Danau adalah salah satu destinasi wisata alam yang terkenal dengan pesona dan kedamaiannya, begitu pula dengan Danau Mas Harun Bastari. Indahnya pemandangan alam serta suara air selalu membuat pikiran pengunjungnya lebih rileks.

Di wisata ini tidak hanya ditawarkan wisata air, tetapi juga terdapat keunikan yang menjadi daya tarik wisata. Salah satunya adalah pulau berbentuk huruf C tepat di tengah danau hits di Bengkulu ini.

Berikut ini sajian informasi terkait Wisata Danau Mas Harun Bastari yang dapat Anda simak:

Harga Tiket Masuk Danau Mas Harun Bastari

harga tiket masuk danau mas harun batsari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114901254344114419504

Sebelum memasuki kawasan wisata, pastinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu harga tiket Danau Mas Harun Bastari Bengkulu. Dengan mengetahui harga tiket masuknya, Anda dapat mengira-ngira besaran bujet yang harus Anda keluarkan untuk kegiatan liburan.

Harga tiket masuk wisata ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu dewasa dan anak-anak. Semua tiket masuknya masih tergolong terjangkau sehingga pengunjung tidak akan merasa terbebani.

Untuk harga tiket masuk pengunjung dewasa sebesar Rp3.000. Sedangkan untuk pengunjung anak-anak dikenakan biaya Rp2.000.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya tambahan untuk parkir. Biaya parkir kendaraan yang dikenakan sebesar Rp1.000.

Sebagai informasi, harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dan keputusan dari pemerintah kabupaten setempat.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi Danau Harus Mas Bastari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114969200670070924052

Lokasi Danau Mas Harun Bastari Bengkulu berada di perbatasan antara kota Curup dan kota Lubuk Linggau. Untuk tepatnya berlokasi di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Akses menuju ke lokasi wisata ini dapat dikatakan tidak terlalu sulit. Hal tersebut dikarenakan danau terletak di pinggir jalan lintas Curup-Lubuk Linggau.

Bagi Anda yang menempuh perjalanan dari pusat Kota Bengkulu, kurang lebih jaraknya sekitar 95 km ke arah barat. Apabila Anda mengakses wisata ini melalui Jalan Raya Curup-Lubuk Lingga. Maka Rute Danau Mas Harun Bastari Bengkulu berjarak 19 km dari arah kota Curup.

Untuk sampai ke lokasi wisata, Anda dapat menaiki kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bagi Anda yang datang dari kota Bengkulu menggunakan angkutan umum, Anda dapat menggunakan bus dari terminal Panorama menuju kota Curup.

Fasilitas

fasilitas danau mas harun batsari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113811396626940078026

Danau Mas Harun Bastari Bengkulu telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas-fasilitas wisata yang tersedia yaitu:

  • Area parkir
  • Wahana playground bagi anak-anak
  • Toilet dan kamar mandi
  • Warung makan atau kantin
  • Pos penjagaan
  • Penginapan
  • Musholla
  • Villa
  • Cafe
  • Sewa perahu
  • Aula atau ruang pertemuan

Berbagai fasilitas yang ada tersebut akan membuat liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

Jam Buka

jam buka danau mas harun batsari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106565543312816271660

Wisata ini dapat Anda datangi kapan saja sesuai dengan jam buka yang berlaku. Akses gerbang masuk bagi para pengunjung dibuka mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 18.00 waktu setempat.

Untuk waktunya, Anda dapat mendatangi wisata ini pada tiap harinya. Agar Anda dapat puas mengelilingi kawasan wisata, Anda dapat datang saat pagi hari.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan danau mas harun batsari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108788274628874590453

Banyak aktifitas pilihan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di wisata ini, diantaranya seperti:

Mengunjungi Taman Bunga Inaya

Aktivitas pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi Taman Bunga Inaya. Di dalam taman ini terdapat hamparan berbagai jenis bunga dengan aneka ragam rupa dan warna.

Menikmati pesona Pulau C

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati keelokan dan keunikan perairan wisata ini. Salah satunya adalah memandang pulau C dari ketinggian.

Pulau C merupakan pulau gambut yang berada di tengah Danau Mas Harun Bastari. Pulau ini berukuran kedik dengan bentuk yang menyerupai huruf C.

Spot terbaik yang dapat digunakan untuk mengamati danau ini adalah dari perbukitan yang landai di bagian utara. Anda akan dapat melihat secara jelas hiasan kontur alam, Gunung Kaba di kejauhan serta vegetasi pepohonan di sekeliling danau.

Memancing dan berenang

Terjaganya ekosistem air danau alami tentu berdampak terhadap sumber daya perairan yang terdapat di dalamnya. Banyak ikan besar di area pulau C yang sering mencari makan ke pinggir danau.

Hal tersebutlah yang membuat para wisatawan dengan hobi memancing memanfaatkannya untuk kegiatan memancing.

Sembari menunggu ikan mengambil umpan, pengunjung juga dapat mengakibatkan rasa bosan dengan berenang. Berenang di air yang jernih akan membuat Anda segar kembali.

Menikmati berbagai wahana dan berolahraga

Bagi Anda pecinta olahraga, Anda dapat menaiki flying fox atau wahana lain yang seru. Juga telah disediakan perahu motor yang dapat digunakan para pengunjung untuk berkeliling hingga tengah danau.

Di tepian yang lumayan dangkal, juga disediakan wahana permainan sepeda air. Anda tidak akan rugi berwisata di tempat ini karena pengelola telah menyiapkan area rekreasi yang dapat dicoba oleh berbagai kalangan.

Menikmati makanan warung

Setelah Anda melakukan berbagai aktivitas dan mulai lapar, Anda dapat pergi ke warung-warung yang berada di sisi danau. Anda dapat mengisi perut dengan makanan dan minuman yang menggugah selera.

Tips Berkunjung

tips berkunjung danau mas harun batsari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118111605918019381434

Sebelum lebih jauh memasuki kawasan wisata, perhatikan dulu tips berkunjung ke Danau Mas Harun Bastari. Dengan mengetahui tips berkunjung, kenyamanan dan keamanan berkunjung akan lebih mudah Anda dapatkan.

  • Di bawah ini beberapa tips berkunjung ke Danau Mas Harun Bastari yaitu:
  • Selalu pastikan untuk menjaga kondisi kesehatan Anda bersama lainnya saat melakukan liburan.
  • Periksa kondisi fisik kendaraan yang akan Anda gunakan untuk berlibur.
  • Untuk menghemat bujet, Anda dapat membawa bekal berlibur dari rumah se secukupnya.
  • Jangan lupa membawa kamera atau peralatan fotografi untuk mengabadikan setiap momen liburan.
  • Selalu biasakan untuk menjaga kelestarian alam sekitar dengan menjaga kebersihan.
  • Jangan merusak berbagai fasilitas yang ada di kawasan wisata.
  • Udara di sekitar danau cukup dingin, jadi Anda harus membawa jaket atau pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh.

Review sebelumnya –> Bukit Kaba yang mempesona.

Sejarah

sejarah danau mas harun batsari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110323370799291627204

Wisata ini berada terbentang di atas ketinggian 223 mdpl, berkedalaman rata-rata 7-15 meter serta membentang luas 36 hektar. Mungkin banyak dari pengunjung yang ingin tahu sejarah Danau Mas Harun Bastari.

Penamaan wisata ini ternyata perpaduan antara Panglima Daerah Militer (Kodam IV) Sriwijaya, Kol. Inf. Harun Sobat dengan Gubernur Sumatera Selatan. Gubernur Sumatera Selatan dalam hal ini adalah gubernur yang menjabat sekitar tahun 1960-an dengan nama Achmad Bastari.

Mengapa memakai kedua nama tokoh tersebut? Karena keduanya memiliki peran penting dalam menjadikan kawasan danau ini sebagai salah satu destinasi wisata.

Untuk penambahan embel-embel Mas sendiri, mungkin karena Kol. Info. Harun Sobar berasal dari Jawa. Sehingga, penamaan Danau Mas Harun Bastari menjadi pilihan yang tepat.

Anda sedang berada di Bengkulu dan ingin menghabiskan liburan bersama orang tercinta? Destinasi wisata Danau Wisata Mas Harun ini sangat recommended untuk dikunjungi.
Wisata ini cocok didatangi bagi Anda yang ingin berwisata dengan murah meriah tetapi tetap terkesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =