Danau Blingoh merupakan salah satu keindahan alam menakjubkan yang anti mainstream dan berada di Kabupaten Jepara. Awal mulanya tempat ini adalah bekas penambangan ilegal yang kemudian membentuk sebuah kubangan yang cukup lebar.

Dan kubangan tersebut saat musim hujan tiba dipenuhi dengan air yang banyak sehingga bentuknya menyerupai danau. Pemandangan hutan dan bukit yang hijau di sekitar Danau Blingoh Jepara semakin membuat tempat ini semakin cantik.

Air di Danau Blingoh Jawa Tengah ini berwarna hijau tosca, berpadu dengan dinding tembok batuan berwarna putih menjadikannya nampak eksotis. Pemandangan tak biasa yang disuguhkan membuat wisata Jepara hits satu ini tak boleh anda lewatkan keseruannya.

Harga Tiket Masuk Danau Blingoh

harga tiket masuk danau blingoh
Foto : https://www.instagram.com/nafaanindia/

Destinasi danau yang terbentuk karena proses alamiah ini bisa anda kunjungi sebagai alternatif mengisi waktu luang. Dengan mengajak serta keluarga dan orang-orang tercinta sekitar anda untuk menciptakan momen berwisata menjadi lebih bahagia.

Saat berencana datang ke Danau Blingoh maka waktu terbaiknya adalah pada saat musim penghujan, ketika air sedang penuh. Karena kubangan yang lebar ini hanya mengandalkan air hujan, jadi saat musim kemarau Danau Blingoh sedikit surut.

Wisata danau alami yang terkenal berkat sosial media ini sampai sekarang belum dikelola secara resmi. Sehingga untuk harga tiket masuk Danau Blingoh pun sejauh ini masih belum di berlakukan, alias gratis.

Sehingga para pengunjung bisa datang ke danau cantik ini tanpa perlu merasa takut akan mengeluarkan banyak biaya. Meski gratis, biasanya terdapat kotak yang bisa wisatawan isi dengan sukarela atau seikhlasnya.

Anda pun bisa datang ke wisata Jepara hits ini kapanpun sesuka hati karena belum ada jam operasional wisata yang ditetapkan. Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling digemari wisatawan untuk berkunjung ke Danau Blingoh Jepara.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Danau Blingoh
Foto : https://www.instagram.com/dickyalfiyan71/

Lokasi Danau Blingoh berada pada kawasan bekas penambangan ilegal yang lebih tepatnya berada di Desa Blingoh. Jadi nama Blingoh berasal dari nama Desa dimana danau indah ini berada.

Alamat Danau Blingoh terletak di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Dari Alun-Alun Kota Jepara maka jarak menuju wisata Danau ini kurang lebih sejauh 37 km.

Dengan harus menempuh waktu perjalanan selama 65 menit dengan melewati jalan yang cukup mudah diakses. Sebaiknya anda datang kesini menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor ataupun mobil supaya lebih mudah.

Tak perlu khawatir bagi anda yang belum pernah datang ke Danau Jepara cantik ini sebelumnya. Anda bisa bertanya pada masyarakat setempat yang sangat ramah-ramah kepada semua wisatawan saat akan berkunjung ke Blingoh.

Atau anda juga bisa menggunakan maps dibawah ini agar perjalanan liburan ke Danau Blingoh semakin mudah dan bebas hambatan. Dengan petunjuk akuratnya akan membawa anda langsung sampai ke Danau Blingoh tanpa harus kesulitan.

Datang juga ke –> Pantai Pungkruk

Fasilitas

fasilitas danau blingoh
Foto : https://www.instagram.com/faisol.amri/

Destinasi eksotis ini jika dilihat-lihat sangatlah potensial jika kemudian dikelola dengan baik dan menjadi tempat wisata. Berharap Danau Blingoh tidak hanya menjadi wisata temporal yang dalam artian hanya bisa dinikmati ketika musim hujan saja.

Karena sampai saat ini Danau Blingoh belum terkelola dengan profesional seperti layaknya wisata pada umumnya. Sehingga dari segi sarana prasarana pun belum tersedia lengkap dan jauh dari kata cukup.

Sejauh ini hanya ada area parkir kendaraan wisatawan beserta kamar mandi disekitar lokasi. Tak ketinggalan beberapa warung / penjaja sederhana yang menjual berbagai macam camilan, jajanan dan soft drink.

Meski fasilitas Danau Blingoh masih sangat terbatas, itu semua tidak akan mengurangi serunya mengisi waktu libur disini bersama keluarga. Nikmati serunya menjelajahi bekas penambangan yang menjadi danau buatan dengan segala daya tarik unik di dalamnya.

Kunjungi juga –> Pantai Ombak Mati

Spot Terbaik di Danau Blingoh

spot foto terbaik di danau blingoh
Foto : https://www.instagram.com/hahadyt/

Setibanya disini, kecantikan Danau Blingoh akan langsung terpancar dan membuat siapapun terpana karena keindahannya. Kubangan cukup lebar yang terbentuk akibat penambangan ilegal ini dipenuhi dengan air sehingga bentuknya menyerupai danau.

Dinding temboknya merupakan batuan kapur berwarna putih yang mengelilingi area Danau Blingoh dengan airnya berwarna hijau tosca. Air Danau Blingoh Jepara yang berwarna hijau tosca ini memancarkan pemandangan eksotis anti mainstream.

Landscape yang terlihat disini begitu luar biasa dan tiada duanya, sehingga mungkin tak akan anda temukan di lain tempat. Manfaatkan setiap sudut ciamik di Danau Blingoh guna menjadikannya background ketika berswafoto.

Melalui selfie, foto bersama (groufie) hingga merekam video untuk merangkum setiap momen seru pada spot terbaik Danau Blingoh. Abadikan momen sebanyak-banyak selama explore Danau Blingoh saat hari libur tiba agar pengalamannya sulit terlupa.

Review sebelumnya –> Air Terjun Banyu Anjlok

Tips Berkunjung

tips berkunjung danau blingoh
Foto : https://www.instagram.com/najikh94/
  • Sebaiknya datang ke Danau Blingoh pada saat hari cerah dengan awan dan cuaca yang mendukung.
  • Rencanakan waktu kunjungan anda pasca musim hujan agar tetap bisa menikmati danau dengan airnya yang melimpah.
  • Jika anda berkunjung di siang hari ada baiknya sedia penutup kepala, seperti payung atau topi untuk melindungi dari terik matahari.
  • Dilarang keras membuat kotor atau merusak alam disekitar kawasan Danau Blingoh di Jepara

Demikian tadi ulasan yang telah anda simak mengenai wisata alam Jepara rekomended yakni Danau Blingoh. Pemandangan menawan yang ditawarkan jangan sampai anda lewatkan sebagai tujuan liburan dan bersenang-senang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − fourteen =