Ullen Sentalu merupakan sebuah museum yang juga menjadi tujuan wisata populer di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Jogja satu ini menampilkan budaya dan  juga kehidupan para bangsawan dari Dinasti Mataram.

Dinasti mataran sendri meliputi Kadipaten Pakualaman, Kasunanan Surakarta, Praja Mangkunegaran dan Kesultanan Yogyakarta. Koleksi bermacam-macam batik, baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta bisa anda jumpai saat menelusuri Ullen Sentalu Museum.

Museum Ullen Sentalu juga menyimpan berbagai macam pakaian yang dikenakan oleh tokoh raja-raja beserta permaisurinya. Dan masih banyak lagi hal-hal menarik yang tempat wisata Sleman ini suguhkan dan dapat anda telusuri lebih dalam kisah-kisah menariknya.

Harga Tiket Masuk Ullen Sentalu

harga tiket masuk ullen sentalu

Diresmikan sejak Maret 1997, Museum Ullen Sentalu masih menjadi destinasi yang kerap dipadati oleh banyak wisatawan. Apalagi saat musim liburan tiba, maka wisata Ullen Sentalu Jogja seperti tak pernah sepi dari lawatan para pelancong.

Berlibur ke Ullen Sentalu Museum maka pengunjung seolah terserap ke masa Jawa kuno melalui keadaan museum yang dibangun dengan baik. Setiap sudut wista Ullen Sentalu ini terlihat sangat menakjubkan dan mungkin tak akan anda temukan ditempat lain.

Di Museum Ullen Sentalu anda dapat mengetahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki makna mendalam pada setiap coraknya. Dapat anda temui juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa dari masa Mataram Kuno sampai Mataram Islam.

Dan untuk bisa rekreasi disini maka anda setidaknya perlu menyiapkan biaya untuk membayar tiket masuknya. Harga tiket masuk Ullen Sentalu adalah sebagai berikut :

  • Tur Adiluhung Mataram -> Rp 50.000
  • Tur Vorstenlanden -> Rp 100.000

Paket Tur Adiluhung Mataram menawarkan anda untuk melihat koleksi lukisan, foto, syair, dan batik yang dikisahkan secara fairytale. Anda akan diajak berkenalan dengan para darah biru Mataram serta memasuki kisah hidup mereka.

Melalui sebuah dimensi lukisan potret diri, koleksi syair, serta foto-foto potret masa lalu. Untuk Tur Vorstenlanden, menjelajahi ke dalam sejarah kekuasaan bumi Jawa serta masa emas Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Melalui koleksi lukisan masterpiece Museum Ullen Sentalu yang bisa disaksikan, dan dalam tur juga Anda akan singgah di Esther Huis. Yang dimana merupakan rumah bergaya Indies dengan koleksi kebaya, batik, dan hiasan antik budaya Indies.

Dan hal tersebut merupakan akulturasi tiga budaya, yakni Jawa, Belanda dan juga Tionghoa.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat ullen sentalu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108864510157298695794

Lokasi Ullen Sentalu berada di area yang mudah dijangkau karena letaknya yang terbilang cukup strategis. Alamat Ullen Sentalu teletak di Jl. Boyong Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari Alun-Alun Sleman, jarak yang musti di tempuh untuk menuju Museum Ullen Sentalu kurang lebih sejauh 19 km. Keberadaan Museum Ullen Sentalu cukup dekat dengan kebun Binatang populer yakni, Suraloka Zoo dengan jarak hanya 1,4 km saja.

Akses jalan utama yang harus dilalui sudah tergolong baik dan mudah dilintasi oleh berbagai kendaraan. Gunakan maps dibawah ini agar laju kendaraan menuju Ullen Sentalu Jogja menjadi bebas hambatan.

Datang juga ke –> Candi Ijo percandian bercorak Hindu yang berada di ketinggian untuk menyaksikan banyak pemandangan.

Fasilitas

fasilitas ullen sentalu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107775172632520841927

Dan berikut ini fasilitas Ullen Sentalu sebagai pendukung aktivitas pengunjung, yang diantaranya adalah :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Layanan informasi museum
  • Papan informasi di setiap sudut
  • Denah komplek museum
  • Pemandu wisata
  • Toilet umum / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Restoran
  • Spot foto menarik

Kegiatan explore Museum Ullen Sentalu anda akan ditemani oleh seorang pemandu, yang sudah termasuk dalam tiket masuk. Dalam tur berdurasi 45 menit, Edukator Ullen Sentalu (pemandu) akan mengajak Anda berpetualang menembus dimensi waktu bumi Jawa.

Kunjungi juga –> Taman Pelangi menyajikan banyak sekali lampu-lampu lampion dengan bentuk yang sangat menarik.

Spot Terbaik di Ullen Sentalu

spot terbaik di ullen sentulu
Foto : https://www.instagram.com/faridawahyususana/

Nikmati serunya berlibur dengan jelajah Museum Ullen Sentalu Jogja guna menyaksikan beragam keunikan yang di suguhkan. Melihat secara lebih dekat berbagai koleksi menarik yang menampilkan budaya dan juga kehidupan para bangsawan di Dinasti Mataram.

Ada yang menjadi koleksi unggulan di Museum Ullen Sentalu, antara lain adalah :

  • Lukisan Jumenengan. Yang menggambarkan prosesi tarian sakral Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.
  • Lukisan Busana Paes Ageng. Yang menunjukkan detail busana pernikahan seorang wanita lengkap dengan tata rias Paes Ageng.
  • Batik bermotif Urang Wetan. Yang pernah dikenakan oleh permaisuri bernama GBRAAy Retno Puwasa dari KGPAA Paku Alam X.

Serta masih banyak lagi benda-benda koleksi masa lampau yang dapat anda jumpai disini. Museum Jogja yang memiliki visi Sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa menyimpan banyak sudut bangunan menarik.

Bernuansa kuno dan dapat anda jadikan sebagai latar belakang saat berfoto-foto ria selama berwisata bahagia Ullen Sentalu Jogja. Abadikan momen menarik selama jelajah museum pada spot terbaik di Ullen Sentalu yang memikat.

Review sebelumnya –> Lava Tour Merapi kegiatan menyusuri area bekas erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ullen sentalu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105385396375628171769
  • Perkirakan dan atur dengan baik waktu berkunjung anda ke Museum Ullen Sentalu Jogja agar lebih maksimal.
  • Apabila pengunjung lebih dari 15 orang, maka wajib untuk reservasi terlebih dahulu, melalui nomor (0274) 880158
  • Namun jika pengunjung kurang dari 15 orang, maka bisa langsung membeli tiket di loket wisata Museum Ullen Sentalu.
  • Pahami dengan baik aturan-aturan beserta tata tertib pengunjung yang sudah ditetapkan oleh pengelola museum.
  • Anda bisa berkunjung ke Museum Ullen Sentolo di Jogja pada pukul 08.30 sampai dengan 16.00 WIB.

Jadi itulah tadi sudah anda simak informasi mengenai salah satu wisata Jogja yang rekomended sebagai tujuan mengisi waktu libur. Sekian dulu ulasan singkat tentang Ullen Sentalu yang akan membawa anda menuju masa Jawa kuno mengagumkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + seven =