Oleh-oleh khas Bandung apa yang wajib dibeli? Tentunya ada beragam oleh-oleh dari kota kembang ini yang masih ngetop hingga detik ini.

Terletak sekitar 140 km tenggara dari ibu kota Indonesia terdapat sebuah kota yang terkenal. Kota tersebut mendapat julukan modis yaitu kota Bandung.

Bandung dikenal dengan istilah Paris van Java atau Paris of Java oleh Belanda. Karena di Bandung terdapat hotel mewah, restoran, butik dan kafe Eropa yang menjamur di daerah tersebut.

Maka dari itu, setiap ke Bandung, jangan lewatkan oleh-oleh dari Bandung. Berikut adalah ulasan mengenai tempat oleh-oleh di Bandung :

Oleh-oleh Khas Bandung

1. Rumah Mode

Meski ada banyak gerai pabrik di Bandung, outlet ini pastinya harus dikunjungi setiap wisatawan berkunjung ke Bandung.

makanan khas bandung
Source : www hargatiketwisatakita com

Rumah Mode memberikan kamu pengalaman berbelanja souvenir bandung kekinian dan cinderamata khas Bandung yang berbeda dibandingkan dengan mal di Bandung.

Tempat ini dirancang seperti taman., ada banyak merek internasional yang tersedia di sini seperti Zara, Abercrombie & Fitch, Mango, Billabong, H & M dan Gap.

Rumah Mode juga memiliki rumah makan sehingga Anda tidak akan kelaparan saat berbelanja. Rumah mode juga memiliki pusat refleksi untuk memijat kaki Anda yang lelah berjalan!

2. Amanda Brownis

Oleh oleh khas Bandung murah dan terkenal adalah brownies yang Amanda.

souvenir khas bandung
Source : @amandabrownies

Kue ini adalah produk khusus yaitu brownies kukus dengan cita rasa pertama yang asli. Tekstur kue brownies yang lembut dan ringan sangat manis ketika digigit.

Menariknya, Amanda Brownies kini telah berkembang ke tiramisu, ke choco marmer dan sarikaya pandan. Ada banyak rasa untuk semua orang untuk memenuhi selera pasaran.

Amanda Brownies juga menjual kue kering, keripik pisang, stik keju dan produk premium. Seperti cake lapis dan macarons, cocok sebagai oleh oleh khas Bandung yang tahan lama.

Untuk daftar lengkap gerai Amanda Brownies, kunjungi situs web tokonya.

3. Kartika Sari

Makanan khas Bandung selanjutnya ada Pisang Bollen dari mulai rasa original, coklat sampai kacang hijau. Anda bisa menemukan akanan ini di toko Kartika Sari yang juga menjual brownies panggang atau brownies kukus.

oleh oleh khas bandung terbaru
Source : katalogwisata com

Ada makanan khas Bandung lainnya yang bisa cocok disajikan untuk keluarga di rumah yaitu Gepuk Ny. Ong. Tempat makan ini menyajikan daging sapi yang dipotong dan dikukus.

Kemudian dipukul sampai bentuknya pipih. Setelah dagingnya piph dan lembut, daging sapi akan dicampur dengan rempah-rempah.

4. Tahu Tauhid Lembang

oleh oleh khas bandung murah
Source : www pergidulu com

Tahu tauhid adalah tahu khas Bandung yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang lezat. Jadi jika kamu ingin tahu yang anti mainstrean, belilah tahu tauhid di Lembang.

Baca Juga >> 13 Oleh-oleh Khas Jepang yang Unik

5. Pasar Terapung Lembang

Daya tarik unik lainnya dari Bandung adalah Pasar Terapung Lembang. Seperti namanya, tempat ini berpusat di danau di mana ada banyak toko-toko kecil yang terapung.

oleh oleh khas bandung yang tahan lama
Source : holidayvillalembang  com

Transaksi di pasar dilakukan dengan koin Pasar Terapung, yang harus Anda beli dengan rupiah asli. Anda bisa mencari oleh oleh khas Bandung selain makanan seperti souvenir.

Tempat ini sangat cocok untuk keluarga karena ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selain berbelanja. Anda bisa flying fox, boat rowing, water canoe dan memberi makan ikan koi!

Anda bisa berjalan di jalan mengambang untuk membeli makanan di toko-toko kecil atau Anda juga bisa naik ke kapal. Naik ke perahu akan dikenakan biaya, tapi akan jauh menarik jika bisa berbelanja makanan dari atas perahu.

6. Pasar Baru Trade Center

Jika Anda mencari pernak pernik khas Bandung yang lebih tradisional untuk dibawa pulang. Anda bisa belanja di Pasar Baru Trade Center.

oleh oleh khas bandung selain makanan
Source : bandung jacktour com

Pasar bersejarah ini telah ada sejak 1906 dan memiliki banyak sekali toko untuk media kamu berbelanja. Dari mulai toko tekstil, makanan ringan, busana muslim, celana jins, tas dan batik. Kamu bisa menemukan hampir semuanya di Pasar Baru Trade Center.

Bagi para wanita, ada banyak hal yang bisa Anda pilih saat berkunjung ke toko tekstil dan kain. Kamu bisa belanja mulai telekung, renda hingga kebaya!

7. Industri Sepatu Cibaduyut

Jika kamu menyukai sepatu, Industri Sepatu Cibaduyut adalah tempat yang tepat untuk Anda. Toko ini menyediakan souvenir khas bandung berupa sepatu.

pernak pernik khas bandung
Source : gogopixlibrary com

Industri sepatu ini seperti kota kecil dengan banyak toko yang menjual sepatu dan barang kulit. Harga umum sepatu terjangkau dan harga berbeda dari merek dan kisaran.

Kamu akan dimanjakan oleh berbagai pilihan karena terlalu banyak pilihan sepatu di industri ini. Jika kamu memiliki desain sepatu yang spesifik, tempat ini juga bisa kamu minta untuk mebuatkan desain sepatu yang kamu inginkan.

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu atau dua minggu agar pesanan bisa selesai tergantung seberapa sulit disainnya.

Baca Juga >> 10 tempat Wisata Kuliner Khas Bali Yang Bisa Anda Coba

8. Jalan Cihampelas

Tempat ini adalah tempatnya fashion bagi pecinta brand denim. Jalan Cihampelas juga dikenal sebagai ‘Jeans Street’ karena banyaknya band denim yang dijual di toko-toko. Harganya pun tetap terjangkau dan ada beragam pilihan.

souvenir bandung kekinian
Source : ciwalk com

Toko-toko berada di sepanjang barisan dan diberi nama sesuai dengan pahlawan aksi Hollywood. Jadi bersiaplah untuk melihat patung-patung besar seperti Batman, Superman, Spiderman dan bahkan Rambo.

Oleh oleh khas Bandung terbaru bisa kamu dapatkan di Jalan Cihampelas.

Lalu jika kamu lapar, ada tempat makan murah di sepanjang Jalan Cihampelas. Jangan lewatkan pula pusat perbelanjaan dengan konsep hijau Cihampelas Walk atau yang dikenal dengan Ciwalk di sekitar penduduk setempat.

Desain bangunan Ciwalk menekankan pada konsep udara atau suasana alam terbuka. Nah, karena disainnya yang menakjubkan, Ciwalk bukan sekadar pusat perbelanjaan saja, tapi objek wisata.

9. Batik Komar

Tempat untuk semua kebutuhan batik tradisional adalah Batik Komar. Toko batik ini berada di Jalan Sumbawa yang menjual potongan kain dan batik tulis yang indah.

cinderamata khas bandung
Source : getdiskon com

Merek Batik Komar ini didirikan pada tahun 1998 di Bandung oleh pasangan suami istri. Batik ini juga merupakan salah satu merek lokal Bandung yang terkenal.

Tidak semua batik sama seperti kebanyakan daerah dan kabupaten di Indonesia. Oleh karena itu, cetakan pada batik biasanya eksklusif tergantung tempat pembuatannya.

Bagi mata yang tidak terlatih, potongan batik dari Solo mungkin terlihat sama dengan batik dari Bandung. Namun jika diperiksa lebih dekat pada motif atau cetakannya akan memberi tahu asal usul batik sebenarnya.

Batik Komar dimulai dengan desain Cirebon namun disainnya telah diperbarui dengan tampilan yang lebih modern dan kontemporer. Jika Anda tertarik untuk melihat bagaimana lukisan batik dikerjakan, kunjungi Batik Komar di daerah Cigadung.

10. Gasibu

Tempat oleh oleh di bandung yang terakhir adalah Gasibu yang terletak di depan Gedung Sate. Jika kamu ingin mencari barang-barang bagus dengan harga terjangkau, Disinilah tempatnya.

tempat oleh oleh di bandung
Source : blog tiket com

Hanya saja pasar ini buka pada hari Minggu saja, jadi bisa dikatakan pasar ini adalah pasar kaget atau dadakan.

Baca Juga >> 10 Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Bisa Dibeli

Maps Oleh-oleh Khas Bandung

Bandung adalah tempat yang indah untuk dikunjungi dengan cuaca sejuk dan sisa-sisa kolonialnya dari pendudukan Belanda. Untuk menuju kesananya pun cukup mudah, Karena anda dapat melihatnya di Maps berikut :

Bandung adalah tempat belanja terbaik yang pernah ada di Asia Tenggara. Jadi, jika kamu sedang di Bandung, jangan lewatkan membeli oleh-oleh khas Bandung di tempat-tempat di atas ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here