Makanan khas Wonosobo banyak diburu oleh wisatawan mulai dari makanan khas utama hingga oleh-oleh khas Wonosobo, jika kita datang ke Wonosobo sangat kurang apabila belum menikmati beberapa makanan khas Wonosobo. Bagi anda yang datang ke Wonosobo misalnya Dieng maka akan kurang jika belum mencicipi makanan khas Dieng ini.

Tempat wisata di Wonosobo memang terkenal oleh wisatawan baik dari Indonesia bahkan sampai luar negeri, tak sedikit pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, terutama kawasan yang paling terkenal adalah kawasan wisata Dieng, Dieng merupakan sebuah dataran tinggi paling cantik di Jawa Tengah dengan peninggalan dan kebudayaan yang berbeda dari daerah lainnya.

Apalagi pada saat acara tahunan yang diadakan di Dieng yaitu Dieng Culture Festival dimana semua orang ingin mengunjunginya, dimana dalam acara tersebut terdapat beberapa ritual dan acara penting yang diadakan di kawasan Wisata Dieng salah satunya cukur rambut gembel atau masyarakat sering menyebutnya dengan acara ruwatan, saat acara tersebut Dieng dikunjungi oleh jutaan orang untuk menikmati acara tersebut, acara ruwat rambut gembel juga dimeriahkan dengan acara Jazz diatas awan, pertunjukan panggung menarik dan pesta pelepasan 1000 lampion.

Makanan Khas Wonosobo Menjadi Wisata Kuliner Dambaan Wisatawan

Setelah anda menikmati acara tersebut jangan lupa untuk menikmati aneka wisata kuliner yang ada di Wonosobo, ada beberapa makanan khas Wonosobo yang hanya ada di Wonosobo saja, mulai dari makanan berat hingga oleh oleh khas Wonosobo yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga tercinta, berikut beberapa makanan khas Wonosobo.

Mie Ongklok

mie ongklok makanan khas Wonosobo

Mie ongklok merupakan makanan khas Wonosobo yang menjadi ikon utama kota Wonosobo, mie ongklok dibuat dari mie, kubis, kol, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kental berkanji yang biasa disebut dengan loh. Mie ongklok ini biasa disajikan dengan sate kambing dan juga tempe kemul khas Wonosobo, pertama kali kita melihat mie ongklok akan bertanya-tanya dan penasaran bagaimana rasanya, dan ternyata setelah kita menikmatinya maka akan ketagihan.

Ada beberapa warung mie ongklok di Wonosobo yang ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat hari libur, mie ongklok ini akan nikmat apabila disandingkan dengan sate dan juga tempe kemul, jika anda datang ke Wonosobo belum menikmati masakan khas Wonosobo ini maka belum lengkap wisata anda ke Wonosobo.

Carica

carica

Carica merupakan buah khas Dieng Wonosobo dan hanya tumbuh di Dieng, hal ini memang terdengar aneh namun hal itu benar adanya, beberapa orang mencoba menanam kembali carica di tempat lain namun yang keluar bukanlah carica namun pepaya biasa, carica merupakan buah dalam keluarga pepaya namun memiliki bentuk buah yang berbeda, jika kita lihat sekilas sangat mirip dengan pohon pepaya, namun buahnya lebih kecil dan bergelombang, rasa buah mentahnya juga berbeda asam pada dagingnya dan manis keasaman pada bijinya.

Di Wonosobo buah carica menjadi oleh oleh khas Wonosobo paling utama, biasanya dalam bentuk manisan carica yang sudah dikemas ke berbagai kemasan mulai dari cup hingga botol, rasanya juga nikmat. Produsen carica di Wonosobo juga banyak salah satu produsen carica di Wonosobo adalah CV Oafindo yang sudah memproduksi carica dan dipasarkan dengan agen diberbagai kota, Carica Sumbing Segar salah satu contoh produk Oafindo, jika anda penasaran dengan produk carica ini bisa dipesan secara online melalui carica.co.id.

Tunggu, sedang memuat. . .

Purwaceng

makanan khas Wonosobo

Purwaceng merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Wonosobo dan dulu kala merupakan sebuah tanaman obat yang diolah oleh masyarakat sekitar untuk obat berbagai penyakit, mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, saraf, otot, mengatasi masuk angin, melancarkan buang air kecil, mengatasi pegal linu dan masih banyak lagi.

Namun yang paling terkenal purwaceng ini dapat digunakan sebagai Viagra tradisional paling mujarab, di Wonosobo purwaceng sering diolah menjadi teh maupun campuran kopi untuk rasa lebih nikmat.

Sagon

sagon

Sagon merupakan salah satu makanan khas Wonosobo dan termasuk ke dalam makanan tradisional, sagon terbuat dari tepung sagu dengan parutan kelapa dan ditambahkan gula kemudian dipanggang, jika anda datang ke Wonosobo sempatkanlah datang ke pasar induk Wonosobo, disana anda akan menemukan oleh oleh khas Wonosobo yaitu sagon, biasanya para pedagang akan berjualan sagon ini satu komplek dan lebih nikmat jika disajikan hangat, dengan bentuk bulat dan tebal membuat ketagihan konsumen yang memakannya.

Tempe Kemul

tempe kemul khas Wonosobo

Mungkin sekilas pertama melihatnya kita pernah makan makanan ini, di tempat lain misalnya di purwokerto makanan ini disebut dengan mendoan, namun tempe kemul merupakan makanan khas Wonosobo dengan ciri khas tersendiri, biasanya disajikan dalam bentuk renyah dan terdapat taburan kucai, rasanya yang nikmat apalagi jika ditambah dengan cabai mentah atau ulegan cabai membuat rasanya semakin nikmat.

Opak Singkong

opak wonosobo

Bagi sebagian orang pasti asing dengan istilah opak, namun jika anda datang ke Wonosobo jangan kaget jika disuguhi makanan khas Wonosobo bernama opak, opak ini terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian dikeringkan lalu digoreng, biasanya ditambahkan kucai sebagai taburan, opak ini banyak diproduksi di berbagai daerah di Wonosobo misalnya krakal, kalibeber dan sebagainya.

Kacang Dieng

kacang dieng

Makanan khas Wonosobo selanjutnya adalah kacang dieng, masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan kacang babi, kacang ini memiliki bentuk yang berbeda dari kacang biasanya, kacang Dieng memiliki bentuk yang lebih besar dan biasa digoreng dengan taburan bumbu diatasnya, rasanya yang gurih cocok untuk oleh-oleh keluarga dirumah.

Keripik Jamur

keripik jamur

Wonosobo pernah menjadi kota penghasil jamur dengan kuantitas lumayan besar, banyak berdiri perusahaan berbasis makanan terutama jamur ini, banyak juga industri rumahan yang memproduksi jamur menjadi makanan khas Wonosobo berupa keripik jamur, walau dapat kita temukan di daerah lain namun Wonosobo dari dulu sudah terkenal akan produksi keripik jamurnya.

Dendeng Gepuk

dendeng gepuk

Makanan khas Wonosobo yang satu ini memang banyak ditemukan di daerah lain, namun ada keunikan tersendiri dari dendeng gepuk Wonosobo ini, pasangan yang nikmat dari dendeng gepuk ini adalah nasi putih hangat dicampur dengan sambal bajak. Dendeng gepuk terbuat dari daging sapi pilihan.

Nasi Megono

nasi megono

Sebagian besar diantara kita pernah mendengar nasi ini di daerah Pekalongan, di Wonosobo juga terdapat nasi megono yang banyak dibungkus untuk menu sarapan yang nikmat, biasa didampingi dengan tempe kemul hangat membuat kita ketagihan untuk menikmati nasi megono ini.

Geblek

geblek wonosobo

Mungkin sebagian diantara kita akan terheran ketika mendapati makanan khas Wonosobo biasanya dijual di tukang gorengan berwarna putih dan kelihatan enak, itulah geblek, terbuat dari tepung pati yang dicampur dengan taburan daun kucai dan digoreng dengan rasa alot yang nikmat.

Itulah beberapa makanan khas Wonosobo bagi anda pecinta wisata kuliner di Wonosobo jangan lupa untuk menikmati beberapa makanan khas Wonosobo di atas, masih banyak menu makanan lain yang ada di Wonosobo misalnya aneka rica-rica marmut, enthok dan masih banyak lagi.

 

 

  • dee dee

    Buka http://diengcool.com/ untuk pilih Paket Wisata Dieng dengan pemandu wisata yang profesional dan berpengalaman. Ada berbagai pilihan paket wisata yang menarik untuk kamu coba. Yuk berwisata dengan kami.