Tempat Wisata di Belitung menjadi salah satu destinasi yang paling menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Disini Anda bisa datang hanya sekedar untuk melepas penat dan berlibur di akhir pekan bersama keluarga, kerabat atau pasangan.

Bersilangan dengan Pulau Bangka, kawasan ini menyimpan sejuta keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pulau Belitung banyak menawarkan tempat wisata bernuansa pantai dengan keindahan yang masih murni dan alami, bahkan seperti surga tersembunyi.

Tidak hanya menawarkan keindahan pantainya, di Belitung Anda juga bisa mendapatkan pengalaman menarik dari tempat wisata. Jadi, apa saja tempat wisata yang ada di Pulau Belitung? Yuk simak ulasan terkait wisata Belitung terbaru yang wajib dikunjungi saat bertandang ke pulau satu ini.

1. Pulau Lengkuas

pulau lengkuas
Foto : https://www.instagram.com/pesona.indonesia/

Keberadaan mercusuar berwarna putih yang sangat tinggi menjadi daya tarik dari Pulau Lengkuas. Berada di tengah-tengah pulau sehingga tidak heran apabila menjadi pusat perhatian publik.

Pulau Lengkuas terletak di Desa Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Lengkuas dibuka selama 24 jam nonstop. Setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit jika memilih jalur Tanjung Kelayang. Namun jika memilih jalur dari Tanjung Tinggi atau Tanjung Binga akan memakan waktu sekitar 30 hingga 40 menit perjalanan.

Para wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Lengkuas dari jarak ketinggian mercusuar tersebut tanpa dipungut biaya alias gratis.

Namun, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp350.000-Rp500.000 untuk penyewaan perahu milik warga setempat. Harga sewa bisa naik atau turun sewaktu-waktu tergantung keadaan.

2. Pantai Penyabong

pantai penyabong
Foto : https://www.instagram.com/teluk_sari_beach_resort/

Pantai satu ini dekat dengan lokasi dua buah granit raksasa yang mendapat julukan Bukit Beginde. Disini Anda akan menemui pemandangan indah dari pantai berpasir putih dengan air berwarna biru kehijauan.

Anda juga bisa bersantai dibawah pepohonan atau berjalan-jalan menyusuri pinggiran pantai sambil mengabadikan momen menarik.

Sampai saat ini, tidak ada retribusi atau harga tiket masuk yang ditetapkan. Anda cukup mempersiapkan tenaga dan kepentingan pribadi untuk menikmati berlibur di Pantai Penyabong.

Pantai ini berada di Desa Batu Lubang, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Penyabong berjarak kurang lebih 56 km dari kota Tanjungpandan dan bisa ditempuh menggunakan mobil sewaan.

Anda bisa mendapatkan mobil tersebut di beberapa hotel atau penginapan pusat kota. Dengan harga sewa mulai dari Rp250.000 (tanpa supir) atau Rp350.000 (pakai supir) per 24 jam. Kawasan ini juga dibuka selama 24 jam nonstop.

3. Pantai Punai

pantai punai
Foto : https://www.instagram.com/0708.folder___/

Menjadi salah satu tempat wisata di Bangka Belitung, Pantai Punai memiliki ciri khas yang berbeda dengan pantai lainnya. Kekhasan tersebut bisa dilihat dari penampakan batuan granit yang cukup banyak.

Batuan granit itu dimanfaatkan sebagai spot foto oleh wisatawan karena tampilannya yang sangat beragam.

Pantai ini terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk menikmati eksotisme dari Pantai Punai, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000/orang yang mana bisa berubah sewaktu-waktu. Anda juga bisa bermain pasir putih sambil menyaksikan ombak pantai yang berkejaran.

Anda bisa menggunakan kendaraan darat baik pribadi ataupun sewa. Untuk menuju pantai ini yang berjarak sekitar 95 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Pantai Punai dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop.

4. Museum Kata Andrea Hirata

museum kata andrea hirata
Foto : https://www.instagram.com/peleser_tour_belitung/

Museum Kata berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Bangunan ini diisi oleh koleksi-koleksi dari sang pecipta novel fiksi Laskar Pelangi, yaitu Andrea Hirata. Museum Kata didirikan sendiri oleh Andrea Hirata dan menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia.

Tempat ini dibangun sebagai pengingat untuk mencintai dan menghargai karya sastra baik dalam negeri ataupun negeri lain.

Anda bisa melihat koleksi yang menggambarkan isi novel Laskar Pelangi dari awal hingga akhir dan dipajang dalam bentuk foto. Para wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp2.000/orang yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Uang tersebut akan dikumpulkan dan nantinya akan digunakan untuk biaya perawatan museum.

Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini, pastikan jam bukanya terlebih dahulu ya. Karena Museum Kata Andrea Hirata dibuka mulai dari pukul 10.00 WIB dan ditutup pukul 17.30 WIB.

5. Danau Kaolin

danau kaolin
Foto : https://www.instagram.com/canro.simarmata/

Obyek wisata Belitung berikutnya adalah Danau Kaolin. Danau ini memiliki tampilan yang sering diartikan sebagai surga dunia tersembunyi.

Pasalnya di bagian permukaan danau tampak berwarna biru pekat dan dibingkai oleh daratan dengan warna pasir yang putih berkilau. Berkunjung kesini, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Danau Kaolin terletak di Desa Perawas, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Sekitar 4 kilometer atau kurang dari 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari ibu kota Belitung, yaitu Kota Tanjung Pandan. Aksesnya mudah, Anda hanya perlu menggunakan GMaps sebagai petunjuk arah akurat.

Pada bagian tengah danau terdapat semacam bukit kecil yang merupakan gundukan tanah beku. Anda juga bisa bermain air danau yang mengandung mineral tinggi ini dengan sepuasnya.

Danau Kaolin dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai dari 07.30 WIB dan ditutup pada pukul 18.00 WIB.

6. Pantai Serdang

pantai serdang
Foto : https://www.instagram.com/alen_fanindra/

Pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk melihat matahari terbit. Anda juga bisa menikmati pemandangan menyegarkan dari pohon pinus yang berjejer di pinggir pantai.

Tempat ini termasuk dalam wisata Belitung Timur karena terletak di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Serdang juga memiliki banyak spot foto selfie dengan latar belakang pepohonan atau daerah pantai yang indah.

Ombak di pantai ini juga cenderung besar, butuh keberanian untuk berenang. Mempunyai pasir putih bersih dan air laut berwarna biru menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Serdang.

Harga tiket masuknya sebesar Rp5.000/orang. Dimana harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung keadaan.

Jangan lupa juga untuk mencicipi kopi disana, karena kawasan itu terkenal sebagai Tempat 1002 Kopi. Pantai Serdang memiliki jam operasional selama 24 jam nonstop tanpa ditutup.

7. Batu Mentas

batu mentas
Foto : https://www.instagram.com/fairfieldbelitung/

Jika bosan dengan destinasi wisata pantainya, Anda bisa beralih ke Batu Mentas. Tempat ini merupakan sebuah kawasan hutan lindung. Termasuk wisata alam di Bangka Belitung yang didalamnya terdapat beberapa jenis satwa lucu dan langka seperti Pelile’an.

Hutan ini juga dikelilingi pohon-pohon yang menjulang tinggi dengan berbagai jenis. Batu Mentas berada di Ds. Kacang Butor, Kec. Badau, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000/orang dan harga bisa berubah sewaktu-waktu. Disini setiap pengunjung bisa menikmati satwa-satwa lucu dan suasana asri pepohonan yang rindang.

Informasi jam buka layanan untuk destinasi wisata Batu Mentas dimulai pada pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 17.30 WIB.

Jam buka operasional juga bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Jadi, Anda harus selalu update dan jangan sampai ketinggal informasi.

8. Pulau Kepayang

pulau kepayang
Foto : https://www.instagram.com/ismiadwiriani/

Dijuluki Pulau Babi dengan luas sekitar 12 hektar, pulau ini menjadi yang terbesar diantara gugusan disekitarnya. Disini juga memiliki sebuah pantai berpasir putih yang indah dihiasi batuan granit raksasa untuk menambah keestetikanya.

Cukup dengan Rp10.000 Anda bisa menikmati keindahan dari Pulau Kepayang. Harga tersebut bisa mengalami perubahan ya.

Anda bisa mencoba kesempatan untuk mengeksplorasi kekayaan bawah air di pantai ini. Memiliki ombak yang tenang dan angin semilir menambah kenyamanan wisatawan saat berkunjung kesini.

Kawasan ini berada di Ds. Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.
Para pengunjung harus menyebrangi Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan pantai primadona di Belitung.

Jarak pulau kurang lebih 2 kilometer dan bisa ditempuh selama 15 menit menggunakan speedboat. Pulau ini bisa dikunjungi kapan saja, karena dibuka 24 jam nonstop.

9. Wisata Laskar Pelangi

wiisata laskar pelangi
Foto : https://www.instagram.com/ghifarialbar/

Pasti sudah tidak asing lagi dengan film Laskar Pelangi. Film tersebut mampu membuat Pulau Belitung menjadi sangat terkenal.

Jadi tidak heran sampai akhirnya muncul tempat wisata Belitung Laskar Pelangi. Sekolah Dasar yang dulunya sebagai tempat syuting, sekarang disulap menjadi semacam museum.

Di dalamnya tertata dengan rapi berbagai koleksi tentang film Laskar Pelangi. Mulai dari novel, lukisan, aksesoris hingga hiasan lainnya.

Wisata ini terletak di Ds. Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Dengan harga tiket masuk yang bisa berubah sewaktu-waktu sebesar Rp5.000/orang.

Disini Anda akan dibawa bernostalgia dengan perjuangan anak-anak Laskar Pelangi dan gurunya Bu Muslimah.

Tempat wisata ini akan selalu ramai dikunjungi pengunjung ketika berlibur ke Pulau Belitung. Wisata Laskar Pelangi dibuka pada pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 19.00 WIB.

10. Pulau Lutong

pulau lutong
Foto : https://www.instagram.com/rahmaihsani/

Wisata Pulau Lutong masuk dalam daftar tempat wisata di Belitung. Pulau dengan semenanjung pasir putih ini mempunyai banyak keindahan yang masih belum diketahui banyak orang.

Memiliki hiasan air laut yang kehijauan dengan batu granit, membuat Pulau Lutong Belitung sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Untuk bisa menikmati rindangnya pepohonan ketapang dan kelapa, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Bagi wisatawan yang belum pernah kesini, Pulau Lutong berada di Desa. Tanjung Binga, Kecamatan. Sijuk, Kabupaten. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau ini dibuka 24 jam tanpa tutup. Anda bisa melakukan aktivitas seperti bermain pasir di semenanjung dan berjalan keliling pulau.

Perjalanan diawali dengan menyusuri pantai sisi Barat dari arah semenanjung pasir putih. Anda juga disarankan untuk naik perlahan melewati bebatuan atau jalan melingkar melewati laut apabila air sedang surut.

11. Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi
Foto : https://www.instagram.com/backpackertampan/

Wisata Belitung satu ini memiliki ciri khas berupa bebatuan dengan ukuran besar yang berada di pinggir pantai. Para wisatawan biasanya menjadikan batu-batu tersebut untuk tempat duduk atau sebagai spot foto estetik.

Memiliki ombak halus dan pasir putih yang lembut, membuat suasana pantai menjadi sangat menyenangkan.

Hanya duduk di pinggir pohon akan membuat suasana hati lebih membaik. Pantai Tanjung Tinggi berada di Ds. Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp10.000/orang saja. Karena harga yang tercantum bisa mengalami kenaikan, jadi siapkan uang lebih untuk berjaga-jaga.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi berjarak 30 km dari pusat Kota Tanjung Pandan dengan akses jalan yang mudah untuk dijangkau.

Pantai ini menyediakan fasilitas yang bisa dibilang lengkap. Tersedia juga tempat penginapan, membuat liburan semakin seru dan menyenangkan. Untuk jam operasional Pantai Tanjung Tinggi dibuka selama 24 jam.

12. Tirta Marundang

Tirta Marundang
Foto : https://www.instagram.com/teranalog.id/

Tirta Marundang adalah sebuah destinasi wisata baru yang sumber mata airnya berasal dari Sungai Marundang.

Kawasan yang terletak Ds. Air Seru, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung ini mempunyai pesona yang indah alami. Memiliki air super jernih, membuat Anda bisa melihat bebatuan yang ada di dasar kolam.

Anda bisa menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi atau sepeda motor untuk bisa sampai dilokasi ini. Gunakan juga aplikasi Google Maps sebagai petunjuk arah yang akurat.

Untuk sekarang ini, Tirta Marundang tidak menyediakan informasi jam buka layanan, Anda bisa langsung mengunjungi alamat yang tersedia.

Daya tarik dari tempat ini adalah pemandangannya yang asri. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp5.000/orang, Anda bisa menjumpai ikan air tawar berenang lincah didalam air.

Harga yang tertera bisa berubah tergantung kebijakan pengelola. Selain itu, udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

13. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Foto : https://www.instagram.com/jhostiera_rangga/

Dari sekian banyak wisata pantai di Belitung, Tanjung Kelayang merupakan pantai yang paling bagus dalam menampilkan pemandangan eksotis. Mulai dari pasir putih, terumbu karang hingga batuan besar menjadi keindahan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Wisata ini hanya dipatok seharga Rp5.000/orang dan bisa berubah sewaktu-waktu. Uniknya, setiap bebatuan mempunyai bentuk yang hampir menyerupai berbagai hal seperti hati, sofa dan masih banyak lagi.

Beralamatkan di Pantai Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, kawasan ini cocok untuk yang memiliki hobi fotografi. Anda bisa mendapatkan hasil memuaskan apabila pantai ini dijadikan objek.

Pantai Tanjung Kelayang terletak di sebelah utara Pulau Belitung, berjarak 37 km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Pantai ini mempunyai keindahan nan eksotis dan sudah dikenal oleh dunia karena event Internasional yaitu Sail Wakatobi Belitong. Tempat wisata ini dibuka selama 24 jam, jadi Anda bisa datang kesini bersama keluarga kapan saja.

14. Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye
Foto : https://www.instagram.com/wiw.id18/

Air Terjun Gurok Beraye merupakan sebuah destinasi wisata di Pulau Belitung yang menawarkan perairan sangat jernih.

Debit air yang mengalir di kawasan tersebut akan menyesuaikan dengan musim. Apabila sedang musim panas, maka air akan mengalir lebih kecil dan sebaliknya.

Berlokasi di Ds. Kacang Butor, Kec. Badau, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung membuat tempat ini memiliki pemandangan alam yang asri.

Air Tejun Gurok Beraye sangat cocok untuk menyegarkan tubuh. Memiliki spot foto berupa underwater dan photobooth yang sangat menarik perhatian. Di perairan yang hijau jernih ini, Anda bisa melihat bebatuan di dasar sungai beserta ikan-ikan kecil.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, Anda hanya perlu membayar Rp5.000/orang. Dimana harga tersebut bisa dirubah sewaktu-waktu. Jam operasional Air Terjun Gurok Beraye yaitu setiap hari selama 24 jam nonstop.

15. Bukit Berahu

bukit berahu
Foto : https://www.instagram.com/clairine.aquileia/

Apakah Anda membutuhkan tempat liburan di Belitung? Jika iya maka Berahu adalah jawabannya.

Tidak hanya mempunyai fasilitas lengkap, bukit ini juga memiliki pemandangan visual yang sangat memikat. Bukit Berahu terletak di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kawasan bukit dikelilingi kolam renang dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Deretan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi menjadi nilai tambah dari tempat ini.

Hanya dengan Rp10.000/orang, Anda sudah bisa melakukan piknik bersama keluarga sambil menikmati pemandangan yang eksotis.

Namun, harga tersebut bisa mengalami kenaikan atau penurunan. Bukit Berahu ini memiliki jam operasional setiap hari selama 24 jam. Jam sudah disesuaikan dengan zona waktu setempat.

16. Air Terjun Kepala Kawai

Air Terjun Kepala Kawai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108979863356597273025

Destinasi wisata satu ini berada di ketinggian sekitar 200 meter diatas permukaan laut. Anda bisa berenang dan mengabadikan foto sepuasnya hanya dengan Rp8.000/orang.

Namun, ada baiknya konfirmasi terkait adanya perubahan harga lewat call center. Air Terjun Kepala Kawai juga menawarkan suasana hutan yang masih asri, hijau dan sejuk.

Wisata Air terjun ini mempunyai tujuh tingkatan dengan tinggi kurang lebih 15 meter. Air Terjun Kepala Kawai sangat cocok untuk Anda yang ingin sejenak merefreshingkan diri dari kesbukan di tempat kerja.

Kawasan ini berada di Ds. Simpang Rusa, Kec. Membalong, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Tiap-tiap wisata pasti memiliki jam buka dan tutup yang berbeda. Hal tersebut juga berlaku pada Air Terjun Kepala Kawai. Destinasi ini dibuka setiap hari dengan jam operasional selama 24 jam nonstop.

17. Pulau Memperak

pulau memperak
Foto : https://www.instagram.com/aliridhoazhari/

Jika Anda memiliki hobi snorkeling maka tidak boleh melewatkan pulau satu ini. Pulau yang tidak mempunyai banyak penghuni ini dilengkapi dengan banyak pantai.

Hal tersebut menjadi kesempatan bagi para pengunjung untuk melakukan aktivitas snorkeling. Namun, Anda harus membawa sendiri peralatan snorkeling karena petugas tidak menyediakan.

Pulau Memperak terletak di Pulau Buku Limau, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk harga tiket masuk tempat wisata biasanya berbeda antara weekday, weekend dan hari libur nasional. Harga tiket masuk Pulau Memperak dibanderol seharga Rp150.000/orang dan sewaktu-waktu bisa berubah.

Destinasi wisata di Kabupaten Belitung Timur ini buka setiap hari dengan jam operasional selama 24 jam nonstop. Jam tersebut sudah telah disesuaikan dengan zona waktu setempat.

18. Air Terjun Marsila

air terjun marsila
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108563254233052548166

Air Terjun Marsila adalah salah satu dari deretan air terjun yang ada di Belitung. Di Ds. Bentaian Jaya, Kec. Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung Anda bisa menemukan spot berenang dengan air jernih.

Tempatnya tidak jauh dari hutan sehingga masih terasa asri dan menyejukkan.
Hanya dengan biaya masuk Rp10.000/orang, Anda bisa berswafoto sepuasnya dengan latar belakang air terjun berbentuk tirai dan perairan hijau jernih.

Harga yang ditawarkan untuk weekday dan weekend sama saja. Namun, harga tersebut juga bisa mengalami perubahan, jadi pastikan untuk selalu update informasi terbaru ya.

Bagi para pengunjung yang ingin berwisata disini, maka tidak perlu khawatir. Karena Air Terjun Marsila ini dibuka 24 jam nonstop. Anda bisa bebas datang kapan saja dan melakukan aktivitas underwater serta photobooth saat berkunjung disini.

19. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai
Foto : https://www.instagram.com/widybear/

Diberi nama Pantai Nyiur Melambai karena tempat wisata ini terkenal dengan hembusan anginnya yang sepoi-sepoi.

Hal tersebut dikarenakan di sepanjang pantai ada deretan pohon pinus yang menjulang tinggi dan membawa suasana teduh. Tempat wisata ini dibuka dari hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 18.00 WIB.

Melalui garis pantai yang panjang membuat pemandangan pantai tampak begitu jelas. Saat pagi hari, para nelayan akan berjualan sayuran hasil panen lewat pulau seberang.

Hal tersebut menjadi daya tarik yang menarik dan juga disukai oleh para pengunjung. Adapun harga tiket masuk yang ditawarkan dan bisa berubah sewaktu-waktu sebesar Rp10.000.

Pantai Nyiur Melambai merupakan objek wisata bahari yang terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Pasir putih yang berkilau turut menambah keeksotisan pantai ini. Hal ini menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

20. Bukit Peramun

bukit peramun
Foto : https://www.instagram.com/desinafalia/

Bukit Peramun adalah sebuah destinasi wisata Belitung selain pantai yang terkenal dengan pemandangan dan satwa endemiknya.

Pemandangan yang bisa dilihat disini adalah hamparan pepohonan hijau dengan berbagai fasilitas menarik. Salah satunya adalah mobil terbang, jembatan merah sebagai jalan penghubung menuju desa sebelah dan lainnya.

Satwa yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata ini adalah Tarsius. Hewan mungil bermata besar bisa Anda temukan saat berkunjung kesini.

Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 129 meter yang bisa didaki selama 30 menit lamanya. Disediakan anak tangga yang bisa membawa Anda untuk sampai ke puncak bukit dan memperoleh spot foto menarik.

Wisata Bukit Peramun terletak di Jl. Peramun, Air Selumar, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000/orang. Harga ini sudah termasuk biaya parkir dan sewaktu-waktu bisa berubah tergantung pihak pengelola. Jam operasionalnya setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 17.00 WIB.

21. Pantai Penyak

pantai penyak
Foto : https://www.instagram.com/vioniagustin/

Pulau Belitung memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata berupa pantai, termasuk Pantai Penyak.

Pantai ini menjadi tempat wisata murah di Bangka Belitung yang menghasilkan paling banyak kelapa muda. Sehingga bisa menarik minat wisatawan. Banyak pohon kelapa berukuran sedang yang melambai-lambai diterpa angin laut.

Pantai Penyak berada di Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk bisa duduk bersantai di atas pasir putih sembari memandang keindahan pantai.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp8.000/orang. Tapi harga tersebut bisa kapan saja berubah sesuai dengan kondisi.

Dihari libur, biasanya kawasan pantai selalu ramai dikunjungi masyarakat Bangka untuk menikmati panorama serta bermain di bibir pantai. Pantai ini dibuka setiap hari dengan jam operasional selama 24 jam nonstop.

22. Gusong Bugis

Gusong Bugis
Foto : https://www.instagram.com/atturgrafity/

Ditempat ini ada sebuah pantai yang tergabung dengan kawasan hutan bakau. Anda bisa menikmati pemandangan disini sambil berlayar diatas perahu yang tersedia disekitar tempat wisata.

Panorama alam yang sangat dinanti oleh para pengunjung disana adalah saat matahari mulai tenggelam.

Anda bisa menyaksikan fenomena tersebut sembari bersantai di saung yang telah disediakan. Gusong Bugis juga memiliki sebuah jembatan kayu yang digunakan untuk wisatawan menjelajahi hutan mangrove sambil bersantai.

Para pengunjung juga akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000/orang yang bisa sewaktu-waktu bisa berubah.

Untuk jam operasionalnya sendiri, Gusong Bugis ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 18.00 WIB.

Lokasinya sangat strategis sehingga bisa ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Destinasi ini terletak di Jl. Gusong Bugis, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

23. Kampong Dedaun

kampung dedaun
Foto : https://www.instagram.com/krabplush/

Kampong Dedaun terletak di Jl. Raya Sijuk, Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Lokasi tersebut bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps sebagai petunjuk arah yang akurat.

Destinasi wisata ini merupakan kawasan pantai yang sering dijadikan sebagai tujuan utama oleh para pengunjung. Pada beberapa sudut pantai, ada gazebo-gazebo yang sengaja disediakan untuk bersantai.

Sebelum datang kesini, ada baiknya Anda menghubungi call center untuk memastikan harga tiket masuk yang bisa kapan saja berubah.

Biaya masuk ke Kampong Dedaun ini hanya sebesar Rp10.000/orang. Anda sudah bisa menikmati pesona matahari terbenam yang sangat indah dan menakjubkan.

Setiap pengunjung bisa menyewa perahu yangmana akan dikenai biaya tambahan. Kampong Dedaun ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 18.00 WIB.

24. Open Pit

open pit
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108246910056133017906

Open Pit adalah kawasan bekas pertambangan yang sudah lama tidak aktif. Wisata ini terletak di Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Disana terdapat sebuah danau yang luas dengan perkiraan memiliki kedalaman sekitar 30 sampai 60 meter.

Dipatok dengan harga Rp10.000/orang, tempat ini menghadirkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Warna biru gelap dari air danau sangat kontras dengan warna merah tanah dan pepohonan hijau disekitarnya. Sayangnya, harga yang tercantum sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan.

Danau ini masih belum bisa didekati dalam jarak tertentu dan tidak boleh digunakan untuk berenang. Hal itu karena dikhawatirkan ada senyawa yang belum diketahui terkandung dalam air danau tersebut.

Anda bisa menikmati pemandangan danau dari ketinggian bukit yang ada di dekat sana. Open Pit dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

25. Tanjung Binga

Tanjung Binga
Foto : https://www.instagram.com/arraster/

Kawasan ini dibuka selama 24 jam nonstop. Tanjung Binga sering disebut sebagai desa nelayan karena dihuni oleh para nelayan.

Tanjung ini seperti surga tersembunyi di Pulau Belitung karena menyimpan keindahan alam yang masih alami. Kondisi destinasi wisata sangat bersih dan asri sehingga liburan akan terasa menyenangkan.

Memasuki tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 saja. Namun, perlu untuk dimengerti bahwa harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu.

Pada bagian tengah tanjung, ada jembatan kayu disertai dengan gubuk-gubuk kecil yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh atau istirahat.

Jika Anda ingin sekedar menikmati waktu liburan dan melepas penat, maka sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata satu ini.

Tanjung Binga terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini juga bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi.

26. Burung Mandi

Burung Mandi
Foto : https://www.instagram.com/ayah.adii/

Bagi warga Manggar, nama Burung Mandi pasti sudah tidak asing lagi ditelinga. Obyek wisata ini menjadi tujuan liburan favorit bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya.

Dengan biaya yang cukup terjangkau sekitar Rp5.000/orang, Ada sudah bisa menikmati pesona alam ciptaan Tuhan. Akan tetapi, harga tersebut sewaktu-watu juga berubah.

Burung Mandi merupakan nama sebuah gunung di Timur Laut Belitung, kurang lebih 18 km dari arah Barat.

Kawasan ini terletak di Jl. Burong Mandi, Kec. Manggar, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Burung Mandi dilengkapi dengan pasir putih serta ratusan pohon pinus yang jadi pembatas antara pantai dan daratan.

Destinasi wisata satu ini dibuka 24 jam nonstop dan disarankan untuk datang saat pagi atau sore hari. Karena Anda bisa menyaksikan gunung Burung Mandi sebagai latar belakang pantai ini. Jarak Burung Mandi ke Bandara kurang lebih 70km, ditempuh dalam satu jam.

Demikian beberapa ulasan terkait tempat wisata di Belitung yang bisa mengisi jadwal liburan Anda menjadi lebih berkesan. Sebagian besar tempat wisata di Pulau Belitung memang didominasi oleh pantai. Namun, masing-masing pantai mempunyai kecantikan yang sangat khas. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda yang sedang merencanakan liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =