Berlibur ke Pemandian Air Panas Ciseeng yang seru tentu akan menjadi pengalaman tidak terlupakan di sela kesibukan Anda. Nikmatnya air panas yang menjernihkan pikiran dan pemandangan bebatuan kapur bak salju siap memanjakan Anda.

Jangan takut kecewa karena pemandian air panas Bogor ini sangat menyehatkan tubuh dan pikiran. Yuk cek keseruan berlibur di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng.

Fakta Menarik Pemandian Air Panas Ciseeng

wisata pemandian air panas ciseeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110439806352441337583

Pemandian Air Panas Ciseeng merupakan tempat wisata di Indonesia yang menyajikan pemandangan alami bekas letusan gunung berapi. Selain pemandangan, wisata ini juga memiliki sumber mata air panas.

Para peneliti mengatakan jika letusan gunung berapi ini terjadi ribuan tahun yang lalu. Letusannya pun menghasilkan zat kapur, garam, dan belerang yang telah tercampur menjadi satu.

Bentuk letusan yang unik yakni warna putih bak salju dan pemandangan alam membuat pemerintah menjadikannya sebagai objek wisata. Wisata ini memiliki luas 15 hektar, dibangun pada tahun 1990 dan 1992 diresmikan.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciseeng

harga tiket masuk Pemandian Air Panas Ciseeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117371403550008711710

Harga tiket masuknya cukup murah yakni Rp10.000 untuk anak dan Rp12.000 bagi orang dewasa. Selain tiket masuk, ada biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor, sedangkan mobil Rp5.000, dan bus Rp10.000.

Sedikit info, Anda bisa memilih 2 pintu gerbang dengan tempat parkir yang berbeda. Sebelah barat yang merupakan gerbang utama memiliki parkir luas sedangkan di utara menggunakan jalan raya untuk penitipan kendaraan.

Selanjutnya Anda bisa menikmati berendam air panas di kolam renang Ciseeng Bogor dengan membayar Rp20.000 selama 20 menit. Selain itu ada kolam terapi ikan dengan biaya Rp6.000 tiap 20 menit.

Waktu 20 menit tentu sudah cukup untuk berendam sekaligus menyehatkan tubuh Anda. Waktu 20 menit juga cukup untuk terapi ikan agar urat syaraf tetap sehat.

Jika Anda membawa si kecil, tersedia kolam anak yang dilengkapi perosotan. Nah, jika Anda ingin berenang sepuasnya, ada kolam terbuka di puncak bukit kapur.

Selain kolam, ada kegiatan outbound paket reguler dengan biaya Rp50.000. Paket one day TK dan SD Rp150.000, untuk SMP juga SMA Rp180.000, sedangkan umum Rp200.000 sampai Rp500.000.

Ada juga penginapan atau pesanggrahan ber-AC dengan biaya ratusan ribu. Selain penginapan, Anda juga bisa bermalam menggunakan tenda atau melakukan camping.
Penting untuk Anda mengetahui bahwa harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Anda juga harus waspada atau menghindari orang-orang yang menjual tiket masuk dengan harga tidak wajar atau kemahalan.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pemandian air panas ciseeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106655943635381349512

Pemandian Air Hangat Ciseeng ini terletak di Desa Bojong Indah, Kelurahan Ciseeng, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi wisata ini 15 km dari kota Depok dan dapat ditempuh selama setengah jam.

Dari Depok ke arah barat menuju Jalan Sawangan lalu menuju Jalan Muchtar Raya. Setelah itu ke Jalan Jakarta-Bogor, ambil arah selatan sampai pertigaan Parung menuju Jalan H. Mawi.

Ambil arah kanan ke Jalan H. Mawi. Jika Anda sudah sampai perempatan, ambil arah kanan menyusuri Jalan Ciseeng hingga menemukan lokasi wisata.

Dari Bogor, Anda perlu mengikuti Jalan Jakarta-Bogor dan belok kiri ke Jalan Mad Nur. Setelah itu Anda perlu tetap lurus di Jalan Ciseeng sampai tiba ke tempat wisata.

Dari Jakarta, Anda lewat Pondok Indah menuju Serpong. Selanjutnya Anda ke Taman Tekno menuju Puspipkek, tidak lama setelah itu akan terlihat wisata air hangat ini.

Jika Anda bingung dengan arahan di atas, maka gunakanlah maps. Anda juga bisa menyewa tour guide jika merasa diperlukan.

Fasilitas

fasilitas pemandian air panas ciseeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113161379635920480431

Sebagai wisata yang cukup terkenal, tentunya banyak fasilitas tersedia untuk Anda, antara lain:

  • Parkir luas
  • Kamar mandi
  • Panggung
  • Kolam air hangat
  • Terapi ikan
  • Kolam anak
  • Danau
  • Taman
  • Area bermain anak
  • Wahana bermain (kereta api, mobil-mobilan, boom-boom car, dan bola air)
  • Outbond (flying fox, rumah pohon, jembatan tali dan besi, jaring laba-laba, bercocok tanam, seni, budidaya ikan)
  • Penginapan dan area berkemah

Datang juga ke –> Citra Indah Waterpark mampu mengusir semua kepenatan dengan kesegaran airnya.

Jam Buka

jam buka pemandian air panas ciseeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100643027677887327260

Anda bisa mengunjungi Pemandian Air Panas Ciseeng Parung Bogor ini mulai pukul 7 pagi sampai 8 malam. Anda bisa menikmati udara pagi sambil berendam air panas di kolam.

Udara sore dan pemandangannya pun bisa Anda nikmati. Sedangkan pada malam hari, Anda bisa melihat indahnya bintang sambil berendam air panas.

Jika Anda merasa kurang, Anda bisa menyewa penginapan dengan harga terjangkau. Anda juga bisa memasang tenda jika ingin ber-camping ria.

Kunjungi juga –> Pelita Desa wisata outbound menyenangkan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pemandian air panas ciseeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114522168760188222659

Berendam Air Panas

Aktivitas pertama dan paling rekomendasi adalah berendam air panas. Anda bisa berendam di kolam renang air panas Ciseeng Bogor sambil menikmati pemandangan yang tersedia.

Ada juga kamar mandi air panas VIP, dimana Anda bisa mencoba spa belerang yang menyehatkan.

Nah, jika ingin berenang sepuasnya, Anda perlu naik ke bukit. Ada juga kolam anak, siap menemani si kecil dengan perosotan yang disediakan.

Terapi Ikan

Jika Anda sedang stress, cobalah terapi ikan yang siap menghilangkan kegelisahan dan memperlancar peredaran darah. Selain itu terapi ikan juga dapat mengangkat sel kulit mati Anda.

Bermain di Danau

Jika memasuki wisata dari gerbang barat, Anda bisa langsung menyaksikan danau buatan yang cukup luas. Di sini Anda bisa menyewa sepeda air bebek untuk mengitari kolam.

Tidak hanya sepeda air bebek, Anda juga bisa menyewa bola air besar. Bola ini bisa Anda gunakan untuk tiduran ataupun berguling-guling di atas danau.

Tersedia juga kapal untuk 5 orang per rombongan. Tidak perlu capek-capek, Anda hanya perlu duduk santai sambil melihat pemandangan.

Outbond

Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati wahana yang ada. Meskipun harganya cukup mahal tapi setimpal dengan pengalaman yang akan Anda dapatkan.

Anda bisa bermain flying fox, rumah pohon, jembatan tali dan besi, jaring laba-laba, serta masih banyak lagi. Uniknya, Anda bisa melakukan kegiatan bercocok tanam, seni, dan budidaya ikan.

Menginap

Nah, ditengah danau Anda akan menjumpai jembatan menuju bangunan berupa penginapan. Penginapan atau pesanggrahan tersebut bisa menjadi tempat istirahat Anda setelah lelah menikmati fasilitas yang tersedia.

Anda juga bisa menikmati indahnya malam dengan berkemah bersama orang tersayang.

Review sebelumnya –> Hutan Pinus Bogor yang sejuk dan menakjubkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pemandian air panas ciseeng
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103000732969212488740

Agar liburan tidak terasa sia-sia atau ada yang kurang, berikut tips berkunjung untuk Anda.

  • Jangan lupa jaga kesehatan agar Anda bebas beraktivitas di tempat wisata.
  • Jangan lupa siapkan semua barang bawaan Anda jauh-jauh hari. Siapkan juga
  • keuangan Anda karena banyak fasilitas berbayar yang perlu dicoba.
  • Datanglah pada sore atau malam hari. Pada jam ini suasana berendam bisa jauh
  • terasa nikmat.
  • Jagalah kebersihan dimanapun dan kapan pun Anda berada. Jangan meninggalkan kotoran atau merusak fasilitas yang telah disediakan,

Nah, kita akhiri dulu pembahasan mengenai Pemandian Air Panas Ciseeng. Tetap jaga kesehatan dan jaga sikap saat Anda berada di wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 1 =