Oleh-Oleh Khas Aceh menjadi salah satu khas masing-masing daerah. Oleh-oleh tidak hanya berupa makanan ada juga souvenir dan juga masih banyak lagi.

Aceh yang merupakan kota islam paling tua di Asia Tengggara. Dengan demikian Aceh memiliki daya tarik tersendiri untuk bisa berkunjung di kota ini.

Ketika anda berkunjung tidak hanya nuansan islami yang dirasakan, tapi ada juga makanan khas Aceh yang bisa anda nikmati. Untuk lebih legkapnya silahkan untuk membaca paragraf selanjutnya.

Oleh-oleh Khas Aceh

1. Minuman Kopi Khas Aceh

Salah satu khas minuman yang bisa anda nikmati di kota Aceh. Anda mungkin yang sudah terbiasa ngopi tahu mana kopi yang berkualitas dan mana kopi yang hanya sekedar ngopi. Di Aceh ini anda bisa menemukan kedai-kedai di sepanjang jalan untuk ngopi.

bakpia aceh
Source : makanajib. com

Nah, Salah satu olahan kopi yang terkenal yaitu kopi Sanger. Minuman kopi dengan campuran susu yang bisa di kenal dengan kopi tarik. Walaupun penampilannya biasa, tapi rasanya luar biasa.

Selain anda bisa ngopi di Aceh, anda juga bisa membawa pulang pulang kopi. Nah kopi yang cocok untuk di bawa pulang adalah kopi Gayo. Salah satu kopi primadona, kopi khas Aceh Tamiang yang bisa anda temukan di kota ini.

Salah satu tempat yang coock untuk membeli kopi Gayo ini yaitu daerah ulee Kareng di jalan Lamreung. Kopi yang di jual ini sesuai dengan kualitas dari kenikmatanya. Untuk pecinta kopi silahkan mampir ke tempat ini.

2. Aneka Kue Khas Aceh

Selain minuman dan juga aneka kue yang bisa anda gunakan untuk oleh-oleh keluarga di rumah yaitu Bakpia Aceh. Mungkin yang terlintas di benak anda adalah bakpia khas Yogyajakarta bukan? Ya memang bakpia Aceh juga memiliki tekstur yang sama.

bros khas aceh
Source : www. negerikuindonesia. com

Bakpia yang di jual di Aceh ini juga tidak kalah dengan bakpia yang djual di Jogja. Rasa yang di sajikan tentunya berbeda.

Selain anda bisa membeli bakpia. Anda juga bisa melihat langsung pabrik pembuatannya. Untuk lebih mudahnya anda bisa membelinya di toko yang berada di dekat Masjid Baiturrahman.

Tunggu, sedang memuat. . .

Selain itu anda juga Kue Bhoi salah satu Makanan Khas Aceh yang bisa di bawa pulang. Kue ini memiliki berbagai macam bentuk, seperti halnya bunga, ikan dan juga berbagai jenis binatang lainnya.

Biasanya kue ini di jadikan sebagai hantaran untuk masyarakat Aceh pada pernikahan dan juga kelahiran. Untuk mmbuat kue ini memiliki teknik tersendiri, jadi tidak bisa sembarang orang bisa membuatnya.

3. Makanan Khas Aceh

Selain kue anda juga bsia menikmati Oleh-Oleh Khas Aceh Murah di sepanjang kota. Makanan ynag menjdi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan.

oleh oleh khas aceh terbaru
Source : menumasakanusantara. blogspot. co .id

Kembang Loyang adalah salah satu jenis makanan yang memiliki tekstur renyah, bentuknya hampir menyerupai bunga. Biasanya makanan ini bisa anda temukan saat anda berkujung ke tempat saudara di Aceh.

Anda bisa menemukan berbagai toko yang menjualnya di sepanjang kota Aeh. Kemasan sederhana dan juga tidak berat ini akan membantu anda untuk lebih mudaha membawanya pulang.

Baca Juga >> 10 Oleh-oleh Khas Balikpapan

4. Aneka Souvenir Aceh

Selain berbagai makanan anda juga bisa menemukan souvenir khas aceh yaitu Bros Khas Aceh. Salah satu aksesoris kerudung yang akan mempercantik tampilan kerudung anda.

oleh oleh khas aceh murah
Source : steemit .com

Bros bisa anda temukan di toko jilbab ataupun di toko aksesoris jilbab. Sayang sekali jika anda melupakan buah tangn yang satu ini. Tentu model yang disajikan berbeda dengan yang biasanya anda lihat.

5. Sarung Khas Aceh: Ija Kroeng

Aceh yang merpakan salah satu kota islam tertua di Indonesia juga identik dengan yang namanya sarung. Tradisi membawa sarung ini sudah turun temurun sejak Zaman Kerajaan Aceh sampai pada abad ke 17.

makanan khas aceh
Source : andriasabarino. wordpress. com

Pemakaian sarung ini biasanya digunakan untuk berbagai event seperti halnya pakaian untuk usia, gender, kasta dan juga lintas kasta. Sarung tidak hanya digunakan oleh kaum lelaki saja, tapi kaum perempuan juga bisa memakai sarung.

Nah, kain sarung yang terkenal di Aceh yaitu kain sarung ija Kroeng. Tempat Oleh-Oleh Di Aceh ini yatiu di jalan Residen Danu Broto No. 13 Geuceu Kayee Jati, Kecamatan Baiturraman Aceh.

6. Pelengkap Sarung: Kopiah Riman

Bagi kaum adam, peci menjadi salah satu tradisi Indonesia yang digunakan untuk acara tertetu. Salah satu kopiah yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu kopiah Riman.

souvenir aceh
Source : www. acehtourism. info

Kopiah ini pertama kali dikenalkan pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Sekarang kopiah Riman banyak diproduksi di purmahan. Jika anda berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk maapir membeli kopiah Riman sebagai pelengkap sarung ija Kroeng untuk kaum lelaki.

7. Kopiah Yang Menjadi Souvenir Menarik: Kupiah Meukeutop

Selain anda bisa membawa pulang kopiah Riman anda juga bisa membawa pulang kopiah Maeukeutop. Jika kopiah Riman ini digunakan untuk melengkapi sarung Ija Kroeng, kopiah Maeukeutop digunakan untuk melengkapi pakain adat di Aceh.

tempat oleh oleh di aceh
Source : steemit. com

Kopiah Maeukeutop ini tidak hanya menjadi pakaian adat di Aceh. Kopiah tersebut juga memiliki sejarah tersendiri. Pada saat ini anda bisa membawa kopiah ini untu souvenir yang menarik.

Baca Juga >> 10 Oleh Oleh Khas Ambon Maluku Yang Menarik Untuk Dibeli

8. Songket Aceh

Salah satu kerajinan tangan yang dikenal di Aceh yaitu kain Songket. Kerajinn ini sebenarnya berasal dari Desa Siem kecematan Darussalam, kabupaten Aceh Besar. Kain songket ini digunakan untuk pakaian dan pelengkap kopiah Maeukeutop.

oleh oleh khas aceh terbaru
Source : wisatadirektori. com

Selain itu kain songket ini juga bisa digunakan untuk hiasan dinding, meja dan hiasan lainnya. Pengusaha yang menjual ini sudah bisa memasarkan kain songket ini di dalam negeri dan jug luar negeri.

9. Kaos Berslogan

Oleh-Oleh Khas Aceh Terbaru yang sudah menjadi tren di era digital. Kain berslogan ini sengaja di beli untuk oleh-oleh.

bakpia aceh
Source : www. tribunnews. com

Selain di kota Aceh di berbagai daerah lainnya juga sering menyediakan kos berslogan. Anda bisa menemukan produk ini di toko “Mr. Piyoh”.

Selain anda menemukan kaos berslogan, di toko ini juga menyediakan berbagai oleh-olah lainya. Seperti halnya mug, gantungan kunci, boneka, dan berbagai produk menarik lainya.

10. Perhiasan Unik Khas Aceh: Lambang Pinto

Penggemar perhiasan tradisional ini tentu sudah mengenal yang namanya Pinto Aceh. Salah satu perhisan tradisional ini sudah populer sejak tahun 1935

oleh oleh khas aceh murah
Source : acehtourismguide. blogspot. co .id

Untuk anda pecinta perhiasan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh yang satu ini. Biasanya produk ini digunakan untuk perhiasan sanggul, kalung, cincin, suba gelnag, jepira emas dan juga peniti.

Dengan berkembangnya jaman, sekarang anda dapat menemuakannya di berbagai produk yang lainya. Seperti halnya jilbab, kursi, meja, undangan kaos, kemeja, bagian bawah celana kebaya, tas, dompet, dll.

Baca Juga:

Maps Oleh-oleh Khas Aceh

Untuk yang ingin melihat lokasi-lokasinya bisa melihatnya di Maps berikut :

Demikian tadi beberapa oleh-oleh khas Aceh yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga yang di rumah. Berbagai macam Oleh-oleh yang disediakan ini lengkap.

Selain makanan yang memang sudah menjadi tradisi setiap daerah tersedia juga berbagai souvenir lainya seperti halnya bros dan tas.

Selain itu anda juga berbagi pakaian adat yang diguanakan untuk souvenir seperti halnya kopiah Maeukeutop. Anda jugs bisa membeli songket asli di sini. Tentuany kaulitasnya akan lebih terjamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here