Liburan ke tempat wisata di Sentul menjadi keputusan yang tepat untuk menghilangkan penat setelah bekerja. Sentul disebut sebagai kota mandiri eco green yang berada di Kabupaten Bogor, letaknya dikelilingi oleh lima perbukitan dengan panorama indahnya.

Nuansa tempat wisata Sentul Bogor ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat akhir pekan, bersama keluarga ataupun pasangan. Pasalnya, Sentul Bogor menjadi kawasan yang kaya akan tema wisatanya, mulai dari pedesaan tradisional, wisata edukasi, hingga wisata populer.

Tempat-tempat wisata di Sentul Bogor ini menjadi alternatif destinasi liburan bagi warga Jabodetabek karena nuansa pemandangan yang asri. Nah, berikut ada sejumlah tempat wisata Sentul terbaru dan sedang hits, wajib Anda kunjungi:

1. Goa Agung Garunggang

goa agung garunggang
Foto : https://www.instagram.com/p34anutbutter/

Buat Anda yang suka berpetualang dan berjelalah menyaksikan keindahan alam, maka wajib mampir ke Goa Agung Garunggang. Goa ini menjadi tempat wisata alam Sentul Bogor yang paling banyak dikunjungi oleh kaum muda.

Untuk mengunjungi Goa yang masih asri ini tidak dikenai biaya alias gratis, namun harga tiket masuknya ini bisa berubah sewaktu-waktu. Buat Anda yang hendak berkunjung ke sini karena bosan dengan suasana perkotaan. Maka datanglah sekitar pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Lokasinya berada di Jl. PTP Terusan, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor yang jauh dari perkotaan. Untuk menyaksikan keindahan Goa ini, Anda perlu melakukan sedikit trekking dari tempat parkir yang telah disediakan.

Rute trekking-nya ini memang sedikit sulit, jadi lebih baik gunakan jasa penunjuk jalan yang sudah disiapkan. Walaupun perjalanannya cukup sulit, Anda akan menikmati pemandangan persawahan yang indah dan menikmati keindahan dari Goa Agung Garunggang ini.

2. Sawah Segar Sentul

sawah segar sentul
Foto : https://www.instagram.com/dicky_kw/

Buat Anda yang suka foto sambil menikmati makanan tradisional, maka wisata Sawah Segar Sentul ini bisa menjadi pilihan tepat. Seperti namanya, tempat wisata ini terdiri dari hamparan sarang yang segar dan luas serta terdapat restoran khas Sunda.

Di dalam restoran ini terdapat lagu khas sunda serta konsep restoran yang menyerupai bangunan Joglo. Ditambah lampu kerlap kerlip yang di pasang di sekitar Joglo dan gazebo membuat suasana lebih meriah.

Sawah Segar ini memasuki jajaran tempat wisata di Sentul gratis yang bisa dikunjungi mulai dari 10.00 hingga 18.00 WIB. Anda hanya perlu memesan menu dan minuman saja, harga di tempat wisata ini bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan.

Lokasinya berada di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, tidak jauh dari tempat wisata Goa Agung Garunggang. Akses menuju lokasi ini cukup mudah, Anda hanya perlu melewati jalanan yang sedikit menanjak dan berkelok-kelok.

3. Jungleland Sentul

jungle land sentul
Foto : https://www.instagram.com/ndoey92/

Rekomendasi tempat wisata di Sentul yang selanjutnya ini sangat cocok sebagai liburan anak-anak. Jungleland Sentul menjadi destinasi wisata yang ramah anak karena semua objeknya menggunakan standar internasional wisata tematik.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi khawatir soal keselamatan anak saat bermain di wahana permainan Jungleland Sentul. Anak-anak bisa mencoba berbagai permainan xoma tropical seperti Harvest Time, North Pole, Mini Bumber Car, hingga wahana explora seputar hewan.

Untuk memasuki wahana wisata anak ini Anda perlu membayar tiket masuk Non terusan sebesar Rp35.000, dan tiket terusan Rp165.000. Harga kedua tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola tempat wisata.

Jam buka Jungleland Sentul Bogor ini di hari weekday mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB. Sedangkan jika weekend mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB. Jungleland Sentul Bogor ini beralamtkan di Jl Jungeland Boulevard No. 1 Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor.

4. Mandapa Kirana Resort

mandapa kirana resort
Foto : https://www.instagram.com/saia_indah/

Siapa bilang jika Resort hanya bisa ditemui di Bali? Tempat wisata di Sentul Bogor kini menyajikan keindahan khas Bali melalui resort yang dimilikinya. Tak lupa miniatur Pura Lempuyang Luhur khas Bali juga di dirikan tepat di samping kolam renang.

Selain Pura tersebut, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan bukit yang sangat indah. Lokasinya berada di era perbukitan Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor.

Di resort ini juga disediakan penginapan. Tetapi untuk semua wisatawan yang menginap atau tidak menginap akan tetap dikenai biaya tiket masuk. Harganya tidak terlalu mahal, yaitu hanya Rp50.000 saja per orang, tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi segera berkunjung sebelum naik.

Untuk memasuki area Resort buat Anda yang tidak menginap hanya diperkenankan pada jam 08.30-19.00 WIB kecuali di hari Senin. Karena Mandapa Kirana Resort ini tutup di hari Senin, dan selalu ramai pada weekend.

5. Taman Budaya Sentul

taman budaya sentul
Foto : https://www.instagram.com/fachrullllll/

Taman Budaya Sentul menjadi tempat liburan di Sentul terbaru yang berdiri di lahan seluar 6 hektar, dikelilingi oleh empat gunung. Tempat wisata ini menyelipkan konsep kebudayaan sunda mulai dari bangunan, lobi hingga gazebo yang mengusung tema tradisional.

Untuk berkunjung ke Taman Budaya Sentul ini terdapat empat pilihan paket wisata dan beragam wahana edukasi serta liburan untuk anak-anak. Tiket masuk ke taman ini memang gratis (bisa berubah sewaktu-waktu) Anda perlu membayar beberapa wahana yang ada.

Taman Budaya Sentul ini buka setiap harinya mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB, sebaiknya datang di pagi hari untuk menghindari keramaian. Taman Budaya Sentul ini berlokasi di Jl. Siliwangi No.1, Babakang Madang, Sentul, Bogor.

Fasilitas yang di tawarkan di taman ini terbilang lengkap, mulai dari mushola, toilet, toko souvenir hingga foodcort. Taman Budaya ini berkonsepkan wisata outbound, jadi lebih seru lagi jika Anda datang bersama rombongan.

6. Curug Putri Kencana

curug putri kencana
Foto : https://www.instagram.com/ade.barkah16/

Curug Putri Kencana merupakan salah satu air terjun yang ada di Sentul dan menjadi destinasi wisata alam terbaik di Bogor. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 saja, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Curug Putri Kencana ini buka setiap harinya mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB, dan sebaiknya jangan datang di saat musim hujan. Air terjun disini sangat jernih, diikuti dengan gemercik air dan memiliki ketinggian 7 meter.

Wisata Air terjun ini berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor dengan jarak tempuh hanya 1 jam saja. Curug Putri Kencana ini tak hanya terdiri dari satu air terjun saja, tetapi memiliki beragam rangkaian curug yang unik.

Selain keindahannya, Curug ini terkenal akan kisahnya yang mistis, seperti penampakan seorang putri cantik dengan kereta kencananya. Tetapi kisah mistis ini tidak mengurangi pengunjung yang datang ke tempat wisata Curug Putri Kencana ini.

7. Pasar Ah Poong

pasar ah poong
Foto : https://www.instagram.com/wedang.rempah.herbal/

Obyek wisata murah di Bogor Sentul ini hampir sama dengan Pasar Apung Sungai Kuin Banjarmasin karena mengusung desain pasar terapung. Perbedaannya Pasar Ah Pong adalah sebuah objek wisata kuliner, karena menghadirkan lebih dari 80 jenis kuliner.

Selain sebagai wisata kuliner, Pasar Ah Poong juga menyajikan beragam wahana permainan yang menyatu dengan alam. Di tempat ini terbagi menjadi tiga area, dimana setiap areanya ini memiliki menu khas dari setiap daerah yang lezat.

Untuk memasuki wisata kuliner di Pasar Ah Pong, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, alias gratis. Tapi, tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk lokasi tepatnya sendiri berada di Jl. Ir. H. Juanda, Cipambuan, Babakan Madang, Bogor. Lokasinya yang strategis ini membuatnya sering diadakan berbagai acara seperti perayaan tahun baru, dan hari besar lainnya.

8. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

gunung pancar sentul
Foto : https://www.instagram.com/g_event_planner/

Rekomendasi wisata yang selanjutnya ini cocok digunakan sebagai tempat piknik di Sentul Bogor. Kawasan ini menyuguhkan pemandangan alam panorama hutan pinus dengan nuansa pegunungan yang damai.

Zona camping yang digunakan untuk piknik ini berada di tengah hutan pinus, sehingga Anda bisa mendirikan tenda di sini. Selain itu, terdapat juga zona fun games dan corporate team building buat Anda yang suka beraktivitas bersama dengan teman-teman.

Lokasi taman wisata ini berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, sekitar 35 menit dari kebun raya Bogor. Jam operasionalnya buka setiap hari selama 24 jam khusus buat Anda yang melakukan piknik dan mendirikan tenda.

Untuk memasuki tempat wisata ini di hari biasa Anda perlu membayar Rp5.000 saja, sedangkan saat libur naik menjadi Rp10.000. Harga tiket nya bisa berubah kapan saja ya, jadi jangan bawa uang pas saat ke sana.

9. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

pemandian air panas gunung pancar
Foto : https://www.instagram.com/arzoo_hijab/

Gunung Pancar memiliki beragam keunikan, selain taman, terdapat juga pemandian air panas yang bisa meregangkan otot-otot Anda. Pemandian air panas ini sangat cocok buat Anda yang membutuhkan refreshing dari kesibukan kerja.

Untuk memasuki pemandian air panas ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja. Harga tiket masuk ini termasuk murah tetapi bisa berubah kapan saja, jadi segera berkunjung sebelum mengalami kenaikan.

Pemandian ini buka selama 24 jam, jadi Anda bisa berendam sepuasnya dengan merasakan manfaatnya yang bergitu besar bagi tubuh. Waktu yang tepat untuk berendam adalah pagi hari hingga siang hari karena udaranya masih sangat sejuk.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas memadai, mulai dari toilet hingga kamar bilas yang bersih untuk para wisatawan. Lokasi pemandian ini sama dengan lokasi tamannya, yaitu di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

10. Sentul Fresh Education Farm

Sentul Fresh Education Farm
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115428900734996292486

Sentul Fresh Education Farm menjadi wisata terbaru di Sentul Bogor menghadirkan wisata edukasi peternakan dan pertanian. Di era serba modern ini, Sentul Fresh Educational Farm menjadi alternatif tempat wisata yang berdekatan dengan alam bebas.

Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda hanya perlu memilih paket wisata edukasi dengan harga Rp200.000 yang terdiri dari 4 orang. Paket ini terdiri dari free tour guide, es yougurt, dan lain sebagainya dimana harga ini bisa berubah kapan saja ya!

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah memerah susu, memberi makan burung serta melakukan observasi. Fasilitas yang diberikan sesuai dengan paketnya.

Selain itu terdapat fasilitas umum lain. Seperti toilet, mushola, dan tempat parkir yang juga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sana.

Sentul Fresh Educational Farm ini buka setiap harinya dengan jam operasional pukul 08.00-16.00 WIB. Lokasinya berada di Kampung Cijulang, Cadas Ngampar, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor.

11. Kampoeng Koneng Sentul Selatan

Kampoeng Koneng Sentul Selatan
Foto : https://www.instagram.com/kampoengkoneng/

Jika Anda ingin merasakan sensasi wisata pedesaan ala Jepang, maka wajib mengunjungi Kampoeng Koneng di Sentul Selatan ini. Tidak perlu jauh-jauh perlu ke negeri sakura, karena Anda bisa menikmati suasana Jepang secara langsung di tempat wisata ini.

Wisata ini berdiri di atas lahan seluar 2.300 meter dengan beberapa gazebo bambu beratapkan daun kepala. Bukan hanya gazebo, ada juga kolam kecil di pinggiran pendopo bambu yang biasanya digunakan untuk bersantai.

Meskipun Kampoeng Konen ini bernuansa Jepang, tetapi kuliner yang disajikan adalah khas pedesaan Indonesia. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul Selatan.

Untuk mengunjungi tempat ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis, cukup membayar parkir dan membeli kuliner yang ada. Kampoeng Koneng buka setiap harinya mulai pukul 10.00-18.00 WIB.

12. Taman Wisata Alam Fantasia Sentul

Taman Wisata Alam Fantasia Sentul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112210260060810174930

Taman Wisata Alam Fantasia ini berdampingan dengan Taman Budaya Sentul tepatnya di Jl. Siliwangi No.1, Babakang Madang, Sentul, Bogor. Taman ini menjadi tempat wisata Sentul murah yang menawarkan tiket masuk ramah di kantong.

Untuk memasuki Taman Wisata Alam Fantasia ini Anda hanya perlu membayar sebesar Rp12.000 saja, tetapi bisa berubah sewaktu-waktu. Dengan tiket yang ramah kantong ini, Anda sudah bisa menikmati berbagai permainan seperti trampoline, papan seluncur, ayunan, serta bom-bom car.

Desain dari Taman Alam Fantasia ini memang tidak semegah Taman Budaya, tetapi lebih cocok digunakan anak-anak untuk menghabiskan akhir pekannya. Selain bermain, Anda juga bisa melakukan piknik di tamannya yang hijau dan asri.

Untuk menikmati kesegaran udara di taman ini, Anda bisa datang setiap hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional saja. Jam buka taman ini dimulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

13. Kampung Agrowisata Sentul

Kampung Agrowisata Sentul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115725295183309517354

Kampung Agrowisata Sentul merupakan sebuah wisata edukasi yang mengangkat tema “go green”. Biasanya yang mengunjungi tempat wisata ini adalah anak-anak PAUD hingga sekolah menengah, dengan konsep pengajaran lebih dekat dengan alam.

Kampung Agrowisata ini sangatlah luas yang terdiri dari area persawahan, kolam ikan, kandang sapi, perkebunan palawija, hingga sunggi Cikaes. Semua area ini telah ditata sedemikian rupa sebagai sarana edukasi untuk anak-anak.

Untuk berkunjung ke wisata ini, ada beberapa pilihan paket, salah satunya adaah paket petualang cilik Rp125.000 per orang. Harga tiap paketnya ini berbeda-beda dan bisa juga berubah sewaktu-waktu.

Setiap paketnya ini diikuti dengan fasilitas berbeda-beda. Sehingga semakin mahal harganya, maka makin lengkap juga fasilitas yang didapat. Lokasi kampung Agrowisata ini berada di Desa Hambalang, Kecamatan Citeurep, Sentul, Bogor.

14. Curug Bidadari Sentul

curug bidadari sentul
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117385951932344530140

Objek wisata ini berada di kawasan Sentul Paradise Park yang menawarkan keindahan alam dengan perbukitan asri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40-75 meter dengan lebar 7 meter yang merupakan kumpulan mata air alami hutan lindung.

Harga tiket masuk Curug Bidadari di hari biasa yaitu sekitar Rp25.000 saja, sedangkan saat liburan naik menjadi Rp30.000. Harga tiket masuknya sering naik turun dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola tempat wisata.

Lokasi air terjun ini berada di Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Kota Bogor. Untuk mengunjungi tempat ini Anda harus berjalan kaki kurang lebih 700 meter dari gerbang utama.

Untuk menikmati kesegaran air terjun curug bidadari ini, Anda bisa datang setiap harinya mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Selain air terjunya, curug bidadari ini terkenal jembatan yang membelah baru raksasa di tengahnya.

15. Eco Art Park Sentul City

ecopark city sentul
Foto : https://www.instagram.com/irnauli/

Eco Art Park Sentul merupakan ruang terbuka hijau yang berdiri di atas lahan seluas 500 meter. Lokasinya memang tidak terlalu besar, tetapi bisa memberikan kesegaran, apalagi berada di pinggir aliran sungai Cikaes.

Lokasi tepatnya berada di Cipambuan, Babakan Madang, Bogor, yang bisa Anda masuki gratis tanpa ada biaya. Harga tiket masuknya ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, apalagi jika taman ini semakin terkenal dan banyak pengunjungnya.

Taman wisata ini mengusung konsep yang ramah lingkungan atau ekologi, sedangkan nama Art nya berarti seni. Jadi Eco Art Partk ini bisa diartikan sebagai Taman seni dan ekologi. Yang diwujudkan dengan patung serta spot foto unik di dalamnya.

Taman ini memiliki banyak patung dengan bentuk yang unik, mulai dari patung robot transformer, patung pesumo, dan lain sebagainya. Eco Art Park Sentul ini buka setiap hari Selasa-Jumat pukul 10.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-21.00 WIB.

16. Curug Hordeng

curug hordeng
Foto : https://www.instagram.com/putridwiandari/

Curug Hordeng menjadi rangkaian air terjun terbesar yang berada di Kampung Cibeuruem, Sentul, Bogor. Buat Anda para pecinta wisata alam pasti akan tertantang untuk mengunjungi air terjun ini dan menikmati kesegarannya.

Lokasinya tidak jauh dari perkotaan besar membuat wisata ini semakin populer walaupun rute menuju air terjun cukup menguji adrenalin. Kawasan air terjun ini buka setiap harinya mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Untuk memasuki kawasan air terjun ini Anda perlu membayar dua kali tiket masuk, di pos pertama sebesar Rp10.000. Nantinya saat sudah sampai post masuk curug akan dikenai biaya sebesar Rp20.000. Dimana harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu ditambah biaya parkir.

17. Leuwi Hejo

leuwi hajo
Foto : https://www.instagram.com/_bkrna/

Leuwi Hejo merupakan sebuah curug atau air terjun yang berada di Cibadak, Sukamakmur, Sentul, Bogor. Lewui Hejo terkenal karena keunikannya dimana saat airnya terkena sinar matahari warnanya akan menjadi hijau jernih.

Terkenal sejak awal tahun 2015, air terjun ini mematok tiket di loket 1 Rp15.000, sedangkan untuk masuk curugnya Rp25.000. Tiket masuk ini berlaku sama di hari biasa ataupun akhir pekan selama 24 jam, tetapi bisa berubah sewaktu-waktu.

Di air terjun ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari hiking ringan, berenang, bermain air, hingga melompat dari tebing. Pemandangan alam sekitar air terjun bisa menenangkan pikiran diiringi suara gemercik air yang jernih.

Lokasi wisata ini telah dilengkapi dengan pos keamanan serta tempat menyewa alat pelampung. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti loker, toilet, tempat ganti yang cukup memadai, serta kedai-kedai makanan dan minuman.

18. Richie the Farmer

richie the farmer

Richie The Farmer adalah sebuah vila yang mengusung tema peternakan ala pedesaan Amerika dengan nuansa sejuk. Jadi sangat cocok buat Anda yang ingin membuat foto estetik. Apalagi lokasi tempat wisata ini berada di atas ketinggian 700 mdpl.

Tempat ini bukan dikhususkan untuk yang ingin menginap saja, tetapi Anda bisa menikmati pemandangan indah dengan gratis. Jika ingin menginap terdapat biayanya sendiri yang mana bisa terjadi perubahan kapan saja.

Keuntungan yang di dapatkan jika menginap di vilanya adalah Anda bisa berkunjung sepuasnya selama 24 jam. Tetapi jika tidak menginap ada jam operasionalnya, yaitu di hari Senin-Kami pukul 10.00-17.00 WIB.

Lokasinya berada di Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Jaraknya hanya 20 kilometer dari pusat kota Bogor, dengan waktu tempuh hanya 40 menit saja menggunakan kendaraan pribadi.

19. Teras Wangun Sentul

teras wangun
Foto : https://www.instagram.com/calvinsyatauw/

Teras Wangun Sentul merupakan sebuah wisata kuliner yang berlokasi di Wangun lendeuh, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Destinasi wisata ini juga menghadirkan tempat rekreasi yang mengusung konsep alam dengan cukup kental.

Biasanya Teras Wangun ini dipilih sebagai tempat berkemah ataupun training sebari menikmati wisata alamnya. Jam buka Teras Wangun saat hari biasa dimulai pukul 08.00-17.00 WIB, sedangkan di momen liburan dimulai pukul 07.00 -17.00 WIB.

Untuk memasuki area wisata Teras Wangun, Anda perlu membeli tiket masuk sebesar Rp50.000 per orang. Uniknya harga tiket masuk ini bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman yang dipesan, tetapi kebijakan ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Teras Wangun ini memiliki sebuah kafe mengusung konsep terbuka di sekitar tanaman dan pepohonan yang rindang. Selain itu, juga terdapat beberapa spot foto alami, bisa dijadikan latar belakang foto unik, bersatu dengan alam yang indah.

20. Nirvana Valley Resort

nirvana valley resort
Foto : https://www.instagram.com/derahafriani/

Nirvana Velley Resort menjadi wisata Bogor Sentul selanjutnya yang wajib dikunjungi untuk menikmati keindahan puncak Bogor. Lokasinya Berada di Jl. Puncak Dua, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor.

Selain penginapan, Nirvana Valley Resort ini juga menghadirkan beragam wahana yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Mulai dari taman bermain anak, danau, kolam renang, serta pemandangan pegunungan yang memukau.

Harga tiket masuk Nirvana Valley Resort ini hanyalah Rp30.000 saja per orang dan sudah termasuk semua wahana. Tiket masuknya tersebut terkadang terdapat promo, jadi bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan.

Nirvana Resort ini memiliki dua jenis villa yang bisa disewa oleh pengunjung yaitu Villa Jagung dan Segitiga. Setiap Villa nya ini memiliki fasilitas, harga dan juga kapasitas orang yang berbeda, jadi pastikan tidak salah menyewa villa ya.

21. Villa Bamboo Sentul

villa bambu sentul
Foto : https://www.instagram.com/thebamboosvilla/

Villa Bamboo Sentul merupakan sebuah penginapan asri yang berlokasi di daerah Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Di Villa ini terdapat aula yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama, outbound dan acara keluarga lainnya.

Selain penginapan, aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti arum jeram, flying fox. Serta bermain play ground untuk anak dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sensasi memetik buah langsung tanpa dikenai biaya tambahan.

Untuk masuk ke area villa ini, Anda perlu menyewa paket yang tersedia. Tentu dengan harga bervariasi mulai dari Rp400.000 hingga 950.000. Harga yang tercantum bisa berubah kapan saja sesuai situasi dan kondisi.

Villa Bamboo juga memilki area berkemah yang luas, dilengkapi fasilitas api unggun, cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul. Untuk melakukan aktivitas di Villa dan menikmati pemandangan alamnya, tidak ada pembatasan jam operasional.

22. Tumbuhejo Farm Sentul

tumbuhejo
Foto : https://www.instagram.com/tumbuhejo/

Tumbuhejo Farm Sentul merupakan kawasan wisata pertanian yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30-15.30 WIB.

Sesuai dengan mananya Tumbuhejo bisa dijadikan sebagai lokasi berkemah sebari menikmati makanan tradisional khas Jawa Barat. Fasilitas lain yang disediakan adalah kolam renang, lapangan, kebun serta gardu pandang.

Selain berkemah dan menikmati pemandangan indahnya, Anda bisa melakukan trekking di hutan pinus serta campground. Untuk melakukan campground, Anda perlu membayar sebesar Rp360.000, tergantung dari ukuran glamping serta fasilitas yang didapatkan.

Harga tiket masuk untuk kawasan wisata pertanian ini memang gratis, tetapi perlu membayar untuk beberapa wahana termasuk penginapan. Semua harga yang ada di Tumbuhejo ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi siapkan biaya lebih ya.

23. Gunung Ciung

gunung ciung
Foto : https://www.instagram.com/merysaandrianaradian/

Gunung Ciung selalu menjadi tempat wisata yang populer di kalangan kaum muda. Pemandangan alam yang sangat apik menanti di atas puncak gunung Ciung beserta beberapa spot foto indah.

Untuk mencapai puncak gunung Ciung ini Anda perlu menempuh perjalanan mendaki kurang lebih 1 jam. Walaupun lama, lelah Anda akan terbayarkan dengan hawa sejuk dan pandangan alam yang sangat memukau.

Lokasinya berada di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul Bogor, jauh dari keramaian kota Jakarta. Di sini Anda juga bisa melakukan camping bersama teman-teman dan menikmati hawa dingin khas pegunungan Bogor.

Harga Tiket masuk Gunung Ciung ini gratis, tetapi Anda perlu membayar parkir dan menyewa tenda untuk melakukan camping. Harga tiket masuk gratis ini bisa berubah sewaktu-waktu jadi pastikan untuk membawa bujet yang cukup buat antisipasi.

24. Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang
Foto : https://www.instagram.com/tamanfathan_hambalang/

Taman Fathan Hambalang merupakan sebuah kafe hist yang dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda. Lokasinya sangatlah strategis yaitu di Desa Hambalang, Citeureup, Bogor, tidak terlalu jauh dari Villa bukit Hambalang.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah pemandangan alam sekitar, termasuk panorama Gunung Prangrongo yang memukau. Jadi tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh kalangan anak muda, apalagi di sore hari.

Taman Fathan Hambalang ini buka setiap hari Senin sampai Jumat pukul 11.00-21.00 WIB, sedangkan Sabtu dan Minggu jam 09.00-21.00 WIB. Tiket masuknya cukup terjangkau yaitu Rp5000 saja, tetapi harga ini bisa naik dan turun jika ada promo.

Selain menghadirkan spot foto unik, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kuliner yang beragam. Menu makanan yang ditawarkan ini kebanyakan makanan ringan, sehingga cocok menemani Anda dan mejadi alternatif nongkrong hemat.

25. Hutan Pinus Gunung Pancar

hutan pinus gunung pancar
Foto : https://www.instagram.com/kokom_mariahmajid/

Rekomendasi tempat wisata di Sentul Bogor terakhir adalah Hutan Pinus Gunung Pancar yang memiliki ketinggian 300 hingga 800 meter. Lokasinya berada di Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor.

Kawasan wisata ini menyajikan keindahan habitat vegetasi jajaran pohon pinus di perbukitan yang menjulang tinggi. Di hutan ini Anda juga bisa melakukan camping menggunakan tenda pribadi atau menyewa tenda yang telah disediakan.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda perlu membeli tiket masuk sebesar Rp5.000 di weekday. Dan Rp7.500 di weekend atau hari libur nasional. Harga tiket masuk ini tidak termasuk tenda camping, parkir, dan harganya juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Kawasan Hutan Pinus ini buka setiap harinya dari pukul 07.00-17.30, khusus yang melakukan camping 24 jam. Selain menikmati keindahannya, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti bersepeda, hiking, berkuda hingga outbound.

Itulah beragam tempat wisata di Sentul Bogor dengan berbagai keunikan, dan daya tariknya masing-masing. Jadi apakah dari 25 rekomendasi tempat wisata di atas ada yang menarik buat segera di kunjungi dalam waktu dekat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 2 =