Malang menyimpan berbagai macam destinasi wisata, salah satunya Museum Angkut. Destinasi wisata Museum Angkut ini sangat menarik dan cukup berbeda dengan wisata lainnya sehingga pengunjung tidak mudah jenuh.

Museum Angkut merupakan destinasi wisata sejarah transportasi pertama bahkan yang terbesar di kawasan Asia. Museum yang telah berdiri dari tahun 2014 ini telah menyimpan koleksi transportasi mencapai 500 koleksi.

Bagaimana apakah tertarik mengunjungi Museum Angkut di Batu Jawa Timur? Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Museum Angkut simak penjelasannya berikut ini.

Daya Tarik Museum Angkut

daya tarik museum angkut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100379153926827120996

Museum angkut merupakan tempat yang akan mengajak pengunjung untuk mengenal lebih jauh peradaban transportasi dari masa ke masa. Setap transportasi akan mewakili perubahan era dan zamannya di seluruh dunia.

Museum angkut menampilkan koleksi transportasi dengan mendesain interiornya sesuai dengan keadaan pada zaman tersebut. Dengan demikian, pengunjung dapat merasakan bagaimana keadaan dulu, ditambah dengan berbagai model bangunan yang terkesan original.

Kawasan Museum Angkut dibuat berdasarkan zona-zona yang telah dibuat seolah berada di jalanan kota besar di dunia. Hal ini mampu menambah keunikan serta daya tarik yang kuat dari Museum Angkut.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut

harga tiket masuk museum angkut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108084428837624663484

Sebelum memasuki kawasan Museum Angkut, pastikan Anda untuk membeli tiket masuknya. Tiket masuk tersebut dapat dibeli pada bagian depan Museum Angkut.
Tiket Museum Angkut tidak begitu mahal dan dapat dikatakan cukup terjangkau. Harga tiket masuk tersebut berbeda antara weekdays dan weekend.

HTM Museum Angkut malang pada hari senin – jumat sebesar Rp. 70.000 /orang. Sedangkan, harga tiket masuk untuk hari sabtu, minggu dan hari libur nasional sebesar Rp. 100.000 /orang.

Ketentuan ini juga berlaku untuk anak yang sudah tinggi lebih dari 85 cm sehingga akan dikenakan biaya HTM secara penuh. Namun, harga tiket masuk ini dapat sewaktu – waktu dapat berubah sesuai ketentuannya.

Untuk Anda yang berencana masuk Museum Angkut membawa kamera mirrorless atau DSLR akan dikenakan biaya tambahan. Biaya tambahannya sebesar Rp. 30.000 /kamera, untuk kamera handphone tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Alamat Rute dan Lokasi

alamat dan rute lokasi museum angkut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109910394801221882115

Lokasi destinasi wisata Museum Angkut terletak di kawasan lereng Gunung Panderman. Untuk alamat lengkapnya di Jl. Terusan Sultan Agung atas No. 2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur, 65135.

Jika Anda akan mengunjungi Museum Angkut batu menggunakan kendaraan pribadi bisa mencari rute menuju arah kota batu. Anda bisa menggunakan tol arah malang lalu ke utara menuju alun-alun batu, Museum Angkut terletak 10 menit dari area tersebut.

Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan bus dan mengakhiri di Terminal Arjosari Malang. Setelah itu melanjutkan menggunakan angkot ADL dengan tujuan Arjosari-Landungsari atau menggunakan Angkot AL dari Arjosari-Landungsari dan turun di terminal landungsari.

Setelah turun di Terminal Landungsari, Anda bisa meneruskan perjalanan menuju terminal kota batu. Untuk mengakhiri perjalanan, Anda perlu mengganti angkot dengan tujuan Museum Angkut.

Selain menggunakan bus dan angkot, Anda bisa memanfaatkan transportasi umum lainnya yaitu kereta api. Anda bisa turun untuk mengakhiri perjalanan kereta api di Stasiun Kota Batu Malang.

Selanjutnya, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan angkot ADL atau angkot AL serta turun di Terminal Landungsari. Lalu, Anda dapat melanjutkan perjalanan sama dengan penjelasannya sebelumnya menggunakan angkot lainnya.

Fasilitas

fasilitas museum angkut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103712275673399027957

Wisata Museum Angkut Malang tidak hanya memberikan destinasi wisata yang menarik saja. Melainkan menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kenyaman pengunjung dalam berwisata.

Fasilitas yang dimiliki Museum Angkut cukup banyak seperti halnya parkiran luas, mushola dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya mengenai fasilitas Museum Angkut adalah sebagai berikut:

  • Mushola
  • Area parkir kendaraan pribadi yang cukup luas dan juga dekat dengan pintu masuk
  • Shuttle Car untuk pengunjung mengelilingi seluruh area wahana yang tersedia
  • ATM Center
  • Charging Station
  • Pusat Informasi
  • Smoking Area
  • Loker
  • Food Court
  • Toilet
  • Wifi gratis
  • Swalayan

Jam Buka

jam buka museum angkut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105462279988225707248

Jam buka dari Museum Angkut ini cukup berbeda dengan kebanyakan destinasi wisata lainnya. Lalu, Museum Angkut buka jam berapa? berikut penjelasannya.

Jam buka operasional museum ini setiap hari senin hingga kamis dimulai pukul 12.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sedangkan untuk hari jumat hingga minggu, Museum Angkut beroperasi mulai pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Namun perlu diperhatikan jam buka operasional Museum Angkut dapat berubah sewaktu-waktu dengan menyesuaikan keadaan yang terjadi pada hari itu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan museum angkut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110350686743039154316

Ketika Anda mengunjungi Museum Angkut, anda akan menikmati berbagai aktivitas beragam yang dapat dilakukan. Wisata Museum Angkut memiliki berbagai zona dan pada setiap zona memiliki aktivitas seru yang tidak boleh Anda lewatkan.

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Museum Angkut? Mari simak penjelasan aktivitas berikut ini

Bernyanyi serta menari ria bersama superhero

Anda bisa berjumpa dengan superhero layaknya di film dengan mengunjungi Museum Angkut ini. Namun, superhero disini tidak hanya bisa menyelamatkan manusia dan melawan para penjahat melainkan mampu bernyanyi maupun menari.

Penampilan para superhero ini dapat Anda saksikan dengan mendatangi Zona Broadway. Pertunjukan para superhero akan dimulai pada pukul 16.30 WIB.

Penampilan akan menunjukan kemampuan superhero seperti spiderman, batman dan lainnya tampil bernyanyi hingga berjoget riang gembira. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto dengan para superhero tersebut.

Menikmati kabin VVIP dari pesawat kepresidenan

Museum Angkut mampu mewujudkan keinginan Anda untuk dapat menikmati bagaimana rasanya menjadi presiden. Anda bisa merasakan betapa mewahnya pesawat VVIP Kepresidenan yang biasa dikendarai oleh presiden.

Pesawat di Museum Angkut ini adalah replika yang telah dibuat sedemikian rupa dengan kabin pesawat VVIP Kepresidenan. Selain duduk di kabin, Anda bisa menelusuri pesawat hingga bagian cockpit pesawat atau ruang kemudi pesawat.

Menikmati pertunjukan seru 3D Mapping

Museum Angkut akan menampilkan video 3D spektakuler yang disesuaikan dengan tema saat itu. Untuk itu, anda perlu tetap di Museum Angkut hingga malam hari karena dimulai pukul 19.45 WIB.

Museum Angkut malam hari akan menampilkan berbagai pantulan gambar 3D yang sangat menarik. Ditambah lagi cahaya warna-warni semarak dan akan menimbulkan pengalaman berwisata yang berkesan.

Beristirahat dan mengisi perut di Pasar Apung Nusantara

Museum Angkut menyediakan berbagai hidangan utama yang lezat serta bermacam – macam jajanan khas daerah nusantara. Pilihan makanan yang sangat menarik dan pastinya akan membuat Anda puas.

Hal yang istimewa di Museum Angkut menyediakannya di pasar apung layaknya pasar apung di kalimantan. Selain mencari hidangan lezat, pasar apung juga menyediakan booth untuk membeli oleh – oleh.

Tips Berkunjung

tips berkunjung museum angkut
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101219029343119337751

Berikut merupakan tips saat akan berkunjung ke Museum Angkut:

  • Perhatikanlah harga tiket masuk
  • Bawalah baju hangat
  • Sebaiknya membawa kamera untuk mengabadikan momen
  • Sebelum memasuki wisata sebaiknya makan dahulu karena akan membutuhkan tenaga untuk berkeliling Museum Angkut

Demikianlah informasi mengenai destinasi wisata Museum Angkut di kota Batu. Wisata yang memiliki fasilitas lengkap dan Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru disini.

Semoga dapat menambah informasi untuk Anda sebelum mengunjungi Museum Angkut. Jangan lupa memasukkan Museum Angkut pada list liburan karena pasti menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + ten =