Curug muncar temanggung – Temanggng merupakan sebuah kabupaten di jawa tengah yang kurang di kenal akan tempat wisatanya karena kurang promosi dari daerah maupun swasta.

Padahal temanggung ternyata mempunyai potensi wisata yang sangat bagus, seperti curug muncar di temanggung yang akan kita bahas. Curug muncar Temanggung ini belum begitu di kenal oleh wisatawan luar kota. Bahkan untuk wisatawan lokal sendiri pun banyak yang belum mengetahui curug tersembunyi ini.

Jadi pada saat anda sedang berada di Kota Tembakau Temanggung, wisata alam satu ini wajib banget untuk di explore keseruannya. Pesona alam tak terbatas bakal menjadi sajian utama Curug Muncar Jawa Tengah yang eksotis. Yuk segera jelajah indahnya alam Curug Muncar Temanggung pada saat hari libur maupun akhir pekan.

Lokasi Curug Muncar Temanggung

lokasi curug muncar
Foto : https://www.instagram.com/sixevohimod/

Untuk lokasi curug muncar sendiri berlokasi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Desa muncar yang terletak di kecamatan gemawang sendiri merupakan kecamatan terluar di temanggung yang berbatasan langsung dengan kabupaten semarang.  Dan dari pusat kota ke temanggung dapat di tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraan bermotro.

Akses Ke Curug Muncar

akses jalan menuju curug muncar
Foto : https://www.instagram.com/naufalherusatria/

Untuk akses ke curug muncar anda bisa memulai perjlanan dari pusat kota temanggung atau bisa juga dari alun-alun temanggung. Setelah sampai di alun-alun temanggung ambil jalan menuju ke Kecamatan parakan, jalan tersebut terletak di sebelah masjid agung temanggung.

Jalan Menuju ke parakan sama dengan jalan menuju kabupaten wonosobo yang terkenal dengan wisata dieng. Sesampainya di Kecamatan Parakan lalu ambil jalur menuju kecamatan gemawang dan di lanjutkan ke desa muncar.

Karena belum ada parkir wisata ke curug muncar anda bisa menitipkan kendaraan di rumah penduduk. Ataupun kantor kepala desa dan dilanjutkan dengan berjalanan kaki hingga curug muncar.

Perlu di ingat bahwasannya akses jalur utama menuju wisata alam Temanggung satu ini lumayan menantang. Didominasi oleh jalur menanjak mengingat keberadaan air terjun berada di wilayah pegunjungan.

Disampig itu jalanannya beberapa memiliki tikungan yang cukup tajam dan cenderung sempit. Penting bagi anda untuk menggunakan kendaraan yang dalam kondisi prima, sehat dan anti ngadat.

Selain itu juga anda musti berhati-hati dan ekstra waspada agar sampai dengan aman di Curug Muncar. Atau jika anda kesulitan dengan rute lokasi di atas bisa ikuti maps berikut via google maps berikut.

Jalur Menuju Air Terjun Curug Muncar

jalur ke Curug Muncar Temanggung
Foto : https://www.instagram.com/garpras__/

Karena curug ini lokasinya tersembunyi alangkah baiknya anda meminta bantuan penduduk sekitar untuk mengantar ke curug tersebut. Atau paling tidak anda membawa seorang teman yang memang paham jalannya.

Trek yang di lalui pun menurut kami sulit karena pertama harus melewati area persawahan penduduk. Lembah hingga menyusuri sungai dengan bebatuan yang licin. Namun setelah sampai di curug tersebut semua lelah dan perjuangkan terbayarkan. Dengan wisata alam curug yang sungguh indah dan masih sangat alami.

Harga Tiket Masuk Curug Muncar

harga tiket masuk curug muncar
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101777619137346803705

Mengisi waktu libur di Curug Muncar maka anda sama sekali tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Masuk dalam daftar wisata Temanggung yang low budget sehingga dijamin akan membuat kantong anda jebol.

Sejatinya Curug Muncar di Temanggung ini belum resmi menjadi tempat wisata. Maka dari itu perihal tiket masuk pun, wisata alam satu ini belum diberlakukan, alias gratis.

Sehingga bagi para pengunjung dipersilahkan untuk masuk tanpa harus membayar apapun. Anda hanya perlu keluar uang untuk membayar parkir di tempat anda menitipkan kendaraan, apabila anda petugasnya.

Menarik sekali bukan? Menyaksikan beragam pemandangan menawan tanpa membutuhkan uang sama sekali. Tak perlu berfikir dua kali untuk memilih Curug Muncar sebagai tujuan berwsiata anda selanjutnya.

Jam Buka

jam buka curug muncar
Foto : https://www.instagram.com/dheamartien_/

Bagi anda yang hendak explore Curug Muncar maka bisa datang kapan saja sesuai keinginan. Karena sampai pada hari ini belum ada jam operasional wisata resmi yang berlaku di Curug Muncar Temanggung.

Meski demikian, anda tetap harus memperkirakan waktu berkunjung serta kondisi cuaca dihari akan datang kesini. Musim panas adalah waktu terbaik berlibur di Curug Muncar tuk dapatkan kesan yang lebih maksimal.

Karena di musim tersebut tentu panorama sekitar sedang bagus-bagusnya. Dan air terjunnya pun sangat jernih juga segar. Beda hal jika anda datang kesini ketika musim penghujan.

Seperti curug kebanyakan, pada saat musim hujan air terjun berwarna coklat serta debitnya pun meningkat. Kurang disarankan datang ke Curug Muncar pada saat lagi sering turun hujan.

Selain memperhatikan kondisi cuaca, waktu berkunjung juga tak kalah penting. Jadi anda dapat liburan kesini pada saat pagi ataupun sore hari.

Karena di kedua waktu tersebut kondisi alam Curug Muncar lebih teduh dan udaranya segar. Cocok untuk bermain ataupun bersantai dalam rangka merileksasikan diri dibalik kesibukan sehari-hari.

Fasilitas

fasilitaas curug muncar
Foto : https://www.instagram.com/hanifsuryono/

Karena belum dikelola secara profesional, menjadikan di wisata ini belum didukung oleh sarana prasarana memadai. Bahkan kalau bisa dibilang, di Curug Muncar ini tidak ada fasilitas apapun.

Hanya sebatas tempat penitipan kendaraan, jalur pejalan kaki dan kamar mandi apa adanya. Namun tenang, meski dalam segi fasilitas terbatas itu semua tak akan mengurasi keseruan selama liburan disini.

Justru karena belum ada campur tangan manusia, membuat kawasan Curug Muncar ini sangat terjaga keasliannya. Sungguh indah dan mampu anda terbuai berkat panorama sekitar yang menakjubkan.

Maka dari itu saat anda berencana untuk berlibur disini, bisa dengan bawa bekal sendiri. Cukup membawa seperlunya dan jangan terlalu banyak, seperti untuk kebutuhan minum atau makanan ringan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug muncar
Foto : https://www.instagram.com/garpras__/

Demi berlangsungnya liburan menyenangkan di wisata alam Curug Muncar Temaggung, anda dapat menyimak tips berkunjung berikut ini.

  • Perhatikan kondisi cuaca di hari anda akan jelajah indahnya alam Curug Muncar Temanggung.
  • Anda bisa datang di pagi untuk dapatkan suasana sejuk, sunyi dan juga kesegaran udaran yang luar biasa.
  • Jangan datang terlalu sore karena ketika hari sudah gelap, disini belum ada penerangan sehingga cenderung berbahaya.
  • Jangan lupa sedia baju ganti apabila anda ingin bermain-main air curug Mucar yang menyegarkan.
  • Sebagai alternatif ganti pakaian sehabis bermain air, anda bisa membawa sarung, jika tidak menemukan ruang untuk ganti.
  • Jangan lupa bawa bekal sendiri, karena di area curugnya tidak ada warung atau penjaja jajanan.
  • Bawa kamera untuk bisa mengabadikan semua momen menyenangkan selama berada disini.
  • Wajib menjaga kebersihan di area curug dengan buang sampah ke tempatnya. Bila tak ada tempat pembuangan, lebih bijak jika sampah tersebut anda simpan sendiri bawa keluar sampai menemukan tempat.
  • Hati-hati dan utamakan selalu keselamatan sebagai point utama untuk liburan yang lebih bahagia.

Demikian tadi ulasan singkat tentang salah satu wisata Temanggung Jawa Tengah dengan suguhan pemandangan alam mengagumkan. Ingat, jangan datang sendiri kesini, karena dengan mengajak orang-orang tercinta sekitar anda dapat menciptakan pengalaman lebih berkesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 5 =