Pantai Galesong merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di Sulawesi Selatan. Bahkan, pantai ini tergolong elite karena menawarkan beragam wahana hingga akomodasi penginapan dalam satu kawasan.

Seperti kita tahu, pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang paling nyaman untuk dikunjungi saat ingin menjernihkan pikiran. Deburan ombak pantai memang tak pernah gagal membuat isi kepala menjadi lebih tenang.

Apalagi Pantai Galesong menawarkan harga tiket masuk yang cukup terjangkau walaupun tergolong wisata elite. Dengan begitu, Anda bisa merasakan liburan mewah tanpa keluar terlalu banyak budget.

Harga Tiket Masuk Pantai Galesong

harga tiket masuk pantai galesong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111752605174551858874

Harga tiket masuk ke Galesong Beach bisa dibilang sangat bersahabat, namun berbeda antara weekday dengan weekend. Pada hari Senin sampai Jumat, harga tiket masuknya adalah Rp30.000 per orang, sedangkan Sabtu dan Minggu Rp40.000.

Selain membayar tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya tambahan saat ingin menggunakan wahana yang ada di sana. Jangan jadikan harga di atas sebagai patokan pasti karena pengelola bisa menaikkan harga sewaktu-waktu.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat pantai galesong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101421146945464548847

Pantai Galesong beralamat di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Akses jalan menuju pantai ini sudah sangat mudah, bisa dilalui oleh motor maupun mobil, bahkan kendaraan besar.

Pantai ini hanya berjarak sekitar 26 Km dari pusat kota Takalar atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit saja. Sesampainya di area parkiran Anda akan dibuat takjub dengan bangunan menyerupai istana yang merupakan penginapan atau hotel Pantai Galesong.

Untuk rutenya, dari pusat kota Makassar ambil arah ke selatan dengan jarak sekitar 17 Km. Sementara itu, jika berasal dari Losari Anda tinggal mengambil arah selatan melalui Jl, Metro Tj. Bunga sejauh kurang lebih 15 Km.

Sesampainya di Desa Tamalate, lanjut belok kiri sekitar 400 meter untuk sampai ke lokasi Pantai Galesong. Jika Anda masih bingung, silahkan manfaatkan aplikasi canggih penunjuk jalan Google Maps.

Fasilitas

fasilitas pantai galesong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107690229331630741293

Pada mulanya, Pantai Galesong memang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat luas sehingga pengunjungnya tidak terlalu ramai. Namun setelah dilakukan perbaikan dan penambahan fasilitas, pantai berhasil berkembang menjadi destinasi wisata yang menarik.

Pantai Galesong menggabungkan konsep resort, hotel, kolam renang, dan outbond yang membuatnya sangat cocok dijadikan tujuan wisata keluarga. Selain itu, ada juga gazebo atau pondok-pondok kecil yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Apabila Anda ingin bermalam di sana, biaya sewa yang perlu dipersiapkan per malamnya adalah mulai Rp300.000 hingga Rp600.000. Dengan menginap di sana, Anda bisa menikmati sejuknya angin malam pantai dan suasana matahari terbit.

Bagi yang membawa kendaraan tak perlu khawatir karena pengelola pantai sudah menyediakan area parkir sangat luas. Bahkan, tempat parkirnya sudah dibagi menjadi beberapa sub-area untuk mempermudah pengunjung memarkirkan kendaraannya.

Anda pun tak perlu khawatir akan kelaparan karena di sana ada restoran yang menawarkan berbagai menu komplit. Bahkan, Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner seafood khas Makassar yang rasanya terkenal enak.

Jam Buka

jam buka pantai galesong
Foto : https://www.instagram.com/carnmantle/

Jam operasional Pantai Galesong Takalar adalah setiap hari selama 24 jam non stop. Jadi, walaupun datang saat tengah malam, Anda tetap bisa masuk ke area pantai ini.
Hal ini dikarenakan salah satu daya tarik pantai ini adalah terletak pada penginapannya.

Biasanya, pengunjung yang datang pada malam hari akan memilih singgah ke penginapan dulu baru ke pantai keesokan paginya.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai galesong
Foto : https://www.instagram.com/meynandaafifazhar/

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru saat berkunjung ke pantai ini, beberapa di antaranya adalah:

Berenang sambil Menikmati Panorama Laut

Anda bisa berenang di kolam renang sambil menikmati keindahan panorama laut di pantai ini. Pasalnya, kolam renang yang tersedia menghadap langsung ke pantai sehingga pasti akan sangat menyenangkan.

Berenang di Laut Dangkal

Jika punya nyali untuk berenang langsung di laut, Anda bisa mencobanya di pantai ini. Namun, usahakan jangan berenang terlalu jauh dari Pantai Galesong bintang karena petugas akan kesulitan dalam mengawasinya.

Memancing di Tengah Laut

Pernah menonton acara Mancing Mania di TV dan ingin merasakan sensasi yang sama? Pantai ini memfasilitasi pengunjung dengan Kapal Mancing untuk pengunjung yang ingin mencari ikan di tengah laut.

Biaya sewa kapal pancing ini adalah mulai Rp300.000 per 2 jam, sudah termasuk perlengkapan memancing yang bagus dan layak digunakan. Agar lebih hemat Anda bisa patungan bersama sahabat untuk menyewa kapal ini.

Menyewa Berbagai Wahana

Anda bisa mencoba semua wahana darat maupun darat yang seru-seru dengan menyewa mulai Rp5.000. Terdapat banyak pilihan wahana yang bisa digunakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai galesong
Foto : https://www.instagram.com/epiii.sa/

Agar liburan tetap aman dan berjalan sesuai harapan, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berkunjung ke Pantai Galesong Sampulungan berikut ini!

  • Jika memang Anda tidak berani berenang di laut dangkal, jangan sekali-sekali mencobanya. Anda bisa berenang di kolam renang yang tersedia sebagai alternatifnya.
  • Pantai ini menawarkan hampir 20 wahana permainan menarik, sehingga Anda harus bawa uang tambahan agar bisa menikmati beberapa di antaranya.
  • Jika Anda membawa anak kecil, pastikan untuk selalu melakukan pengawasan yang ketat agar terhindar dari bahaya.
  • Datanglah sedari pagi agar bisa lebih puas menikmati panorama pantai. Kalau perlu, Anda juga bisa datang dari malam dan menginap di penginapan yang tersedia.

Daya Tarik Pantai Galesong

daya tarik pantai galesong
Foto : https://www.instagram.com/andlands_photography/

Wisata Pantai Galesong menawarkan beberapa daya tarik yang berhasil membuat pengunjung terpikat, yaitu:

Kolam Renang

Salah satu hal yang membuat pantai ini berbeda dengan kebanyakan adalah adanya kolam renang. Biasanya, pantai lainnya pasti menawarkan keindahan pohon cemara atau pohon-pohon lainnya, bukan kolam renang.

Kolam renang di pantai ini seakan menjadi magnet yang membuat banyak pengunjung penasaran dan berdatangan ke sana. Kolam renang tersebut berada di bibir pantai sehingga berbatasan langsung dengan area pasir.

Lokasi ini juga sering menjadi spot foto favorit karena bisa menampilkan view kolam renang, jajaran gazebo, dan laut. Apalagi jika Anda berfoto bertepatan saat sunset, view langit jingganya akan membuatnya semakin instagramable.

Berbagai Wahana Permainan

Pantai ini menawarkan banyak sekali wahana permainan darat maupun air dengan keseruan yang berbeda. Untuk menikmati wahana-wahana tersebut Anda harus menyiapkan budget tertentu.

Beberapa wahana permainan daratnya antara lain adalah komedi putar, kora-kora, gokar, kincir putar, roller coaster, ATV, dan masih banyak lainnya. Sedangkan wahana permainan airnya meliputi perahu, jet ski, dan banana boat.

Penginapan dengan Interior yang Artistik

Daya tarik lainnya yang membuat pantai ini semakin terlihat mewah karena adanya penginapan dengan desain interior sangat artistik. Hotel tersebut mengusung gaya arsitektur Eropa yang klasik namun tetap modern.

Saat baru sampai, Anda akan disambut dengan lukisan-lukisan besar yang dipasang berderet di sepanjang dinding ruang utama. Menariknya lagi, hotel ini menghadap langsung ke pantai dan kolam renang sehingga tamu bisa menyaksikan sunset dari balkon.

Itulah informasi tentang Pantai Galesong beserta daya tariknya yang membuat semakin tidak sabar untuk berkunjung ke sana. Jika Anda ada rencana bertolak ke Sulawesi Selatan, jangan lewatkan pantai elit tersebut, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × three =