Saat jalan-jalan ke Cilacap jangan lupa jajal makanan khas Cilacap. Di sini banyak makanan yang lezat dan murah serta halal. Selain itu, banyak wisatawan yang ketagihan ingin mencobanya lagi karena saking lezatnya.

Makanannya pun beragam, ada yang berkuah hingga makanan keringan. Ada pula yang cocok dimakan saat sarapan maupun saat malam hari. Nah, jadi tidak perlu bingung mau makan apa saat di Cilacap.

Nah, simak ulasan di bawah ini yang membahas makanan Cilacap:

1. Tahu Masak

Makanan Khas Cilacap paling enak
foto: https://www.instagram.com/rachellee82/

Sepintas wujud Tahu Masak seperti Kupat Tahu ala Cirebon, namun jika diperhatikan dengan seksama isi dalam sajian piringnya ternyata berbeda.

Tahu masak ternyata tahu goreng yang diberi sayur mayur, yang diberi irisan kubis dan seledri. Rasa tahu masak terasa gurih, asam pedas, dan manis.

Harga seporsi Tahu Masak ini sekitar 10 ribu rupiah. Bisa didapatkan di sepanjang Jalan Cilacap.

Karena pedagangnya lumayan banyak bertebaran di kota ini. Dijamin makanan ini lezat.

2. Sate Martawi Cilacap

Makanan Khas Cilacap jateng
foto: https://www.instagram.com/dhanisatyadharma/

Tak mau kalah lezat dari Tahu Masak, ada makanan khas Cilacap paling enak namanya Sate Martawi. Sate ini terbuat dari daging ayam yang dipotong dadu.

Ukuran dagingnya tergolong besar dibandingkan sate pada umumnya. Saking besarnya satu deret sate memerlukan dua batang tusuk.

Ukurannya yang besar dan bumbunya sedap telah berhasil membuat wisatawan selalu rindu Sate Martawi. Sebelum dibakar, Sate Martawi dibumbui terlebih dahulu.

Rasa gurih rempahnya sangat terasa pada daging ayam, bahkan sate ini begitu nikmat dikonsumsi meski tanpa saus kacang.

Sate Martawi disajikan dengan lontong dan bumbu kacang seperti sate pada umumnya, akan tetapi bumbu kacang sate martawi agak sedikit encer.

Makanan khas Cilacap yang satu ini juga tidak dilengkapi dengan acar. Tekstur dagingnya lembut, disebabkan oleh daging ayam yang terlapisi lemak.

Komposisi dagingnya lebih dominan, dan lemaknya hanya sebagai pelengkap agar bumbu meresap sempurna. Sate Martawi yang paling terkenal di Cilacap adalah yang terletak di Jl Brigjend Katamso No. 56.

Tapi jika penginapan Anda terlalu jauh dari sana, mungkin bisa bertanya kepada tour guide atau staff hotel yang bertugas.

4. Brekecek

Makanan Khas Cilacap selatan
foto: https://www.instagram.com/cilacap_event/

Makanan khas Cilacap Jateng ini berasal dari kata ‘Brek’ yang artinya jatuh, sementara kata kecek adalah nama bumbu dari makanan itu sendiri.

Brekcek adalah hidangan ikan yang diberi bumbu rempah, hingga rasanya mirip seperti rica-rica.

Brekcek sudah menjadi makanan khas Cilacap, dan menjadi ikon kuliner di sana.

Konon katanya makanan ini adalah makanan tradisional warga setempat dan sudah menjadi hal yang lumrah kalau setiap rumah di Cilacap mengonsumsi ikan Brekcek.

Bumbu kecek menyerap sempurna ke daging ikan, karena proses pengukusan yang cukup lama. Cita rasa gurih, manis, asam dan pedas begitu terasa di kuahnya.

Rasa kunyit yang berpadu dengan aroma serai menjadikan makanan ini sungguh lezat dan dicintai wisatawan.

5. Thempleng

oleh oleh Makanan Khas Cilacap
foto: https://www.instagram.com/komukinofest/

Thempleng adalah snak khas Cilacap yang sudah dikenal di wilayah lain di Indonesia. Orang menyebutnya sebagai rempeyek, tapi warga cilacap sudah mengenalnya dengan nama thempleng.

Thempleng di Cilacap memiliki variasi yang beragam seperti udah rebon, kacang hijau, teri, hingga kedelai.

Semua jenis thempleng dijual bebas di pasaran dan awet jika dibawa bepergian. Anda bisa membawa camilan ini sebagai oleh-oleh.

Lihat juga –> 20 Makanan Khas Jogja Terbaru Yang Enak

6. Lepet Ketan

makanan khas cilacap jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/zulfiqo_ilham1994/

Makanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang kemudian dililit menggunakan janur.

Lepet ketan terkenal sebagai makanan tujuh bulanan ibu yang sedang mengandung anak pertama, atau beberapa acara selametan lainnya.

Konon katanya rasa lepet juga bisa mempengaruhi kelamin si jabang bayi.

Jika rasanya asin, artinya anak yang ada di dalam kandungan adlaah anak laki-laki. Lain halnya jika rasanya manis ata tawar biasanya anak yang di dalam rahim berjenis kelamin perempuan.

Lepet ketan juga bisa Anda dapatkan meski tidak hadir saat syukuran tujuh bulanan. Anda bisa menemukannya di pasar tradisional saat pagi hari.

Ukuran lepet ketan di Cilacap tergolong besar, hampir mirip dengan lontong. Bsaran lepet itulah yang membedakan antara lepet di Cilacap dan tempat lain.

7. Mendoan

Mendoan
foto: https://www.instagram.com/1k4jaeger/

Makanan khas Cilacap paling enak dan terkenal adalah mendoan. Sudah tidak asing bahwa tempe mendoan khas Cilacap berukuran yang jauh lebih besar dan pastinya pembeli akan lebih puas.

Pada dasarnya tempe mendoan adalah makanan tempe tepung yang dimasak setengah matang. Ukuran tempe diiris dengan ukuran yang lebih besar, sehingga terasa sangat mengenyangkan.

Anda akan merasakan cita rasa yang lain jika mencicipi tempe mendoan dari tempat kelahirannya.

Daun kucai yang masih segar dan daun bawang beserta ketumbar yang wangi disela-sela gumpalan tepung, ditambah renyahnya tempe kedelai yang kaya protein membuat camilan ini begitu istimewa.

Anda bisa menemukan tempe mendoan khas Cilacap di kios-kios pinggir jalan atau jajanan sekitar alun-alun. Biasanya mereka menyajikan tempe mendoan dengan ekstra sambal kecap yang membuat jajanan ini makin mantap.

8. Tempe Dages

Tempe Dages
foto: https://www.instagram.com/dhanie_cute19/

Tempe deges adalah tempe yang terbuat dari kacang kedelai. Makanan ini berasal dari kabupaten Cilacap, dan sering digoreng dengan tepung seperti tempe mendoan.

Warnanya putih kehitaman, hal ini karena tempe deges terbuat dari ampas tahu yang difermentasi. Rasanya hampir sama dengan tempe gembus, hanya saja rupanya yang berwarna kehitaman.

Olahan tempe deges bisa dijumpai di toko oleh-oleh atau kiso pinggir jalan di setiap sudut kota Cilacap. Biasanya tempe deges dijual dengan cara digoreng dan disajikan kepada pembeli saat masih hangat.

9. Keripik Sukun

Keripik Sukun
foto: https://www.instagram.com/jajanan_djawa/

Makanan khas Cilacap paling enak selanjutnya adalah keripik sukun. Makanan ini tergolong praktis sehingga cocok menjadi oleh-oleh.

Rasanya renyah dan crispy membuat para turis atau warga Cilacap tidak pernah kapok mengonsumsinya.

Keripik sukun biasanya dijual di depot-deput penjual snack atau toko oleh-oleh.

Jika beruntung, Anda bisa memesannya ke perorangan yang menjual keripik sukun secara mandiri. Harganya jauh lebih murah dibandingkan di toko.

Keripik sukun rasanya sangat gurih, lebih empuk daripada singkong apalagi jika potongannya dekat dengan bagian tengah. Rasa renyah dan gurihnya alami tanpa tambahan garam sekalipun.

10. Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk
foto: https://www.instagram.com/cilacapkeren/

Dari namanya, orang yang tinggal di luar cilacap mungkin mengira nama ‘yutuk’ adalah seorang perempuan.

Tapi yutuk sebenarnya adalah hewan laut yang sejenis dengan kepiting. Orang luar negri menyebutnya sebagai mole crabs, tapi orang cilacap menyebutnya sebagai yutuk.

Rempeyek yutuk adalah makanan khas Cilacap yang berasal dari daerah Widarapayung. Proses pembuatannya sama seperti rempeyek pada umumnya, yakni tepung beras, terigu dan tapioka dicampur dengan bumbu dan yutuk. Jika sudah merata, barulah adonan digoreng hingga matang.

Tidak semua daerah menjual rempeyek yutuk, karena yutuk biasanya agak sulit ditemukan. Saran kami, datanglah ke daerah pantai Cilacap untuk menikmati snack yang super enak ini.

Anda tak peru khawatir tentang kulit kepiting yang terkenal keras, karena tekstur kulit yutuk tidak terlalu keras. Bahkan kulitnya aman untuk dikonsumsi dan rasanya sangat renyah.

Baca juga –> 11 Makanan Khas Wonosobo Paling Rekomended

11. Tahu Brontak

Tahu Brontak
foto: https://www.instagram.com/arinda_ph/

Makanan khas Cilacap Jawa Tengah ini sangat mirip dengan tahu isi, hanya saja tahu brontak teksturnya lebih kering dari luar hingga ke dalamnya. Sebelum digoreng tahu brontak dicelupkan ke kuah santan yang dicampur dengan bumbu-bumbu halus.

Menemukan depot tahu bronak tidaklah sulit, biasanya warung tempe mendoan juga menyediakan tahu brontak dan menyajikannya saat masih hangat.

Rasa gurih kecambah dan kol yang berpadu dengan asinnya tahu pong membuat tahu brontak terasa sedap. Bumbu santan yang kemudian menjadi pelapis juga sangat nendang di mulut, wangi ketumbar dan merica mampu menghangatkan pencernaan dan seisi perut.

12. Abon Tuna

Abon Tuna
foto: https://www.instagram.com/fuumoongy/

Biasanya abon terbuat dari daging sapi halus, kali ini Cilacap punya abon yang terbuat dari Ikan Tuna. Teksturnya halus warnanya kecokelatan, lebih pendek daripada abon sapi.

Abon tuna terbuat dari ikan tuna yang ditambah bumbu halus seperti bawang merah, dan rempah-tempah yang mampu mengawetkan daging tuna.

Abon tuna sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Sebagian besar toko oleh-oleh menjualnya dengan beraneka ragam ukuran dan kemasan. Semuanya praktis dan anti ribet.

13. Seafood Pantai Teluk Penyu

Seafood Pantai Teluk Penyu
foto: https://www.instagram.com/mykonos.secrets/

Sebenarnya seafood Pantai Teluk Penyu adalah rumah makan yang terletak di Pantai Teluk Penyu. Sederet kios dan rumah makan berlokasi di tepi teluk.

Deretan rumah makan ini menjadi terkenal karena lokasinya berada di obyek wisata, dan menyajikan makanan laut yang khas.

Wisatawan maupun warga cilacap yang berekreasi tentunya puas dengan keberadaan deretan rumah makan ini, karena sebagian besar hasil olahannya sangat enak.

Anda bisa mencicipi ikan bakar, oseng cumi, udang crispy, sampai hidangan spesial seperti lobster. Semuanya diolah dengan bumbu-bumbu khas Indonesia yang berselera.

Harganya relatif murah, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 30 ribu rupiah per orang sampai 70 ribu rupiah per orang.

14. Gembus

Gembus
foto: https://www.instagram.com/dhanisatyadharma/

Makahan khas Cilacap Jateng ini adalah camilan yang terbuat dari singkong. Gembus adalah camilan raykat Cilacap sejak dulu kala, dan masih menjadi kegemaran masyarakat setempat.

Singkong mentah yang sudah dikupas kemudian diparut, dan dipisahkan getahnya. Kemudian parutan singkong dicampur dengan pati dan bumbu halus seperti ketumbar, bawang putih dan garam.

Setelah semuanya tercampur, barulah dikukus. Pasca dikukus barulah dicampur dengan tepung, lalu dibentuk melingkar kecil-kecil dan kemudian digoreng.

Proses memasaknya yang agak rumit membuat orang-orang malas membuatnya sendiri. Maka orang-orang lebih suka membeli camilan gambus di pasar atau toko oleh-oleh.

15. Lotek Cilacap

Lotek Cilacap
foto: https://www.instagram.com/jonfoodhunter/

Makanan khas Cilacap Selatan ini hanya memerlukan daun kangkung, bayam dan tauge sebagai sayur utamanya. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang oedas dan disajikan dengan tempe mendoan, ikan asin serta kerupuk merah.

Rasanya mirip lotek khas Yogyakarta, tetapi Lotek Cilacap tidak disertai telur rebus.

Rasa bumbunya juga khas karena wangi kencurnya begitu terasa sejak gigitan pertama. Asam, gurih, wangi kencur dan pedas berpadu dalam satu gigitan menciptakan aroma yang khas.

Warung lotek yang paling laris dan sudah dikenal enak oleh wisatawan adalah warung lotek Bu Ririn.

Lokasinya berada di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, tepatnya di depan kantor BPRS Gunung Slamet. Biasanya sambal kacangnya dibuat langsung dari batu uleg, sehingga menciptakan rasa sajian yang segar.

Coba juga –> Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

16. Kerupuk Tengiri

Kerupuk Tengiri
foto: https://www.instagram.com/kerupukikanpakmargo/

Kerupuk Ikan Tengiri sudah terkenal dimana-mana, kelezatannya mampu membuat masakan biasa menjadi spesial.

Ikan tengiri yang mengandung protein dan zat besi yang tinggi juga menjadi sumber pangan yang seimbang untuk memenuhi gizi harian.

Ribuan bungkus kerupuk ikan tengiri bisa Anda temukan di toko oleh-oleh. Masing-masing tempat memiliki cita rasa tersendiri. Anda bebas memilih dari tester satu ke tester yang lain, untuk memilih kerupuk yang terbaik.

17. Menggleng Singkong

Menggleng Singkong
foto: https://www.bukalapak.com/

Makanan khas Cilacap Jawa Tengah ini mirip sekali dengan keripik singkong balado khas Palembang.

Tidak semua keripik manggleng singkong dibuat pedas, bahkan pada umumnya manggleng terasa cenderung pedas karena bumbunya kaya akan gula aren.

Manggleng singkong dijual dengan rasa pedas, asin, dan manis pedas. Menggleng singkong yang paling terkenal adalah yang berlabel Thoha Snack, yakni milik pengusaha setempat yang sudah terkenal menjual makanan ringan khas Cilacap sejak 1997.

18. Lanthing

Lanthing
foto: https://www.instagram.com/leelhaaprillia/

Lanthing adalah makanan ringan sejenis kerupuk, yang juga biasa disebut klanthing.

Camilan ini terbuat dari singkong yang bentuknya mirip angka delapan, atau lingkaran kecil seperti cincin. Lanthing sudah terkenal di seluruh Indonesia dan banyak di jual di pasar tradisional.

Cilacap adalah salah satu sentra produksi lanthing yang paling banyak di Pulau Jawa. Camilan khas cilacap ini sebenarnya pengembangan rasa dari lanthing yang asli dari Kebumen.

19. Soto ayam khas Cilacap

Soto ayam cilacap
foto: https://www.instagram.com/irmadesmayanti/

Soto cilacap berbeda dengan soto daerah lain. Kekhasannya terletak pada kacang tanah, tauge, tomat dan ceker sebagai bahan wajib.

Soto khas cilacap mengandung bumbu yang sama yakni harus disertai kunyit, ketumbar, bawang putih, jahe, pala, merica, lengkuas, dan asam jawa.

Isi campuran sotonya juga disertai soun, nasi, daging ayam dan jeruk nipis. Soto hangat yang segar berpadu dengan gurihnya kacang tanah membuat sarapan pagi begitu bersemangat. Anda juga boleh mencampurkan telur rebus jika membutuhkan protein tembahan.

Jika Anda berkunjung ke cilacap jangan ragu untuk singgah ke warung soto sinar, yang sudah ada sejak tahun 1980. Warung ini menyajikan soto daging ayam kampung sehingga kuahnya terasa segar dan wangi.

Kuahnya juga tidak terlalu kental dan pembeli bebas menentukan isi sotonya. Biasanya mereka menyediakan tambahan seperti ati ampela yaam, kepala ayam, atau sayap ayam. Harga yang ditawarkan tergolong murah, satu porsi soto hanya dihargai 10 ribu rupiah dan belum termasuk minum.

20. Walangan

walangan
foto: https://www.instagram.com/oleh_oleh_tiyang_jawi/

Bukan serangga bukan juga binatang, tapi pisang nangka yang diolah dengan tepung sehingga menjadi camilan yang maknyus. Makanan ini berasal dari Cilacap-Kroya, yang sejak dulu sudah menjadi makanan sehari-hari warga setempat.

Walangan biasa dijual bersama dengan gorengan dan Anda bisa menemukannya di berbagai warung pinggir jalan. Sepintas bentuknya seperti bakwan, tetapi jika digigit rasanya gurih dan agak manis karena terbuat dari pisang. Rasanya agak mirip dengan pisang goreng pada umumnya, tetapi adanya tepung beras dan terigu dalam proses pembuatannya.

21. Sup Gurame

Sup Gurame
foto: https://www.instagram.com/ra_soewojo/

Biasanya sup dibuat dari daging ayam atau sapi, tapi di Cilacap mengonsumsi sup yang berbahan dasar ikan sudah biasa. Bahkan sup gurame adalah makanan yang istimewa bagi penduduk setempat.

Sup gurame adalah ikan gurame yang kemudian direbus berasama dengan bumbu halus. Rasanya segar dan gurih. Meski kaya akan rasa, sup gurame tetap terlihat bening. Sangat cocok dikonsumsi saat musim penghujan sebagai penghangat tubuh.

Hanya tangan-tangan terampil yang mampu mengolah sup gurame dengan benar. Biasanya ikan berbau amis, makan jarang sekali ikan diolah dengan kuah. Maka hanya rumah makan tertentu yang menjual sup gurame yang enak dan lesat. Salah satunya yang berlokasi di Jl. Thamrin.

Warung ini tidak permah sepi pembeli, apalagi saat hari libur Nasional. Nah, jika Anda ingin mencicipinya sendiri mungkin harus bersabar karena antrean panjang menyambut Anda saat tiba di warung sup Gurame.

Review Sebelumnya –> 10 Oleh-oleh Khas Banjarmasin

Selesai sudah ulasan 21 makanan khas Cilacap yang bikin lidah bergoyang. Jangan sampai lupa mampir untuk makan kulinernya ya! Dijamin bikin ketagihan.

Video Travel Vlog Mendaki Gunung Sindoro Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here