Pura Penataran Agung Lempuyang adalah sebuah rumah ibadah Hindu Bali. Wisata dan rumah ibadah ini terletak di lereng Gunung Lempuyang, 1.175 meter di atas permukaan laut.

Penataran Agung Lempuyang dikenal sebagai salah satu pura paling dihormati di Karangasem Bali. Pura ini menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir di kalangan wisatawan berkat Instagram.

Ada dua bagian candi, tingkat bawah dan tingkat atas, adapun yang terakhir ini harus didaki dengan tangga. Penasaran bagaimana indahnya Pura Penataran Agung Lempuyang?

Harga Tiket Masuk Pura Penataran Agung Lempuyang

harga tiket masuk pura penataran agung lempuyang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114782975596133427585

Pura Penataran Agung Lempuyang tiket masuk sendiri ditetapkan untuk setiap wisatawan yang datang. Biaya masuk ke Pura Lempuyang adalah Rp100.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Sementara untuk wisatawan domestic adalah Rp 50.000. Selain itu, Anda juga perlu membayar Rp 50.000 per orang untuk naik shuttle yang membawa Anda ke puncak gunung.

Di puncak gunung, Anda akan menemukan pintu masuk Pura Lempuyang. Sebelum tahun 2022, tiket masuk ke Pura Lempuyang gratis dan hanya membutuhkan sedikit sumbangan pura.

Namun semenjak viral di Instagram, maka ada biaya masuk yang dibebankan di Pura Penataran Agung Lempuyang.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pura penataran agung lempuyang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114526222459635846230

Denah Pura Lempuyang sendiri terletak di Bali Timur di wilayah Abang. Cara menuju Pura Lempuyang Luhur sendiri terbilang mudah.

Dari kawasan Canggu, maka perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan mobil untuk sampai ke Lempuyang.

Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk tinggal beberapa hari di Bali Timur dan menemukan beberapa tempat lainnya. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat menakjubkan lainnya di Bali Timur.

Fasilitas

fasilitas pura penataran agung lempuyang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118010601335458677081

Wisata Pura di Bali sendiri ada banyak, namun Penataran Agung Lempuyang adalah salah satu yang tertua dan paling suci.

Penataran Agung Lempuyang secara lokal dikenal sebagai Pura Luhur. Penataran Agung Lempuyang ini diyakini menjadi yang pura Hindu terbesar di pulau Bali. Pura Penataran Agung Lempuyang juga menjadi enam tempat ibadah tersuci di Bali.

Menurut kepercayaan Bali, enam tempat suci di Bali adalah titik penting pulau dan dimaksudkan untuk memberikan keseimbangan spiritual. Lima tempat ibadah paling suci di Bali lainnya adalah Pura Besakih, Goa Lawah, Batukaru, Pusering Jagat, dan Uluwatu. Semuanya merupakan pura Hindu Bali.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati saat sedang berada di Pura Penataran Agung Lempuyang sendiri tidak banyak. Hal ini karena statusnya yang merupakan sebuah rumah ibadah, bukan tempat wisata.

Jadi, fasilitas umum yang bisa dinikmati di Pura Lempuyang hanya kamar mandi dan tempat parkirnya yang luas.

Jam Buka

jam buka pura penataran agung lempuyang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105553021273454207191

Wisata Lempuyang Bali sendiri buka 24 jam karena sengaja memfasilitasi umat Hindu yang ingin beribadah dan bermeditasi.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivtas yang bisa dilakukan pura penataran agung lempuyang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112915375690504320192

Hiking

Jika Anda suka hiking, kunjungan ke Pura Lempuyang Bali merupakan wisata yang luar biasa untuk dinikmati.

Wisata ke pura ini memberikan pengalaman trekking yang penuh petualangan, pemandangan panorama luar biasa, dan kunjungan ke situs religi kuno.

Pura Lempuyang Bali ini berada di puncak gunung dengan ketinggian dan dapat dicapai setelah melakukan pendakian. Sepanjang jalan Anda dapat melihat pura-pura lain yang sangat dihormati dan merupakan bagian dari kompleks wisata ini.

Eksplor Wisata

Seluruh lanskap wisata terlihat sangat indah dan Pura Penataran Agung Lempuyang memiliki sebuah pintu yang juga dikenal sebagai ‘Gerbang Surga’.

Gerbang dan puranya terletak di bagian timur Bali di dataran tinggi Gunung Lempuyang, sekitar 2 jam dari Ubud dan Canggu.

Seluruh kompleks terdiri dari tujuh tempat suci yang berbeda, tetapi Pura Lempuyang adalah yang paling populer. Pura ini menawarkan pengunjung salah satu pemandangan paling menakjubkan.

Gerbang Surga di pura ini menjadi destinasi liburan khas Bali yang patut dieksplor. Banyak wisatawan berbondong-bondong ke Bali Timur untuk menyaksikan pemandangan di antara awan dan mengambil beberapa foto indah di Gerbang Surga.

Hunting Foto

Pura Lempuyang Luhur di Bali Timur memiliki beberapa pemandangan terbaik di Gunung Agung. Pura ini juga merupakan tempat yang super fotogenik dengan dua pintu putihnya yang indah dan dikenal sebagai ‘Gerbang Surga’.

Gerbang Pura Lempuyang dicat putih dengan arsitektur Bali dan Jawa klasik dan berasal dari abad ke-13 dan ke-14. Dua sisi gerbang mewakili konsep Bali dualitas dan pentingnya menjaga keseimbangan antara kekuatan gelap dan terang.

Pura Lempuyang adalah salah satu wisata terindah di Bali dengan pemandangan unik di Gunung Agung.

Pura suci ini wajib dikunjungi di Bali. Selama bertahun-tahun, pura Lempuyang telah menjadi wisata hits Instagram yang menjadikannya tempat sangat populer untuk dikunjungi.

Anda yang suka sekali foto, maka datanglah ke Gerbang Surga ini saat pagi hari untuk menghindari keramaian.

Datang di pagi hari juga akan memiliki peluang tertinggi untuk mendapatkan pemandangan yang jelas di Gunung Agung. Pada siang hari gunung berapi sering menghilang di awan

Tips Berkunjung

tips berkunjung pura penataran agung lempuyang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104037710787870494962

Ada beberapa tips saat mengunjungi Lempuyang Temple, di antaranya :

  • Bawalah kamera karena Anda memerlukan sesuatu untuk menangkap bidikan yang sempurna di pura ini.
  • Jangan sampai kulit Anda gosong saat menikmati pemandangan yang indah di pura ini, jadi selalu gunakan tabir surya.
  • Bawa mantel atau payung, jika ada kemungkinan hujan untuk berjaga-jaga. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik, jadi jangan lupa bawa botol air minum.
  • Banyak orang tidak menyadari bahwa sebenarnya ada 7 candi di dalam pekarangan. Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk menelusuri seluruh Pura Lempuyang. Jadi, siapkan fisik Anda.
  • Datanglah ke kuil pertama yang membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki dari gerbang tiket masuk. Kuil pertama menjadi tempat foto terkenal lainnya selain Gerbang Surga.
  • Anda harus berpakaian sopan dengan baju yang bahunya tertutup dan celana panjang atau rok untuk wanita.
  • Anda bisa menyewa sarung di pura seharga Rp 10.000.
  • Penataran Agung Lempuyang Bali adalah pura Hindu yang sangat religius sehingga segala bentuk ciuman di depan umum sangat dilarang.
  • Tidak diperkenankan membawa drone.

Review sebelumnya –> Pantai Amed yang mengagumkan.

Waktu Terbaik Berkunjung

waktu terbaik pura penataran agung lempuyang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116423681670866469449

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pura Penataran Agung Lempuyang? Pura ini buka untuk pengunjung setiap hari dari jam 7 pagi – 5 sore.

Meskipun sebenarnya Pura Lempuyang buka 24 jam untuk tujuan ibadah. Seberapa ramai pura akan tergantung pada waktu Anda pergi.

Adapun bulan April – Oktober biasanya menjadi bulan teramai. Nah, sebaiknya Anda datang menjelang matahari terbit atau pagi hari.

Jika Anda tiba di pura saat matahari terbit, tempat ini biasanya akan cukup sepi sepanjang tahun. Namun, kalau Anda susah bangun pagi, datanglah sebelum matahari terbenam, pemandangannya juga benar-benar menakjubkan.

Ingin berwisata di tempat yang indah dan anti mainstream di Bali? Maka masukkan Pura Penataran Agung Lempuyang Bali sebagai tujuan wisata Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + 13 =