Danau Linow merupakan tempat wisata alam yang ditempuh 1 jam dari Kota Manado atau berjarak sekitar 30 Km. Di sepanjang perjalanan menuju ke sana, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hijau perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon besar.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Gunung Lokon yang masih aktif. Dana yang berlokasi di Kota Tomohon ini memang diapit oleh Gunung Lokon dan Gunung Mahawu sehingga suasananya tentu sangat sejuk.

Kota Tomohon juga disebut sebagai Kota Seribu Bunga karena di kawasan ini ada banyak jenis bunga yang tumbuh subur. Jadi, kota ini sangat cocok untuk destinasi wisata kala Anda penat dengan riuhnya perkotaan.

Keunikan Danau Linow

keunikan danau linow
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118258506227623636210

Berbeda dengan tempat lain, telaga Danau Linow mempunyai satu keunikan tersendiri. Yang mana air danaunya bisa berubah warna sendiri menjadi biru, hijau, dan kuning kecokelatan.

Perubahan warna air tersebut disebabkan oleh adanya kandungan zat belerang yang ada di dasar danau. Belerang sendiri merupakan zat yang berasal dari sisa letusan gunung dan pantulan cahaya matahari.

Ditambah lagi dengan adanya beberapa spot foto keren yang bisa Anda pilih untuk mengabadikan perjalanan. Mengingat bahwa danau ini terletak di antara dua gunung, pasti hasil fotonya juga akan sangat menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Danau Linow

harga tiket masuk danau linow
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103401857586360016120

Harga tiket masuk ke Danau Linow terbilang sangat bersahabat, karena per orang hanya akan dikenai tarif Rp25.000. Dengan biaya tersebut, Anda bisa menikmati keindahan danau dengan jelas serta mendapatkan secangkir teh atau kopi.

Namun, jika merasa harga tersebut terlalu mahal, pengunjung bisa turun ke kedai di bagian bawah. Dengan tujuan untuk menikmati keindahan Danau Linow dari tepian. Di kedai ini Anda hanya akan dikenai tarif Rp5.000 saja.

Perlu diketahui kalau harga tiket masuk melalui pintu utama maupun di kedai bawah bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, Anda harus membawa budget lebih untuk berjaga-jaga bila ternyata harga tiket sudah naik.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat danau linow
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114265468763814048057

Wisata Danau Linow berlokasi di Jalan Tomohon, Kawangkoan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Anda memerlukan waktu hanya sekitar 1 jam untuk sampai ke kawasan danau jika berangkat dari pusat kota Manado.

Untuk menuju ke sana Anda bisa memilih jalan utama Manado-Tomohon ke pusat kota yang ditandai dengan bundaran dan pertigaan. Kemudian lurus terus menuju ke daerah Kawangkoan.

Ikuti terus jalur tersebut sampai menemukan papan petunjuk arah Danau Linow yang berukuran besar. Lanjutkan perjalanan sesuai dengan petunjuk yang tertulis pada papan tersebut dan Anda akan sampai di tempat tujuan.

Fasilitas

fasilitas danau linow
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116956064194184777232

Selain menawarkan keindahan yang tiada tara, pengunjung juga akan diberikan beragam fasilitas agar liburan terasa semakin menyenangkan. Di sana Anda bisa menemukan beberapa tempat makan seperti Grand Linow dan Linow Cafe.

Ada juga Danau Linow resort yang berada di atas dengan daya tampung sekitar 160-220 orang setiap ruangan. Gedung yang terdiri dari 4 ruangan ini bisa disewa untuk berbagai acara penting sepeti meeting, pemotretan, bahkan pesta.

Selain itu ada juga beberapa fasilitas umum seperti musola, toilet, dan tempat parkir yang memadai. Bagi yang membawa kendaraan roda empat tak perlu khawatir karena lahan parkirnya sangat luas.

Jam Buka

jam buka danau linow
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116237927304009910705

Danau Linow Tomohon buka setiap hari sehingga Anda bisa berkunjung ke sana kapan saja. Tanpa perlu menunggu weekend atau hari libur. Gerbang masuk danau ini buka mulai pukul 11.00 WIB dan tutup jam 19.00 WIB.

Untuk Grand Linow buka pada pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB. Sedangkan Linow Cafe hanya buka sampai pukul 18.00 WIB. Namun, waktu terbaik mengunjungi danau ini adalah saat pagi hari sewaktu udara masih sangat sejuk. Dan ditemani dengan kicauan merdu yang beterbangan di atas danau.

Kalau ingin melihat senja, Anda bisa bertolak ke danau ini saat menjelang sore. Senja dan secangkir kopi atau teh yang dikombinasikan dengan keindahan danau akan jadi momen tak terlupakan.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan danau linow
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111304605402745041686

Saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan Danau Linow, Anda akan disambut dengan aroma khas belerang. Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan pegunungan dan perbukitan yang membuat terpikat. Di sana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama orang-orang tersayang, di antaranya:

Keliling Danau

Keeksotisan Danau Linow tentu sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Cara terbaik untuk menikmati keindahannya adalah dengan berkeliling di sekitar danau.
Namun, jangan pernah sekali-sekali memutuskan untuk berenang ke danau. Pasalnya, danau ini mempunyai tingkat belerang yang sangat tinggi sehingga berpotensi membuat celaka.

Berfoto Sebanyak-banyaknya

Saat mengunjungi suatu tempat wisata, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah menjepret foto sebanyak mungkin. Apalagi kawasan wisata Danau Linow mempunyai background alami yang sangat menawan.

Untuk bisa mendapatkan hasil jepretan yang bagus, Anda harus pintar menentukan spot foto terbaik. Misalnya bisa di tepi danau dengan background Gunung Lokon atau perbukitan nan hijau.

Anda bisa juga mengambil foto pada saat danau sedang berubah warna. Kapan lagi bisa menemukan tempat wisata yang sangat eksotis selain di Danau Linow Tomohon?

Bersantai di Pinggir Danau

Nongkrong di restoran atau tempat makan mungkin sudah menjadi sesuatu sangat biasa bagi banyak orang. Oleh karena itu, Anda bisa memilih Danau Linow sebagai alternatif untuk nongkrong sambil deep talk bersama sahabat atau pasangan.

Apalagi Anda juga sudah bisa mendapatkan secangkir kopi atau teh saat masuk ke area danau ini. Dengan begitu, nongkrong akan terasa lebih lengkap dan menyenangkan.

Menyantap Berbagai Sajian

Selain menikmati minuman hangat, Anda juga bisa memesan berbagai sajian kuliner yang dijual di Danau Linow cafe. Semua makanan yang dijual sudah dipastikan kehalalannya sehingga Anda tak perlu ragu untuk menyantapnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung danau linow
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114682440401782379937

Sebelum bersiap menuju ke Danau Linow, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar liburan Anda terasa mengesankan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah pada saat pagi atau sore hari. Tidak dianjurkan untuk datang ke Danau Linow malam hari karena tempat wisata ini sudah tutup pada pukul 19.00 WIB.
  • Jika Anda tidak terlalu suka dengan keramaian, usahakan jangan pergi ke destinasi ini pada saat musim liburan. Sebab, bisa jadi danau akan penuh akan pengunjung sehingga Anda akan berdesak-desakan dan tidak bisa menikmati pemandangan dengan leluasa.
  • Bawalah kamera yang bagus dengan kondisi baterai sudah diisi penuh agar Anda bisa menjepret foto sepuasnya saat berada di sana.
  • Bawalah budget lebih agar bisa menikmati sajian lezat yang dijual di Danau Linow restaurant.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan begitu, Anda juga telah berkontribusi meringankan pekerjaan petugas kebersihan.

Demikian sekilas informasi seputar Danau Linow, destinasi wisata alam terbaik di Tomohon, Sulawesi Utara. Yuk, buruan tentukan tanggal untuk berkunjung ke sana dan menikmati air tiga warnanya yang sangat memikat hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =