Pulau Bungin bisa jadi alternatif anda untuk mengisi waktu luang dengan jalan-jalan dan menelusuri setiap keindahannya. Bungin Island menyimpan sejumlah pemandangan menawan dan juga kisah-kisah menarik untuk anda kulik lebih dalam.

Berlibur ke Sumbawa tak hanya datang ke pantainya saja, Pulau Bungin ini misalnya bisa jadi tujuan wisata sejarah anda disini. Para pengunjung yang datang ke Pulau Bungin Sumbawa bakal disuguhkan dengan hal-hal unik dan mungkin belum pernah anda jumpai sebelumnya.

Pasti penasaran kan kira-kira apa saja sih yang menjadikan Pulau Bungin Sumbawa ini cukup populer di mata wisatawan. Untuk itu, yuk simak dulu ulasan informatif spesial dari kami berikut ini.

Daya Tarik Pulau Bungin

daya tarik pulau buning
Foto : https://www.instagram.com/abah_apnea/

Sumbawa memang terkenal dengan banyaknya wisata bahari yang jumlahnya sangatlah melimpah ruah. Jadi tak heran, jika kehadiran pantai-pantai cantik ini menjadi magnet utama yang membawa banyak wisatawan datang ke Sumbawa.

Namun tahukah anda kalo Sumbawa tidak hanya menyuguhkan wisata bahari saja? Seperti misalnya pulau memukau yang akan kita bahas kali ini.

Sejatinya secara administratif Pulau Bungin ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sumbawa. Percaya atau tidak? Kalau Bungin ini, dikenal sebagai pulau terpadat di dunia lho.

Bahkan setiap tahunnya, pulau ini kian bertambah luas karena adanya upaya reklamasi guna menampung penambahan keluarga yang baru saja menikah. Hampir tidak dijumpai lahan kosong di Pulau Bungin Sumbawa ini, kebayang kan gimana padatnya?

Uniknya lagi, Pulau Bungin NTB ini tidak memiliki garis pantai ataupun lahan hijau. Hal tersebut menjadikan beberapa hewan ternak seperti kambing di Pulau Bungin mengkonsumsi sampah-sampah yang ada.

Terlepas dari hal-hal yang mungkin terdengar kurang umum, daya tarik utama Pulau Bungin adalah sajian kulinernya.

Harga Tiket Masuk Pulau Bungin

harga tiket masuk pulau buning
Foto : https://www.instagram.com/youneedmeraki/

Aneka seafood lezat yang dapat anda santap di atas laut merupakan aktivitas utama ketika berada disini. Dikenal dengan resto apungnya yang memiliki beragam sajian kuliner laut atau seafood dan begitu menggugah selera.

Kalau sebelumnya Pulau Bungin NTB lebih dikenal sebagai pulau terpadat di dunia, mungkin anggapan itu akan berganti. Harapannya Pulau Bungin Sumbawa bakal menjadi lebih dikenal berkat resto apungnya.

Saat anda ingin berlibur kesini, maka siapkanlah sejumlah biaya. Harga tiket masuk Pulau Bungin tidak ada alias free atau gratis.

Para pengunjung hanya perlu keluar biaya untuk menyebrang menggunakan perahu wisata. Yang dimana tarifnya berada di kisaran angka 300.000.

Sedangkan untuk harga makanan di resto apung Pulau Bungin juga tergolong ramah dikantong. Seperti misalnya Kerang Saori, salah satu menu andalan disini yang mematok harga sebesar Rp30.000.

Jam Buka

jam buka pulau buning
Foto : https://www.instagram.com/khairunnasmauliah/

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke sri ningsih Pulau Bungin? Maka jawabannya adalah kapan saja. Asal, hari dimana anda akan berkunjung dalam kondisi cerah, tidak mendung atau turun hujan.

Datang lebih awal tentu semakin baik, agar bisa puas explore Pulau Bungin Sumbawa yang mempesona. Disamping itu, transportasi laut untuk menyebrang ke Pulau Bungin hanya melayani hingga pukul 17.00 WITA saja.

Maka dari itu kami sarankan agar anda tidak datang kesini terlalu larut sore ya. Perkirakan waktu liburan anda ke Pualu Bungin Denpasar dengan sebaiknya-baiknya agar semuanya bisa berjalan sesuai rencana.

Rute Lokasi dan Alamat

alamat dan rute lokasi Pulau Buning
Foto : https://www.instagram.com/chema.bal/

Lokasi Pulau Bungin berada di 70 kilometer arah barat dari kota Sumbawa Besar. Salah satu pulau terpadat di Dunia ini memiliki luas wilayah dari 8 sampai 12 hektare.

Penghuni Pulau Bungin terhitung lebih dari 3.500 jiwa yang terbagi dalam sekitar 900an kepala keluarga. Lebih dari 200 tahun yang lalu, Suku Bajo menjadi warga dan menghuni Pulau Bungin sampai saat ini.

Catat alamat Pulau Bungin supaya anda tak kesulitan saat akan menjangkaunya. Letak Pulau Bungin berada di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebuah pulau terpencil yang terletak di lepas Laut Bali bisa anda datangi melalui beberapa opsi perjalanan. Seperti salah satunya melalui jalan darat dari Pelabuhan Poto Tano, yang menghubungkan antara daratan Sumbawa dengan pulau Bungin.

Berjalan seolah membelah lautan dengan jarak tempuh sekitar 3 km akan menjadi pengalaman unik anti mainstream. Anda bisa mengakses petunjuk akurat pada maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan ke Bungin Island.

Fasilitas

fasilitas pulau buning
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112458576291478597384

Menjadi salah satu tujuan wisata jalan-jalan di Sumbawa, Pulau Bungin harus masuk list liburan anda. Meski tak se populer wisata Sumbawa lainnya, namun Pulau Bungin sangat sayang bila anda lewatkan.

Berkat dukungan sarana memadai, menjadikan liburan anda disini tetap merasa nyaman. Berikut ini fasilitas Pulau Bungin yang antara lain :

  • Area penitipan kendaraan
  • Pemandu wisata
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Restoran apung
  • Jasa transportasi laut
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya menjelajahi pulau terpencil ini dengan berjalan-jalan menelusuri setiap sudutnya. Dikelilingi oleh lautan yang mempesona, bakal membuat momen berwisata anda kali ini semakin berwarna.

Satu hal yang pasti, anda tak boleh melewatkan untuk bersantap di resto apung Pulau Bungin yang ikonik. Para pengunjung bisa menikmati beragam kuliner lezat yang didominasi oleh menu laut.

Mulai dari Cumi, Ikan, Udang, Lobster, kerang dan masih banyak lainnya yang tentunya masih sangat segar. Mengambil langsung dari tambak yang ada di sekitar area Resto Apung Pulau Bungin Sumbawa.

Spot Terbaik di Pulau Bungin

spot terbaik di pulau buning
Foto : https://www.instagram.com/tia.ind/

Selama berada di kawasan wisata Pulau Bungin jangan lupa untuk mengabadikan semua momen indahnya melalui berswafoto. Berfoto-foto ria tentu saja bertujuan agar keseruan selama liburan bisa terekam dengan nyata sehingga sulit terlupakan.

Dengan aneka panorama baharinya yang memikat, bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang foto atau videonya. Hamparan luas lautan yang mengelilingi pulau nampak begitu mengagumkan dan cocok sebagai latar belakang.

Melalui selfie, groufie (foto bersama) dan juga merekam video pada spot terbaik di Pulau Bungin wajib dilakukan. Maka dari itu kemanapun anda akan pergi berwisata, jangan lupa untuk selalu sedia kamera.

Atau paling tidak smartphone kesayangan anda agar bisa merekam setiap hal-hal menarik ketika mengisi waktu libur di Pulau Bungin Sumbawa.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau buning
Foto : https://www.instagram.com/aryawiznu/

Beberapa tips berkunjung ke wisata Pulau Bungin Resto Apung.

  • Pastikan anda datang untuk berlibur di Pulau Bungin pada saat hari memang benar-benar cerah dan tidak hujan.
  • Wajib menjaga etika selama berada di kampung Pulau Bungin dengan tidak bertingkah laku sembarangan.
  • Hormati penduduk setempat dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang berbahaya apalagi merugikan.
  • Datang lebih awal agar anda dapat explore keunikan Pulau Bungin dengan lebih maksimal.

Jadi itu tadi informasi dalam sebuah ulasan singkat mengenai wisata jalan-jalan Pulau Bungin dengan sejumlah daya tariknya. Saat anda berada di Sumbawa, jangan lupa datang ke Bungin Island dan temukan sendiri keseruannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =