Pantai Pandansari merupakan salah satu daya tarik wisata yang menyimpan segudang keunikan untuk disaksikan lebih dalam. Wisata pantai di Bantul satu ini terkenal berkat adanya sebuah mercusuar yang menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Dan menjadi satu-satunya pantai Jogja yang memiliki sebuah menara mercusuar dan bisa pengunjung ekplorasi dengan menaiki sebuah tangga melingkar. Dari mercusuar Pantai Pandansari Jogja, anda dapat menyaksikan deretan pantai-pantai cantik sepanjang Bantul hingga Kulon Progo.

Selain itu, Pantai Pandansari Bantul juga cukup teduh berkat hadirnya pohon cemara laut yang seolah menjadi pagar alaminya. Mengisi waktu libur dengan bersantai sekaligus jalan-jalan di Pantai Pandansari Yogyakarta dijamin akan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandansari

harga tiket masuk pantai pandansari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118020973220079485199

Pesonan alam indah yang disuguhkan Pantai Pandansari mampu membuat siapapun terkagum-kagum. Ombak yang tidak terlalu besar seraya dengan angin sepoi-sepoi akan menemani setiap aktivitas selama berlibur di Pantai Pandansari Bantul.

Melepas semua kepenatan dengan merileksasikan diri dengan menyaksikan aneka panorama pantai memukau disini. Serta berjalan-jalan santai sepanjang tepi pantai guna menumbuhkan kembali semangat dalam diri.

Untuk bisa merasakan setiap keseruan yang ada di Pantai Pandansari Jogja, maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Pantai Pandansari sangat terjangkau, sejauh ini hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Dengan biaya tiket masuk tersebut, tentu para wisatawan bisa main sampai puas di Pantai Pandan Sari Yogyakarta yang istimewa. Mencoba serunya melihat banyak landscape alam menawan dari puncak mercusuar Pantai Pandansari.

Waktu terbaik untuk datang kesini adalah saat menjelang pagi maupun sore menuju malam. Sebab dikedua waktu ini, anda dapat melihat indahnya terbit dan terbenamnya matahari dari kejauhan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pantai pandansari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100765093586376614876

Lokasi Pantai Pandansari berada pada wilayah yang cukup mudah dijangkau dan tetap harus berhati-hati agar semua baik-baik saja. Alamat Pantai Pandansari terletak di Desa Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berada di sisi selatan Kabupaten Bantul, dengan jarak dari Alun-Alun Paseban Kota kurang lebih sejauh 16,5 km. Dan membutuhkan waktu untuk perjalanan selama 26 menit untuk sampai ke Pantai Pandansari.

Yang dimana akses jalur utama menuju Pantai Pandansari Bantul sudah tergolong baik dan bisa dilintasi oleh semua jenis kendaraan. Setibanya di sini maka pengunjung akan langsung disambut oleh lebatnya pepohonan Cemara laut yang rimbun.

Kehadiran pohon cemara ini yang justru membuat nuansa pantai Bantul satu ini semakin nyaman karena tidak terlalu terik. Cocok untuk anda yang mengingkan pantai dengan nuansa teduh dan adem.

Meski anda sama sekali belum pernah datang ke Pandansari tak perlu ragu karena belum tau jalannya. Sebab dibawah ini tersedia maps dengan petunjuk akuratnya yang akan mengarahkan anda agar laju kendaraan bebas hambatan.

Datang juga ke –> Pantai Depok Jogja wisata populer yang selalu ramai akan wisatawan.

Fasilitas

fasilitas pantai pandansari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116985908570792810714

Meski tidak se tenar dengan pantai-pantai Bantul lainnya, namun disini sudah dilengkapi oleh berbagai sarana penunjang. Berikut ini fasilitas Pantai Pandansari di Bantul Yogyakarta yang meliputi :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Toilet umum / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Kios oleh-oleh
  • Rumah makan
  • Mercusuar
  • Kebun buah naga
  • Spot foto menarik

Berkunjung ke Pantai Pandansari tentu tujuan utamanya yakni menaiki sebuah mercusuar yang menjadi ikonnya. Dengan tangga melingkar untuk mencapai puncaknya, dari mercusuar Pantai Pandansari dapat anda saksikan banyak pemandangan mengagumkan.

Selain mercusuar, hal-hal menarik yang ada disini adalah, memetik buah naga langsung dari pohonnya. Atau biasa disebut dengan Agro wisata Buah Naga Pantai Pandansari yang dikelola dengan sangat baik.

Kunjungi juga –> Pantai Kuwaru dengan landscape alam memikat.

Spot Terbaik di Pantai Pandansari

spot terbaik di pantai pandansari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110566222971718473695

Jika umumnya berwisata ke pantai adalah untuk bermain pasir ataupun berenang yang tidak terlalu jauh, maka beda dengan disini. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandansari adalah untuk naik ke mercusuar.

Selain itu merasakan serunya memetik buah naga langsung dari pohonnya sekaligus menyantapnya saat itu juga. Buah naga yang ditanam disini berwarna menarik dan rasanya pun sangat manis.

Sembari menyantap buah naga dan jalan-jalan naik mercusuar, satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah berfoto-foto ria. Sebab liburan akan kurang lengkap jika tidak mengabadikan setiap momen melalui berswafoto.

Dengan menjadikan latar belakang hamparan luas lautan Pantai Pandansari pada saat selfie atau foto bersama. Ombak bergulung-gulung yang tidak terlalu tinggi bisa menjadi background cantk agar hasil fotonya semakin menarik.

Manfaatkan spot terbaik di Pantai Pandansari, seperti puncak mercusuar dengan suguhan aneka panorama alam menakjubkan dari ketinggian.

Review sebelumnya –> Balong Waterpark taman rekreasi air yang menyenangkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai pandansari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117361006325853066042
  • Sebaiknya datang ke Pantai Pandansari pada saat hari cerah dan sedang tidak turun hujan.
  • Agar semua lebih maksimal maka jangan datang ketika cuaca sedang tidak mendukung.
  • Dilarang keras mengotori kawasan Pantai Pandansari dengan sampah yang tidak anda buang pada tempatnya.
  • Apabila anda datang saat siang hari, tak ada salahnya untuk memakai penutup kepala untuk melindungi dari terik matahari.
  • Tetap berhati-hati selama berlibur di Pandansari agar semua aman, nyaman dan kembali kerumah dengan tenang.

Jadi itu tadi informasi yang sudah anda simak mengenai wisata Bantul Pantai Pandansari dengan mercusuar sebagai ikonnya. Demikian ulasan singkat Pantai Pandansari yang bisa menjadi alternatif kunjungan rekreasi anda selanjutnya saat hari libur tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 2 =