Tempat Menarik di Indonesia banyak sekali mulai dari pantai, gunung, sunrise, bukit, hingga dunia bawah laut. Sekarang, negara ini mulai berkembang soal pariwisata. Semua kawasan berbondong-bondong menghadirkan tempat unik dan menarik. Hanya saja, soal perawatan Indonesia masih kurang berpengalaman.

Jika dahulu, hanya terkenal dengan nama bali dan pulau dewata saja. Saat ini sudah muncul beberapa tempat baru yang menarik untuk dikunjungi. Tempat-tempat ini menyediakan berbagai macam kebutuhan wisatawan mengenai selfie, wefie, dan juga pemandangan alam nan mengesankan.

Daftar tempat menarik di Indonesia

Bagi yang penasaran, mana saja kawasan baru di Indonesia yang sedang diangkat namanya ke permukaan. Mari kita simak, penelusurannya berikut ini,

1. Gunung Semeru

semeru
Foto : Google Maps/Tomas Forgac

Inilah dia Gunung yang terkenal di Jawa dan di seluruh pelosok Indonesia. Mendaki tempat ini memang menjadi impian para pendaki.

Apalagi, berdiri di puncak mahameru dengan ketinggian 3.676 mdpl adalah mimpi bagi semua para pendaki. Oleh karena itu, tak heran bila tanggal 17 agustus banyak yang berdiri di puncaknya sembari melakukan upacara bendera.

Tetapi, ada segudang persyaratan yang harus dipenuihi oleh wisatawan. Karena, gunung ini masih aktif jadi, wisatawan diharapkan untuk berhati-hati.

Salah satu hal yang paling terkenal di sini adalah ranu kumbolo dan mitos tentang tanjakan cintanya. Nama kawasan ini menjadi ternama setelah dijadikan ke sebuah film.

Baca juga: Tempat Menarik di Bali Paling Indah dan Menarik.

2. Pantai Sumur Tiga

pantai indonesia
Foto : Google Maps/ Muhammad Akbar

Inilah dia pesona pulau weh yang sangat mengesankan. Wisata menarik di indonesia ini selalu saja menjadi primadona bagi wisatawan nusantara dan juga mancanegara.

Sepertinya, tempat ini sudah mampu membius hati dan pikiran mereka untuk datang dan datang lagi ke tempat ini. Keindahan pasir putihnya memang sangat mengesankan dan membuta decak kagum tanpa henti. Sepertinya pasir ini mengeluarkan kilau yang mengesankan.

Selain itu, warna air lautnya juga sangat menarik. Dimana, warnanya adalah biru kehijauan. Warna ini seakan mampu mebius mata wisatawan. Sehingga, tak henti-hentinya mereka mengambil foto dan gambar dari berbagai macam sudut.

3. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok
Foto : Google Maps/Ayub nurs

Inilah dia keindahan yang  berada di Sumatera Barat. Tempat ini merupakan patahan lempeng bumi yang sering wisatawan lihat di pecahan uang 2 ribu rupiah. Tempat ini memiliki dua dinding bukit yang menjulang tinggi dan jatuh ke dasar. Bukit ini pula yang jadi pemisah antara kebaupaten Bukit Tinggi dengan Kota Gadang.

Lembah yang terbentuk ini merupakan patahan semangko yang panjang dan berkelok. Memiliki kedalaman sekitar 100 meter dengan oanjangnya yang mencapai 15 km dan lebarnya 200 m. Dibagian tengah lembah mengalir sungai sianok, yang mengalir hingga ke sanudera hindia.

Menariknya lagi sungai tersebut bisa digunakan untuk olahrga kayak, arung jeram, dan juga kano. Di pinggir sungai ini tumbuh bunga raflesia yang terlihat begitu mengesankan.  Nah, dihutan ini dihuni oleh hewan-hewan seperti siamang, kera berekor panjang, rusa, dan babi hutan. Baca juga: Pantai Banyunibo di jogja.

4. Sungai Kampar

wisata riau
Foto : Google Maps/ novela ridwan

Biasanyanya berselancar di pantai dengan ombak yang mengesankan. Tetapi, di sungai Kampar ini pun bisa digunakan untuk surfing. Tempat ini menghadirkan ombak yang sangat ramah untuk peselancar. Tempat pelancongan menarik di indonesia ini berasal dari pegunungan bukit tinggi yang turun ke bawah hingga ke selat malaka.

Sungai ini tebagi menjadi dua yaitu sungai Kampar kanan dan sungai Kampar kiri. Nah, mereka akan kembali bersatu lagi di kabupaten pelalawan.  Sungai ini bisa mengeluarkan gelombang yang tinggi karena, bersatu dengan berbagai macam aliran sungai. Nah, dengan kehadiran tempat ini dibentuklah komunitas peselancar sungai. Dimana, mereka akan berselancar di sungai yang bersahabat.

5. Anambas

anambas
Foto : Google Maps/Antok Suryaden

Inilah pulau terdekat dengan negara singapura. Keindahan lautnya yang biru menjadi alasan bagi wisatawan untuk datang ke tempat ini. Selain itu pulau anambas dinobatkan sebagai pulau tropis  terbaik di asia. Versi CNNgo.

Tidak jauh dari anambas, ada sebuah pulau bernama pulau bawah, dimana kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat jernih. Selain itu, sobat pelacong bisa menikmati ikan-ikan yang loncat-loncatan. Nah, saking bersihnya, wisatawan bisa melihat ikan yang seperti berada  di dalam akuarium.

Berada di tempat ini jangan lupa untuk menikmati mie terempa. Mie ini adalah kuliner khas anambas yang sangat nikmat. Selain itu. Di dalam mie ini terdapat ikan tongkol kering yang dipotong-potong hingga menghadirkan rasa yang begitu nikmat

6. Kota Lama Semarang

kota lama semarang
Foto : Google Maps/Muhammad Alif

Siapa yang tidak mengenal Semarang. Kota yang terkenal dengan kuliner khas Lunpia ini mempunyai spot kece yang tidak boleh dilewatkan. Dimana, wisatawan akan disuguhkan dengan bangunan-bangunan kuno yang sudah berdiri sejak lama. Kawasan ini disebut dengan Kota Lama.

Tempat menarik di indonesia pada waktu malam ini menghadirkan lampu-lampu yang menambah kesan. Bahwa tempat ini memang sudah ada sejak lama dan sangat menarik.

Gedung megah yang dibangun sejak zaman belanda masih terawat dengan baik. Apalagi, dengan ikon gereja blenduk yang masih gagah berdiri. Baca juga: Objek Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi.

7. Grojogan Sewu Karanganyar

wisata di indonesia
Foto : Google Maps/Xegaya Yoon

Bergeser ke Karanganyar, lebih tepatnya berada di lereng gunung Lawu. Tempat menarik di Indonesia ini menghadirkan pesona air terjun yang mengesankan. Dengan ketinggian kurang lebih 75 meter. Objek wisata kebanggaan warga solo dan sekitarnya ini menjadi tempat yang tidak boleh tidak dikunjungi.

Nah, mengapa namanya grojogan sewu. Lantaran, ada anak tangga menuju ke kawasan ini yang berjumlah seribu buah. Di sini pula, ada banyak kera yang nakal-nakal. Jadi, disaranakan untuk tidak membawa makanan terlalu mencolok. Agar mereka tak berbuat kasar kepada wisatawan.

Tempat ini mempunyai dua pintu. Dimana, pintu kedua mempunyai jalan yang sangat ramah untuk segala usia. Di pintu kedua ini dekat dengan sebuah penginapan yang cukup mengesankan.

8. Taman Nasional Meru Betiri

tempat wisata di indonesia
Foto : Google Maps/Amiriz Ismail Ardiwijaya

Mari berkunjung ke banyuwangi. Dimana, tempat ini sedang gencar-gencarnya mengembangkan kawasan pariwisata. Seperti diketahui, kota yang berjuluk The sunrise of java ini. Memiliki keindahan yang namanya sudah dikenal di seluruh dunia, yaitu Kawah Ijen. Dengan pesona Blue fire yang hanya ada 2 di dunia.

Selain kawah Ijen, tempat percutian menarik di indonesia ini juga mempunyai kawasan menggemaskan lainnya yaitu Taman Nasional Meru Beitiri. Kawasan ini adalah pelestarian ekosistem asli. Hutan lindung di kawasan ini mempunyai beberapa ekosistem yang menarik.  Seperti bunga padmosari atau nama bekennya adalah raflesia arnoldi.

Ada juga salah satu pantai ini dijadikan sebagai salah satu konservasi penyu hijau nan lucu. Selain itu, beberapa fauna juga bisa dinikmati keberadaannya disini.

9. Taman Nasional Gunung Kelimutu

pesona indonesia
Foto : Google Maps/ ?

Kawasan berikutnya berada di Nusa Tenggara Timur. Kawasan ini mempunyai pesona pemandangan yang mengesankan dengan perbukitan dan pegunungan. Ada Gunung Kalibara dengan puncak ketinggiannya kurang lebih 1731 meter. Dengan luas yang kurang lebih 4,5 ha. Dan sebagai tempat perlindungan flora dan fauna.

Sejarah dari kawasan ini ditemukan oleh seorang militer belanda pada tahun 1915. Kemudian, pada tahun 1925 Y. Bouman menulis tentang Danau Kelimutu. Semenjak ini, objek wisata yang menjadi andalan ini ramai menjadi perbincangan dan dikunjungi oleh wisatawan.

Nah, nama kelimutu diambil dari dua kata. Yaitu keli yang artinya gunung dan mutu yang artinya adalah mendidik. Jadi, arti dari kawasan ini adalah gunung yang mendidih. Atau terdapat gunung aktif yang siap meletus kapan pun. Baca juga: Pantai Coro di Tulungagung.

10. Danau Sentani

wonderful indonesia
Foto : Google Maps/Dmitry Telnov

Saatnya berkunjung ke wilayah Papua. Dimana, tempat ini mempunyai keindahan yang tidak bisa didustakan. Kawasan ini memiliki kurang lebih 22 pulau yang tersebar di danau. Di tempat ini ada kurang lebih 30 jenis spesies ikan air tawar, bahkan empat spesies diantaranya adalah spesies endemic.

Ada bukit teletubbies yang mengesankan. Pemandangannya pun esoktis dengan warna hijau suansannya sangat asri dan menyenangkan. Kawasan ini pun mempunyai sebuah kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun yaitu festival danau sentani. Nama sentani ini sendiri merupakan sebuah harapan dari masyarakat papua. Harapan itu mempunyai arti disini kami tinggal dengan damai.

11. DIENG

dieng
Foto : https://www.instagram.com/havanas.photowork/

Dieng merupakan sebuah area dataran tinggi yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, Dieng masuk dalam dua wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarangera.

Daerah dengan udara sejuk ini menawarkan banyak sekali tempat-tempat keren untuk dikunjungi. Ada beragam tempat wisata menakjubkan dengan masing-masing daya tarik serta keunikannya.

Anda bisa berkunjung ke Dieng Wonosobo maupun Banjarnegara pada saat memiliki waktu libur. Datang bersama orang-orang tercinta untuk menciptakan momen bahagia dengan mengunjungi wisata Dieng yang mempesona.

Wisata alam mendominasi destinasi ajaib yang ada di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah. Berikut beberapa wisata di Dieng yang musti anda explore keindahannya :

Sikunir

Sikunir merupakan sebuah tempat wisata di Dieng yang ada di Desa tertinggi pulau Jawa. Bernama Desa Sembungan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Destinasi Dieng yang menarik adalah spot terbaik untuk menyaksikan terbitnya matahari. Keindahan view sunrise Bukit Sikunir mampu menghipnotis banyak pasang mata wisatawan.

Wisata Sikunir Dieng selalu ramai dan penuh akan kehadiran pengunjung, baik turis lokal maupun mancanegara. Dari puncak sikunir setidaknya anda bisa melihat ke eksotisan 7 gunung yang berbalut panorama mengagumkan.

Kawah Sikidang

Tidak hanya Bandung yang mempunyai wisata alam berupa kawah dengan segudang daya tariknya. Dieng juga mempunyai wisata kawah yang sangatlah populer, dan wajib tuk anda kunjungi.

Namanya Kawah Sikidang, yang berada di ketinggian 2000an meter diatas permukaan laut. Kawah Dieng ini menyuguhkan panorama alam memikat dan sayang bilang dilewatkan.

Batu Pandang Ratapan Angin

Merupakan wisata alam Dieng paling favorit dengan sajian pemandangan luar biasa yang memanjakan mata. Belum lengkap rasanya kalau liburan ke Dieng tapi tak berkunjung ke Batu Pandang Ratapan Angin.

Disini anda bisa melihat secara lebih leluasa panorama dari sebuah telaga Dieng paling fenomenal. Yakni Telaga Warna dan Pengilon yang akan membuat hasil foto atau video anda semakin kece.

Dan masih banyak lagi tempat wista Dieng yang wajib anda explore. Apalagi semua wisata di Dieng Jawa Tengah mematok tiket masuk yang amat sangat murah meriah.

12. The Great Asia Africa

wisata bandung
Foto : Google Maps/ Aditya Nur Hakim

The Great Asia Africa merupakan sebuah tempat menarik berupa taman. Yang mengusung konsep Asia dan juga Afrika, sesuai dengan namanya.

Hal tersebut terlihat dari setiap sudutnya, yang memiliki bangunan serta dekorasi ala benua Afrika maupun Asia. Taman ikonik berada di Bandung Jawa Barat yang menyimpan segudang daya tarik tuk ditelisik.

Bandung sendiri memang sudah dikenal sebagai salah satu wilayah yang kerap jadi tujuan liburan. Ada banyak sekali tempat wisata di Bandung yang siap memanjakan anda ketika berwisata bahagia.

Dan The Great Asia Africa ini adalah salah satunya yang patut anda explore ragam keseruannya. Berbasis taman rekreasi dengan aneka wahana dan aktivitas-aktivitas menyenangkan.

Berupa wahana negara, yang berbentuk destinasi populer di negara-negara asia dan afrika. Landmark yang instagenic mendominasi wisata Bandung satu ini untuk anda berswafoto.

Lokasi The Great Asia Africa berada di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Desa Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Wisata Great Asia Africa atau GAA selalu buka setiap hari pada  jam 09.00 sampai dengan 18.00 wib. Berbasis di alam terbuka, mengharuskan anda datang kesini ketika cuaca cerah dan mendukung.

Selain itu, ada baiknya anda berlibur ke Great Asia Africa Bandung diluar hari libur agar tidak terlalu ramai.

13. Air Terjun Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu
Foto : Google Maps/iwan setiawan

Dinobatkan sebagai air terjun terindah di Indonesia dengan suguhan pemandangan menakjubkan. Banyak wisatawan yang setuju akan sematan air terjun terindah Indonesia, memang begitu kenyataannya.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan lembah curam hingga elevasi 500 meter. Salah satu keunikan pada air terjun di Jawa Timur ini adalah kerap munculnya pelangi.

Pelangi tersebut muncul pada saat menjelang siang hari, yang terlihat begitu mempesona. Selain itu, anda juga bisa menyaksikan kemegahan Gunung Semeru menjulang tinggi dari sini.

Keberadaan Gunung Semeru ini tepat di sebrang Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang. Destinasi menakjubkan satu ini cocok sekali untuk anda yang suka berpetualang.

Mengingat akses jalannnya untuk mencapai spot air terjun yang lumayan menantang. Namun tidak harus sampai ke bawah, spot utama air terjun.

Sebab pengelola telah menyediakan area panorama, diperuntukkan bagi pengunjung yang enggang berjalan jauh. Dari gerbang masuk wisata Tumpak Sewu, membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke spot panorama.

Sedangkan untuk sampai lokasi jatuhnya air terjun, memerlukan waktu sekitar 30 – 60 menit berjalan kaki. Mengunjungi curug Lumajang hits ini wajib dilaksanakan ketika hari cerah dan pastinya cuaca mendukung.

Alamat atau lokasi Air Terun Tumpak Sewu berada di kampung siji, Jl. Raya Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

14. Daerah Istimewa Yogyakarta

yogyakarta
Foto : Google Maps/Galih Fajar Antasari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jogja menjadi salah satu tempat menarik di Indonesia yang kerap jadi tujuan liburan. Yogyakarta merupakan sebuah provinsi yang didalamnya memiliki setidaknya 4 Kabupaten.

Yakni Kabupaten Kulon Progo, Sleman, Gunungkidul dan juga Bantul yang masing-masing memiliki potensi wisata melimpah. Mengunjungi Jogja dalam rangka mengisi waktu libur jadi pilihan yang tepat, mengapa demikian?

Dari ke empat Kabupaten di Yogyakarta tersebut, masing-masing daerah mempunyai tempat wisata menarik tuk dikunjungi. Berikut beberapa destinasi wisata populer yang ada di masing-masing Kabupaten pada Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kulon Progo

Kulon Progo merupakan Kabupetan di DIY yang memiliki luas wilayah sekitar 586,3 km². Kabupetan di Jogja yang berbatasan langsung dengan Purworejo dan Magelang ini memiliki banyak sekali daya tarik wisata.

Ini adalah beberapa rekomendasi tempat menarik di Bantul Jogja sebagai tujuan berwisata. Diantaranya adalah Pulepayung, Pantai Congot, Kembang Soka, Kalibiru, Sungai Mudal, Bukit Cendana dan lain-lain.

Sleman

Kabupaten Sleman dengan luas wilayah 574,8 km² dikenal sebagai salah satu sentra salak pondoh. Buah dengan rasa manis tersebut menjadi salah satu oleh-oleh Sleman populer yang kerap diburu.

Sama seperti Kulon Progo, Sleman juga menyimpan beragam keindahan alam pada sebuah tempat wisata. Berikut tempat wisata di Sleman yang dapat anda explore, antara lain Candi Prambanan, Monjali, Tebing Breksi.

Masih ada juga Jogja Bay, Candi Ratu Boko, Sindu Kusuma Edupark, Taman Pelangi, tour Merapi dan lain sebagainya. Masukan nama Sleman ke dalam daftar jelajah alam Indonesia anda selanjutnya.

Gunungkidul

Selanjutnya adalah Kabupaten Gunungkidul yang terkenal dengan banyak wisata pantai pasir putih menakjubkan. Wisata berupa pantai mendominasi Kabupaten di Jogja ini yang pas sebagai tujuan rekreasi.

Daftar wisata bahari di Gunungkidul yang dapat anda telusuri antara lain Pantai Indrayanti, Sadranan, Drini, Baron. Selain itu masih ada Pantai Ngobaran, Wediombo, Ngrenehan, Pok Tunggal, Timang, Krakal, Sundak dan lain-lain.

Tak hanya wisata alam berupa pantai saja, karena masih terdapat bebeapa destinasi menarik. Seperti Bukit Bintang, Air Terjun Sri Gethuk, Goa Jomblang, Embung Batara Sriten, Hutan Wanagama dan lainnya.

Bantul

Terakhir, Kabupetan di Jogja yang juga sama-sama menyimpan segudang daya tarik wisata adalah Bantul. Ada banyak wisata di Bantul Jogja yang mempesona dan cocok sebagai tujuan berwsiata.

Berikut destinasi-destinasi wisata di Bantul yang direkomendasikan untuk anda. Diantaranya adalah Kebun Buah Mangunan, Parangtritis, Gumuk Pasir Prangkusumo, Puncak Becici dan lain-lain.

15. Sipinsur

sipinsur
Foto : Google Maps/senang tobing

Kita beranjak ke Pulau Sumatera untuk mengunjungi salah satu tempat menariknya. Yakni Geosite Sipinsur, sebuah tempat wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan sejumlah daya tariknya.

Alamat lengkap atau lokasi dari Sipinsur ini terletak di Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Keberadaan wisata alam ini bila anda menjangkaunya dari pusat Kabupaten Humbang Hasundutan jaraknya sekitar 60 km. Setibanya disini, anda akan langsung dihadapkan dengan pesona Danau Toba yang menakjubkan.

Wisata Geosite Sipinsur menawarkan aktivitas menyaksikan pemandangan Danau Toba dari ketinggian. View memikat 180 derajat berbalut dengan udara singin nan sejuk akan menemani setiap aktivitas anda disini.

Disamping itu disini juga menyediakan area playground khusus untuk anak-anak. Si kecil bisa bermain sampai puas di Playground Geosite Sipinsur dengan aneka wahana serunya.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin bersantai atau relaksasi diri. Aneka pemandangan indah, suasana sunyi, jauh dari keramaian dan murahnya biaya untuk berlibur disini jadi daya tariknya.

Mungkin anda akan heran ketika tahu berapa tiket masuk Sipinsur yang hanya seribu rupiah per orangnya. Baik anak-anak atau dewasa, sama -sama harus membayar Rp1.000 untuk tiket masuknya.

Sipinsur di Sumatera Utara bisa anda kunjungi kapanpun, karena buka setiap hari dari pagi hingga sore.

16. Bukit Matang Kaladan

bukit matang kaladan
Foto : Google Maps/Roni Permana

Setelah dari pulau Sumatera kini kita beralih ke Kalimantan yang juga punya tempat menarik tuk ditelisik. Sebuah provinsi yang mendapat julukan Pulau Seribu Sungai ini memiliki aneka destinasi-destinasi menawan.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, yakni Bukit Matang Kaladang. Sesuai namanya, para pengunjung diharuskan menaiki sebuah bukit untuk mencapai puncaknya.

Perjalanan menuju puncak Bukit Matang sendiri kira-kira akan memakan waktu selama kurang lebih 3-50 menit. Lalu apa yang akan anda temukan dipunca Bukit Matang Kaladan?

Jawabannya tentu saja adalah pemandangan menakjubkan dari ketinggian yang akan menghipnotis banyak pasang mata. Danau riam kanan dengan gugusan pulau-pulau kecil dibagian tengah jadi hidangan utamanya.

Keindahan alam di wisata Bukit Matang seakan tak pernah ada ujungnya. Terbukti dari antusias para wisatawan yang selalu memadati area wisata alam Kalimantan hits ini.

Lokasi Bukit Matang Kaladan berada di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Dari pusat Kabupaten Banjar menuju wisata alam Bukit Matang Kaladan jaraknya sekitar 50 km.

Berkunjung ke wisata alam terbuka wajib pada saat hari cerah dengan cuaca mendukung agar maksimal. Jam wisata pada Bukit Matang Kaladan banjar ini adalah pukul 06.00 – 18.00 wib.

17. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung
Foto : Google Maps/Nova Yosephin

Beralih ke Sulawesi, ada Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata Sulawesi yang populer dengan segudang daya tariknya.

Taman Nasional Bantimurung menawarkan wisata alam lembah bukit kapur. Terbilang curam namun eksotis, dengan vegetasi tropis, ari terjun dan juga goa.

Menjadi habitat dari beberapa spesies fauna maupun flora yang diklaim jumlahnya mencapai ribuan. Bisa dibilang kalau Taman Bantimurung ini menjadi surga bagi para pecinta kupu-kupu.

Pasalnya di taman nasional ikonik ini memiliki tempat penangkaran kupu-kupu khaas Bantimurung. Dimana kupu-kupu tersebut sangatlah cantik, dengan warna, ukuran dan bentuk yang beragam.

Bukit kapur atau karst adalah daya tarik utama pada Taman Nasional bantimurung Maros. Banyak yang menyebutkan kalau tempat ini adalah Taman Nasional dengan bukit karst terluas di Indonesia.

Mengunjungi wisata Taman Nasional Bantimurung kurang lengkap bila tidak explore air terjunnya. Air terjun Bantimurung begitu alami, dan panorama begitu memukau.

Taman nasional bantimurung terletak di Desa Bentenge, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

18. Kampung Indian Kediri

kampung indian kediri
Foto : Google Maps/Umi Arsih

Kembali ke Pulau Jawa, ada sebuah destinasi wisata anti mainstream yang patut anda datangi. Namanya adalah Kampung Indian Kediri yang akan memberikana anda pengalaman berlibur tak biasa.

Kampung Indian Kediri merupakan taman hiburan dengan mengusung konsep menarik. Yakni mengambil dari suku indian, yang konon menjadi pemukim pertama di Benua Amerika.

Hal tersebut dapat anda buktikan dari berbagao macam dekorasi pada wisata Jawa Timur satu ini. Wisata Kampung Indian Kediri cocok untuk liburan besama siapapun, baik keluarga maupun teman.

Lokasi Kampung Indian Kediri berada di Kelurahan Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Jam buka pada wisata Kampung Indian di Kediri ini adalah pukul 08.00 hingga dengan 17.00 wib.

Peta Wisata Indonesia

Bagaimana Tidak kalah dengan Pantai Kuta, Pantai Sanur, dan semua yang ada di bali bukan? Memang Indonesia itu negeri yang kaya akan apa pun. Hanya saja, kita sebagai warganya kurang memahami apa yang diinginkan oleh Ibu Pertiwi. Ayo Pergi ke tempat menarik di Indonesia, karena disini adalah rumahnya pesona alam dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + seven =