Candi Sambisari merupakan sebuah cagar budaya tidak bergerak yang kemudian dimanfaatkan menjadi tempat wisata budaya. Bangunan Candi Sambisari Jogja diperkirakan dibangun pada awal abad ke 9 di masa pemerintahan Raja Rakai Garung.

Yang dimana pada saat itu Raja Rakai Garung menjadi penguasa di Kerajaan Mataram Kuno dari Wangsa Syailendra. Perkiraan tersebut berdasarkan dari temuan di tahun 1977 yang memperlihatkan gaya tulisan pada lempengan emas yang terbaca “om shiva shtana”.

Sambisari merupakan kompleks percandian bercorak Hindu (Siwa) dan kini menjadi salah satu wisata Yogyakarta yang cukup populer. Menelusuri lebih dalam berbagai keunikan yang teradapat di Candi Sambisari Yogyakarta dalam rangka mengisi waktu libur akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

harga tiket masuk candi sambisari
Foto : https://www.instagram.com/dolan.aja/

Menurut beberapa sumber, Candi Hindu satu ini ditemukan oleh seorang petani di Dusun Sambisari pada tahun 1966 secara tidak sengaja. Hingga kemudian oleh Balai Arkeologi Yogyakarta memutuskan bahwa temuan ini adalah berupa kompleks percandian.

Lantas di lakukan pemugaran hingga selesai sekitar pada tahun 1986 dengan menggunakan Dusun Sambisari menjadi nama Candi ini. Saat ditemukan, posisi dasar Candi Sambisari Jogja ini terletak 6,5 meter dibawah permukaan tanah.

Serta ditemukan banyaknya batu material vulkanik di sekitarnya sehingga memunculkan anggapan bahwa Candi Sambisari tertimbun lahar dari Gunung Merapi. Yang dimana pada awal abad ke 11, Gunung Merapi pernah meletus dan menimbulkan bencana yang sangat dahsyat.

Hingga pada akhirnya, sampai hari ini, Candi Sambisari Yogyakarta menjadi tujuan wisata budaya dan edukasi yang selalu ramai pengunjung. Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk merealisasikan gambar Candi Sambisari yang biasa anda lihat di internet untuk disaksikan secara langsung.

Harga tiket masuk Candi Sambisari sangat terjangkau untuk semua kalangan, hanya 5.000 rupiah saja per orangnya. Dengan jam operasional wisata yang berlaku yakni pukul 07.00 – 17.00 WIB dan terbuka untuk umum pada setiap harinya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Candi Sambisari
Foto : https://www.instagram.com/ikinphotography/

Lokasi Candi Sambisari dapat anda jangkau dengan mudah karena keberadaannya yang cukup strategis. Terbilang dekat dengan kompleks Candi Prambanan, jaraknya hanya sekitar 4 km ke arah barat.

Alamat Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusta kota / titik 0 Kilometer Yogyakarta maka berjarak kurang lebih 13,7 km untuk mencapai Candi Sambisari.

Akan menjadi sedikit lebih dekat jika dari Bandar Udara Adisutjipto, karena jarak untuk menuju Candi Sambisari hanya 3,7 km. Dengan harus menempuh lama berkendara sekitar 9 menit perjalanan, apabila lancar dan tidak macet.

Akses jalan utama menuju Cagar Budaya Candi Sambisari sudah cukup baik dan bisa dilalui oleh berbagai kendaraan. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi saja agar liburan ke Candi Sambisari Jogja terasa lebih simple dan efektif.

Maps dibawah ini bisa anda pakai sebagai petunjuk agar laju kendaraan menuju wisata budaya Candi Sambisari Sleman Yogyakarta bebas hambatan.

Datang juga ke –> Lava Tour Merapi rasakan sensasi berkeliling area bekas erupsi gunung berapi yang menyenangkan.

Fasilitas

fasilitas candi sambisari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103766634861943559459

Telah di dukung dengan berbagai sarana penunjang wisata yang cukup memadai. Dan berikut ini fasilitas Candi Sambisari sebagai wisata Jogja populer yang antara lain :

  • Lahan parkir memadai
  • Ruang informasi wisata
  • Papan informasi candi
  • Gazebo
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Area bersantai
  • Spot foto menarik

Kompleks candi yang dikelilingi oleh dua lapis pagar batu rendah ini dapat anda eksplorasi lebih dalam ketika berlibur disini. Menyaksikan secara lebih dekat bentuk bangunan candi beserta arca serta relief yang terdapat di dalamnya.

Kunjungi juga –> Ullen Sentalu sebuah museum yang akan membawa anda ke zaman Jawa Kuno.

Spot Terbaik di Candi Sambisari

spot terbaik di candi sambisari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118231088001687452549

Wisatawan dapat menjumpai patung-patung di Candi Sambisari pada setiap relung dan pintu. Sebuah relung yang terdapat pada sisi kanan kiri pintu masuk candinya berisi patung dewa penjaga yakni Mahakala dan Nandiswara.

Sedangkan pada relung di sisi Utara ditempati oleh patung Durga Mahisasuramardini. Dan sisi timurnya terdapat sebuah patung Ganesha. Tak ketinggalan pada sisi selatan ditempati oleh patung Agastya atau Syiwa Mahadewa yang merupakan dewa tertinggi/utama.

Didalam candi utama para pengunjung juga dapat melihat lingga dan yoni dengan ukuran yang cukup besar. Serta berbagai benda-benda lainnya, seperti beberapa tembikar, perhiasan, cermin logam, hingga prasasti.

Hal-hal menarik tersebut dapat anda manfaatkan guna menjadikannya latar belakang ketika mengabadikan momen melalui berswafoto. Selfie, foto bersama sampai merekam video pada spot terbaik di Candi Sambisari guna merekam setiap keseruan selama berlibur.

Agar momen-momen indah selama explore wisata Candi Sambisari Jogja sulit untuk terlupakan. Maka dari itu, perlu sedia kamera ketika akan liburan dan jalan-jalan di Candi Sambisari Yogyakarta yang keunikannya begitu luar biasa.

Review sebelumnya –> Kids Fun Jogja taman bermain seru yang asyik dan menyenangkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi sambisari
Foto : https://www.instagram.com/andrebelong/

Bisa anda simak beberapa tips berkunjung berikut ini untuk menambah referensi ketika berencana mengisi waktu libur ke Candi Sambisari.

  • Waktu terbaik berlibur di Candi Sambisari adalah pada saat hari cerah dan sedang tidak turun hujan.
  • Untuk mendapatkan suasana yang lebih teduh maka anda bisa datang ketika pagi ataupun sore hari.
  • Saat siang hari, matahari disini cukup terik, untuk itu bisa dengan membawa penutup kepala seperti payung atau memakai topi.
  • Selalu jaga kebersihan pada area kompleks Candi Sambisari dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.
  • Ikut serta dalam menjaga keberlangsungan sebuah cagar budaya agar tetap menjadi sarana baik untuk berwisata.

Jadi itu tadi informasi mengenai daya tarik wisata Candi Sambisari di Yogyakarta yang menarik. Sekian ulasan singkat seputar Candi Sambisari yang termasuk salah satu Cagar Budaya Jogja dilindugi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 5 =