Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu wisata sejarah paling populer di Yogyakarta yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tempat wisata Jogja ini juga lebih dikenal dengan sebutan Monjali, yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Monjali Jogja ini merupakan sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dimana rata-rata pengunjungnya adalah para pelajar dalam acara darmawisata. Bentuk bangunannya yang kerucut membuat Museum Monumen Yogya Kembali ini sangat ikonik dan tak boleh anda lewatkan berbagai keseruannya.

Menyaksikan secara lebih dekat benda-benda koleksi seperti relief, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, dan bentuk evokatif dapur umum. Saat anda berada di Yogyakarta, destinasi wisata yang syarat makna ini jangan sampai terlewatkan ya.

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

harga tiket masuk monumen jogja kembali
Foto : harga tiket masuk monumen jogja kembali

Nama Yogya Kembali sendiri dipilih dengan tujuan sebagai tetenger atau pengingat akan peristiwa sejarah. Ditariknya tentara pendudukan Belanda dari Ibu Kota Yogyakrta sekitar pada bulan Juni tahun 1949.

Sejarah monumen Jogja kembali dapat anda telusuri lebih dalam pada saat menjadikan museum ini sebagai tujuan liburan selanjutnya. Melihat secara langsung beberpa penginggalan-peninggalan masa lalu yang menyimpan banyak cerita menarik di dalamnya.

Untuk bisa explore Museum Jogja hits ini maka tidak diperlukan biaya yang terlalu banyak, sebab murahnya tiket masuk. Harga tiket masuk Monumen Jogja Kembali sangat terjangkau, yakni hanya Rp15.000 saja per orangnya.

Dengan biaya yang ekonomis ini tentunya menjadi salah satu hal mengapa wisata Monjali di Jogja tak pernah sepi dari wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan banyak juga pengunjung dari mancanegara yang sengaja datang untuk rekreasi disini.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi monumen jogja kembali
Foto : https://www.instagram.com/fajarnasution/

Lokasi Monumen Jogja Kembali berada di kawasan yang sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya utama. Sehingga museum Jogja satu ini sangat mudah sekali ditemukan dijangkau dari berbagai arah kedatangan anda.

Memiliki luas area bangunan kurang lebih 49.000 meter persegi, dengan bentuk bangunannya yang mengerucut seperti gunung. Museum yang dibangun pada Juni 1985 ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna.

Alamat Monumen Jogja Kembali sendiri terletak di Jl. Ring Road Utara, Dusun Jongkang, Desa Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari Alun-Alun Kota Sleman untuk menuju Monjali ini maka diharuskan menempuh jarak sejauh 4,6 km. Cukup dekat, karena hanya membutuhkan waktu perjalanan selama 9 menit saja.

Gunakan maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan liburan anda bersama orang-orang tercinta ke Monumen Jogja Kembali. Dengan petunjuk akuratnya akan mengantarkan anda langsung ke lokasi tanpa harus kesulitan selama dijalan.

Jam Buka

jam buka monumen jogja kembali
Foto : https://www.instagram.com/backpackermedhok/

Adapun untuk jam operasional wisata museum yang berlaku di Monumen Jogja Kembali yang perlu anda ketahui sebelum datang kesini. Terbuka untuk umum pada hari Selasa sampai dengan Minggu, Senin tutup ya.

Dan Monjali beroperasi pada pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sebaiknya datanglah lebih awal agar bisa eksplorasi dan jelajah lebih maksimak di Monumen Jogja Kembali.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan
Foto : https://www.instagram.com/priliprilia92/

Berkunjung ke Museum, tentu kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat setelahnya. Jalan-jalan ke masa lampau guna mengenal lebih dalam tentang sejarah sekaligus menambah pengetahuan dan informasi.

Disamping itu berwisata edukasi ke museum bisa juga sebagai referensi visual serta mendapatkan perspektif/sudut pandang dari sisi yang berbeda. Yang jelas, mengisi waktu senggang dengan singgah dan berkeliling museum, maka banyak efek positif yang didapat.

Datang ke Monjali sendiri khususnya, maka kita dapat menyaksikan aneka ragam koleksi-koleksi unggulan di Monumen Jogja Kembali. Dan berikut koleksi unggulan di Monjali yang dapat anda temukan, diantaranya :

  • Replika pakaian militer, laskar wilayah, berbagai jenis pakaian tentara, tentara pelajar, polisi istimewa, gerilyawan, dan masih banyak lagi.
  •  Berbagai jenis senjata api hasil rampasan. Yang dahulu diperoleh dari para serdadu Belanda ketika masa perang kemerdekaan.
  • Diorama Soeharto, yang menampilkan situasi ketika merencanakan taktik penyerangan Serangan Umum 1 Maret.
  • Tandu dan dokar Jenderal Soedirman, yang dipakai ketika bergerilya melawan Belanda di Yogya, Madiun, sampai dengan Kediri.

Disini juga anda akan menemukna tulisan mengenai 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS). Yang dimana kejadian tersebut berlangsung antara tanggal 19 Desember 1948 hingga 29 Juni tahun 1949.

Selain itu masih ada juga benda-benda koleksi masa lampu lainnya seperti relief, replika, foto, dokumen, heraldika, dan berbagai jenis senjata. Hingga bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan pada tahun 1945 – 1949.

Datang juga ke –> Bukit Lintang Sewu

Spot Foto Terbaik

spot foto terbaik di monumen jogja kembali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105721833603435265876

Kegiatan berswafoto tentu menjadi hal yang tak boleh anda lewatkan selama berwisata dan rekreasi di Monumen Jogja Kembali. Disini anda akan menemukan banyak sekali sudut-sudut apik yang bisa dimanfaatkan sebagai background foto.

Bentuk bangunan Monjali yang ikonik tentu tak boleh anda lewatkan sebagai latar belakang ketika selfie maupun foto bersama. Selain itu masih banyak lagi spot-spot menarik di Monjali untuk anda jadikan latar belakangnya

Hasilkan foto instagenic pada spot terbaik di Monumen Jogja Kembali yang anda temui guna merangkum semua momen seru selama berwisata. Ciptakan liburan yang berkesan dan sulit terlupakan dengan jalan-jalan dan bersenang-senang di Monjali.

Abadikan momen sebanyak-banyaknya ke dalam foto maupun video singkat selama disini ketika berlibur bareng keluarga dan orang-orang tercinta.

Kunjungi juga –> Pantai Parangtritis

Fasilitas

fasilitas monumen jogja kembali
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106254788980686146276

Termasuk dalam wisata Jogja populer yang selalu menjadi tujuan utama pelancong dari luar daerah untuk liburan. Telah didukung dengan berbagai sarana memadai yang akan menunjang setiap kegiatan dan aktivitas wisatawan.

Dan berikut fasilitas Monumen Jogja Kembali yang antara lain meliputi :

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Tour guide profesional
  • Kamar mandi / toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Gedung Auditorium
  • Taman
  • Area bermain anak
  • Cafetaria kantin
  • Kios souvenir
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya mengisi waktu akhir pekan dan musim liburan dengan menjelajahi beragam keunikan di Monumen Jogja Kembali.

Review sebelumnya –> Pantai Glagah

Tips Berkunjung

tips berkunjung monumen jogja kembali
Foto : https://www.instagram.com/alivikry/

Berikut tips berkunjung ke Monumen Jogja Kembali yang bisa anda jadikan referensi tambahan sebelum berwisata bahagia.

  • Berwisata akan terasa lebih istimewa jika dilakukan pada saat hari cerah dan cuaca mendukung.
  • Sebaiknya datanglah lebih awal untuk bisa mendapatkan kesan liburan ke Monjali yang lebih maksimal.
  • Patuhi berbagai aturan serta ketentuan yang sudah menjadi ketetapan pengelola sebuah tempat wisata.
  • Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan selama liburan dan jalan-jalan agar semua aman serta nyaman.

Jadi demikian tadi ulasan singkat mengenai museum paling terkenal di Yogyakarta yakni Monumen Jogja Kembali. Wisata di Jogja satu ini sangat rekomended untuk anda coba kunjungi bersama teman, kerabat dan juga sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − thirteen =