Kota Lama Semarang – Ada yang pernah berkunjung ke semarang? Ibu kota jawa tengah ini layaknya Jakarta yang daratannya lebih rendah daripada air lautnya.

Oleh karena itu. Rawan terkena rob dan juga banjir pada musim penghujan. Walau banyak bencana yang menyerang Namun, kota semarang tetap wajib anda masukan dalam daftar liburan anda.

Karena, disini anda akan disuguhkan dengan pesona masa lalu yang begitu kuat. Bangunan-bangunan tua serta kondisi dan suasana yang mencerminkan masa hitam putih. Kawasan tersebut adalah Kota Lama Semarang. Sampai saat ini kawasan ini masih berdiri kokoh dan menghadirkan pesona nan elok bagi siapa saja yang menikmatinya.

Banyak wisatawan yang menyebut kota lama semarang ini sebagai little netherland. Atau belanda kecil karena, bangunannya terinspirasi dari arsitektur belanda.

Maklum saja, kota ini memang menjadi saksi bagaimana jenderal belanda mendirikan pusat pemerintahannya dan dijadikan tempat masuk barang-barang komoditi yang dijual ke eropa.

Bila anda datang ke wisata Kota Lama Semarang, banyak sekali bangunan yang bisa anda jadikan latar belakang foto. Mulai dari gereja, bank, restoran, hingga kantor pos pun masih bergaya klasik belanda. Tidak heran bila malam minggu tiba, banyak wisatawan akan berdatangan dan menikmati semarang tempo dulu.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk Kota Lama Semarang
foto: https://www.instagram.com/malioboro_insta/

Untuk bisa menikmati berbagai pemandangan yang menawan disini. Anda tidak perlu membayar harga tiket masuk Kota Lama Semarang. Kawasan ini pula akan buka selama 24 jam penuh.

Jadi, sangat cocok bagi anda yang mungkin, hanya transit di sini menikmati bagaimana pesona Kota lamanya.

Datang juga ke –> Klenteng Sam Poo Kong Semarang.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat Kota Lama Semarang
foto: https://www.instagram.com/krt_aja/

Alamat Kota Lama Semarang terletak di Jalan Gelatik No. 35, Purwodinatan, Kecamatan semarang tengah, Kota Semarang, jawa Tengah. 50137.

Menuju ke kota ini anda bisa memilih 3 alternatif transportasi yaitu kereta api, Pesawat, dan juga bus. Dimana, jarak ketiganya tidak begitu jauh dengan titik lokasi.

Bila anda menggunakan kereta api. Ambil kereta yang berhenti di semarang Tawang. Karena, jarak dari stasiun menuju ke lokasi hanya 1,7 km atau 9 menit perjalanan.

Jalan menuju Kota Lama Semarang bisa melalui pengapon. Atau anda bisa naik bus trans semarang atau trans jawa tengah dengan harga kurang lebih 4 ribu rupiah.

Bila berangkat dari terminal bus terboyo. Jarak yang harus di tempuh kurang lebih 4,7 km dengan estimasi waktu kurang lebih 20 menit.

Rute menuju Kota Lama Semarang bisa melalui jalan kaligawe raya dan Jalan Raden Patah. Bila dari Bandara Ahmad Yani membutuhkan waktuu 25 menit dengan jarak 14,5 km.

Kunjungi juga –> Air Terjun Kali Pancur Semarang.

Menyusuri setiap sudut Kota Lama

wisata Kota Lama Semarang
foto:https://www.instagram.com/myteryo89/

Sekiranya, kurang afdol bila berada di kota semarang tidak menyusuri setaip sudutnya. Bagi anda yang ingin menikmati sensasi tuanya.

Maka berkunjunglah ke pusat informasi turis yang terletak di Jalan Branjangan atau berseberangan dengan Dream museum Zone. Ada penyewaan sepedha onthel yang akan membantu anda untuk mengelilingi setiap sudutnya,

Rutenya sudah ditentukan, anda juga bisa berhenti sejenak memasuki semua area gedung yang dilalui. Disini ada juga tour guide yang akan memberikan penjelasan lengkap tentang sejarah gedung-gedung tersebut. Menarik sekali bukan?

Lihat juga –> Water Blaster Graha Candi Semarang.

Sejarah Kota Lama

rute menuju Kota Lama Semarang
foto: https://www.instagram.com/aris_nugroho14/

Baiklah, kita kembali mundur ke beberapa tahun belakang terlebih dahulu dan melihat bagaimana sejarah dari Lokasi wisata Kota Lama Semarang ini.

Nah, kawasan ini di bangun pada tahun 15 januari 1678. Kala itu terjadi sebuah pemberontakan Trunojoyo. Salah satu yang berhasil menggagalkannya adalah Belanda. Sehingga, mataram berhutang budi kepada Belanda.

Sebagai imbalan, mataram memberikan pantai utara jawa kepada VOC. Kemudian, mereka membangun benteng yang diberi nama vijfhoek.

Awalnya benteng ini digunakan sebagai pemukiman. Lambat laut warga belanda semakin banyak hingga dibangunlah gedung dan perkantoran yang terletak di seberang benteng.

Fungsi dari benteng ini untuk kegiatan militer yang mempunyai  5 menara pengawas yang diberi nama Amsterdam, Ramsdonk, Utrecht, Bunschoten, Zeeland.

Selanjutnya, penduduk china yang semakin padat membuat pemerintahan kolonial memindahkannya di sebelah kompleks tempat tinggal belanda agar lebih mudah dalam melakukan pengintaian.

Hingga akhirnya peristiwa geger pecinan pun meletus. Dari kejadian tersebut VOC berhasil menguasai seluruhnya.

Kemudian, dibangun sebuah perbentengan agar perlawanan tidak dapat terulang kembali. Namun, pada 1824 perbentengan ini dibongkar karena tidak sesuai dengan perkembangan kota semarang.

Untuk mengenang pembuatan benteng ini dibangunlah nama-nama jalan yang saat ini sudah dirubah semuanya. Dari sinilah sejarah penyebutan litte netherland dimulai.

Review Sebelumya –> Candi Gedong Songo Semarang.

Kawasan Menarik di Area Kota Lama

jalan menuju Kota Lama Semarang
foto: https://www.instagram.com/aris_nugroho14/

Di sini ada beberapa kawasan menarik yang sangat sayang bila anda abaikan begitu saja. Ada gereja blenduk yang masih kokoh berdiri yang merupakan gereja tertua di jawa tengah. Kemudian, hadir juga Taman srigunting yang memenuhi ruang terbuka hijau.

Arsitekturnya cukup unik hadir pula jembatan yang bisa anda jadikan sebagai salah satu spot foto menarik. Selanjutnya ada 3D museum art yang berfungsi melengkapi kebutuhan selfie anda dengan berbagai macam gambar 3D sehingga, hasilnya terlihat sangat nyata.

Kemudian, ada semarang art tempo gallery. Dimana, anda akan disuguhkan dengan pesona kesenian lukis yang begitu menawan.. Ada puluhan karya seni, mulai dari seni lukis, foto, dan patung terpampang di tempat ini.

Terakhir yang bisa menjadi kunjungan adalah pasar klitikan semarang. Disini, tersedia semua kebutuhan barang-barang antik dengan harga yang cukup terjangkau.

Koleksinya memang menjadi unggulan para wisatawan untuk membeli dan memilikinya. Tetapi, jangan lupa untuk menawar harganya.

Lihat juga –> Brown Canyon Seamarang.

Penginapan Dekat Kota Lama

Lokasi wisata Kota Lama Semarang
foto: https://www.instagram.com/candiviewhotel/

Jalan-jalan menyusuri setiap sudut kota lama memang melelahkan. Untuk itu anda wajib mengunjungi salah satu penginapan yang letaknya tidak jauh dari objek wisata ini.

Penginapan tersebut adalah RedDoorz near kota lama semarang. Jaraknya menuju ke objek wisata hanya 13 menit dengan jalan kaki dan 23 menit bila menggunakan kendaraan pribadi. Atau juga bus.

Alamat dari penginapan ini terletak di Jalan MT. Haryono, No.84, Purwodinatan, Kecamatan semarng tengah, kota semarang, Jawa Tengah. Fasilitas yang diberikan cukup membuat anda merasakan kenyamanan luar biasa.

Kamarnya juga sangat bersih, kasurnya empuk dan pelayanannya super ramah. Bisa-bisa anda lupa kalau ini bukanlah rumah anda melainkan penginapan di dekat kota lama. Harga per malam per kamarnya mulai dari 250 ribu rupiah saja.

Bagi anda para backpacker yang ingin menikmati penginapan murah dan nyaman dengan tipe condominium dengan harga per malam mulai dari 70 ribu rupiah.

Maka, pilihannya adalah DS Residence. Jarak menuju ke objek wisata hanya 10 menit jalan kaki. Dan 24 menit menggunakan mobil. Letaknya berada di jalan layur No. 115, Dadapsari, kecamatan semarang utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Datang juga ke –> daftar 21 Tempat Wisata di Semarang terbaru paling rekomended.

Kota lama adalah kawasan wisata sejarah yang masih dirawat dengan sangat baik. Menjadi ikon dari kota semarang yang tidak akan pernah luntur walau termakan usia berapa ratus tahun pun. Pesonanya membuat siapa saja wajib datang dan wajib membawa kamera mumpuni. Agar kemegahan objek wisata ini bisa diabadikan melalui foto dan gambar.

Video Travel Vlog Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here