Curug Semawur adalah salah satu kekayaan alam menakjubkan yang dimiliki oleh Kota Kendal dan juga menjadi tujuan liburan banyak orang. Wisata alam Kendal satu ini masih sangatlah alami sehingga keindahannya pun tiada duanya.

Termasuk curug bertingkat dengan dua tingkatan yang berbeda, ketinggian sekitar 14 meter pada tingkat teratasnya. Sedangkan untuk tingkat keduanya memiliki ketinggian lebih rendah yaitu kurang lebih hanya 5 meter.

Wisata Curug Semawur siap memanjakan para wisatawan dengan udara dingin, gemericik air, serta suara hewan-hewan di hutan. Ditembah dengan pemandangan serba hijau yang semakin membuat Curug Semawur Kendal memiliki suasana terbaik untuk rekreasi.

Harga Tiket Masuk Curug Semawur

harga tiket masuk Curug semawur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104076340300328256956

Sejatinya curug Kendal satu ini belum terlalu dikenal oleh banyak wisatawan khususnya yang dari luar daerah. Namun meski begitu, wisata Kendal ini juga selalu dikunjungi oleh beberapa wisatawan dan para pecinta alam.

Berkunjung ke wisata alam berbasis curug bisa menjadi alternatif untuk merileksasi diri ditengah sibuknya aktivitas sehari-hari. Lepas semua rasa lelah dan juga penat dengan berbagai keindahan alam yang akan anda saksikan di Curug Semawur.

Menariknya, anda tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa berlibur dan dekat dengan alam secara leluasa di Curug Semawur. Sebab sampai hari ini, harga tiket masuk Curug Semawur belum diberlakukan alias gratis.

Para pengunjung hanya diperlukan membayar retribusi parkir dan juga mengisi kotak yang disediakan sebagai bentuk “uang kebersihan”. Karena belum terkelola dengan profesional, anda dituntut harus ekstra hati-hati saat berada disini.

Karena jika terjadi segala sesuatunya tentu akan ditanggung sendiri, maka dari itu tetap wasapada dan berhati-hati ya. Curug ini pun tersedia selama 24 jam penuh, sehingga anda bisa kapanpun datang kesini sesuka hati.

Namun tentunya sangat tidak disarankan berkunjung ke Curug ketika hari sudah gelap atau cuaca sedang tidak bersahabat. Datanglah mulai pagi hingga sore hari untuk eksplorasi Curug Semawur.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat curug semawur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104161485268558477644

Lokasi Curug Semawur terbilang cukup menantang adrenalin mengingat letaknya yang harus dijangkau dengan kekuatan ekstra. Alamat Curug Semawur sendiri terletak di Desa Blumah, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Dari Alun-Alun Kendal perlu menempuh jarak sejauh 52 km untuk menuju wisata alam Curug Semawur. Sedangkan jika dari kawasan dataran tinggi Dieng, maka jaraknya kurang lebih hanya 25 km.

Saat anda berencana datang ke Curug Semawur maka sebaiknya menggunakan sepeda motor saja. Sebab jalur utamanya masih sulit diakses oleh mobil dan kendaraan dengan roda empat lainnya.

Jalanannya pun berkontur tebing yang agak curam dan didominasi oleh jalan berbatu dan tanah yang terbilang kurang terawat. Setibanya di lokasi, dari parkiran menuju titik air terjun pengunjung diharuskan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit.

Perlu adanya kewaspadaan tingkat tinggi agar bisa melalui jalur menuju Curug Semawur dengan selamat tanpa adanya halangan suatu apapun. Maps dibawah in dapat anda gunakan untuk memudahkan laju kendaraan anda menuju Curug Semawur di Kendal Jawa Tengah.

Datang juga ke –> Kebun Teh Medini

Fasilitas

fasilitas curug semawur
Foto : https://www.instagram.com/syaiful631/

Pemandangan kebun kopi dan sesekali melewati sungai-sungai kecil menjadi suguhan utama selama berjalan kaki menuju lokasi air terjunnya. Walau membutuhkan tenaga ekstra untuk tiba di Curug Semawur, namun semua itu akan terbayar lunas sesampainya di air terjun.

Air terjun yang bening bisa anda minum lho, dan rasanya sangat segar ketika masuk ke tenggorokan. Begitu juga dengan pepohonan dan semak hijau yang masih asri terhampar luas dan mengelilingi area curug.

Itu semua seolah-olah menjadi fasilitas dengan sajian terbaik yang Curug Cemawur tawarkan kepada wisatawan. Meski sebenarnya dari segi sarana prasarana di Curug ini tidak memadai karena memang belum dikelola dengan baik.

Akan tetapi itu semua tidak akan mengurangi rasa bahagia anda ketika berwisata dan jalan-jalan ria bersama orang tercinta disini. Perlu menjadi catatan, jika anda datang saat musim hujan, agar sebaiknya tidak mandi atau bermain air.

Kunjungi juga –> Curug Sewu

Spot Terbaik di Curug Semawur

spot terbaru di curug semawur
Foto : https://www.instagram.com/bang.amik/

Debit air pada Curug Semawur ini tergolong besar walaupun pada saat musim panas sekalipun. Karena alaminya kawasan wisata ini sehingga air terjunnya bisa anda minum dan rasakan kesegarannya.

Panorama yang disuguhkan pun begitu luar biasa dan wajib anda manfaatkan ketika berfoto-foto ria bersama orang tercinta. Jadikan setiap spot terbaik di Curug Semawur sebagai latar belakang ketika anda selfie ataupun merekam video.

Dengan menjadikan air terjun dan landscape alam sekitar sebagai background fotonya agar semakin nampak istimewa. Jadi ketika berwisata, jangan lupa sedia kamera ya untuk merekam setiap momen indah yang tercipta.

Review sebelumnya –> Pantai Sikucing

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug semawur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109999705361069715606

Ada beberapa tips-tips yang perlu anda simak, dan bisa juga dijadikan referensi ketika ingin berlibur di Curug Semawur.

  • Pastikan waku kunjungan anda kesini ketika sedang musim panas dan sedang dalam cuaca yang mendukung.
  • Gunakan alas kaki yang meliputi sepatu atau sandal khusus untuk beraktivitas di alam bebas.
  • Bawalah perbekalan dan alat P3K sendiri dari rumah untuk kebutuhan selama rekreasi di Curug Semawur.
  • Tetap waspada dan selalu utamakan keselamatan agar semua aman dan liburan berjalan lancar sesuai harapan.

Demikian tadi ulasan yang cukup singkat mengenai wisata alam Curug Semawur di Kabupaten Kendal. Curug Kendal satu ini sangat rekomended bagi anda pecinta aktivitas yang mengasah kemampuan diri di alam bebas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + ten =