Pulau Kenawa merupakan sebuah destinasi menakjubkan yang dapat anda masukan ke dalam list tujuan liburan selanjutnya. Wisata Sumbawa satu ini menawarkan sebuah pulau kecil yang meliputi padang rumput dan juga pantai menakjubkan untuk dijelajahi.

Area pada rumput Kenawa Island yang cukup luas biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk camping bersama orang-orang tercinta. Pemandangan di sekitar Kenawa Island terbukti ampuh bakal menghipnotis banyak pasang mata berkat keindahannya.

Jadi, ketika anda ingin bersenang-senang untuk ciptakan pengalaman menyenangkan, datanglah ke Pulau Kenawa Sumbawa. Namun sebelum datang kesini, ada baiknya simak dulu yuk ulasan menarik dibawah ini ya.

Daya Tarik Pulau Kenawa

daya tarik Pulau Kenawa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111808833311051437651

Destinasi Pulau Kenawa masuk dalam deretan wisata Sumbawa yang populer dan kerap jadi incaran banyak wisatawan. Hal ini terbukti dari tak pernah sepinya kehadiran banyak pengunjung, terutama saat musim-musim liburan.

Berkat sejumlah daya tarik alam yang dimiliki, menjadikan Kenawa Island sangat rekomended untuk anda explore. Padang rumput pada sebuah pulau kecil dengan harus menyebrangi lautan terlebih dahulu menjadi keunikan tersendiri.

Selain itu, aktivitas favorit yang kerap dilakukan pada wisata Pulau Kenawa ini adalah snorkeling. Keindahan bawah laut Pulau Kenawa masih sangat terjaga, terlihat dari terumbu karang dan juga ikan-ikan yang menghiasi.

Berenang pada pantai sekitaran pulau juga tak kalah favorit, karena airnya sangat jernih. Bahkan dari atas kita mampu melihat aneka biota laut yang berenang hanya dengan mata telanjang.

Namun bila anda tak ingin basah-basahan juga tidak masalah, sebab tak hanya keseruan itu yang ditawarkan. Anda bisa juga menanti terbenamnya matahari yang mempesona ketika sore menjelang malam hari.

Harga Tiket Masuk Pulau Kenawa

harga tiket masuk pulau kenawa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113306495168091659061

Setidaknya anda tak memerlukan terlalu banyak biaya untuk bisa bersenang-senang di Pulau Kenawa Sumbawa yang istimewa. Seperti halnya tiket masuk Pulau Kenawa yang tidak diberlakukan untuk para pengunjung.

Anda hanya perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk jasa penyebrangan, mengingat pulau ini berada di tengah lautan. Tersedia Kapal Fery yang biasa membawa para wisatawan yang akan liburan ke Kenawa Island.

Biaya penyebrangan ke Pulau Kenawa Island terbagi dalam beberapa kategori. Bla anda hanya berjalan kaki alias tidak membawa kendaraan sampai ke pulaunya maka tarifnya sebesar Rp20.000 per orang.

Beda lagi kalau anda membawa kendaraan, seperti halnya pesepeda motor yang dikenakan biaya sebesar Rp55.000. Sedangkan jika membawa serta kendaraan roda empat seperti mobil, maka biayanya menjadi Rp460.000.

Dan jika anda ingin berkeliling ke beberapa pulau di sekitaran Kenawa Island Sumbawa maka tarif sewanya sebesar Rp500.000. Bila anda ingin bermalam pada Penginapan di Pulau Kenawa juga tersedia dalam beberapa pilihan.

Ketentuan biaya pada wisata Pulau Kenawan di Sumbawa tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Jam Buka

jam buka pulau kenawa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105676275399098171372

Hingga kini belum ada jam operasional wisata baku yang berlaku di kawasan Pulau Kenawan. Meski begitu pulau ini bisa anda jelajahi ketika hari masih cerah ya, seperti misalnya pagi sampai dengan sore.

Namanya juga wisata alam pastinya harus dikunjungi ketika hari masih cerah, belum gelap karena datangnya malam. Begitu juga dengan kapal fery untuk penyebrangan ke spot utama Pulau Kenawan tidak beroperasi sampai malam hari.

Satu yang pasti, jika anda ingin datang kesini maka disarankan pada saat musiim kemarau agar lebih maksimal. Maka dari itu perhatikan dengan baik kondisi cuaca dihari dimana anda akan berwisata ke Pulau Kenawa Sumbawa.

Rute Lokasi dan Alamat

alamat dan rute lokasi pulau kenawa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107636390363280143836

Lokasi Pulau Kenawa berada di kawasan dengan luas keseluruhan areanya mencapai 13,8 hektare. Sedangkan untuk garis pantainya membentang sepanjang kurang lebih sekitar 1,73 km.

Padang rumput mendominasi daratan Pulau Kenawa Sumbawa yang jika diamati hampir lebih dari sebagian luas pulaunya. Sekitar ¼ pada garis pantai berpasir putih ini ditutup oleh vegetasi mangrove yang menawan.

Keberadaan pulau eksotis ini cukup jauh dari pusat kota yang dalam hal ini adalah kawasan kantor Bupati Sumbawa Barat. Jaraknya sekitar 28 km melalui jalan darat yang terbilang mudah di akses semua kendaraan.

Lebih lengkapnya, alamat Pulau Kenawa terletak di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Anda bisa menggunakan maps dibawah ini agar laju kendaraan ke wisata Pulau Kenawa tanpa hambatan.

Fasilitas

fasilitas pulau kenawa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107839258328669786059

Menjadi wisata unggulan di daerah Sumbawa, Pulau Kenawa didukung dengan berbagai sarana prasarana memadai. Dibawah ini beberapa fasilitas Pulau Kenawa yang diantaranya adalah :

  • Area penitipan kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Jasa pemandu wisata
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Transportasi laut
  • Warung makan
  • Spot foto menarik
  • Dan masih banyak lagi

Nikmati serunya mengisi waktu libur dengan explore dan juga jalan-jalan di Kenawa Island yang memikat. Kebersihan di area pulaunya yang begitu terjaga semakin menambah kenyamanan bagi para pengunjung.

Buat liburan anda kali ini semakin berawarna dengan menjajal beragam keseruan yang ditawarkan. Keadaan pulau yang cukup sepi, membuat destinasi ini sangat cocok untuk anda relaksasi.

Buang semua kepenatan dalam diri anda dengan duduk santai, menyaksikan banyak pemandangan serta rebahan diatas pasir yang halus. Ciptakan pengalaman berkesan di Pulau Kenawa Lombok NTB yang memukau.

Spot Terbaik di Pulau Kenawa

spot terbaik di pulau kenawa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102940208422698507997

Suguhan panorama alam khas wisata bahari memungkinkan anda untuk menjadikannya latar belakang saat berswafoto. Kegiatan berfoto-foto tentu wajib dilakukan dalam rangka untuk merekam setiap keseruan yang tercipta disini.

Maka dari itu jangan lupa membawa kamera kemana saja anda akan pergi berwsisata. Baik itu bersama sahabat, teman komunitas, pasangan tercinta sampai dengan keluarga.

Anda bisa datang kesini ketika musim panas agar mendapatkan view pemandangan yang luar biasa sebagai bakcground fotonya. Keindahan lautan luas, hamparan pasir putih, serta pepohonan sekitar pulau merupakan spot terbaik di Kenawa Island.

Hasilkan foto yang instagenic dengan memanfaatkan landscape alami memanjakan mata. Setiap momen serunya harus terekam melalui foto dan juga video.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau kenawa
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106243014287575916344

Dari tips berkunjung dibawah ini bisa anda simak guna menambah referensi berwisata ke Pulau Kenawa.

  • Perkirakan waktu berkunjung anda dengan baik, seperti hindari datang ketika sedang musim penghujan.
  • Datang lebih awal, atau sejak pagi agar liburan anda disini lebih puas dan pastinya leluasa.
  • Anda bisa membawa penutup kepala seperti topi dan payung, jika suasana siang hari Pulau Kenawa terlalu terik.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan area wisata Kenawa agar tetap bersih, asri dan enak dipandang.
  • Utamakan selalu keselamatan diri anda sendiri dan juga orang-orang disekitar dengan tetap berhati-hati.
  • Jangan dulu kembali pulang sebelum sore hari, sebab sunset Pulau Kenawa amat sangat cantik untuk dinikmati.
  • Tak perlu berfikir dua kali untuk datang kesini, sebab biaya ke pulau kenawa terbilang ekonomis.

Ketika anda memutuskan akan berlibur ke Nusa Tenggara, maka cobalah untuk singgah ke Kanawa Island Sumbawa. Saat hari libur telah tiba, maka Pulau Kenawa ini sangat rekomended untuk ciptakan kesan bahagia dalam berwisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − fourteen =