Candi Kalasan merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi dan juga dimanfaatkan dalam sektor pariwisata dan bisa anda kunjungi. Bentuk Candi Kalasan Jogja terbilang istimewa, terlihat dari lapisan penutup candinya semacam plesteran ukiran batu halus.

Yang dinamakan dengan Bajralepadi, dimana hiasan ini yang merupakan salah satu ciri Candi Kalasan Sleman dengan keunikannya. Bangunan Cagar Budaya yang juga sebuah wisata Sleman Jogja ini dikategorikan sebagai candi umat Buddha.

Dan masih banyak lagi hal-hal menarik yang dapat anda temukan di wisata Candi Kalasan dalam rangka mengisi waktu libur. Aneka prasasti dan stupa yang ada di Candi Kalasan Yogyakarta semakin membuatnya berbeda dan terlihat begitu istimewa.

Harga Tiket Masuk Candi Kalasan

harga tiket masuk candi kalasan
Foto : https://www.instagram.com/penny.anggraeni1/

Jogja sendiri memang terkenal dengan masih banyaknya bangunan cagar budaya berupa Candi yang jumlahnya cukup melimpah. Sebut saja Candi Prambanan, Ratu Boko, Banyunibo, Sambisari dan masih banyak lagi, termasuk Kalasan.

Destinasi Candi Budhha Jogja satu ini menyimpan sejumlah daya tarik yang bisa anda saksikan lebih dekat ketika berlibur. Apalagi untuk bisa rekreasi di wisata Jogja berupa candi satu ini, maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Harga tiket masuk Candi Kalasan sangat terjangkau untuk semua kalangan, Rp5.000 bagi pengunjung domestik dan Rp10.000 wisatawan Mancanegara. Menghabiskan waktu libur dengan jalan-jalan di Candi Kalasan Sleman dijamin tak akan membuat dompet anda kering.

Dengan tiket masuk yang ekonomis tersebut, dipastikan para pengunjung bisa eksplorasi bangunan cagar budaya ini sampai puas. Ditemani dengan sejuknya udara sekitar berkat kehadiran banyak pepohonan akan membuat siapapun merasa betah.

Anda dapat singgah ke wisata Bersejarah satu ini kapanpun sesuka hati, karena terbuka untuk umum disetiap harinya. Jam operasional wisata Candi Kalasan adalah pukul 07.00-17.00 WIB, dan sore hari menjadi waktu paling favorit karena suasananya lebih teduh.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Candi Kalasan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103303085635559588991

Lokasi Candi Kalasan terbilang mudah untuk ditemukan dan cukup strategis letaknya sehingga memudahkan para wisatawan yang akan berkunjung. Alamat Candi Kalasan berada di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika dari Nol Kilometer Yogyakarta / pusat Kota Jogja maka jarak yang musti ditempuh kurang lebih sejauh 14,4 km. Sedangkan jika dari Candi Prambanan jaraknya hanya sekitar 3,4 km dengan menempuh perjalanan selama 10 menit saja.

Keberadaan wisata kalasan ini sangat dekat dengan Candi Sari yang memiliki ciri bangunan sama. Berjarak kurang lebih 800 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit perjalanan.

Apabila anda masih bingung, maka bisa menjadikan RS Bhayangkara Polda DIY sebagai patokan untuk mencapai Candi Kalasan. Karena tepat berada di sebrangnya, dengan jarak hanya 270 meter saja dan membutuhkan waktu 4 menit untuk berjalan kaki.

Maps dibawah ini bisa digunakan untuk memudahkan laju kendaraan ketika akan berkunjung ke Candi Kalasan Jogja. Petunjuk akuratnya bisa anda akses agar perjalanan liburan ke Candi Kalasan bisa bebas hambatan.

Datang juga ke –> Ullen Sentalu museum bersejarah dengan sudut-sudut instagenic.

Fasilitas

fasilitas candi kalasan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106414928580428483143

Tahukah anda jika Candi Kalasan merupakan percandian tertua yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan sampai saat ini, kawasan wisata Candi Kalasan Jogja masih selalu ramai akan kehadiran para pengunjung.

Sudah ditunjang dengan berbagai sarana pendukung yang cukup memadai, meski belum terlalu lengkap seperti wisata-wisata candi kebanyakan. Berikut ini fasilitas Candi Kalasan di Sleman Yogyakarta yang antara lain meliputi :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Layanan informasi pusat
  • Papan informasi Candi Kalasan
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Area beristirahat
  • Warung makan
  • Kios souvenir
  • Spot foto menarik

Sampai tulisan ini di muat, pada wisata Candi Kalasan belum tersedia sarana ibadah seperti mushola. Untuk itu bagi anda yang Muslim dan hendak Sholat, maka bisa mencari sarana ibadah diluar area Candi Kalasan Jogja.

Kunjungi juga –> Kids Fun Jogja taman rekreasi keluarga dengan sejuta keseruan.

Spot Terbaik di Candi Kalasan

spot terbaik di candi kalasan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107595042707683108582

Denah bangunan pada Candi Kalasan Sleman berbentuk persegi dengan atapnya berupa segi delapan dan puncaknya berbentuk dagoba atau stupa. Bangunan yang terbuat dengan perpaduan kerajaan Budha dan Hindu ini memiliki tubuh serta atap candi dihias dengan ukiran-ukiran sangat indah.

Terdiri dari relung-relung, sulur-sulur, arca-arca Budha, dagoba-dagoba dan juga arca Gana. Arca Gana sering ditampilkan dalam wujud manusia kerdil berperut buncit yang biasanya memikul sebuah barang.

Bangunan Candi yang didirikan pada tahun 777 saka / 778 Masehi oleh Rakai Panangkaran memiliki setidaknya 52 stupa. Hal-hal unik tersebut bisa anda manfaatkan untuk dijadikan background saat swafoto ketika akan mengabadikan momen selama berlibur.

Rekam setiap keseruan melalui foto ataupun video pada spot terbaik di Candi Kalasan sebagai latar belakangnya.

Review sebelumnya –> Candi Sambisari dengan pesona menarik dan anti mainstream.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi kalasan
Foto : https://www.instagram.com/sinargayuh/
  • Datanglah ke Candi Kalasan pada saat hari cerah dan sedang tidak turun hujan, agar semuanya terasa maksimal.
  • Pagi dan sore hari merupakan waktu favorit untuk berkunjung guna merasakan nuansa yang lebih teduh dan sejuk.
  • Jika anda berkunjung pada saat siang hari, maka tak ada salahnya untuk memakai penutup kepala seperti topi atau membawa payung.
  • Bersama-sama menjaga kebersihan kawasan Cagar Budaya Candi Kalasan agar tetap asti dan juga lestari.
  • Pastika anda memahami dengan baik aturan dan tata tertib pengunjung yang sudah ditetapkan demi kepentingan bersama.

Telah anda simak beberapa informasi mengenai Candi Kalasan Sleman Yogyakarta yang menyajikan keunikan disetiap sudutnya. Terimakasih sudah membaca sampai akhir ulasan singkat mengenai cagar budaya Candi Kalasan yang rekomended sebagai tujuan berwisata selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 4 =