Museum Masjid Agung Demak merupakan salah satu destinasi wisata yang mengedukasi dengan di dalamnya menyimpan benda-benda bersejarah. Benda-benda bersejarah yang ada pada museum ini adalah peninggalan sejarah tentang berkembangnya Islam di Kabupaten Demak.

Dan juga perkembangan agama Islam pulau Jawa khususnya pada masa para Walisongo. Berbagai peninggalan yang bisa pengunjung jumpai di Museum Masjid Agung Demak Jawa Tengah.

Diantaranya seperti makam Gentong masa Dinasti Ming, Alqur’an yang ditulis tangan, sepotong kayu dari sakatatal Sunan Kalijaga, dan lain-lain. Tempat bersejarah yang menyimpan banyak kisah ini juga menjadi salah satu wisata di Demak paling rekomended.

Harga Tiket Masuk Museum Masjid Agung Demak

harga tiket masuk Museum Masjid Agung Demak
Foto : https://www.instagram.com/mayshay33/

Selain yang telah disebutkan diatas, masih ada lagi benda-benda kaya akan sejarah dan cerita di masa lalu. Seperti foto-foto Masjid Agung Demak tempo dulu, pintu bledeg, kayu tiang tatal buatan Sunan Kalijaga dan makam Raden Fatah.

Adanya makam Raden Fatah ini membuat salah satu tempat populer di Demak ini selalu padat akan peziarah. Dan para peziarah ini juga biasanya menyempatkan waku sejenak untuk mampir ke Museum Masjid Agung Demak guna mengisi waktu luang.

Menariknya, siapapun yang ingin datang dan melihat-melihat segala sesuatu di Museum Masjid Agung Demak maka tak perlu keluar biaya. Harga tiket masuk Museum Masjid Agung Demak sama sekali tidak ada, alias gratis.

Sehingga bagi anda yang tengah berada di Demak, wisata museum bersejarah ini wajib tuk dikunjungi dan jangan sampai terlewat. Berkunjung ke Museum tentu akan menambah pengetahuan mengenai hal-hal baru yang didapat.

Bagi anda yang berencana datang ke Museum Demak hits ini maka sebaiknya ketahui lebih dulu jam operasional yang berlaku. Wisata Museum Masjid Agung Demak terbuka untuk umum pada setiap harinya mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat museum masjid agung demak
Foto : https://www.instagram.com/manusia5ilver/

Keberadaan Museum ini terletak di dalam kompleks Masjid Agung Demak dan juga dekat dengan alun-alun simpang enam Kabupaten Demak. Lokasi Museum Masjid Agung Demak yang sangat strategis membuatnya mudah sekali untuk dijangkau dari berbagai arah.

Tak heran jika setiap harinya Museum di Demak satu ini selalu dipadati oleh pengunjung, terutama saat hari libur. Biasanya Museum ini ramai akan wisatawan ketika akhir pekan dan juga momen musim liburan.

Alamat Museum Masjid Agung Demak berada di Kompleks Masjid Agung, Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Dari Alun-Alun Demak Simpang 6 jarak untuk menuju museum ini hanya sekitar 350 meter saja.

Dan dapat ditempuh dengan berbagai cara, baik menggunakan kendaraan atau pun berjalan kaki yang hanya sekitar 2 menit perjalanan. Anda pun juga bisa menggunakan angkutan umum yang cukup banyak tersedia dengan rute menuju pusat kota Demak.

Akses jalan sangatlah baik dan mudah dilintasi oleh semua kendaraan, mulai dari roda dua hingga bis pariwisata sekalipun. Jadi anda tak perlu khawatir karena tidak akan ada kesulitan yang berarti meski baru pertama kali akan datang kesini.

Gunakan maps dibawah ini dengan petunjuk akuratnya yang akan semakin memudahkan perjalanan wisata edukasi anda ke Museum Masjid Agung Demak.

Datang juga ke –> Brown Canyon Demak

Fasilitas

fasilitas museum masjid agung demak
Foto : https://www.instagram.com/yulia_azzahra25/

Wisata Museum Demak ini telah di lengkapi oleh berbagai sarana pendukung sebagai penunjang semua kegiatan dan aktivitas wisatawan. Dan berikut fasilitas Museum Masjid Agung Demak yang meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Layanan informasi museum
  • Kamar mandi / toilet yang bersih
  • Masjid Agung Demak
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat duduk
  • Dekat dengan pusat kota
  • Area yang bersih dan terawat
  • Penjaja aneka ragam kuliner
  • Gazebo
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya berlibur ke Museum dengan jalan-jalan, berkeliling dan menyaksikan secara lebih dekat benda-benda bersejarah di masa lalu. Menyimpan lebih dari 60 koleksi benda-benda bersejarah yang berdiri diatas lahan dengan luas sekitar 16 meter persegi.

Kunjungi juga –> Pantai Surodadi Demak

Spot Terbaik di Museum Masjid Agung Demak

spot terbaik di museum masjid agung demak
Foto : https://www.instagram.com/rif_standing/

Tempat wisata tidak hanya soal pantai dan gunung saja, melainkan masih banyak lagi destinasi-destinasi menarik tuk dijelajahi. Seperti halnya museum, yang dimana dari tempat ini kita bisa mendapatkan banyak informasi-informasi baru akan sebuah cerita di masa lalu.

Begitu juga dengan keberadaan Museum Masjid Agung Demak ini yang tergolong unik. Seperti menjadi saksi sejarah mengenai berkembangnya ajaran islam di Kabupaten Demak dan juga pulau Jawa pada masa para Walisongo.

Barang dan benda-benda pusaka pada abad ke 14 peninggalan para wali bisa anda jumpai sini. Dan kini menjadi benda-benda antik yang bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang saat berfoto-foto ria.

Abadikan tiap momen seru selama berkunjung dengan menjadikan spot terbaik di Museum Masjid Agung Demak sebagai backgroundnya.

Review sebelumnya –> Pantai Morosari

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum masjid agung demak
Foto : https://www.instagram.com/yulia_azzahra25/

Berikut ini beberapa tips berkunjung ke Museum Masjid Agung Demak di Jawa Tengah sebagai tambahan informasi dan referensi anda.

  • Datang lebih awal agar bisa mendapatkan sensasi berlibur yang lebih maksimal.
  • Gunakan outfit yang sopan mengingat museum ini berada di kompleks Masjid.
  • Selalu jaga tutur kata dan tingkah laku selama berada di Museum Masjid Demak.
  • Ikut serta menjaga keberlangsungan museum dengan tidak mengambil atau merusak apapun.
  • Patuhi aturan yang telah di tetapkan oleh pengelola wisata Museum Masjid Agung demak.

Demikian tadi ulasan singkat yang membahas tentang Museum Masjid Agung Demak yang rekomended sebagai tujuan wisata berbasis edukasi. Dapatkan pengalaman liburan anti mainstream dengan explore Museum Masjid Demak yang memikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 14 =