Berlokasi di Banjarbaru Kalimantan Selatan, Kiram Park ini merupakan destinasi wisata alam dengan pemandangan perbukitan. Hadir sebagai wisata alam, tak jarang tempat wisata ini juga dikunjungi pelancong dari luar negeri.

Kepopulerannya yang bahkan bisa sampai menarik wisatawan luar negeri untuk berkunjung mungkin membuat banyak orang penasaran dengan tempat ini. Untuk mengobati rasa penasaran Anda, baca informasi selengkapnya tentang Kiram Park di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Kiram Park

harga tiket masuk kiram park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101444179428159923024

Bagi yang berkunjung ke wisata alam Kiram Park saat hari kerja, harga tiketnya sebesar Rp5.000. Sementara itu, untuk akhir pekan dan libur nasional harga tiketnya naik jadi Rp10.000.

Dikarenakan kebijakan tempat wisata yang bisa berubah kapanpun, jangan gunakan tarif di atas sebagai patokan pasti. Agar lebih mudah, Anda bisa bertanya ke pihak pengelola sebelum mengunjungi tempat wisata ini untuk memastikan tarif tiket masuknya.

Alamat dan Rute Lokasi Kiram Park

alamat dan rute lokasi kiram park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102204578587845786318

Lokasi lengkapnya Kiram Park Banjarbaru ini ada di Desa Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuatnya bisa ditempuh dengan perjalanan kurang dari 1 jam.

Untuk akses jalan menuju alamat Kiram Park ini juga mudah karena dari jalan sampai ke lokasi wisata sudah beraspal. Jika Anda berangkat dari Kota Martapura, rutenya melalui Jl. Menteri Empat kemudian jalan lurus hingga persimpangan.

Dari persimpangan pilih jalur kiri lalu pindah ke kanan sampai Jl. Ahmad Yani kemudian putar arah sampai persimpangan jalan searah. Nah, Anda akan sampai di persimpangan dekat pos polantas, ambil jalur kiri dan jalan sampai Jl. H.M. Mistar Cokro Kusumo.

Dari jalan tersebut lurus sampai persimpangan pilih jalur kiri, ikuti jalan sampai persimpangan lagi dan ambil jalur kanan. Setelah sampai di Jl. P. Suryanata, ikuti jalan sampai persimpangan hingga menemukan gapura Kiram Park.

Fasilitas yang Tersedia di Kiram Park

fasilitas kiram park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116444853516841441649

Selain menawarkan keindahan alam Kiram Park ini juga didukung dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan pengunjung, seperti:

  • Mushola
  • Tempat wudhu dan alas kaki
  • Kantin
  • Gazebo
  • Toilet
  • Kolam renang
  • Kebun anggrek
  • Arena outbond

Jam Buka Kiram Park

jam buka Kiram Park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109531315792513277487

Wisata Kiram Paman Birin buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WITA. Jam buka yang panjang ini pastinya sudah lebih dari cukup untuk membuat para pengunjung puas liburan di sini.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan saat di Kiram Park

aktivitas yang bisa dilakukan kiram park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102470374210786277602

Sebagai tempat wisata yang sudah populer, Kiram Park juga menawarkan beragam aktivitas menarik bisa dilakukan selama di sini. Nah, bagi yang belum tahu di bawah ini sudah ada rangkuman beberapa aktivitas menarik untuk dilakukan di Kiram Park.

Hunting Foto

Saat liburan, foto adalah hal yang tidak boleh dilewatkan termasuk di Kiram Park Banjar ini. Objek wisata ini menawarkan beragam spot foto menarik salah satunya adalah kapal Nabi Nuh.

Spot satu ini juga jadi favorit pengunjung karena dari sini Anda bisa menikmati panorama yang elok. Jadi, siapkan kamera beserta memorinya agar Anda bisa puas berfoto.

Bersantai di Gazebo

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gazebo merupakan salah satu fasilitas tersedia di sini. Bagi Anda yang kelelahan berjalan dan ingin istirahat maka bisa langsung duduk santai di gazebo.

Berjalan-jalan Di Taman

Kiram Park ini juga memiliki taman dengan tambahan kolam-kolam berair jernih yang membuatnya terlihat semakin cantik. Di tepian kolam terdapat anak tangga yang bisa dipakai untuk duduk santai sambil merendam kaki.

Areanya yang luas membuat tempat ini juga disewakan untuk mengadakan acara. Nah, jika Anda membutuhkan area luas untuk acara seperti pernikahan konsep outdoor tidak ada salahnya memilih taman Kiram Park.

Mendaki Bukit

Agar bisa menikmati pemandangan yang tidak kalah menakjubkan, direkomendasikan untuk mendaki bukit. Dengan mendaki bukit ini, Anda nantinya bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata.

Selama di atas bukit ini Anda bisa berhenti sejenak untuk menikmati kesejukan udaranya sambil melihat puncak Gunung Mawar. Bahkan, jika berkunjung ke sini di musim kemarau kemegahan Gunung Mawar yang ditutupi kabut tipis bisa terlihat jelas.

Saat berada di bukit ini Anda juga akan melihat sebuah pendopo dari kayu ulin yang biasanya dipakai untuk melakukan ritual. Bagi yang suka fotografi pastinya tempat ini adalah spot menarik dan tidak boleh dilewatkan untuk diabadikan.

Berenang di Kolam Renang dan Anak Sungai

Untuk aktifitas satu ini bisa sudah disediakan kolam renang namun khusus anak-anak saja. Akan tetapi, tak perlu khawatir untuk orang dewasa yang ingin berenang bisa menuju anak sungai.

Meskipun mandi di sungai, jangan khawatir dengan kebersihannya karena sungai ini dari sumber mata air sehingga airnya bersih dan jernih. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati kesegaran bermain air di sungai ini.

Tips Berkunjung ke Kiram Park

tips berkunjung kiram park
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102204578587845786318

Selain mempersiapkan bujet liburan, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips sebelum liburan ke tempat wisata. Untuk liburan ke Kiram Park ini juga terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan.

Jika Anda atau si kecil ingin berenang, jangan lupa untuk membawa baju ganti yang lengkap. Anda tak perlu bingung harus ganti baju dimana karena sudah beberapa toilet yang disediakan di sini.

Untuk wisatawan yang datang dari luar kota atau negeri. Dan ingin menikmati waktu lebih lama maka bisa check in di Kiram Park resort. Tersedia villa besar dan kecil yang sama-sama nyaman untuk dipakai istirahat.

Dengan harga penginapan Kiram Park cukup terjangkau, Anda sudah bisa menginap di villa yang nyaman, tenang, dan juga bersih.

Berkunjung ke Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan

Berkunjung ke Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106699908557922977615

Saat berkunjung ke Kiram Park, jangan sampai melewatkan masjid bambu KH Abdul Qadir Hasan ini. Masjid ini menjadi yang pertama di Kalimantan Selatan dimana seluruh bangunannya menggunakan bambu.

Keunikan yang dibawa masjid ini adalah bangunannya berbentuk perahu jika dilihat dari samping. Di bagian atasnya, arsitektur masjid ini menggunakan konsep seperti Masjid Sultan Suriansyah yang ada di kota Banjarmasin.

Masjid ini menonjolkan pengulangan bentuk atap dengan dasar segitiga dan pohon kehidupan yang terlihat menarik dengan potongan bambu. Di bagian dalamnya terbagi menjadi dua lantai dimana lantai atas untuk sholat dan lantai bawah tempat wudhu serta toilet.

Bambu yang digunakan dalam pembangunan masjid ini pun bambu langka dan diambil dari pegunungan Meratus. Dengan segala keunikan masjid ini pastinya akan rugi rasanya jika berkunjung ke Kiram Park namun tidak singgah ke sini.

Dari informasi di atas, Kiram Park ini adalah rekomendasi tempat yang tepat untuk liburan bersama keluarga. Kesejukan udara dan keelokan panorama yang ditawarkan pastinya bisa menghilangkan penat sehingga membuat pikiran fresh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 3 =