Cibulan merupakan salah satu destinasi wisata air yang selalu ramai akan kedatangan wisatawan disetiap harinya, khususnya musim liburan. Wisata di Kuningan ini adalah sebuah pemandian umum yang bersumber langsung dari mata air alami dengan kesegaran yang tiada duanya.

Kegiatan seru yang bisa pengunjung lakukan di Cibulan Kuningan ini tentu saja adalah berendam dan juga berenang. Selama bermain-main di kolam pemandian Cibulan Jawa Barat maka anda akan ditemani oleh ikan yang berwarna abu-abu kehitaman.

Disebut ikan dewa, dengan ukuran panjang yang cukup bermacam-macam, mulai dari dari 20an sentimeter sampai dengan 1 meter. Wisata alam pemandian Cibulan Ikan Dewa harus anda coba keseruannya dan rasakan sensasi kesegarannya.

Harga tiket Masuk Cibulan

harga tiket masuk cibulan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105748705459550476267

Kehadiran Ikan Dewa di wisata Cibulan menjadi salah satu daya tarik yang membuat destinasi pemandian ini ramai dikunjungi. Konon, ikan-ikan Dewa ini dahulunya adalah prajurit-prajurit yang kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi.

Karena selalu saja membangkang dan menunjukan sikap tidak setia, ketika masa pemerintahan Prabu Siliwangi, hingga kemudian menjadi ikan. Selain itu, mitos yang masih beredar sampai saat ini adalah ikan-ikan dewa ini jumlah selalu sama.

Dari dulu hingga sekarang, ikan dewa Cibulan sama sekali tidak pernah berkurang ataupun bertambah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini entah hilang kemana, setelah itu mereka akan kembali lagi dengan jumlah yang sama seperti semula.

Terlepas dari benar atau tidaknya kisah tersebut, yang pasti wisata Cibulan di Kuningan patut untuk anda rasakan keseruannya. Tak perlu keluar banyak biaya untuk bisa berlibur disini, sebab harga tiket masuk Cibulan hanya sekitar Rp20.000 saja per orangnya.

Pemandian air dingin Cibulan Kuningan dapat anda kunjungi kapan saja sesuka hati. Terbuka untuk umum pada pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB disetiap harinya, Rabu hingga Selasa.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat cibulan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103153606163229170675

Lokasi Cibulan cukup mudah dijangkau dari berbagai arah kedatangan, sebab letaknya yang tergolong strategis. Alamat Cibulan berada di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Jika dari Alun-Alun Kuningan maka jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke wisata Cibulan kurang lebih sejauh 9,6 km. Dengan membutuhkan waktu untuk perjalanan selama 22 menit saja, apabila lancar dan tidak ada kendala saat di jalan.

Akses jalan utama menuju objek wisata Cibulan sudah sangat baik dan bisa dilintasi dengan sangat mudah. Terpasang beberapa plang petunjuk yang bisa anda jadikan patokan ketika dalam perjalanan menuju Cibulan Kuningan.

Tak perlu khawatir bagi anda yang sama sekali belum pernah berkunjung dan tidak tahu jalannya. Maps dibawah ini bisa anda gunakan sebagai penunjuk arah yang akan membuat laju kendaraan menuju Cibulan mudah dan bebas hambatan.

Datang juga ke –> Waduk Darma yang favorit untuk berwisata.

Fasilitas

fasilitas cibulan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112863357193226873766

Termasuk salah satu tempat wisata Kuningan yang favorit, menjadi tujuan berlibur oleh banyak wisatawan dari berbagai kalangan. Wisata Cibulan tentu sudah dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung yang cukup memadai.

Dan berikut ini fasilitas Cibulan di Kuningan Jawa Barat yang meliputi :

  • Lahan parkir memadai
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi
  • Ruang bilas
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Gazebo
  • Area bersantai
  • Kolam pemandian
  • Wahana bermain
  • Rumah makan
  • Warung wisata
  • Kios souvenir
  • Spot foto menarik

Di dalam area objek wisata Cibulan, setidaknya terdapat dua kolam pemandian besar, yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama, dengan kedalam sekitar 2 meter memiliki ukuran 35 x 15 meter persegi.

Sedangkan untuk kolam yang kedua, terbagi menjadi dua bagian. Yang dimana bagian pertama memiliki kedalaman sekitar 60 sentimeter dan kedua berkedalaman hampir 120 sentimeter.

Kolam kedua yang terbagi menjadi dua bagian tersebut ukurannya sekitar 45 x 15 meter persegi. Setiap kolam yang ada di Cibulan Kuningan ini dihuni oleh puluhan Ikan Dewa yang berwarna abu-abu sedikit kehitaman.

Kunjungi juga –> Telaga Remis akan membuat anda rileks dengan keindahannya.

Spot Terbaik di Cibulan

spot terbaik di cibulan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118278749299787743087

Selain bermain-main air, kegiatan seru yang tak boleh anda lewatkan saat berwisata bahagia di Cibulan adalah berfoto-foto ria. Ada banyak sekali sudut-sudut menarik yang bisa anda jadikan sebagai background dalam rangka mengabadikan setiap momennya.

Anda bisa berswafoto selama aktivitas berenang disini dengan air jernihnya sebagai latar belakang yang menarik. Kegiatan bermain disini dijamin akan sangat nyaman dan membuat siapapun merasa betah, karena dikelilingi oleh banyak pepohonan rimbun.

Melalui selfie, foto bersama, dan merekam video untuk merangkum setiap keseruan yang tercipta selama liburan di Cibulan Kuningan. Hasilkan foto instagenic pada spot terbaik di Cibulan yang memikat perhatian anda selama berada disini.

Review sebelumnya –> Zam Zam Pool taman wisata air terbaru yang hits.

Tips Berkunjung

tips berkunjung Cibulan
Foto : https://www.instagram.com/zhie_pu3/

Bisa anda simak tips berkunjung dibawah ini sebagai tambahan referensi sebelum rekreasi ke wisata Cibulan.

  • Anda harus datang ketika hari sedang cerah untuk merasakan sensasi berendam di Cibulan yang lebih maksimal.
  • Jika cuaca sedang tidak mendukung di hari anda akan berkunjung, sebaiknya tahan dulu rencana untuk berlibur tersebut.
  • Anda bisa melakukan pemanasan ringan sebelum berkegiatan di Cibulan, agar tubuh lebih rileks dan tidak tegang selama bermain-main.
  • Wajib menjaga kebersihan area wisata Cibulan yang memang nampak asri dan sangat lestari.
  • Tetap waspada dan selalu berhati-hati demi berlangsungnya liburan yang aman tanpa adanya suatu hambatan.

Jadi itu tadi informasi mengenai pemandian kuningan rekomended yakni wisata Cibulan yang menawan. Demikian ulasan singkat seputar Cibulan Kuningan Jawa Barat untuk anda coba explore bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × three =