwa masyarakat lokal setempat memiliki keramahtamahan terhadap wisatawan. Terkait dengan rute, akses menuju lokasi memang terbilang ekstrim sehingga perlu berhati-hati.

Dalam perjalanan akan ditemukan belokan tajam, naik turun serta bebatuan yang berserakan. Meski demikian, pemandangan dan suasana alam sepanjang perjalanan bisa menjadi penyeimbang rasa deg-degan itu.

Keistimewaan lain yang dimiliki Pantai Klatak ini adalah banyaknya bebatuan di sepanjang bibir pantai. Susunannya tampak rapi sehingga memanjakan mata pengunjung.

Nah, batu-batu di bibir pantai ini akan menghasilkan suara klatak ketika terkena ombak. Konon, dari bunyi ini pula lah asal muasal nama pantai ini.

Di sini juga terdapat batuan besar seperti ukuran tebing yang tinggi sehingga menambah indahnya pemandangan. Ombak pantai ini terbilang tenang sehingga tidak begitu menegangkan.

Pasir pantainya berwarna kecoklatan sehingga menambah nuansa manis pemandangan alam di sekitar. Ketika berkunjung, akan terlihat pula deretan gunung-gunung dari kejauhan.

Terdapat berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung selama di pantai ini. Di antaranya area parkir kendaraan, kamar mandi, warung makan, tempat istirahat dan lainnya.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor. Terkait panduan, cobalah dengan Google Maps.

Pantai Tulungagung yang bisa diakses mobil ini menawarkan kemudahan akses. Memakai kendaraan pribadi memang memiliki kelebihan tersendiri ketika mengunjungi tempat wisata.

Meski demikian, tidak ada salahnya juga jika ingin datang menggunakan kendaraan umum. Tips saat berwisata ke pantai ini aialah mempersiapkan berbagai keperluan.

Seperti membawa bekal air minum, makanan, perlengkapan mandi, baju ganti dan lainnya.

Selain itu, Anda bisa membawa barang-barang tambahan seperti sunblock agar terlindungi dari sengatan sinar matahari.

18. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Foto : https://www.instagram.com/djecko_1979/

Pantai berikutnya ini bernama Kedung Tumpang. Tidak kalah menarik untuk dikunjungi karena pesona alamnya yang menakjubkan.

Pantai ini berlokasi di Desa Puncanglaban, Tulungagung. Bagi Anda yang ingin berkunjung bisa mengakses dari kota terdekat seperti Kediri dan Blitar.

Jika ditelusuri, maka akses termudah bisa dilalui dari Blitar menuju Tulungagung. Daya tarik objek wisata ini bisa dilihat dari karang-karang dan tebing terjal di sekitarnya.

Oleh karena itu pula, disarankan untuk datang ke lokasi ini menggunakan kendaraanpribadi berupa sepeda motor. Apabila menggunakan mobil, maka harus melanjutkan perjalanan lagi dengan jarak cukup jauh.

Untuk bisa sampai ke pantai, Anda juga akan menyusuri medan cukup berat karena curam. Namun, semua rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan saat sampai di pantai.

Pesonanya siap memanjakan mata dan membawa suasana liburan nan eksotis. Laut bernuasa biru dengan perairan luas sejauh mata memandang akan menjadi kesan tersendiri.

Tebing-tebing di pantai ini juga membentuk kolam dan berisikan air laut yang jernih. Warna tebing coklat keemasan berpadu dengan objek lainnya menghasilkan pemandangan nan indah.

Terdapat banyak kolam air laut yang bisa ditemukan. Bahkan Anda juga bisa berendam di kolam tersebut.

Usut punya usut, ternyata kolam ini terbentuk karena adanya proses erosi yang menyebabkan bebatuan menjadi cekung. Kemudian setelahnya terisi oleh ait laut sehingga tampaklah layaknya kolam.

Terdapat pula tumbuhan-tumbuhan lumut di dalam kolam sehingga tampak cantik berpadu dengan jernihnya air.

Meski demikian, aktivitas berenang di dalam kolam ini harus dilakukan ketika ombak pantai sedang tenang. Hal ini dilakukan demi keselamatan.

Oleh sebab itu, perhatikanlah dengan seksama kondisi air laut sebelum melakukan aktivitas di pantai ini.

Jarak pantai Kedung Tumpang dari Tulungagung sekitar 35 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Jika kondisi lalu lintas lancar. Agar mudah menemukan pantai ini, Anda bisa menggunakan alat bantu GPS.

19. Pantai Sidem

pantai sidem
Foto : https://www.instagram.com/lely.rachmaawati/

Saat datang berkunjung ke Tulungagung, Anda bisa mampir ke Pantai Sidem. Pesona keindahan destinasi yang satu ini tidak kalah menarik.

Ketika sampai di lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan jajarang pohon kelapa di bagian tepi pantai. Sebelum sampai ke tepian pantai, Anda akan melihat pemandangan hutan jati di sepanjang jalan.

Hal menarik yang bisa dirasakan di sini adalah udara tetap sejuk meskipun siang hari. Hal ini dikarenakan di sekelilingnya dipenuhi dengan tumbuhan hijau.

Oleh karenanya, nuansa alami dan asri akan membersamai Anda selama bekunjung ke pantai ini. Pasir berwarna kecoklatan menambah nuansa eksotis yang dihadirkan.

Air laut di sini tampak biru sehingga menambah keindahan nuansa bahari. Aspek kebersihan di pantai ini juga masih terjaga sehingga semakin menunjang kenyamanan saat bekunjung.

Dengan begitu, Anda pun disarankan untuk tetap menjaga kebersihan selama berada di lokasi wisata. Pemandangan lain yang akan dilihat selama berada di pantai ini adalah para nelayan mencari ikan.

Aktivitas ini semakin membuat Anda bisa merasakan nuansa alam yang begitu memukau. Di sepanjang pantai ini terdapat industri rumah tangga.

Ternyata, Pantai Sidem ini juga digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi yang dihasilkannya mencapai 30 Megawatt.

Apabila Anda menelusuri lebih jauh, maka akan ditemukan pemandangan batu karang di sekeliling laut. Cobalah memandang dari berbagai sudut di pantai ini untuk melihat beraneka ragam keindahan dari objek alam yang ada.

Lantas, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini? Salah satu kegiatannya adalah menggelar tikar sembari berjermur dan menikmati suasana alam nan segar.

Anda juga bisa bermain dengan membuat istana pasir di sini. Selain itu, berfoto-foto di sekirat pantai juga jangan sampai dilupakan sebagai kenang-kenangan.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi air pantai ini bisa memilih berenang. Dengan catatan, Anda tetap harus berhati-hati dan pandai berenang.

Perhatikan terlebih dahulu kondisi ombak, air pantai dan cuaca sebelum memutuskan berenang. Jika dirasa aman, maka Anda bisa lanjutkan.

Agar aman, Anda bisa memilih bermain air di pinggir pantai saja. Di pantai ini terdapat fasilitas di antaranya seperti parkiran luas yang bisa menampung banyak kendaraan.

Anda juga biisa menemukan rumah makan dengan harga cukup terjangkau di sini. Tempat istirahat, toilet dan beberapa fasilitas lainnya juga tersedia.

Pantai ini buka 24 jam setiap harinya. Harga tiket masuk Rp.3000 per orang. Jika membawa kendaraan berupa motor, akan dikenakan biaya tambahan Rp.1000.

Sementara, jika membawa kendaraan berupa mobil akan dikenakan biaya tambahan Rp.2.000. Apabila diperhitungkan, memang cukup terjangkau sehingga tidak begitu menguras kantong.

20. Pantai Semrawang

pantai semrawang
Foto : https://www.instagram.com/wildanachmad_/

Selanjutnya ada Pantai Semrawang yang juga menarik untuk dikunjungi saat berada di Tulungagung. Tempat ini memang belum banyak diketahui banyak orang sehingga termasuk salah satu hidden gems.

Wisata ini berada di area Pantai Brumbun yaitu Desa Besole, Besuki. Akses menuju lokasi ini memang belum memadai sehingga butuh perjuangan untuk bisa sampai ke sana.

Anda yang berkunjung harus melewati rerumpuran liar dan jalanan berbatu apabila ingin ke tempat ini. Meski demikian, medan ini bisa menjadi tantangan sekaligus ajang petualangan tersendiri bagi Anda yang menyukainya.

Usai berpetulang dengan jalanan menantang, Anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang memesona. Pemandangan tebing batu menakjubkan berpadu dengan air laut nan biru akan menjadi kesatuan menarik dipandang.

Bagi Anda yang berniat untuk berburu foto-foto ciamik, tempat ini cocok untuk dijajal. Ada banyak lokasi dan angle foto keren di lokasi ini.

Selama berwisata, dianjurkan untuk tetap berhati-hati karena bisa saja ada ombak besar sewaktu-waktu. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman dikarenakan belum ada warung di area wisata.

Menikmati suguhan alam menakjubkan di pantai ini akan merefresh pikiran sejenak dari hiruk pikuk beban pekerjaan. Anda akan merasakan sensasi layaknya sedang berada di privat beach.

21. Pantai Gladak

pantai gladak
Foto : https://www.instagram.com/hamba_alloh1/

Destinasi wisata Pantai Gladak juga menjadi salah satu yang recommended untuk didatangi. Pantai ini berada di Desa Ngrejo, Tanggunggunung.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih nan luas. Tempat ini masih jarang dikunjungi sehingga keasriannya masih terjaga.

Anda disarankan untuk membawa kendaraan pribadi sepeda motor untuk datang berkunjung ke sini. Akses menuju lokasi terbilang cukup menantang sehingga perlu perjuangan ekstra.

Sebaiknya, Anda mempersiapkan stamina sebaik mungkin sebelum memulai perjalanan. Beberapa gambaran track yang dilalui yaitu naik turun, tikungan.

Oleh karenanya, kalaupun menggunakan sepeda motor, pilihlah non matic. Anda disarankan berkunjung pada musim kemarau agar kondisi jalanan lebih aman.

Apabila berkunjung di musim hujan, maka kemungkinan besar jalanan akan berlumpur sehingga lebih sulit ditempuh. Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam penuh keindahan.

Pemandangan lautnya tampak membiru dan bersih sehingga memberikan nuansa alam begitu memikat. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, termasuk berburu foto-foto ciamik untuk dijadikan koleksi.

22. Pantai Ngepor

pantai ngepor
Foto : https://www.instagram.com/tadabbur_adventure/

Pantai jawa timur Tulungagung berikutnya yang tidak kalah eksotis dan indah adalah Ngepor. Wisata ini berada di Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung.

Untuk bisa mencapai lokasi wisata, Anda bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Pantai Ngepor sendiri buka selama 24 jam sehingga Anda bisa lebih leluasa menentukan waktu kunjungan. Jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sehingga ada baiknya Anda memastikannya.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan selama di Pantai Ngepor. Salah satunya adalah duduk bersantai menikmati semilir angin dan menyaksikan pemandangan sekitar nan indah.

Selain itu, bagi yang hobi dunia fotografi, bisa memanfaatkan pantai ini sebagai objek menarik. Agar aktivitas wisata menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa membawa bekal dan menyantapnya selagi di tempat ini.

23. Pantai Nglarap

pantai nglarap
Foto : https://www.instagram.com/santo_aras/

Tidak kalah memesona dengan pantai-pantai sebelumnya, kali ini ada Nglarap yang bisa Anda jadikan destinasi wisata. Alamatnya baerada di Desa Keboireng, Besuki, Tulungagung.

Apabila dilihat dari segi lokasi, Pantai di Tulungagung yang bagus ini memang cukup susah untuk dijangkau. Hal ini dikarenakan lokasinya cukup tersembunyi.

Posisinya dekat pantai Klatak. Oleh karena itu, Anda bisa berkunjung ke dua tempat sekaligus apabila sedang mengunjungi salah satunya.

Untuk bisa menemukan Pantai Nglarap, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps agar tidak keliru. Layaknya tempat wisata alam pada umumnya, keindahan yang ditawarkan memang menonjolkan sisi alami.

Bagi Anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan dan duni kerja, bisa sejenak melepaskannya di Pantai ini. Selain itu, Anda bisa mencoba menggelar tikar dan duduk bersantai ala-ala piknik di lokasi ini.

Perpaduan view perairan pantai dan pepohonan di sekitarnya mampu menghadirkan kesan yang begitu asri. Anda bisa menjadikannya sebagai spot untuk berburu foto-foto ciamik nan keren.

Pasir pantai ini juga terlihat eksotis sehingga mampu memanjakan mata yang melihatnya. Anda bisa memilih bermain pasir pantai sembari menikmati suara deburan ombak.

Meski begitu, Anda disarankan untuk tetap berhati-hati dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di sekitar wisata.

Demikian informasi mengenai pantai Tulungagung, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 16 =